Perbedaan Walky Talky dan Handy Talky serta Cara Menggunakannya

Perbedaan Walky Talky dan Handy Talky serta Cara Menggunakannya

perbedaan walky talky dan handy talky
Tips dan Trik

Apa saja perbedaan walky talky dan handy talky? Anda pasti kerap melihat sebuah alat komunikasi berbentuk persegi panjang dengan antena yang umum digunakan dalam sebuah acara atau proyek. Meski zaman sudah maju dan banyak alat komunikasi canggih yang beredar, handy talky dan walky talky tetap tidak akan tergantikan.

Sebab dibanding dengan alat komunikasi lain yang membutuhkan sinyal internet untuk berkomunikasi, handy talky dan walky talky tidak membutuhkan hal tersebut. Belum lagi bentuknya yang pas di tangan semakin membuat alat ini menjadi alat komunikasi yang banyak digunakan pada berbagai kegiatan. 

Penasaran dengan perbedaan handy talky dan walky talky beserta cara kerja masing-masing alat tersebut? Baca ulasan selengkapnya dalam artikel berikut ini. 

Apa Itu Walky Talky?

Walky talky adalah alat komunikasi portabel genggam yang memanfaatkan gelombang radio untuk berkomunikasi secara langsung tanpa membutuhkan kabel. Penciptaan Walky Talky atau WT memang ditujukan sebagai alat yang membolehkan kedua pemiliknya berbicara pada waktu yang sama sambil berjalan tanpa terganggu sinyal. 

WT menggunakan antena untuk mengirim dan menerima gelombang radio serta dilengkapi dengan pengeras suara dan tombol perekam yang ditekan ketika berbicara. Karena dalam satu saluran radio digunakan untuk dua fungsi, sangat mungkin terjadi adanya intervensi dari pengguna lain.

Apa Itu Handy Talky?

Handy talky yang lebih sering disebut dengan HT memiliki fungsi yang sama dengan walky talky yaitu untuk melakukan komunikasi dua arah atau lebih dengan bantuan gelombang radio. Pada dasarnya handy talky dan walky talky adalah dua hal yang memiliki banyak kesamaan. 

Seperti proses komunikasinya yang dua arah hingga penggunaan satu saluran radio untuk berkomunikasi dan peluang kemungkinan saluran terganggu oleh orang lain. HT sendiri memiliki jarak maksimal sebesar 2,5 km agar kedua perangkat dapat tetap berkomunikasi. 

Baca Juga: Cara Menyamakan Frekuensi HT untuk Keperluan Acara

Apa Saja Fungsi Walky Talky?

Setiap benda diciptakan tentu saja memiliki manfaat dan fungsi, termasuk WT dan HT yang cukup berperan penting pada beberapa profesi tertentu. Untuk lebih mengenalnya, berikut penjelasan lebih lengkapnya:

1. Memperkecil Pergerakan

Menggunakan walkie talkie tentu saja akan memudahkan Anda dalam melakukan tugas sebab tidak perlu lagi berjalan melintasi besarnya lokasi kegiatan atau proyek untuk mencari atau melakukan pekerjaan tertentu. Hal ini berarti penggunaan WT membantu meminimalisir pergerakan dan tidak memakan banyak tenaga.

2. Memudahkan Komunikasi

Tentu saja sebagai alat komunikasi, WT berfungsi untuk menghubungkan dua orang yang atau lebih berada di area yang sama dengan cakupan luas tertentu sehingga proses komunikasi menjadi lebih mudah dan praktis.

Baca Juga: Ketahui Daftar Frekuensi HT Penting agar Acara Berjalan Lancar

Apa Saja Fungsi Handy Talky?

Kembali ke pembahasan handy talky, seluruh informasi yang dikirimkan melalui HT akan lebih akurat sebab dikirimkan di waktu yang sama. Untuk mengetahui fungsi handy talky, simak ulasan selengkapnya di bawah ini:

1. Koordinasi 2 Pihak

Pada dasarnya, fungsi HT memang memudahkan koordinasi dua pihak. Bentuknya yang tak jauh berbeda dengan ponsel menjadikan dua alat ini menjadi alat komunikasi yang mudah dan cepat saat dibutuhkan koordinasi langsung namun terpisah jarak.

