Bagian-Bagian Keyboard Laptop dan Fungsinya yang Wajib Anda Ketahui

Bagian-Bagian Keyboard Laptop dan Fungsinya yang Wajib Anda Ketahui

bagian bagian keyboard laptop dan fungsinya
Tips dan Trik

Memahami bagian-bagian keyboard laptop dan fungsinya akan membantu Anda melakukan pekerjaan menjadi lebih cepat. Tombol-tombol pada keyboard memiliki fungsi shortcut atau “jalan pintas” ketika ditekan dengan kombinasi tombol yang tepat. Ada banyak sekali kombinasi tombol keyboard untuk menghasilkan shortcut yang mungkin belum Anda ketahui.

Untuk itu, IndoRental akan membahas terkait bagian-bagian keyboard laptop dan fungsinya yang wajib Anda ketahui untuk membantu menyelesaikan pekerjaan menjadi lebih efektif. Penasaran apa saja bagian-bagian keyboard laptop yang dapat menghasilkan shortcut? Baca infonya di bawah ini!

Apa Itu Keyboard?

Sebelum Anda mengetahui apa saja shortcut yang terdapat pada bagian-bagian keyboard laptop, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu apa itu keyboard, jenis-jenis dan fungsinya.

Keyboard adalah salah satu hardware atau perangkat keras yang terdiri dari susunan beberapa tombol. Keyboard memiliki peran yang sangat penting pada sebuah laptop. Peran keyboard secara umum adalah untuk menginput perintah berupa teks, simbol dan angka.

Baca Juga: Ketahui Pengertian dan Cara Kerja Keyboard Komputer

Sampai saat ini belum ada alternatif lain yang bisa menggantikan peran keyboard. Penggunaan fitur voice command seperti Cortana dan Siri juga belum bisa sepenuhnya diandalkan dan menggantikan posisi keyboard. Penggunaan fitur perintah suara masih memiliki banyak kekurangan seperti tingkat keakuratan yang rendah, tidak bisa digunakan pada tempat ramai, dan pilihan bahasa yang terbatas.

Apa Saja Jenis-jenis Keyboard?

Terdapat beberapa jenis keyboard yang berada di pasaran dengan kegunaan dan bentuknya yang berbeda-beda. Berikut adalah jenis-jenis keyboard yang perlu Anda ketahui.

1. Qwerty Keyboard

Keyboard jenis ini paling banyak digunakan pada laptop dan komputer. Tombol pada keyboard Qwerty disusun dengan meletakkan tombol yang sering Anda tekan secara berdekatan. Hal tersebut dimaksudkan untuk memudahkan pada saat melakukan pengetikan sehingga menjadi lebih cepat.

2. Dvorak Keyboard

Keyboard ini cocok untuk Anda yang jarang menggunakan tangan kiri saat mengetik. Hal tersebut dikarenakan keyboard Dvorak disusun dengan lebih membebankan pada tangan kanan si pengguna laptop ketimbang tangan kiri.

3. Maltron Keyboard

Apabila Anda menginginkan kenyamanan yang lebih saat mengetik, keyboard Maltron ini mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Desain pada keyboard jenis ini dibentuk dengan pola cekungan sehingga dapat memberikan kenyamanan pada tangan Anda.

4. Klockenberg Keyboard

Keyboard Klockenberg memiliki desain yang berbeda dari keyboard pada umumnya. Keyboard jenis ini terdiri dari dua buah keyboard yang terpisah kiri dan kanan. Dengan susunan seperti itu membuat keyboard Klockenberg ini memakan banyak tempat.

5. Chord Keyboard

Keyboard Chord cenderung memiliki ukuran dan bentuk yang lebih kecil. Tombol yang terdapat pada keyboard juga sangat terbatas. Keyboard Chord juga umumnya sering dipakai wartawan untuk melakukan pencatatan hasil wawancara dengan cepat.

6. Numeric Keyboard

Keyboard Numeric adalah jenis keyboard yang hanya terdiri dari tombol-tombol berisi angka. Fungsi keyboard ini sering digunakan oleh para pekerja di bidang finance seperti akuntan.

