Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup

Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup

cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup
Tips dan Trik

Pernah merasakan laptop tiba-tiba blank hitam tapi tetap hidup? Anda bisa mengetahui cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup di bawah ini. Dengan mengikuti cara-cara yang diberikan, Anda bisa mendapatkan solusi masalah ini dengan mudah.

Cara Mengatasi Layar Laptop Blank Hitam Tapi Hidup dengan Aman

Ada banyak cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup yang dapat Anda lakukan. Berikut adalah rangkumannya.

1. Mengecek Layar LCD Laptop

Layar merupakan salah satu bagian yang umumnya menjadi sumber masalah laptop blank hitam. Jadi, permasalahannya bisa jadi hardisk atau sistem operasi Anda berjalan dengan baik, tetapi layar laptop blank atau tidak memunculkan apapun.

Untuk memastikan layar laptop adalah sumber masalahnya, Anda dapat menghubungkan laptop Anda ke TV atau layar eksternal dengan menggunakan kabel HDMI ataupun VGA. Jika tampilan layar laptop muncul pada monitor eksternal, maka masalah berada pada layar laptop. Tetapi, jika tetap tidak ada tampilan, maka bisa jadi masalahnya terletak pada hardisk atau sistem operasi Anda, atau malah pada laptop secara keseluruhan.

Untuk mengatasi layar laptop blank hitam dengan masalah pada layar, Anda bisa langsung mengganti layar laptop Anda

2. Atur Resolusi Layar

Selain kesehatan layar, sumber masalah laptop blank hitam pada layar laptop adalah resolusi layar. Jika resolusi yang Anda pilih lebih besar daripada layar laptop, ada kemungkinan layar laptop blank hitam terjadi.

Lalu, bagaimana caranya mengatasi laptop blank hitam dengan masalah seperti ini? Solusinya adalah dengan masuk ke Safe Mode. Kamu bisa mematikan laptop lampu kembali menyalakannya. Kemudian langsung tekan tombol F8 berulang-ulang hingga masuk ke Safe Mode.

Baca Juga: Ketahui Cara Mengatasi Laptop Black Screen saat Digunakan

Di dalamnya kamu bisa masuk ke pengaturan Display dan pilih resolusi layar yang lebih rendah atau rekomendasi dari sistem. Restart laptop dan dapatkan hasilnya.

3. Copot RAM dan Baterai

Cara mengatasi layar laptop ini terbilang cukup teknis dan ekstrim tapi termasuk ampuh. Jika baterai laptop Anda bisa dicopot, lakukan proses pencopotan termasuk dengan RAM. Anda bisa mulai membersihkan RAM dan slot tempatnya dengan kuas kecil. Kemudian pasang kembali RAM, baterai, lalu nyalakan laptop.

4. Menghapus CMOS Laptop

Serupa dengan cara mengatasi layar laptop blank hitam dengan mengatur resolusi layar, Anda bisa masuk ke bagian BIOS. Untuk masuk ke BIOS, nyalakan laptop lalu langsung tekan F2 dan DEL secara bersamaan. Anda bisa mulai masuk ke tab Save & Exit atau Exit. Lalu pilih Restore Defaults/Load Optimal Default/Load Setup Default, tergantung pilihan apa yang tersedia di sana.

Setelah itu, pilih Yes dan tekan Enter. Nanti hasilnya adalah BIOS membuat pengaturan laptop seperti baru dari pabrik.

5. Lakukan Reset Windows

Sistem operasi Windows yang bermasalah dapat menjadi penyebab layar laptop hitam tapi hidup. Cara mengatasi layar laptop yang blank satu ini bisa jadi pilihan kalau beberapa cara di atas ternayta tidak cukup ampuh. Untuk melakukan metode ini, caranya kamu tinggal masuk ke Settings > Update & Recovery > Recovery > Reset This PC. Mudah, bukan?

6. Install Ulang Laptop

Kalau memang ada indikasi laptop tidak bisa menjalankan OS Windows yang terpasang, coba lakukan install ulang. Cara install ulang sudah cukup banyak tersedia dengan penjelasan rinci. Ikuti seluruh caranya dengan baik. Namun untuk mengatasi laptop black screen, biasanya harus memilih versi Windows yang lebih rendah agar membuat kembali normal.

Baca Juga: Pahami 10 Cara Mengatasi Laptop Loading Lama Saat Dinyalakan Dengan Tepat

7. Cek Kondisi Kabel Fleksibel LCD

Dalam sistem kerja layar laptop, terdapat kabel fleksibel LCD. Jika mengalami kerusakan, putus, atau copot, hasilnya adalah layar menjadi blank hitam. Kerusakan yang dialami kabel tersebut harus segera diganti.

