Inilah Cara Melihat Kapasitas Baterai Laptop Anda

Inilah Cara Melihat Kapasitas Baterai Laptop Anda

cara melihat kapasitas baterai laptop
Tips dan Trik

Mengetahui cara cek kapasitas baterai laptop akan bisa menyelamatkan Anda dari masalah yang mungkin cukup mudah untuk diselesaikan. Laptop memungkinkan Anda untuk menjalankan tugas dari komputer desktop tanpa perlu terkoneksi dengan berbagai macam kabel.

Sesuai dengan namanya, Anda akan bisa menggunakan alat ini dari pangkuan saja. Dalam menjalankan fungsinya, baterai menjadi satu-satunya sumber tenaga yang bisa menghidupkannya. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui berapa kapasitas dari baterai yang digunakan atau biasa juga dikenal dengan battery health merupakan hal yang sangat membantu. Ketahui cara untuk melihat berapa banyak kapasitas dari sumber tenaga laptop Anda di sini.

3 Cara Cek Kapasitas Baterai Laptop Dengan Mudah

cara cek kapasitas baterai laptop

Baterai tentu saja bukan sumber tenaga yang dirancang untuk bisa bertahan selamanya. Termasuk yang ada di laptop Anda, yang bisa berakhir masa penggunaannya pada suatu saat.

Baca Juga: Inilah 5 Cara Mengecek Kesehatan Laptop Anda

Sebagian besar laptop yang ada di pasaran menggunakan baterai lithium-ion sebagai sumber daya. Baterai jenis ini cenderung akan kehilangan kemampuan pengisian daya seiring waktu pemakaian. Hal ini bisa berakibat baterai laptop yang sebelumnya pernah terisi penuh 100%, menjadi berkurang secara perlahan. Menurun ke 90% hingga 40%.

Jumlah baterai yang tidak maksimal ini tentu akan berdampak secara langsung pada penggunaannya. Laptop yang sebelumnya bisa bertahan cukup lama sebelum di cas, sekarang hanya bisa digunakan beberapa saat saja. Padahal fungsi utama yang ditawarkan adalah penggunaannya yang bisa digunakan di mana saja.

Oleh karena itu sangat penting memperhatikan seberapa banyak kapasitas yang tersisa dari penggunaan baterai Anda. Tidak ada yang ingin harus mengganti baterai secara tiba-tiba, apalagi di saat yang sedang diperlukan. Untuk bisa menghindari masalah seperti ini, beberapa cara akan bisa Anda lakukan untuk mengetahui kondisi dari baterai yang ada di laptop Anda.

1. Gunakan Windows PowerShell Terminal

Untuk cek kesehatan baterai laptop Windows Anda, lakukan cara di bawah ini.

  • Klik menu Start di laptop Anda.
  • Klik opsi PowerShell yang muncul.
  • Masukkan perintah berikut: powercfg /batteryreport.
  • Tekan Enter
  • Selanjutnya cari folder di direktori akun pengguna Anda dengan nama: C:\Users[YourUsername] untuk mengakses laporan.
  • Tekan Ctrl + Shift + Enter untuk menjalankannya dalam mode administrator.
  • Saat dalam mode admin, ketik powercfg /batteryreport.
  • Tekan Enter.
  • Buka folder Users\Your Username dan cari file battery-report.html untuk mengakses laporan.

2. Menggunakan Battery Report

Anda juga bisa menghasilkan laporan mengenai kapasitas dan kondisi baterai laptop melalui Command Prompt.

  • Tekan Tombol Windows + X.
  • Pilih Command Prompt (Admin)
  • Masukkan perintah yang sama seperti di Windows PowerShell: “powercfg /batteryreport” dan jalankan laporannya.

3. Mengecek Kapasitas Baterai di Mac

Bagi Anda yang menggunakan produk dengan sistem operasi Mac, maka cara yang harus dilakukan untuk bisa mendapatkan laporan mengenai cek kondisi baterai laptop adalah:

  • Tahan tombol Option dan klik menu Apple.
  • Klik System Information.
  • Temukan opsi Hardware > Power > Cycle Count.

Baca Juga: 4 Cara Cek Spek Laptop dengan Mudah

Bagian “Cycle Count” akan berisi informasi mengenai berapa kali baterai laptop Anda telah menyelesaikan siklus baterai, Anda akan bisa memahami di mana baterai MacBook Anda berada dalam siklus hidupnya.

