9 Cara Mengatasi Laptop Restart Sendiri Serta Penyebab Yang Harus Anda Tahu

9 Cara Mengatasi Laptop Restart Sendiri Serta Penyebab Yang Harus Anda Tahu

cara mengatasi laptop restart sendiri
Tips dan Trik

Kejadian restart secara tiba-tiba mendorong pengguna untuk mencari tahu cara mengatasi laptop restart sendiri. Laptop merupakan perangkat yang berguna untuk membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan dan menjadi perangkat media hiburan. 

Laptop juga sering digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Hal tersebut bisa menjadi salah satu alasan terjadinya restart otomatis. Kejadian restart otomatis saat laptop sedang digunakan tentu menjadi hal yang sangat mengganggu. 

Masalah tersebut dapat menghambat waktu kerja, bahkan menghilangkan pekerjaan yang sedang dikerjakan ketika laptop mengalami restart. Beberapa hal berikut ini merupakan penjelasan mengenai langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi laptop restart dengan sendirinya dan penyebabnya.

Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Restart Sendiri?

Permasalahan laptop restart sendiri muncul karena beberapa faktor. Apabila laptop Anda mengalami kondisi tersebut, lakukan beberapa hal di bawah ini untuk mengatasinya sesuai dengan faktor penyebabnya.

1. Periksa Suhu Laptop

Salah satu faktor penyebab terjadinya laptop restart otomatis adalah keadaan laptop yang panas akibat digunakan terlalu lama atau penggunaan aplikasi berat. Walaupun setiap perangkat telah diatur untuk memiliki sistem pendinginan yang baik, hal ini masih sering terjadi. 

Salah satu penyebabnya bisa karena kondisi ventilasi laptop yang dipenuhi kotoran dan mengeringnya pasta thermal penghantar panas di dalam laptop.

Baca Juga: Begini 6 Cara Mengatasi Laptop Restart Lama

Untuk mengatasi hal tersebut, gunakan aplikasi yang dapat menunjukkan suhu pada laptop. Aplikasi yang dapat digunakan seperti CPU Thermometer, HWMonitor, dan beberapa pilihan aplikasi lain. Sehingga Anda dapat memantau suhu pada laptop dan menghindari terjadinya overheat pada laptop.

2. Mematikan Fitur Restart Otomatis

Umumnya, penyebab laptop restart sendiri karena aktifnya fitur automatically restart atau restart otomatis dalam sistem kontrol laptop. Fitur tersebut memang aktif sejak awal. Apabila penyebab laptop restart karena hal tersebut, lakukan langkah berikut untuk mematikan fitur restart otomatis di Windows 10:

  • Lakukan pencarian dalam laptop This PC dan klik kanan.
  • Temukan pilihan properties lalu klik. Kemudian akan muncul beberapa pilihan pengaturan.
  • Klik pada pilihan advanced system settings.
  • Kemudian pada bagian startup and recovery klik pilihan setting.
  • Akan muncul beberapa bagian termasuk system failure. Pada bagian tersebut, hilangkan tanda centang pada pilihan automatically restart dengan cara klik pada kolom centang lalu klik ok.
  • Setelah seluruh langkah di atas dilakukan, restart laptop.

Setelah melalui proses di atas, laptop dapat digunakan kembali tanpa terjadi restart sendiri saat digunakan. 

3. Periksa Laptop Dari Serangan Virus dan Scan Menggunakan Antivirus

Virus juga dapat menjadi salah satu penyebab erornya sistem pada laptop yang menyebabkan restart secara tiba-tiba. Untuk mengatasi masalah virus, lakukan deteksi pada laptop. 

Pastikan untuk menggunakan aplikasi scan dan antivirus yang aman seperti avast, adaware, avira, dan lain sebagainya. Pemilihan aplikasi antivirus yang tidak sesuai tidak dapat menyelesaikan masalah ini.

Untuk memeriksanya, Anda disarankan untuk melakukan pemindaian menyeluruh menggunakan aplikasi antivirus yang telah disebutkan tadi. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka menu Start pada taskbar Windows.
  • Buka menu Settings, lalu pilih Update & Security, dan kemudian klik Windows Security.
  • Klik Open Windows Security, lalu pilih Virus & threat protection.
  • Klik Quick Scan untuk memulai proses pemindaian.
  • Tunggu hingga proses pemindaian selesai.