8. Hapus Beberapa Program di Laptop

Selain masalah pada layar dan perangkat lainnya, virus atau program juga dapat menyebabkan layar laptop blank hitam. Kamu bisa mengecek apakah ada program yang mencurigakan dan tidak pernah merasa di-install. Masuk ke Safe Mode dan cek semua program yang bisa perlu Anda uninstall.

9. Edit File Registry Editor

Anda bisa menghapus file di Registry Editor dengan masuk ke Safe Mode. Selanjutnya, tekan CTRL + ALT + DEL secara bersamaan. Klik Start Task Manager > pilih New Task (Run…) > muncul Create News Task. Ketika regedit lalu tekan tombol Enter.

Saat jendela Registry Editor muncul, cari folder HKEY_CURRENT_USER. Anda bisa masuk ke bagian Software > Microsoft > Windows > CurrentVersion > Explorer. Cari file bernama ExplorerStartupTraceRecorded. Hapus saja file tersebut dan restart laptop

10. Bersihkan Laptop

Kebersihan laptop penting untuk dijaga agar kinerjanya maksimal dan merupakan salah satu cara mengatasi laptop lemot. Anda bisa mulai membersihkan bagian dalam laptop dengan kuas, cotton bun, atau penghapus pensil.

11. Mengganti VGA

Sistem kerja layar laptop bergantung dari VGA juga. Kalau VGA rusak, maka layar laptop bisa blank hitam. Segera ganti VGA agar masalah ini cepat selesai.

Baca Juga: Ini Dia 8 Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop dengan Mudah

12. Restart Ulang Explorer.exe

Cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup satu ini bisa Anda terapkan jika Anda mendapati layar hitam ketika Anda sudah masuk ke sistem operasi. Berikut adalah cara untuk melakukanya:

  1. Buka task manager dengan menekan kombinasi tombol CTRL + ALT + DELETE
  2. Masuk pada tab Process. Di sana, Anda akan menemukan proses bernama ‘Windows Explorer’.
  3. Klik kanan pada proses tersebut lalu pilih ‘Mulai Ulang’
  4. Jika masih tidak berhasil, Anda bisa memilih untuk menjalankan proses baru dan memasukkan “explorer.exe” (tanpa tanda kutip).
  5. Klik ‘OK’

13. Uninstall Antivirus melalui Safe Mode

Tidak banyak diketahui bahwa Antivirus dapat menyebabkan layar laptop menjadi blank hitam. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengatasinya:

  1. Masuk ke dalam ‘Safe Mode’ sesuai dengan sistem operasi Windows Anda
  2. Masuk pada menu ‘Pengaturan’ lalu pilih ‘Aplikasi/Sistem’ dan ‘Aplikasi & Fitur’
  3. Di sana, Anda dapat menemukan daftar aplikasi yang terinstal pada perangkat Anda. Pilih aplikasi antivirus yang ingin Anda hapus.
  4. Tunggu hingga proses uninstall selesai. Untuk memastikan perubahan yang Anda lakukan tersimpan, restart ulang perangkat Anda.

14. Hard Shutdown

Jika layar laptop menjadi hitam dan tidak dapat dimatikan secara normal, Anda mungkin perlu melakukan “hard shutdown” sebagai solusi terakhir setelah upaya sebelumnya tidak berhasil. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Putuskan sambungan kabel charger dan sambungan lainnya seperti USB dan hard disk.
  2. Tekan tombol Power selama kurang lebih 10 detik dan tahan hingga laptop benar-benar mati.
  3. Tunggu beberapa menit sebelum menyalakan kembali laptop, sehingga suhu laptop dapat kembali normal.
  4. Setelah itu, nyalakan kembali laptop Anda .

15. Mengganti Layar Laptop

Cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup yang terakhir adalah mengganti layar. Anda bisa datang ke tempat servis untuk mengganti layar laptop sehingga bisa kembali dipakai secara maksimal.

Itulah dia cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup yang dapat kamu coba. Layar laptop blank hitam ini dapat terjadi karena berbagai faktor. Kondisi tersebut bisa dikaitkan dengan masalah seperti pembaruan driver grafis, atau masalah kompatibilitas dalam penginstalan pembaruan fitur. Kemungkinan lain yang menjadi penyebab laptop blank hitam adalah proses penyiapan selama penginstalan Windows belum usai.

Maka dari itu, pastikan untuk selalu mengecek dan merawat kondisi laptop kamu agar kamu tidak sering-sering mengalami kejadian seperti ini.

Jika Anda membutuhkan unit laptop berkualitas dan memiliki ketahanan tinggi, IndoRental siap menyediakannya sebagai tempat sewa laptop jakarta terpercaya. Kunjungi IndoRental untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

banner-laptop