11 Rekomendasi HP untuk Live TikTok: Pilih yang Cocok untuk Performa Terbaik!

11 Rekomendasi HP untuk Live TikTok: Pilih yang Cocok untuk Performa Terbaik!

rekomendasi hp untuk live tiktok
Teknologi

Dalam dunia konten digital yang terus berkembang, platform TikTok telah menjadi wadah utama bagi para kreator konten untuk berinteraksi dengan audiens secara langsung. Bagi mereka yang ingin mengambil kesempatan penuh dari pengalaman live TikTok, memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhan tampilan konten menjadi hal yang krusial. 

Dalam artikel ini, Anda akan diberikan beberapa rekomendasi HP untuk live TikTok Anda. Mulai dari kemampuan kamera yang menakjubkan, kestabilan sinyal, hingga performa multitasking yang optimal, mari telusuri bersama beberapa opsi terbaik untuk memastikan bahwa setiap live TikTok yang Anda bagikan memberikan pengalaman yang memukau bagi penonton Anda.

Apa yang Harus Dipertimbangkan dalam Memilih HP untuk Live TikTok?

Terdapat beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih HP yang cocok untuk live TikTok, seperti di bawah ini: 

1. Kualitas Kamera

Pilih smartphone dengan kamera yang memiliki resolusi tinggi untuk menghasilkan gambar dan video yang jernih. Pastikan kamera memiliki kemampuan perekaman video berkualitas tinggi untuk menyajikan konten yang menarik. Fitur stabilisasi gambar membantu mengurangi getaran dan gerakan yang tidak diinginkan selama siaran langsung.

2. Performa Prosesor dan RAM 

Memilih smartphone dengan prosesor yang kuat membantu menjaga kinerja aplikasi TikTok tanpa lag atau hambatan. Pastikan smartphone memiliki jumlah RAM yang memadai agar dapat menangani tugas multitasking selama siaran langsung.

3. Daya Tahan Baterai 

Pilih smartphone dengan kapasitas baterai yang besar untuk menanggulangi penggunaan daya yang intensif selama live TikTok. Fitur pengisian cepat akan memastikan bahwa Anda dapat mengisi daya perangkat dengan cepat antara sesi siaran.

4. Konektivitas yang Stabil 

Pastikan smartphone mendukung koneksi Wi-Fi yang cepat dan stabil, serta memiliki kemampuan untuk berpindah secara mulus antara Wi-Fi dan data seluler. Koneksi jaringan yang cepat diperlukan untuk menghindari gangguan atau putusnya siaran langsung.

5. Faktor Ergonomi dan Desain 

Pilih smartphone yang nyaman dipegang selama penggunaan jangka panjang, meminimalkan risiko kelelahan tangan. Desain yang intuitif memungkinkan Anda fokus pada konten tanpa terganggu oleh masalah penggunaan.

Baca Juga: Begini Cara Live TikTok di PC atau Laptop dengan Mudah

10 Rekomendasi HP untuk Live TikTok

Berikut adalah 10 rekomendasi smartphone yang dapat menjadi pilihan ideal untuk kegiatan live streaming TikTok, berdasarkan kualitas kamera, performa, dan faktor-faktor lain yang mendukung pengalaman siaran langsung yang optimal:

1. iPhone 13 Pro 

Siapa yang tidak tahu jika kualitas dari ponsel keluaran Apple ini memang sangat cocok untuk dijadikan rekomendasi HP untuk live TikTok? Meskipun mungkin bukan pengguna Apple, Anda sendiri pasti tahu jika iPhone memiliki kualitas yang tinggi. Meskipun kini telah keluar seri ke-15 nya, iPhone 13 Pro masih tetap tenar dan dijadikan pilihan banyak orang. 

