Pahami Cara-Cara Memperbaiki Hardisk Rusak dan Cara Mencegahnya

Pahami Cara-Cara Memperbaiki Hardisk Rusak dan Cara Mencegahnya

cara memperbaiki hardisk rusak
Tips dan Trik

Hardisk merupakan perangkat pada komputer yang memiliki fungsi sangat penting, salah satunya sebagai penyimpanan data atau file. Jika hardisk tidak berfungsi dengan baik, maka dapat menyebabkan data-data penting hilang atau laptop Anda mengalami kerusakan. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda memahami cara memperbaiki hardisk rusak dengan mudah agar data penting Anda tetap bisa diselamatkan. 

Bagaimana Cara Cek Apakah Hardisk Rusak?

Hardisk yang rusak dapat menyebabkan data-data penting yang Anda miliki hilang. Hal terburuk yang akan terjadi, Anda tidak akan bisa mengakses Windows/Linux/MacOS sebagai sistem operasi yang digunakan. Apalagi kalau yang mengalami kerusakan tersebut adalah partisi yang menyimpan file sistem operasi. Hal ini menjadikan laptop Anda tidak dapat digunakan sama sekali.

Baca Juga: Kenali 5 Penyebab Hardisk Laptop Rusak serta Cara Memperbaikinya

Namun, jika terjadi kendala pada laptop Anda, tidak semuanya disebabkan oleh hardisk yang mengalami kerusakan. Sebab itu, Anda perlu cek hardisk laptop tersebut apakah mengalami kerusakan atau tidak, sehingga laptop Anda tidak dapat digunakan. 

Terdapat beberapa cara untuk cek hardisk rusak atau tidak, mulai dari menggunakan CHKDSK bagi pengguna Windows, hingga menggunakan software pihak ketiga. 

Sebelum melakukan pengecekan, pastikan semua data sudah di back up terlebih dahulu ke hardisk lain. Umumnya tidak akan terjadi apa-apa jika hardisk tidak bermasalah. Namun, demi keamanan ada baiknya back up data terlebih dahulu. Berikut cara mengecek apakah hardisk Anda mengalami kerusakan atau tidak.

1. Tes Hardisk Rusak Menggunakan CHKDSK

CHKDSK adalah singkatan dari Check Disk. Fitur ini dapat digunakan melalui Command Prompt (CMD) dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Klik pada menu Windows atau tekan ikon Windows pada keyboard. 
  • Ketikkan CMD.
  • Pilih run as administrator dan klik Yes.
  • Setelah jendela CMD terbuka, ketikkan chkdsk E: /f apabila drive yang bermasalah adalah drive E. Anda dapat mengetikkan drive lain sesuai dengan drive yang bermasalah pada laptop Anda. Pastikan menambahkan /f dibagian akhir sesuai contoh.
  • Tunggu hingga proses selesai.

Selain melalui CMD, fitur ini dapat Anda akses melalui Windows Explorer atau File Explorer. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka Explorer.
  • Klik kanan pada drive yang ingin diperiksa atau pergi ke menu This PC.
  • Pilih Properties.
  • Pilih tab Tools.
  • Pilih Check.
  • Pilih Scan Drive atau Scan and Repair Drive. 
  • Tunggu sampai proses selesai hingga muncul tulisan Your Drive was Successfully Scan. 

2. Tes Hardisk Rusak Menggunakan Software Manufaktur

Masing-masing manufaktur hardisk umumnya menyediakan software untuk mengecek kesehatan hardisk. Software tersebut dapat Anda unduh dari website. Masing-masing software memiliki cara kerja yang sedikit berbeda, tetapi secara umum fitur-fiturnya serupa. Apa saja fitur tersebut? Simak di bawah ini.

  • Fitur Scan atau Diagnostic untuk memeriksa kesehatan hardisk.
  • Fitur Test untuk menguji kemampuan read/ write dari hardisk apakah masih berjalan dengan baik atau tidak.

Baca Juga: Cara Mendownload Aplikasi di Laptop Windows 7

3. Tes Hardisk Rusak Menggunakan Software Pihak Ketiga

Apabila fitur-fitur yang ada pada manufaktur software belum mencukupi, Anda dapat mencoba software buatan pihak ketiga yang fitur-fiturnya lebih lengkap. Software yang berasal dari pihak ketiga tidak hanya berguna untuk kebutuhan diagnosis saja, tetapi bisa digunakan untuk memperbaiki masalah nonfisik pada hardisk, seperti bad sector, defragment, dan untuk kebutuhan partisi hardisk. 

Bagaimana Cara Memperbaiki Hardisk yang Rusak?

Terdapat beberapa tipe kerusakan pada hardisk, sehingga cara memperbaikinya pun berbeda-beda. Nah, untuk mengetahui secara lebih jauh cara memperbaiki hardisk rusak akan diuraikan di bawah ini. Mari simak secara saksama.