2. Alat Komunikasi Dalam Kondisi Darurat

Siapa sangka bahwa alat komunikasi HT dapat digunakan dalam kondisi darurat, apalagi di daerah yang cukup sulit menemukan sinyal. Sebagai contoh penggunaan HT pada tim SAR atau tim evakuasi lainnya. 

3. Kelancaran Jalannya Suatu Acara

Tanpa WT dan HT, mungkin sebuah acara menjadi tidak terorganisir. Pasalnya HT tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama panitia saja, melainkan bagian lain pada acara seperti bagian sound, lighting, dan lain sebagainya. 

Apa Saja Perbedaan Walky Talky dan Handy Talky?

Meskipun memiliki kesamaan pada kedua alat komunikasi mini ini, handy talky dan walky talky memiliki perbedaan di beberapa hal. Berikut ulasan lengkap mengenai perbedaan kedua perangkat:

1. Perizinan

Pada dasarnya, seluruh alat komunikasi yang kerap Anda temukan dalam berbagai cara merupakan sebuah walky talky. Pasalnya penggunaan handy talky harus menggunakan izin instansi tertentu untuk acara apa pun tanpa terkecuali. 

2. Frekuensi

Dalam handy talky, terdapat frekuensi radio yang lebih besar dan luas serta dapat diakses siapa pun yang berada pada jarak maksimal 12 mil. Hal ini berbeda dengan walky talky yang mana range frekuensinya hanya sedikit. Meski demikian tidak ada batasan banyaknya pengguna dalam satu ruangan WT maupun HT. 

Bagaimana Cara Menggunakan WT dan HT dengan Benar?

Sebelum menjalankan sebuah kegiatan yang melibatkan HT atau WT, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu cara kerja keduanya. Adapun cara kerja menggunakan WT dan HT yang harus Anda pahami antara lain:

1. Cara Menggunakan WT

Walky talky bekerja dengan tenaga baterai untuk menghidupkan alat tersebut hingga akhirnya dapat mengirim dan menerima pesan pada frekuensi radio tertentu. Seperti radio pada umumnya, jika Anda tidak menggunakan saluran untuk saling bertukar pesan, maka walky talky akan mengeluarkan suara statis. Untuk mulai berbicara, Anda dapat menekan tombol yang berada di samping unit sambil berbicara di garis-garis pada bagian depan WT. 

2. Cara Menggunakan HT

Pada HT, ada sebuah antena panjang yang menjadi bagian penangkap dan pemancar gelombang radio agar perangkat handy talky dapat berfungsi dengan baik. Cara penggunaannya pun mudah dan tak jauh berbeda dengan WT. Anda cukup menekan bagian tombol di samping dan mulai berbicara sambil menekan. Setelah selesai, lepas dan tunggu hingga lawan bicara menjawab pesan Anda. 

Mulai dari pengertian masing-masing alat hingga saat ini, apakah Anda sudah menemukan perbedaan walky talky dan handy talky? Meski dapat menerima dan mengirimkan informasi, hal ini bukan berarti WT dan HT dapat digunakan untuk mendengarkan musik sesuai yang diinginkan atau bahkan menonton video layaknya ponsel. 

Karena kedua perangkat ini memang hanya sebuah radio genggam. Tapi tenang, Anda tetap dapat mendengarkan musik dan hiburan lain melalui saluran radio yang terputar di HT atau WT. Dengan ukurannya yang mini dan hanya segenggam tangan, kedua alat ini masih efektif digunakan oleh sebagian besar masyarakat saat menyelenggarakan sebuah acara.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menggunakan HT dengan Benar?

Jika Anda membutuhkan kelengkapan perangkat elektronik untuk acara apa pun dalam jumlah berapa pun, serahkan saja kebutuhan Anda ke Indorental. Anda bisa memilih spesifikasi perangkat IT dan multimedia sesuai kebutuhan acara tentunya dengan harga terjangkau dan kualitas terbaik. 

Hubungi Indorental sekarang juga dan sewa perangkat digital untuk kebutuhan acara Anda dengan pelayanan cepat, aman, dan tepercaya. Semoga informasi perbedaan walky talky dan handy talky ini bermanfaat.