Jika membahas kualitas sistem operasi, iPhone 13 Pro telah mendapat varian iOS 15 yang telah banyak mendapatkan pembaharuan seperti membantu Anda mengurangi gangguan melalui cara memfilter pemberitahuan berdasarkan aktivitas yang Anda lakukan saat ini. Untuk kamera, iPhone 13 Pro tidak perlu diragukan lagi, iPhone 13 Pro dilengkapi dengan sistem kamera triple-camera di bagian belakang. Ini terdiri dari kamera utama, kamera ultra-wide, dan kamera telefoto. 

Cocok bagi Anda yang akan menggunakan ponsel ini sebagai media untuk live pada platform TikTok, Anda akan terhindar dari lag dan gangguan sistem lainnya. 

2. Iphone 14 Pro Max 

Memiliki kapasitas baterai sebesar 4323 mAH yang bisa dibilang tidak terlalu besar, namun Anda tidak perlu khawatir karena ponsel ini dilengkapi dengan sistem fast charging yang mampu mengisi daya baterai hingga 50% dalam waktu 30 menit. Memiliki kamera depan berjumlah 1 dengan resolusi sebesar 12 MP, Anda tidak boleh pesimis dengan tingkat resolusinya, jika dibandingkan dengan android memang terbilang kecil, namun kualitas 12 MP untuk ukuran ponsel Apple sudah termasuk tinggi dan mumpuni. 

Kamera belakangnya dilengkapi dengan 3 jenis kamera yaitu, 48 MP untuk wide camera, 12 MP telephoto, dan 12 MP ultra-wide camera. Memiliki RAM sebesar 6 GB dengan pilihan penyimpanan dari 128 GB hingga 1 TB. 

3. Samsung Galaxy S21 Ultra 

Rilis pada tahun 2021 dan berhasil menarik minat banyak orang dengan desain dan berbagai fitur menarik yang dihadirkannya. Ponsel ini memiliki dimensi body 165,1 x 75,6 x 8,9 mm dengan fitur lainnya yaitu ketahanan terhadap air dan debu melalui sertifikasi IP68, beratnya pun hanya berkisar 227 gram. 

Dilengkapi juga dengan layar Dynamic AMOLED 2X dan terbukti melindungi ponsel Anda agar tetap aman dan tidak mudah tergores. Selain itu juga, memori yang ditawarkan pada ponsel ini cukup luas yaitu 16 GB dengan 3 pilihan penyimpanan yaitu, 128 GB, 256 GB dan 512 GB. Kapasitas baterai yang dimiliki ponsel ini cukup tinggi dan berada di angka 5000 mAh.

Untuk kamera, ponsel Samsung sendiri tidak bisa dianggap remeh, terlebih jika datang dari seri S nya. Samsung Galaxy S21 Ultra memiliki kamera utama sebanyak 4 dengan 108 MP untuk wide camera, 10 MP untuk telephoto, 10 MP periscope telephoto dan 12 MP ultra-wide. Kamera depannya hadir dengan resolusi 40 MP dan sudah sangat cocok digunakan untuk live pada aplikasi TikTok. 

4. Xiaomi Redmi Note 9 Pro 

Jika Anda menginginkan ponsel dengan spesifikasi bagus namun harga tetap terjangkau, Xiaomi Redmi Note 9 Pro ini bisa menjadi pilihan untuk Anda. Ponsel yang dirilis pada tahun 2020 ini memiliki cukup banyak penggemar lantaran harganya yang terjangkau namun kualitas tinggi. 

Chipset yang digunakan ponsel ini adalah Qualcomm Snapdragon 720G yang merupakan  salah satu prosesor sistem pada chip (SoC) yang dirancang oleh Qualcomm untuk digunakan dalam perangkat mobile, seperti smartphone. SoC ini diperkenalkan pada awal tahun 2020 dan biasanya ditemukan di kategori perangkat menengah atau menengah ke atas.

Untuk memori dan penyimpanan, ponsel ini menghadirkan dua pilihan yaitu RAM 6 GB dengan penyimpanan 64 GB dan RAM 8 GB dan penyimpanan 128 GB, keduanya dinilai sudah cukup tinggi dan mumpuni untuk Anda gunakan sehari-hari. 

