Kenali 5 Penyebab Hardisk Laptop Rusak serta Cara Memperbaikinya

Kenali 5 Penyebab Hardisk Laptop Rusak serta Cara Memperbaikinya

penyebab hardisk laptop rusak
Tips dan Trik

Saat terjadi kerusakan pada komponen laptop termasuk hardisk, penting untuk mengetahui penyebabnya. Hardisk merupakan komponen penting yang menjadi media penyimpanan dalam laptop. Mengetahui penyebab hardisk laptop rusak dapat membantu Anda menemukan cara terbaik untuk menanganinya. 

Penyebab rusaknya komponen ini bisa dikarenakan beberapa faktor, termasuk kelalaian pengguna. Hal ini tentu akan menghilangkan seluruh dokumen dan data di dalamnya. Agar dapat menghindarinya, simak penjelasan mengenai penyebab rusaknya hardisk berikut ini.

Apa Penyebab Hardisk Laptop Rusak?

Mengenali faktor kerusakan pada hardisk dapat mencegah perilaku lalai yang mengakibatkan rusaknya komponen ini. Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada hardisk seperti di bawah ini:

1. Penggunaan yang Terlalu Lama

Penggunaan laptop yang terlalu lama seperti digunakan untuk bermain gim, menonton film atau video, mendengarkan musik, bekerja dalam waktu yang lama, dan lain lain, dapat menyebabkan kerusakan pada hardisk. Jika hal seperti ini terus dilakukan, maka hal tersebut menjadi faktor pendukung untuk menurunkan kualitas kinerja hardisk dan lama kelamaan akan rusak.

2. Kondisi Hardisk yang Terlalu Panas

Suhu tinggi pada hardisk dapat menyebabkan turunnya performa dan membuatnya mudah rusak. JIka laptop akan digunakan dalam jangka waktu panjang, gunakan kipas pendingin tambahan untuk mencegah terjadinya kerusakan.

Baca Juga: Ketahui Apa Itu Overheat Laptop dan Tips Ampuh Untuk Mengatasinya

3. Kegiatan Instalasi 

Menggunakan laptop untuk meng-install aplikasi atau software dan menghapusnya berkali-kali juga dapat menjadi faktor kerusakan hardisk selanjutnya. Mencoba melakukan aktivitas install-hapus berulang kali merupakan hal keliru. Kegiatan ini dapat mengganggu kinerja hardisk serta menyebabkan kerusakan yang sulit untuk dipulihkan.

4. Terkena Benturan

Terjadinya benturan atau kelalaian lain dalam membawa laptop dapat berpengaruh pada rusaknya hardisk. Hardisk merupakan komponen komputer yang bersifat sensitif, sehingga penting untuk menggunakan perangkat dengan hati-hati. Selain benturan, apabila laptop jatuh dari ketinggian yang cukup tinggi, hal ini akan menyebabkan kerusakan komponen laptop terutama hardisk.

5. Usia Laptop atau Hardisk

Meski dilakukan penjagaan dan penggunaan yang baik pada hardisk, ketika usia laptop atau hardisk telah mencapai batasnya maka kerusakan tidak dapat dihindari. Hal yang dapat kamu lakukan hanya melakukan perawatan yang baik hingga hardisk sudah tidak fungsional

Apa Tanda Hardisk Rusak?

Saat terjadi kerusakan, pasti akan ada perubahan yang terlihat. Begitu pula pada hardisk. Sebuah laptop akan mengalami perubahan ketika terjadi kerusakan pada komponen di dalamnya. Kenali tanda kerusakan hardisk berikut ini:

1. Laptop yang Lambat

Saat terjadi kerusakan, performa laptop akan menjadi lebih lambat dibandingkan sebelumnya. Terlebih saat terjadi kerusakan pada hardisk. Saat proses masuk, laptop akan membutuhkan waktu lebih lama hingga dapat memasuki sistem.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Servis

2. Munculnya Blue Screen

Selain disebabkan oleh virus, blue screen pada laptop juga dapat disebabkan oleh adanya kerusakan pada hardisk. Saat hal ini terjadi, melakukan install ulang sistem tetap tidak akan membantu menghilangkan blue screen, karena munculnya blue screen disebabkan oleh hardisk yang rusak.

