Inilah Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Tapi Mesin Nyala

Inilah Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Tapi Mesin Nyala

6 Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Tapi Mesin Nyala
Tips dan Trik

Anda harus tahu cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala berikut ini. Masalah layar mati seperti kasus yang satu ini cukup umum dijumpai. Laptop merupakan alat elektronik yang cukup rentan dengan kerusakan, tidak terkecuali kerusakan pada layar.

Sebagai mesin yang portable tentu Anda akan berharap mesin ini bisa digunakan kapan saja. Tanpa adanya layar yang menyala, maka penggunaan laptop akan sia-sia. Tapi Anda tidak perlu khawatir. Kali ini kami akan membagikan beberapa tips atau cara untuk bisa mengatasi permasalahan yang satu ini. Bila Anda ikuti dengan benar, maka kejadian layar mati ini bisa Anda perbaiki. Mari kita mulai.

Ikuti Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Tapi Mesin Nyala

Untuk lebih memahami cara mengatasi layar laptop yang mati, ada baiknya Anda mengenali dulu penyebabnya yang juga bisa membantu untuk mencegah hal yang sama terjadi di kemudian hari.

Penyebab layar laptop mati yang pertama adalah kerusakan hardware. Selain layar LCD laptop, hardware seperti RAM juga dapat mengakibatkan layar laptop mati. Memori RAM yang sudah longgar, berdebu, atau bahkan rusak total akan membuat laptop Anda tidak berjalan semestinya dan menjadi penyebab laptop mati.

Selain RAM, video card yang buruk juga dapat membuat layar laptop mati. Jika video card rusak, maka biasanya akan ada tulisan no display di layar laptop Anda.

Untuk mengatasi laptop mesin dan lampu indikator menyala tapi layar mati seperti di atas, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut untuk mengatasinya:

1. Pastikan Panel Display Anda Tidak Rusak

Jika layar laptop hitam namun mesin masih nyala, salah satu penyebab paling umum adalah adanya kerusakan pada panel display-nya. Cek apakah komputer masih bisa memunculkan gambar di monitor eksternal. Apabila layar monitor eksternal menampilkan gambar dan kabel fleksibel normal, bisa jadi memang sumber masalahnya adalah panel display yang rusak. Segera ganti panel display Anda.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup dengan Mudah

2. Pastikan Kabel Fleksibel Layar Laptop Tidak Mengalami Kerusakan

Kabel fleksibel yang digunakan untuk mentransfer gambar ke layar monitor bisa saja rusak. Pastikan dengan menghubungkan laptop dengan monitor eksternal. Apabila layar monitor eksternal menampilkan gambar, bisa jadi kabel fleksibel laptop rusak. Sangat disarankan untuk membawanya ke tempat servis jika mengalami kerusakan ini.

3. Pastikan Kondisi VGA Anda Masih Bagus

Jika kondisi VGA Anda mengalami kerusakan, hubungi ahli di bidangnya ataupun segera bawa ke service centre. Karena dalam laptop, biasanya VGA akan tertanam di Motherboard. Jadi bisa saja solusinya adalah mengganti Motherboard dari laptop anda.

4. Cek Kondisi RAM

Layar laptop mati tapi lampu indikator nyala juga bisa disebabkan karena RAM laptop mengalami kerusakan. Coba bersihkan pin pada RAM terlebih dahulu dan kembali hidupkan laptop anda. Anda bisa mencoba dengan menggunakan RAM yang lain atau langsung membawanya ke tempat servis komputer untuk di tes.

Jika berhasil menyala menggunakan RAM yang lain, maka bisa RAM yang sebelumnya ada pada laptop Anda sudah rusak. Segera beli RAM baru untuk bisa kembali menyalakan layar komputer.

Baca Juga: 4 Cara Cek Layar Laptop Rusak atau Aman

5. Laptop Terlalu Panas

Hindari kejadian overheating atau laptop terlalu panas ini. Hal ini bisa disebabkan karena lubang ventilasi pada laptop tertutup kotoran, debu, atau bisa juga laptop karena bagian bawah tertutup kain atau alas.