Baca Juga: 4 Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark Online

5. Samsung Galaxy A51 

Ponsel ini mengusung panel dengan teknologi Super AMOLED dan resolusi 1080 x 2040 piksel, untuk penyimpanan sendiri Samsung Galaxy A51 ini memiliki RAM sebesar 6 GB dengan penyimpanan 128 GB dan bisa diperluas hingga 512 GB. 

Jika bicara tentang HP dari Samsung, rasanya kurang menarik jika tidak membahas tentang kameranya. Pada Samsung seri A ini memiliki 4 kamera belakang, yaitu kamera utama dengan resolusi sebesar 48 MP, macro camera 5 MP, ultra-wide camera 12 MP, dan depth camera 5 MP. Untuk kamera depan atau selfie memiliki resolusi sebesar 32 MP. 

Bila Anda menggunakan ponsel ini dengan tujuan untuk live pada aplikasi TikTok, maka pilihan Anda sudah tepat. Ditambah dengan kapasitas kamera sebesar 4000 mAh dan teknologi fast charging 15W membuat Anda bisa dengan nyaman menggunakannya seharian. 

6. Vivo Y20 

Meskipun harganya termasuk dalam kategori HP murah, Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas yang ditawarkan oleh ponsel ini. Vivo Y20 memiliki fitur ultra game mode dengan dukungan pada segi baterainya yaitu 5000 mAh yang merupakan kapasitas tinggi, cocok untuk Anda yang sangat menikmati bermain game pada ponsel. Selain itu, jika mengintip pada sektor kameranya, terdapat 3 kamera utama di HP ini yaitu wide, macro, dan depth. 

Untuk kamera wide berada pada resolusi 13 MP, macro 2 MP, dan depth camera 2 MP. pada kamera selfie-nya terdapat resolusi sebesar 8 MP dan bisa digunakan untuk melakukan live TikTok dengan kualitas gambar yang mumpuni. 

RAM yang diberikan pada ponsel ini hanya 4 GB dengan ROM 64 GB, jika dibandingkan dengan beberapa ponsel lain yang berada di kelasnya, RAM pada Vivo Y20 bisa dibilang cukup kecil. 

7. Realme 6 

Realme 6 adalah smartphone kelas menengah yang memiliki desain modern dan layar IPS LCD 6.5 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel. Ditenagai oleh prosesor MediaTek Helio G90T dan GPU Mali-G76 MC4, Realme 6 memiliki opsi RAM 4GB/6GB/8GB dan penyimpanan internal 64GB/128GB yang dapat diperluas.

Bagian kamera belakang Realme 6 mencakup kamera utama 64 MP, kamera ultra-wide 8 MP, kamera makro 2 MP, dan sensor kedalaman 2 MP. Kamera depannya memiliki resolusi 16 MP. Smartphone ini mendukung perekaman video 4K @ 30fps dan pengaturan kamera yang beragam.

Realme 6 hadir dalam dua pilihan warna, yaitu Comet Blue dan Comet White, serta menyediakan fitur tambahan seperti radio FM dan jack audio 3.5mm.

8. Xiaomi Poco X3 NFC

Poco X3 NFC menonjol dengan layar 120Hz yang memberikan pengalaman pengguna yang halus, prosesor Snapdragon 732G yang cukup bertenaga, dan baterai besar dengan pengisian daya cepat 33W. Fitur NFC juga memungkinkan berbagai aplikasi berbasis pembayaran dan konektivitas nirkabel.

Poco X3 NFC memiliki konfigurasi kamera belakang empat lensa, termasuk kamera utama 64 MP dan kamera ultra wide 13 MP. Kamera depannya memiliki resolusi 20 MP untuk selfie berkualitas tinggi. Smartphone ini juga menyertakan fitur NFC untuk konektivitas nirkabel yang lebih luas.