3. Banyak Ditemukan File yang Rusak

Hardisk berfungsi sebagai media penyimpanan pada perangkat, sehingga ketika mengalami kerusakan akan banyak file yang tidak dapat diakses. Tanda ini dapat dikenali ketika file di dalam ruang penyimpanan hardisk memiliki format yang berbeda serta saat diklik muncul peringatan bahwa file tidak dapat diakses.

4. Muncul Suara Berlebihan

Umumnya, sebuah hardisk saat digunakan memiliki suara yang halus dan tidak berisik. Ketika hardisk mulai mengeluarkan suara berputar yang keras dan mengganggu, lakukan pemeriksaan pada hardisk. Suara tersebut dapat dihasilkan karena hardisk bekerja terlalu keras dan memiliki beban yang berat. 

5. Laptop Tidak Dapat Beroperasi

Kerusakan hardisk dapat menyebabkan berhentinya sistem operasi laptop. Untuk mengetahui bahwa penyebab berhentinya laptop akibat kerusakan pada hardisk, lakukan pelepasan hardisk dari perangkat. Apabila laptop dapat tetap dioperasikan, maka hardisk yang menjadi penyebabnya.

Baca Juga: Inilah Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Tapi Mesin Nyala

Bagaimana Cara Memperbaiki Hardisk Rusak?

Kerusakan hardisk disebabkan oleh berbagai macam faktor, yang mengakibatkan terjadinya kerusakan internal hardisk dan dikenal dengan sebutan bad sector. Bad sector dibagi menjadi 2 yaitu logic yang merupakan kerusakan diakibatkan oleh pemakaian atau virus dan fisik yang merupakan kerusakan pada bagian fisik hardisk

Gunakan laptop dengan baik untuk menghindari kerusakan pada komponen, termasuk hardisk. Apabila telah terjadi kerusakan bad sector pada hardisk, lakukan langkah berikut untuk memperbaikinya:

  1. Pasangkan hardisk dalam keadaan baik dan hardisk yang akan diperbaiki pada satu laptop atau perangkat lain.
  2. Jika belum memiliki software Low Level Format, lakukan instalasi terlebih dahulu. Kemudian buka software tersebut. 
  3. Perhatikan nama hardisk yang akan diformat, kemudian pilih dan klik continue. Dalam proses ini, pastikan hardisk yang dipilih benar, karena dapat memengaruhi hilangnya seluruh data dalam hardisk.
  4. Setelah muncul halaman baru, pilih low level format, kemudian klik tombol format this device.
  5. Selanjutnya, proses format dan pemulihan hardisk dimulai dan tunggu hingga selesai sepenuhnya.
  6. Langkah terakhir, buat bagian baru pada hardisk karena proses format sebelumnya menghilangkan seluruh data di dalam hardisk.

Apabila cara di atas masih belum dapat memulihkan hardisk, besar kemungkinan kerusakan yang terjadi pada bad sector fisik. Cara untuk memperbaiki kerusakan bad sector fisik hanya dapat dilakukan dengan membawa hardisk untuk dilakukan servis. 

Jadi itulah 5 penyebab kerusakan pada hardisk dan cara memperbaikinya. Anda dapat mencoba sebagai solusi permasalahan hardisk. Laptop merupakan kebutuhan penting pada berbagai kegiatan. 

Apabila dibutuhkan waktu servis yang lama, sewa laptop dapat jadi solusi mudah. IndoRental hadir dengan fasilitas penyewaan laptop serta perangkat lainnya dengan harga murah dan kualitas terbaik. IndoRental menyediakan penyewaan dengan jangka waktu harian, mingguan, dan bulanan. Dengan informasi penyebab hardisk laptop rusak, kunjungi layanan sewa laptop Bandung IndoRental sekarang juga.