7. Alphabetic Keyboard

Keyboard Alphabetic ini secara tampilan mirip dengan keyboard Qwerty. Namun, pada keyboard Alphabetic susunan hurufnya disusun sesuai urutan pada alfabet A-Z. Keyboard jenis ini lebih sering digunakan pada mainan anak-anak untuk bahan pembelajaran.

8. Wireless Keyboard

Keyboard ini tidak terhubung dengan komputer atau laptop melalui kabel, melainkan menggunakan infra merah, wifi, atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, diperlukan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terletak di keyboard, sementara penerima biasanya dipasang di port USB atau serial pada CPU.

9. Keyboard PS/2

Keyboard tipe ini umumnya dipakai pada komputer ATX. Instalasi keyboard seperti ini perlu dilakukan dengan hati-hati karena port yang digunakan sama dengan yang digunakan untuk mouse.

Baca Juga: Mengenal Beragam Jenis Jenis Keyboard berdasarkan Bentuk dan Penghubungnya

Apa Saja Bagian-bagian Keyboard Laptop dan Fungsinya?

Bagian-bagian pada keyboard laptop dapat dibedakan berdasarkan fungsinya. Ada setidaknya 4 bagian yang terdapat pada keyboard laptop berdasarkan fungsinya yaitu Typewriter Key, Numeric Key, Function Key, dan Special Function Key. Untuk lebih jelasnya baca ulasan di bawah ini.

1. Typewriter Key

Typewriter Key ini memiliki jumlah tombol yang lebih banyak dibandingkan bagian lainnya. Pada bagian ini berisikan tombol-tombol yang berfungsi untuk keperluan pengetikan seperti huruf, angka, tanda baca, spasi, caps lock dan juga tombol-tombol navigasi seperti 4 tanda panah, page up, page down, home, end dan sebagainya.

2. Numeric Key 

Pada bagian numeric key berisi tombol-tombol angka yang biasanya digunakan untuk pengolahan data excel dan penghitungan lainnya. Pada beberapa laptop yang memiliki ukuran keyboard besar atau full size, numeric key ini terletak di bagian kanan laptop. Namun, pada laptop dengan ukuran keyboard yang lebih kecil, numeric key ini akan terletak di bawah function key.

3. Function Key

Function key adalah bagian keyboard laptop yang terletak di bagian paling atas. Bagian ini terdiri dari tombol F1 sampai F12 yang memiliki fungsi sebagai shortcut yang memungkinkan kita melakukan perintah lebih cepat pada laptop. Tombol-tombol ini berfungsi sebagai function key yang jarang digunakan oleh sebagian orang karena fungsinya yang tidak banyak diketahui.

Untuk itu IndoRental telah  menyajikannya khusus hanya untuk Anda. Namun, perlu diingat bahwa function key bisa memiliki fungsi yang berbeda tergantung dari aplikasi yang sedang dibuka dan juga sistem operasi yang digunakan:

Apa fungsi dari tombol F1 sampai F12?

  • F1 Menampilkan menu support atau help
  • F2 Melakukan penamaan ulang file
  • F3 Menampilkan menu pencarian
  • F4 Menutup aplikasi
  • F5 Merefresh aplikasi atau desktop 
  • F6 Melakukan addressing pada search engine
  • F7 Melakukan pengecekan ejaan
  • F8 Melakukan pemilihan objek
  • F9 Melakukan pembaruan field
  • F10 Alternatif klik kanan saat dengan menekan tombol shift
  • F11 Memasuki mode layar penuh
  • F12 Menyimpan file baru (save as)

4. Special Function Key

Bagian terakhir adalah special function key. pada bagian ini berisi tombol-tombol spesial dengan fungsi keyboard yang unik seperti Ctrl, Alt, Fn, Num Lock, Scroll Lock, Print Screen, dan Shift. Dari beberapa fungsi tombol special function key tersebut, tombol Ctrl adalah yang paling sering digunakan.

Tombol ini akan menghasilkan beberapa shortcut saat ditekan dengan tombol lain. Berikut adalah beberapa kombinasi tombol shortcut yang bisa Anda coba.