4. Tidak Menyalakan Update Otomatis

Sering kali dalam penggunaan laptop, pengguna menyalakan fitur update otomatis dengan harapan memudahkan serta mempercepat proses update. Namun, hal tersebut dapat membuat laptop restart sendiri karena apabila proses download sistem telah selesai maka secara otomatis laptop akan restart untuk memperbarui sistem laptop.

Ketika faktor tersebut menjadi penyebabnya, maka lakukan langkah berikut untuk mengatasinya:

  • Sama dengan fitur restart otomatis, fitur update otomatis berada pada bagian advanced system settings. Sehingga masuk pada pilihan advanced system settings. 
  • Klik pada bagian hardware, kemudian klik pada pilihan device installation settings.
  • Akan muncul sebuah pesan yang memberikan pilihan mengenai sistem update yang akan terpasang otomatis. Pada pesan ini, klik pada pilihan no untuk mematikan fitur tersebut. Kemudian klik save changes untuk menyimpan pilihan.

Menjalankan langkah tersebut akan membantu laptop Anda terhindar dari update otomatis yang menyebabkan restart sendiri.

5. Bersihkan Laptop Secara Berkala

Salah satu penyebab panas pada perangkat adalah tersumbatnya ventilasi laptop oleh kotoran, sehingga penting untuk membersihkan laptop secara berkala. Laptop yang panas akan menyebabkan restart sendiri. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup dengan Mudah

Laptop dapat dibersihkan dengan cara membersihkan bagian ventilasi dengan kain halus atau melakukan pembersihan pada tempat spesialis servis perangkat. Lakukan pula pengecekkan pada pasta termal yang sudah kering untuk menghindari suhu tinggi pada laptop.

6. Lakukan System Restore

Langkah selanjutnya adalah memanfaatkan fitur System Restore pada Windows. Fitur ini berfungsi untuk mengembalikan kondisi laptop ke suatu titik waktu tertentu yang telah ditentukan sebelumnya. Banyak pengguna laptop menggunakan metode ini ketika menghadapi kendala atau masalah yang tidak diinginkan.

Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Klik ikon Start menu Windows yang terletak pada taskbar.
  • Ketik “restore” pada kolom pencarian Windows dan klik “Create a restore point”.
  • Pada tab System Protection, pilih “System Restore”. Jika Anda memiliki Restore Point, klik “Next”.
  • Selanjutnya, atur pengaturan sesuai keinginan Anda dan klik “Finish”.

Dengan demikian, proses System Restore telah selesai.

7. Sisakan Ruang Kosong Driver C Sebanyak 20%

Laptop restart sendiri tidak selalu disebabkan oleh masalah perangkat keras atau penumpukan kotoran. Kadang-kadang, masalah semacam ini dapat muncul karena kapasitas penyimpanan laptop sudah mencapai batas maksimal. Oleh karena itu, pastikan bahwa tersedia setidaknya 20% ruang kosong pada Drive C.

Langkah ini perlu diambil karena sistem juga memerlukan ruang kosong agar dapat beroperasi secara optimal. Jika ruang penyimpanan telah terisi penuh, disarankan untuk melakukan uninstall aplikasi atau menghapus file yang tidak diperlukan.

Baca Juga: Inilah Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Tapi Mesin Nyala

8. Lakukan Instal Ulang Sistem 

Langkah terakhir yang dapat dilakukan apabila 5 langkah di atas tidak dapat membantu mengatasi permasalahan restart adalah dengan melakukan install ulang sistem laptop. Untuk melakukan langkah ini, sebaiknya laptop Anda sudah di backup karena proses install ulang dapat menghapus seluruh data dan mengembalikan laptop pada kondisi awal.

Berikut cara yang dilakukan untuk melakukan instal ulang pada laptop:

  • Buka menu start dan temukan tombol power.
  • Klik pilihan restart dan tekan tombol shift secara bersamaan.
  • Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan reset data, klik pada pilihan remove everything. Anda juga dapat memilih keep my files tetapi apabila laptop telah diserang virus, file tadi akan tetap bertahan dan dapat kembali memengaruhi  sistem laptop.
  • Kemudian tunggu proses reset selesai.

9. Cek Kesehatan Harddisk

Kemungkinan lain dari masalah laptop yang tiba-tiba restart sendiri adalah disebabkan oleh masalah pada hard disk. Contohnya, bisa terjadi kerusakan fisik atau adanya sektor-sektor buruk pada harddisk. Oleh karena itu, disarankan untuk memeriksa kondisi hard disk, baik secara fisik maupun dengan menggunakan perangkat lunak. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, cari “CMD” di kolom pencarian Windows 10, kemudian klik kanan pada Command Prompt dari hasil pencarian dan pilih “Run as administrator”.
  • Di jendela Command Prompt, ketik CHKDSK c: /r /f, lalu tekan Enter.
  • Tunggu proses pemeriksaan selesai.