Cara Mengecek Kesehatan Baterai di Laptop Windows 11

Setelah melihat kapasitas baterai laptop, berikut adalah panduan dari Microsoft untuk memeriksa kondisi kesehatan baterai di Windows 11 yang bisa Anda ikuti:

  1. Buka menu dengan mengklik “Start”.
  2. Cari “Command Prompt”, klik kanan, lalu pilih “Run as administrator”.
  3. Ketik perintah berikut untuk membuat laporan baterai: powercfg /batteryreport /output “C:\battery_report.html” dan tekan “Enter”.
  4. Laporan akan tersimpan otomatis di drive utama sistem.
  5. Buka File Explorer, lalu pilih “This PC”.
  6. Pilih drive “Local Disc (C:)” dan cari file “battery_report.html”.
  7. Buka file tersebut menggunakan peramban.
  8. Laporan akan berisi informasi tentang nama, produsen, nomor seri, kapasitas desain, dan jumlah siklus pengisian.
  9. Untuk memeriksa kesehatan baterai, perhatikan bagian “design capacity” dan “full charge capacity”.
  10. Jika kedua kapasitas tersebut sama, baterai masih memiliki kapasitas daya 100%.
  11. Tetapi, jika kapasitas pengisian penuh mengalami penurunan signifikan (kurang dari 50%), ini menunjukkan bahwa baterai sudah mencapai batas akhir masa pakainya dan perlu Anda ganti.

Cara Merawat Baterai Laptop

tips merawat baterai laptop

Selain mengecek jumlah kapasitas baterainya, Anda juga perlu memperhatikan cara merawat baterai laptop dengan baik dan benar. Berikut ini terdapat 5 cara yang bisa Anda terapkan agar bateri laptop Anda tetap awet dan tahan lama.

1. Mengisi Daya Baterai Sebelum Laptop Low Batt

Cara merawat baterai laptop pertama dapat dimulai dengan charge baterai laptop sebelum low batt. Jika Anda sering mengisi daya baterai pada saat kondisi laptop mati atau baterai 0 persen, lama-kelamaan baterai akan mudah rusak dan tidak tahan lama. Maka dari itu, Anda bisa membiasakan diri untuk mengisi daya laptop ketika berada di angka 25-20 persen.

2. Memperhatikan Tempratur Laptop

Tempratur atau suhu laptop juga bisa menjadi salah satu faktor yang memengaruhi daya tahan baterai. Kondisi suhu laptop yang terlalu panas tandanya bahwa sistem terlalu bekerja lebih keras. Hal itu tentunya akan menguras daya baterai hingga tidak terkontrol yang nantinya kapasitas baterai pun akan berkurang

Misalnya seperti, laptop yang mempunyai suhu di atas 40 derajat celcius bisa menurunkan kapasitas dan daya tahan baterai. Oleh sebab itu, penting untuk Anda lakukan agar selalu memperhatikan tempratur laptop.

3. Mengaktifkan Mode Battery Saver di Laptop

Kemudian cara berikutnya adalah dengan mengaktifkan mode penghemat baterai atau battery saver. Bagi Anda pengguna laptop Windows, Anda dapat memakai fitur ini dan penggunaannya pun cukup mudah.

Anda dapat klik ikon baterai yang berada di pojok kanan bawah, lalu klik “Battery settings”. Kemudian, geser toggle “Battery saver” sampai menjadi On. Dengan demikian, mode battery saver bisa membantu pemakaian daya baterai laptop menjadi lebih tahan lama.

Baca Juga: Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop dengan Mudah dan Cepat

4. Menggunakan Charger Asli

Kabel dan kepala charger yang Anda gunakan akan sangat memengaruhi pada daya tahan baterai laptop. Bila Anda saat ini memakai kabel bukan bawaan alias KW, maka kemungkinan arus listrik yang masuk ke baterai menjadi tidak stabil. Oleh sebab itu, baterai laptop bisa lebih mudah rusak karena aliran listrik yang terlalu kecil atau besar. Jadi, pastikan bahwa charger yang Anda gunakan itu asli dan berkualitas kapasitas baterai laptop dapat terjaga.

5. Mengontrol Waktu Penggunaan Laptop

Semua jenis perangkat elektronik tentu mempunyai ketahanan yang sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Hal itu juga sangat berlaku bagi laptop. Jika Anda ingin baterai laptop terawat serta awet, maka Anda harus dengan rutin mengontrol waktu penggunaannya. Hindari pemakaian laptop yang terlalu lama apalagi hingga seharian penuh, sisihkan waktu sejenak untuk mengistirahatkan laptop agar performanya dapat terjaga dengan baik.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan jika ingin memperhatikan seberapa banyak kapasitas dari baterai laptop Anda. Jika Anda sedang menunggu proses penggantian baterai, namun membutuhkan laptop untuk menyelesaikan pekerjaan, maka Anda bisa sewa laptop di IndoRental yang tentu saja berkualitas. Semoga cara melihat kapasitas baterai laptop ini bermanfaat untuk Anda.

banner-laptop