Pelajari Cara Upgrade Laptop dengan Mudah

Pelajari Cara Upgrade Laptop dengan Mudah

cara upgrade laptop
Tips dan Trik

Terdapat berbagai macam cara upgrade laptop dengan mudah untuk meningkatkan kinerja dan memperbaiki berbagai masalah di dalamnya. Upgrade laptop disarankan untuk rutin dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Biasanya sistem laptop akan memberikan sinyal jika perlu dilakukan upgrade pada komponen tertentu

Ketika laptop Anda bekerja sangat lambat dan tidak maksimal, hal tersebut dapat menjadi dampak dari diabaikannya optimasi pada beberapa bagian laptop. Ketahui informasi bagian-bagian yang harus di upgrade dan cara untuk upgrade laptop dalam penjelasan di bawah ini.

Apa Saja yang Harus di Upgrade Pada Laptop?

Tidak semua komponen laptop membutuhkan upgrade berkala untuk mengoptimalkan kinerjanya. Sedikitnya terdapat 4 komponen laptop yang membutuhkan upgrade berkala untuk memberikan performa laptop yang maksimal. Berikut merupakan 4 komponen tersebut:

1. RAM

Kebutuhan akan kecepatan performa laptop dan ketersediaan memori yang cukup untuk menyimpan seluruh data merupakan hal penting dalam penggunaan laptop. Keduanya merupakan kebutuhan yang muncul dari  komponen laptop yaitu RAM. Besaran kapasitas RAM dapat memengaruhi kecepatan kinerja laptop secara keseluruhan.

Maka dari itu, dibutuhkan RAM yang cukup untuk mencegah lambatnya kinerja laptop serta keterbatasan ruang penyimpanan. Normalnya, RAM yang dibutuhkan pada setiap laptop sebesar 4 GB. 

Jika kebutuhan penggunaan berat seperti desain atau pada perangkat game profesional, Anda dapat menggunakan RAM dengan ukuran 16 GB.

Baca Juga: 4 Kegunaan RAM Pada Laptop yang Perlu Anda Ketahui

2. Processor

Upgrade processor dapat dikatakan upgrade komponen laptop tersulit. Sebab, upgrade CPU memiliki risiko yang besar jika terjadi kesalahan dalam prosesnya dan besarnya kemungkinan timbulnya masalah kompatibilitas yang tinggi. 

Selain itu, biaya yang dibutuhkan untuk upgrade processor juga cukup besar. Namun, upgrade processor dapat memberikan perubahan yang signifikan pada kinerja laptop dengan catatan dilakukan upgrade besar, bukan upgrade sederhana.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Processor, Fungsi dan Jenisnya

3. Data Drive

Ketika ruang penyimpanan laptop habis, selain RAM, Anda juga dapat mengupgrade data drive. Jika Anda telah melakukan semua cara untuk menghemat ruang pada data drive tetapi masih tetap tidak tersedia ruang penyimpanan, ada baiknya untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan Anda. 

Dampak lain yang dapat Anda rasakan ketika meningkatkan kapasitas data drive Anda adalah peningkatan kinerja laptop. Data drive berbeda dengan RAM. RAM menyimpan data program aktif atau data dari program yang sedang berjalan, termasuk sistem operasi dan perangkat lunak lainnya. 

Sedangkan data drive menyimpan data yang menempati ruang penyimpanan disk. Data di RAM juga dapat diakses lebih cepat daripada data yang berada di data drive.

Baca Juga: Perbedaan SSD dan HDD yang Perlu Kamu Ketahui!

4. Graphics Card

Jika Anda membutuhkan kinerja komputer yang berat dan harus cepat, upgrade graphic card ini dapat menjadi pertimbangan pertama upgrade perangkat keras yang harus Anda dahulukan. Produsen biasanya sudah memproduksi graphic card terintegrasi, sehingga Anda tidak perlu membeli kartu grafis tambahan untuk menghemat biaya pengeluaran.

Bagaimana Cara Upgrade Laptop?

Sebelum menggunakan laptop pada masa awal pembelian, disarankan untuk membaca buku manual servis laptop, yang di dalamnya menjelaskan cara mengupgrade laptop Anda. Anda juga dapat mencari berbagai video tutorial upgrade laptop di platform YouTube. Pada model laptop populer biasanya memiliki banyak video tutorial yang dibuat oleh amatir dan profesional.

Perlu diingat bahwa terdapat risiko yang mungkin terjadi bila melakukan upgrade laptop sendiri. Apabila Anda siap dengan risiko tersebut, ikuti Langkah berikut untuk upgrade laptop:

1. Matikan Laptop

Untuk mengupgrade komponen, laptop harus dalam keadaan mati dan tidak terkoneksi pada aliran listrik.

2. Pilih Tempat yang Rata

Lakukan seluruh langkah-langkah yang akan dijelaskan ditempat yang rata. Bila diperlukan, Anda dapat menggunakan alas agar mencegah tergoresnya bagian laptop. Setelah itu, balik dan lepas baterai laptop.

3. Membuka Screw

Selanjutnya, buka screw secara perlahan untuk menghindari kerusakan, lalu buka casing atau pelindung luar bagian bawah komponen dalam laptop.

4. Upgrade Laptop

Setelah berhasil terbuka, Anda dapat mulai melakukan upgrade perangkat yang akan diganti untuk meningkatkan kualitas performa laptop. Pastikan untuk melakukan proses lepas pasang komponen atau perangkat keras dengan hati-hati.

5. Pasang Kembali Casing dan Screw

Terakhir, pastikan seluruh komponen telah terpasang dengan benar dan sesuai dengan tempatnya. Kemudian pasang kembali casing dan screw laptop.

Sebagian besar laptop mudah untuk melakukan upgrade pada berbagai komponen dan mudah pula untuk diperbaiki. Menambahkan RAM, kapasitas penyimpanan atau data drive yang lebih besar, atau baterai baru akan membantu mengoptimalkan kinerja laptop seperti baru kembali dan memberi Kesehatan pada perangkat agar memiliki masa pakai bertahun-tahun.

Alasan utama perlunya pembaruan perangkat keras adalah untuk lebih meningkatkan kinerja. Upgrade berbagai perangkat keras di atas membutuhkan banyak ruang penyimpanan pada RAM dan harus ditambahkan jika kapasitas penyimpanan  terlalu kecil. 

Penggantian komponen laptop yang paling menonjol perbedaannya adalah mengganti HDD dengan SSD dan menambah RAM. Pembaharuan pada kedua hardware tersebut meningkatkan kecepatan kinerja laptop dapat menjadi lebih cepat. 

Demikian informasi seputar cara mengupgrade laptop dengan mudah. Perhatikan penggantian unit hardware dan lakukan secara teliti serta hati-hati. Karena sebuah kesalahan kecil dapat berdampak besar pada laptop Anda. Bila memungkinkan, sangat disarankan untuk melakukan upgrade pada komponen laptop oleh teknisi profesional, terutama pada upgrade processor yang lebih sulit dibandingkan dengan komponen lain.

Sebagai solusi kebutuhan laptop saat sedang dilakukan upgrade yang mungkin membutuhkan waktu lama, Anda dapat melakukan sewa laptop harian. IndoRental menyediakan penyewaan laptop dengan berbagai macam spesifikasi yang Anda  butuhkan. 

Selain itu, IndoRental juga melayani penyewaan perangkat IT lainnya dalam jumlah besar untuk kebutuhan acara. Bersamaan dengan informasi cara upgrade laptop, Hubungi IndoRental sekarang juga!