Sebagai tips tambahan, disarankan untuk secara rutin melakukan defragmentasi hard disk. Ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan masalah di masa mendatang, diantaranya local disk not responding, kesulitan membuka folder, dan sebagainya.

10. Ubah Pengaturan Startup and Recovery

Langkah terakhir yang bisa Anda dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengubah pengaturan startup dan pemulihan Windows. Tujuannya adalah untuk mencegah restart otomatis saat terjadi kesalahan pada sistem Windows. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Klik ikon Menu Start di Taskbar.
  2. Ketik “advanced system” pada kolom pencarian Windows, lalu klik “View advanced system settings” dari hasil pencarian.
  3. Pada tab “Advanced”, cari bagian “Startup and Recovery”, kemudian klik “Settings”.
  4. Di bawah bagian “System failure”, hilangkan centang pada opsi “Automatically restart”, dan klik “OK”.
  5. Terakhir, restart komputer atau laptop Anda untuk menerapkan perubahan tersebut.

Setelah itu, pengaturan akan selesai.

Mengapa Laptop Tiba Tiba Restart Sendiri?

Saat ini laptop menjadi salah satu kebutuhan penting pada beberapa aktivitas. Permasalahan restart yang terjadi begitu saja sering dialami oleh orang-orang. Beberapa penyebab dari kondisi laptop restart sendiri yaitu: 

1. Virus

Penggunaan internet dan mengunjungi banyak situs web meningkatkan kemungkinan munculnya virus melalui salah satu aktivitas di dalamnya. Virus dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan laptop terganggu pada sistem operasinya. 

Virus dapat menggandakan diri serta merusak banyak file. Hal ini membuat RAM menjadi penuh dan mengganggu kestabilan sistem operasi laptop. 

2. Debu Pada Komponen Laptop

Debu yang menutup menghalangi ventilasi, kipas, dan komponen lain pada laptop yang berfungsi untuk mendinginkan perangkat dapat menyebabkan suhu laptop yang tinggi. Prosesor pada  laptop umumnya akan mati secara otomatis apabila suhu terlalu panas.

Baca Juga: Ketahui Cara Mengatasi Laptop Black Screen saat Digunakan

3. Beban Laptop Terlalu Berat

Menggunakan laptop terus-menerus serta menggunakan aplikasi berat dalam jangka waktu lama akan menyebabkan naiknya suhu laptop. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, laptop yang panas akan melakukan restart dengan sendirinya. Usahakan beri jeda waktu istirahat selama menggunakan laptop.

4. RAM Bermasalah

Jika ada masalah dengan memori RAM, hal ini dapat mengganggu pengolahan data dan menyebabkan laptop melakukan restart otomatis. Penyebab masalah bisa berasal dari fisik RAM yang rusak, soket laptop yang kendur, atau masalah pada bagian dalam RAM itu sendiri.

Pertama, periksa soket RAM untuk memastikan tidak ada masalah fisik. Bersihkan soket dari debu atau kotoran yang mungkin mengganggu kinerja RAM. Jika tidak ada masalah dengan soket, coba pasang RAM di soket yang berbeda untuk membandingkan.

Restart tiba-tiba laptop dapat disebabkan tidak hanya oleh masalah perangkat lunak, tetapi juga oleh masalah perangkat keras.

5. Komponen Lainnya Dalam Laptop Memiliki Masalah

Restart otomatis pada laptop dapat terjadi karena komponen di dalamnya bermasalah. Komponen yang memengaruhi  jalannya sistem apabila bermasalah antara lain VGA, hard disk, motherboard, prosesor, dan pasta termal dalam prosesor. 

Lakukan pengecekan berkala pada komponen laptop Anda untuk menghindari terjadinya kerusakan. Apabila dialami kerusakan  dan harus dilakukan servis namun membutuhkan perangkat untuk melakukan pekerjaan, IndoRental  menyediakan jasa sewa komputer jakarta yang tersedia dalam satuan maupun jumlah besar. Demikian cara mengatasi laptop restart sendiri, hubungi IndoRental sekarang untuk layanan sewa tepercaya.

banner-laptop