Perbedaan HT Digital dan Analog, Mana Yang Lebih Unggul?

Perbedaan HT Digital dan Analog, Mana Yang Lebih Unggul?

perbedaan ht digital dan analog
Teknologi

Tahukah Anda bahwa sekarang teknologi HT sudah semakin canggih? Tidak lagi mengandalkan sistem analog, kini sudah tersedia HT digital dengan fitur beragam. Anda perlu mengetahui apa saja perbedaan HT digital dan Analog, sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Pengertian HT Digital

Handy talkie digital atau biasa disingkat HT digital adalah perangkat komunikasi dua arah portabel yang menggunakan teknologi digital untuk mentransmisikan suara. HT digital biasanya digunakan dalam komunikasi radio, dan dapat digunakan dalam berbagai situasi, seperti kegiatan outdoor, pengawasan keamanan, atau operasi militer.

HT digital dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan dibandingkan versi analog. Misalnya seperti enkripsi suara, pemrograman frekuensi digital dan kemampuan untuk mengirim pesan teks atau data.

Baca Juga : Sudah Tahu Belum? Ini 5 Perbedaan Android TV dan Smart TV Sebelum Membelinya!

Perbedaan HT Digital dan Analog

Menggunakan kecanggihan teknologi yang berbeda, tentunya terdapat beberapa perbedaan HT digital dan analog yang perlu Anda ketahui. Ini akan membantu Anda untuk menentukan jenis mana yang terbaik guna memenuhi kebutuhan komunikasi.

1. Teknologi Pengkodean Suara

HT digital menggunakan teknologi pengkodean suara digital. Sedangkan HT analog menggunakan teknologi pengkodean suara analog. Teknologi digital memberikan suara yang lebih jernih dan tidak mudah terganggu oleh kebisingan atau interferensi sinyal.

2. Penerimaan Sinyal

Perbedaan paling signifikan dari segi teknologi adalah penerimaan sinyal. HT digital dapat menerima sinyal yang lebih lemah dan memiliki jarak jangkau yang lebih jauh dibandingkan dengan HT analog.

3. Keamanan Komunikasi

Dibandingkan dengan HT analog, HT digital memiliki fitur enkripsi suara yang membuat komunikasi lebih aman. Fitur tersebut dapat memberikan perlindungan perangkat dari penyadapan saat berkomunikasi.

4. Pemrograman Frekuensi 

Untuk menjalin komunikasi menggunakan HT, diperlukan pemrograman frekuensi. Nah, HT digital ini membuka akses pemograman menggunakan software. Ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengubah frekuensi, sedangkan HT analog harus diprogram secara manual.

5. Kompatibilitas

HT digital tidak selalu kompatibel dengan HT analog dan sebaliknya. Namun, sebagian besar HT digital memiliki mode analog, sehingga masih bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan HT analog.

6. Harga

Dengan fitur canggih yang hadir di HT digital,  harga perangkatnya pun menjadi lebih mahal daripada HT analog. Apabila tidak membutuhkan HT dengan ragam fitur canggih, maka HT analog lebih cocok dan terjangkau untuk Anda.

Baca Juga : Simak! 7 Perbedaan Printer Inkjet dan Laserjet, Mana yang Lebih Unggul?

Cara Kerja HT Digital dan Analog

Selain perbedaan-perbedaan yang telah disebutkan sebelumnya, kedua handy talkie digital dan analog tersebut memiliki cara kerja yang berbeda. Ini tentunya disebabkan oleh penggunaan teknologi dalam perangkat. Berikut ini merupakan cara kerja antara keduanya yang perlu Anda ketahui.

1. Cara Kerja HT Analog

Memanfaatkan teknologi pengkodean suara analog, HT jenis ini bekerja mengubah suara menjadi sinyal elektronik yang dipancarkan melalui gelombang radio. Saat memancarkan sinyal, informasi suara tersebut tercampur dengan informasi lain seperti frekuensi pemancar, dan terkirim melalui saluran radio. Sinyal yang diterima oleh HT penerima kemudian diubah kembali menjadi suara oleh speaker.

2. Cara Kerja HT Digital

Berbeda dengan Handy Talkie analog, jenis digital sudah menggunakan teknologi pengkodean suara lebih canggih. Perangkat ini bekerja dengan mengubah suara menjadi kode biner atau angka-angka dalam bentuk digital. Informasi digital ini kemudian dikirimkan melalui saluran radio dalam bentuk paket data. Penerima kemudian mengubah paket data tersebut menjadi suara yang dapat terdengar melalui speaker. Teknologi digital juga memungkinkan fitur-fitur tambahan seperti enkripsi suara, pemrograman frekuensi digital, dan kemampuan untuk mengirim pesan teks atau data.

Baca Juga : Perbedaan Walky Talky dan Handy Talky serta Cara Menggunakannya

Rangkaian Sistem HT Digital dan Analog

Cara kerja berbeda, maka rangkaian sistem HT digital dan analog pun juga tidak sama. Tergantung pada kegunaan jenis sistemnya, berikut ini merupakan rangkaian sistem antara keduanya.

1. Rangkaian Sistem HT Analog

Beberapa komponen yang biasanya ada dalam rangkaian sistem HT analog adalah mikrofon, transmitter, antena, receiver dan speaker. Masing-masing komponen ini memiliki kegunaan masing-masing untuk membentuk fungsional perangkat. Mulai dari mikrofon yang berguna untuk mengubah suara menjadi listrik hingga speaker yang berfungsi sebaliinya untuk hasilkan suara yang bisa didengar.

2. Rangkaian Sistem HT Digital

Meskipun fungsionalnya sama, komponen Handy Talkie digital sangat berbeda dengan versi analog. Komponen tambahan pertama yang ada di HT digitap adalah Codec. Ini berfungsi untuk mengubah suara analog menjadi data digital agar dapat terproses oleh sistem.

Kemudian juga ada processor, modulator atau demodulator dan juga software. Proses input dan output dari keduanya memiliki sistem yang sama, membutuhkan mic dan juga speaker.

Nah, itulah tadi informasi mengenai perbedaan Handy Talkie digital dan analog yang perlu Anda ketahui. Apabila masih bingung menentukan mana yang tepat untuk kebutuhan Anda, pastikan untuk lebih memahami fungsional dan kebutuhan akan HT terlebih dahulu.

Butuh HT untuk bantu kelancaran bisnis Anda? Indorental menyediakan jasa sewa HT Jakarta, pastinya dengan harga terjangkau dan kualitas produk terbaik. Segera hubungi Indorental, dapatkan informasi lebih lengkap mengenai penyewaan perangkat teknologi berkualitas.