1. Cara Memperbaiki Hardisk Rusak Bad Sector

Ada dua jenis bad sector yang umumnya dialami hardisk, yaitu bad sector logic dan bad sector fisik. Memperbaiki hardisk bad sector dapat dikatakan tidak begitu mudah, tetapi masih dapat Anda lakukan. Berikut masing-masing penjelasan memperbaiki dua jenis hardisk bad sector. 

  • Bad Sector Logic

Untuk mengatasi hardisk dengan bad sector logic dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak. Hal ini karena bad sector biasanya disebabkan sistem partisi yang mengalami kendala. Tidak itu saja, virus juga memiliki andil ketika hardisk Anda mengalami bad sector logic. 

  • Bad Sector Fisik

Bad sector fisik akan terjadi ketika piringan atau komponen-komponen lainnya mengalami kerusakan. Hardisk dengan kerusakan bad sector fisik memang agak sulit diperbaiki, sehingga direkomendasikan untuk memperbaikinya di tempat servis atau membeli yang baru.

Baca Juga: Pelajari Cara Upgrade Laptop dengan Mudah

Setelah mengetahui hardisk Anda mengalami kerusakan bad sector logic atau bad sector fisik, berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya secara mandiri. 

  • Pasang dua buah hardisk pada PC Anda. Dua buah hardisk ini terdiri dari hardisk yang masih bisa digunakan dan yang masih rusak.
  • Unduh software yang dapat memperbaiki hardisk rusak, lalu instal.
  • Buka software yang telah Anda unduh, lalu pilih nama hardisk yang ingin Anda format. Kemudian klik Continue. 
  • Selanjutnya klik Low Level Format dan klik format This Device. 
  • Tunggu hingga proses selesai dilakukan. Spesifikasi laptop Anda sangat memengaruhi kecepatan format hardisk. 
  • Buat partisi baru ketika seluruh proses selesai dilaksanakan. 

2. Cara Mengatasi Hardisk yang Tidak Terbaca

Jika hardisk Anda tidak mengalami bad sector tetapi masih belum terbaca, bisa jadi ada kesalahan dalam proses pemasangannya. Anda dapat mengecek konektor ATA (Advanced Technology Attachment) atau SATA (Serial Advanced Technology Attachment) pada hardisk. 

Selanjutnya, cek soket ATA dan SATA pada hardisk, lalu periksa konektor yang menghubungkan hardisk ke PSU (Power Supply Unit). Hal ini karena hardisk yang tidak terbaca dapat terjadi disebabkan ada masalah pada pemasangan atau kabel yang tidak terhubung dengan benar. Selain itu, soket yang rusak juga dapat menjadi penyebab hardisk Anda tidak terbaca meskipun baik-baik saja.

Bagaimana Cara Perawatan Hardisk?

Hardisk termasuk salah satu komponen hardware laptop yang perlu mendapatkan perawatan khusus. Pasalnya, jika mengalami kerusakan, dapat menyebabkan kehilangan data penting bahkan laptop Anda bisa mati total. Untuk mencegah hal itu terjadi, berikut cara merawat hardisk yang dapat Anda lakukan.

1. Matikan Laptop dengan Benar

Saat mematikan laptop, upayakan untuk tidak menekan tombol power hingga laptop tersebut mati. Akan tetapi, matikan laptop Anda dengan benar yaitu dengan menekan tombol shutdown. Selain itu, jangan terlalu lama membiarkan laptop Anda dalam keadaan sleep yang terlalu lama. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Cas Laptop yang Benar dan Tidak Merusak Laptop?

2. Jaga Hardisk dari Guncangan

Komponen hardisk salah satunya terdiri dari lapisan cakram magnetik yang bisa berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Kondisi ini sangat riskan bagi hardisk yang mengalami goncangan. Goncangan yang dimaksud seperti goncangan yang terjadi pada tas dengan kondisi laptop yang masih nyala. 

Sebab itu, berhati-hati saat membawa laptop, jangan sampai terbentur, terjatuh, dan tertekan benda lain.

3. Jalankan Disk Cleanup

Disk Cleanup bawaan Windows berfungsi membersihkan isi hardisk dari data-data yang sudah tidak digunakan lagi, seperti temporary file, log file, dan file pada recycle bin. Untuk menjalankan Disk Cleanup berikut langkah-langkahnya:

  • Buka jendela Windows Explorer.
  • Klik kanan pada hardisk yang ingin di cleanup. 
  • Klik Properties.
  • Klik tombol Disk Cleanup. 
  • Setelah jendela Disk Cleanup muncul, pilih data-data yang akan dibuang. 
  • Klik Ok.

Nah, demikian cara memperbaiki hardisk rusak dan cara mencegahnya yang dapat Anda lakukan. Apabila hardisk Anda tidak dapat diperbaiki dengan cepat, Anda tidak perlu khawatir. Untuk menunjang aktivitas sehari-hari, Anda dapat sewa laptop di IndoRental. Tersedia berbagai spesifikasi yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Hubungi IndoRental sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.