Biarkan kondisi laptop kembali dingin. Usahakan untuk membersihkan debu atau kotoran yang ada pada kipas laptop anda. Gunakan juga kipas eksternal pada bagian bawah laptop untuk meningkatkan ventilasi udaranya.

6. Update Driver VGA

Anda perlu mengupdate driver VGA agar menyesuaikan dengan berbagai software terbaru. Terlebih lagi jika laptop Anda menggunakan VGA yang banyak digunakan untuk performa tinggi. Aplikasi yang tidak kompatibel dengan driver VGA akan menyebabkan gambar yang tidak dapat keluar sama sekali.

7. Force Shutdown Laptop

Cara pertama untuk mengatasi masalah laptop yang layarnya mati tapi mesin tetap menyala adalah dengan melakukan force shutdown atau mematikan laptop secara paksa. Caranya adalah dengan menekan tombol power selama beberapa detik sampai layar laptop menjadi gelap.

Kemudian, hidupkan kembali laptop dan periksa apakah masalah sudah teratasi. Akan tetapi, perlu diingat bahwa metode ini tidak selalu efektif dan dapat memperburuk kondisi laptop jika terlalu sering dilakukan. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari melakukan force shutdown secara berulang jika mengalami masalah pada laptop.

8. Menghapus Program atau Aplikasi yang Tidak Kompatibel

Langkah selanjutnya dalam mengatasi layar laptop yang mati tetapi mesin masih menyala adalah dengan menghapus beberapa aplikasi atau program yang mungkin tidak kompatibel dengan laptop Anda.

Apabila terdapat aplikasi tambahan yang tidak sesuai dengan spesifikasi laptop Anda, kemungkinan dapat menyebabkan matinya layar meskipun mesin masih berjalan. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan menghapus aplikasi yang tidak cocok dan menggantinya dengan versi yang lebih kompatibel atau mencari alternatif aplikasi yang memiliki fungsi serupa.

9. Mencabut Hardware Tambahan

Untuk mengatasi situasi di mana layar laptop mati tetapi mesin tetap menyala, langkah berikutnya adalah dengan mencabut hardware tambahan. Jika laptop Anda terhubung dengan perangkat tambahan seperti printer atau scanner, disarankan untuk segera melepasnya

Ada kemungkinan bahwa hardware tambahan tersebut tidak selaras dengan laptop Anda dan bisa menyebabkan gangguan pada kinerja perangkat.

10. Mengaktifkan Safe Mode

Salah satu cara untuk menangani masalah ketika laptop mati tetapi lampu indikator menyala adalah dengan mencoba mengaktifkan fitur safe mode.

Safe mode adalah salah satu fitur diagnostik yang tersedia pada laptop yang dapat membantu dalam mengidentifikasi masalah yang mungkin terjadi pada layar laptop.

11. Membersihkan dan Mendinginkan Laptop

Untuk menangani situasi ketika layar laptop mati tetapi perangkat masih berfungsi, salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan atau mendinginkan perangkat.

Kondisi ini disebabkan oleh kemungkinan laptop yang kotor atau terlalu panas, yang dapat memengaruhi kinerja sistem. Selain itu, pastikan untuk memeriksa apakah kipas laptop berfungsi dengan baik dan tidak ada debu yang menumpuk.

12. Membawa ke Service Center

Jika upaya untuk mengatasi masalah layar laptop yang mati namun mesin tetap hidup tidak membuahkan hasil, Anda dapat membawa laptop ke service center resmi untuk ditangani oleh teknisi ahli.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika layar laptop Anda mati, namun mesin masih menyala. Semoga informasi mengenai cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala ini bisa berguna, Anda juga bisa sewa laptop Jakarta jika laptop Anda masih dalam masa perbaikan di IndoRental sekarang juga!

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Layar Laptop Bergerak Sendiri?

banner-laptop