Bagaimana Cara Menggunakan HT dengan Benar?

Bagaimana Cara Menggunakan HT dengan Benar?

cara menggunakan ht
Tips dan Trik

Anda perlu tahu, cara menggunakan HT sangatlah mudah, mulai dari pengaturannya hingga cara berkomunikasi. Selain itu, HT juga memiliki berbagai fungsi yang dapat membantu Anda untuk berkomunikasi dalam suatu area atau jarak tertentu.

HT biasanya digunakan dalam acara-acara seperti festival, konser, dan lainnya. Dengan adanya HT, komunikasi dalam jarak tertentu akan lebih mudah dibandingkan Anda harus menggunakan mobile phone.

Apabila Anda sedang ingin menyelenggarakan sebuah acara dengan skala sedang hingga besar, ada baiknya untuk menggunakan HT agar komunikasi antar anggota tim dapat lebih mudah dilakukan. Oleh karena itu, melalui artikel ini, Indorental akan menjelaskan apa itu HT dan bagaimana cara menggunakan alat komunikasi tersebut.

Apa Itu HT (Handy Talky)?

HT atau biasa disebut sebagai Handy Talky merupakan suatu jenis alat komunikasi lisan yang terhubung dengan gelombang radio. HT ini digunakan hanya untuk berbicara dan mendengarkan lawan bicara yang sedang berkomunikasi melalui alat tersebut.

Meskipun HT merupakan jenis komunikasi radio dua arah, namun tidak semua orang dapat berbicara dalam waktu yang bersamaan. Orang hanya dapat berbicara secara bergantian melalui HT.

Coba Anda bandingkan apabila sedang berada di sebuah acara dan harus repot-repot mengeluarkan hp, mencari kontak anggota yang perlu dihubungi, hingga menunggu lawan bicara untuk mengangkat teleponnya, tentu akan ada banyak waktu yang terbuang. Sebaliknya, dengan menggunakan HT, Anda cukup memanggil nama yang dituju dan langsung membicarakan hal yang ingin disampaikan.

Dalam sebuah acara, kecepatan dalam berkomunikasi sangatlah dibutuhkan, terutama untuk acara besar. Oleh karena itu, HT bisa menjadi sarana komunikasi yang tepat untuk digunakan dalam acara-acara tersebut.

Apa Saja Kelebihan HT?

Sebelum Anda mempelajari cara menggunakan HT, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu mengapa orang-orang, atau Anda, perlu menggunakan HT. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, HT dapat menjadi alat komunikasi yang luar biasa. Tetapi, HT memiliki banyak kelebihan lainnya. Berikut adalah penjelasannya.

  1. Mudah dibawa kemana saja.
  2. Hemat dan praktis karena tidak membutuhkan pulsa atau data internet untuk berkomunikasi.
  3. Anda cukup menyamakan frekuensi radio HT untuk berkomunikasi. Frekuensi yang sering digunakan akan tersimpan dengan sendirinya di dalam memori.
  4. Memiliki jangkauan yang luas (kurang lebih 2 kilometer).
  5. Memiliki baterai yang dapat bertahan lama.
  6. Harganya relatif murah, baik untuk beli atau sewa.

Baca Juga: Ketahui Daftar Frekuensi HT Penting agar Acara Berjalan Lancar

Apa Saja Kekurangan HT?

Selain kelebihan, Anda juga harus memahami kekurangan HT yang dapat Anda jadikan pertimbangan sebelum menggunakannya. Berikut adalah beberapa kekurangan HT yang harus Anda ketahui:

  1. Hanya dapat berkomunikasi dengan satu orang pada setiap waktu.
  2. Harus berkomunikasi dengan pelan serta jelas.
  3. Ukurannya lebih besar dan tentu lebih berat daripada handphone.
  4. Speaker radio HT umumnya tidak sebaik speaker handphone jaman sekarang.

Bagaimana Cara Menggunakan HT?