  • Ctrl + A Memilih seluruh objek.
  • Ctrl + B Menebalkan teks.
  • Ctrl + C Menyalin data
  • Ctrl + D Membuka menu font.
  • Ctrl + E Mengatur tulisan jadi rata tengah.
  • Ctrl + F Menampilkan kolom pencarian.
  • Ctrl + G Membuat tabulasi di aplikasi office.
  • Ctrl + H Melakukan replace teks tertentu..
  • Ctrl + I Mengubah format teks menjadi miring.
  • Ctrl + J Mengatur tulisan rata kanan kiri.
  • Ctrl + K Menyisipkan link ke dalam teks atau objek.
  • Ctrl + L Mengatur tulisan rata kiri.
  • Ctrl + M Mengubah letak awalan paragraf.
  • Ctrl + N Membuka jendela baru.
  • Ctrl + O Membuka dokumen yang sudah ada.
  • Ctrl + P Melakukan perintah untuk print.
  • Ctrl + Q Mengembalikan ke pengaturan normal.
  • Ctrl + R Mengatur tulisan rata kanan.
  • Ctrl + S Menyimpan dokumen.
  • Ctrl + T Membuka tab baru..
  • Ctrl + U Menambahkan underline pada teks.
  • Ctrl + V Memunculkan salinan data.
  • Ctrl + W Menutup jendela.
  • Ctrl + X Memotong objek tertentu.
  • Ctrl + Y Melakukan perintah redo.
  • Ctrl + Z Melakukan perintah undo.
  • Ctrl + Esc Membuka menu “Start”.

Baca Juga: Memahami Cara Memunculkan Keyboard di Layar Laptop

5. Tombol Tab

Tombol Tab pada keyboard laptop berfungsi sebagai kursor geser ke arah kanan, mirip dengan tombol spasi yang memberikan jarak antar kata. Tombol fungsi ini terletak di atas tombol Caps Lock.

6. Tombol ESC

Tombol ESC, yang merupakan bagian utama dari keyboard laptop, memiliki fungsi utama untuk menghentikan atau membatalkan perintah.

7. Tombol CapsLock

Tombol Caps Lock, yang juga terdapat pada keyboard, digunakan untuk mengubah huruf menjadi huruf besar. Pengguna akan sering menggunakan tombol ini saat melakukan kegiatan menulis.

8. Tombol End

Tombol End memiliki fungsi untuk memindahkan kursor ke baris terakhir dari suatu tulisan, berguna saat Anda bekerja dengan perangkat lunak Microsoft.

9. Tombol Backspace

Tombol Backspace, terletak di bagian kiri atas keyboard, berfungsi untuk menghapus satu tulisan atau karakter. Anda dapat menggunakannya untuk menghapus karakter, angka, atau huruf.

10. Tombol PtrScr

Tombol PtrScr, yang juga dikenal sebagai Print Screen (PtrScr), utamanya digunakan untuk menangkap gambar layar pada laptop. Saat Anda menekannya, gambar di layar akan ter-capture dan tersimpan dalam file penyimpanan atau untuk screenshot.

11. Tombol Navigasi

Tombol Navigasi Panah, yang terdapat pada setiap laptop dengan bentuk tombol panah ke kanan, kiri, atas, dan bawah, memiliki fungsi untuk mengarahkan kursor ke area yang diinginkan.

Itulah dia beberapa bagian-bagian keyboard laptop yang memiliki shortcut yang bisa Anda coba untuk mempersingkat pekerjaan Anda. Menarik bukan? Anda perlu beberapa kali menggunakannya agar familiar dan mengingatnya.

Apabila Anda sedang memerlukan sewa laptop dengan kualitas keyboard yang nyaman dan oke, IndoRental menyediakan jasa sewa laptop Jakarta yang dapat Anda coba. IndoRental menawarkan laptop dengan berbagai spesifikasi sesuai kebutuhan Anda untuk berbagai kegiatan. Klik di sini untuk melakukan konsultasi dengan tim IndoRental.

Sekian penjelasan terkait bagian-bagian keyboard laptop dan fungsinya yang wajib Anda ketahui kali ini. Semoga bermanfaat ya!

banner-laptop