9. Oppo A92 

Fitur kamera belakang Oppo A92 mencakup kamera utama 48 MP, kamera ultrawide 8 MP, kamera makro 2 MP, dan sensor kedalaman 2 MP, memberikan fleksibilitas dalam fotografi. Kamera depannya memiliki resolusi 16 MP untuk selfie yang jernih. Smartphone ini juga dilengkapi dengan baterai besar 5000 mAh, memastikan daya tahan yang cukup lama, dan mendukung pengisian daya cepat 18W untuk pengisian yang efisien.

Konektivitas Oppo A92 mencakup dukungan dual SIM, 4G LTE, Wi-Fi, Bluetooth 5.0, dan port USB Type-C. Tersedia dalam tiga pilihan warna – Twilight Black, Stream White, dan Aurora Purple – Oppo A92 memberikan opsi gaya kepada pengguna. 

Baca Juga: Mengenal 5 Rekomendasi HP Gaming 5 Jutaan

10. Oppo A53 

Ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 460 dan RAM 4GB/6GB, Oppo A53 menawarkan kinerja yang memadai untuk tugas-tugas sehari-hari, seperti menjalankan aplikasi, bermain game ringan, dan multitasking. Adanya penyimpanan internal 64GB yang dapat diperluas dengan kartu microSD memberikan ruang yang cukup untuk menyimpan foto, video, dan aplikasi.

Bagian kamera Oppo A53 mencakup kamera belakang triple-lensa dengan kamera utama 13 MP, kamera makro 2 MP, dan sensor kedalaman 2 MP. Kamera depannya memiliki resolusi 16 MP untuk selfie dan panggilan video. Smartphone ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur kamera, termasuk perekaman video 1080p.

Untuk keseruan dan kualitas live TikTok yang optimal, memilih smartphone yang tepat sangat penting. Melalui berbagai opsi yang telah kita bahas sebelumnya, seperti Realme 6, Xiaomi Poco X3 NFC, dan Oppo A92, Anda dapat menemukan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan konten dan keuangan Anda.

11. Redmi 12

Redmi 12 dari Xiaomi resmi diluncurkan pada tanggal 15 Juni 2023. Gadget ini menawarkan layar IPS LCD berukuran 6,79 inci dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate 90 Hz, memberikan pengalaman visual yang jernih dan tajam. Dalam hal performa, Redmi 12 dilengkapi dengan chipset Mediatek MT6769H Helio G88. Pengguna dapat memilih opsi RAM antara 4, 6, atau 8 GB, serta memori internal sebesar 128 atau 256 GB untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan mereka.

Selain itu, ponsel ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang mendukung pengisian cepat 18W, memastikan daya tahan baterai yang lama dan proses pengisian yang cepat.

Dalam hal fotografi, Redmi 12 tidak kalah dengan menawarkan kamera utama 50 MP dengan aperture f/1.8 dan fitur PDAF untuk fokus otomatis yang akurat. Selain itu, terdapat kamera ultrawide 8 MP dan kamera makro 2 MP untuk pengambilan gambar yang lebih luas dan detail.

Kamera depannya juga mengesankan dengan resolusi 8 MP dan aperture f/2.1, ideal untuk penggemar selfie atau konten live di platform seperti TikTok.

Namun, jika Anda ingin mencoba berbagai model tanpa harus membeli, alternatif yang menarik adalah sewa HP untuk live TikTok melalui layanan IndoRental. Karena dengan menyewa, Anda bisa mendapatkan akses ke berbagai smartphone berkualitas tanpa harus mengeluarkan biaya pembelian penuh. 

IndoRental menyediakan beragam pilihan smartphone, termasuk yang cocok untuk kegiatan live TikTok. Oleh karena itu, Anda dapat mengeksplorasi kinerja berbagai model tanpa komitmen jangka panjang. Jadi, jika ingin meningkatkan pengalaman live TikTok tanpa menguras kantong, pertimbangkan untuk menyewa smartphone melalui IndoRental