Berikut ini, Indorental akan menjelaskan panduan dalam menggunakan HT dengan mudah, yaitu:

  1. Atur frekuensi semua unit HT yang akan digunakan. Penyamaan frekuensi ini harus dilakukan agar antar anggota dapat saling terhubung.
  2. Setelah frekuensi disamakan, Anda bisa langsung menggunakan HT tersebut. Jika Anda ingin berbicara melalui HT, silakan tekan tombol PTT atau tombol Push-to-Talk terlebih dahulu setidaknya 2 detik dan sampaikan informasi yang ingin dikomunikasikan kepada orang lain. Saat berbicara, pastikan posisi HT berada dalam posisi tegak.
  3. Perlu Anda pahami, tombol PTT harus selalu ditahan ketika sedang berbicara. Apabila tombol PTT tidak ditekan, maka tentu saja lawan bicara tidak dapat mengetahui hal apa yang sedang Anda sampaikan.
  4. Karena HT merupakan komunikasi radio dua arah yang bergantian, maka pastikan setelah Anda selesai berbicara, lepas tombol PTT. Jika tombol PTT tidak dilepaskan, maka orang lain tidak bisa berbicara melalui HT tersebut.
  5. Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam penggunaan HT adalah radius jaraknya. Biasanya, HT dapat saling terhubung dalam jarak 5 kilometer dan lebih dari itu, maka komunikasi akan terputus.
  6. Sebelum menggunakan HT, tentukan juga aturan yang akan disepakati bersama, seperti panggilan maksimal atau nama sandi untuk tiap orang.

Baca Juga: Aturan Frekuensi HT yang Diperbolehkan untuk Umum

Apa Saja Perbedaan Antara HT dengan Walky Talky?

Banyak orang yang masih salah dalam menyamakan antara Handy Talky dengan Walky Talky. Meskipun keduanya merupakan komunikasi 2 arah yang menggunakan frekuensi radio, namun ada perbedaan yang sangat signifikan dari beberapa fiturnya.

Hal pertama yang menjadi perbedaan antara keduanya adalah HT dapat digunakan dalam jarak yang lebih jauh dibandingkan WT yang hanya dapat digunakan dalam radius 0,5 kilometer hingga 2 kilometer. Selain itu, penggunaan HT harus memiliki izin kepada kelurahan atau pemerintah daerah terlebih dahulu sedangkan WT bisa digunakan tanpa perlu meminta izin.

Apa Saja Frekuensi Radio HT (Handy Talky)?

Untuk dapat mengunakan HT (Handy Talky) dengan baik, Anda terlebih dahulu harus memahami jenis jenis frekuensi HT yang ada. Mengapa? Karena, jenis frekuensi yang Anda gunakan akan tergantung pada situasi Anda berada. Berikut adalah penjelasan jenis jenis frekuensi HT.

1. VHF (Very High Frequency)

Jenis frekuensi ini adalah salah jenis frekuensi yang paling sering digunakan pada radio HT pada umumnya. Jenis ini memiliki pancaran yang lebih bebas, lebih jauh, dan lebih luas dibandingkan dengan jenis UHF. Akan tetapi, jenis frekuensi ini tidak dapat digunakan pada tempat yang memiliki banyak penghalang seperti gedung bertingkat atau hutan.

2. UHF (Ultra High Frequency)

Jenis frekuensi ini adalah jenis yang dapat menembus berbagai penghalang dengan mudah. Oleh karena itu, jenis frekuensi ini umum digunakan pada tempat-tempat seperti hutan, bagian tebing, dan lain-lain yang memiliki banyak halangan.

Itulah dia cara menggunakan HT serta informasi lainnya yang dapat Anda jadikan panduan. Radio HT adalah alat komunikasi yang dapat diandalkan ketika Anda harus terus berkomunikasi pada sebuah event atau acara. Untuk dapat berkomunikasi dengan baik melalui HT, Anda harus terlebih dahulu tahu cara menggunakannya, mulai dari pengaturan frekuensi dan lainnya.

Apakah informasi di atas berguna untuk Anda? Jadi, berdasarkan informasi di atas, cara menggunakan HT sangatlah mudah dan silakan hubungi Indorental sekarang juga jika Anda membutuhkan sewa HT untuk acara yang akan diselenggarakan selanjutnya.