Memahami Cara Memunculkan Keyboard di Layar Laptop

Memahami Cara Memunculkan Keyboard di Layar Laptop

cara memunculkan keyboard di layar laptop
Tips dan Trik

Keyboard laptop yang rusak dapat merusak kenyamanan Anda saat menggunakan laptop. Apalagi, hal ini terjadi saat Anda sedang bertugas atau sedang diperjalanan. Bagaimana cara Anda menggunakan laptop Anda? Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba cara memunculkan keyboard di layar laptop.

Keyboard di layar laptop, atau lebih dikenal dengan nama virtual keyboard, adalah keyboard yang dapat digunakan sebagaimana mestinya. Bedanya, sepertinya namanya, keyboard ini tidak memiliki bentuk fisik karena hanya ada di layar laptop Anda.

Untuk Anda yang memiliki laptop dengan fitur layar sentuh, menggunakan keyboard virtual mungkin tidak akan kalah nyaman dengan menggunakan keyboard fisik. Tetapi, bagi Anda yang tidak memiliki fitur layar sentuh, penggunaan keyboard virtual mungkin tidak akan terlalu nyaman.

Berikut adalah panduan cara memunculkan keyboard virtual yang dapat Anda ikuti, yuk simak!

Apa Saja Kegunaan Menggunakan On Screen Keyboard di Laptop?

Sebelum mengetahui cara memunculkan keyboard di laptop, terdapat sejumlah kegunaan on screen keyboard lainnya yang jarang diketahui oleh para pengguna laptop dan komputer, diantaranya seperti:

  • Sebagai pengganti penggunaan tombol yang rusak pada keyboard fisik.
  • Untuk dapat log in Windows.
  • Untuk menonaktifkan scroll lock pada laptop.
  • Untuk mengakses tombol yang tidak tersedia di keyboard fisik bawaan.

Bagaimana Cara Mengaktifkan On Screen Keyboard?

Lalu, bagaimana cara memunculkan keyboard di layar laptop? Berikut adalah beberapa caara mengaktifkan On Screen Keyboard (OSK) yang dapat Anda coba.

1. Cara Memunculkan Keyboard di Layar Laptop Melalui Pengaturan

Cara pertama untuk menampilkan keyboard di layar komputer atau laptop adalah melalui pengaturan. Bagi yang belum tahu, ada istilah khusus untuk keyboard di layar laptop, yakni On-Screen Keyboard. Fitur ini dapat Anda aktifkan di bagian Pengaturan laptop dengan beberapa langkah ini:

  • Klik ikon Windows di pojok kiri bawah laptop untuk membuka Start Menu
  • Kemudian pilih Settings > pilih Ease of Access > Keyboard
  • Di dalam bagian Keyboard, Anda akan melihat opsi On-Screen Keyboard di sebelah kanan
  • Klik opsi tersebut dan sekarang fitur On-Screen Keyboard sudah siap untuk digunakan

2. Melalui Control Panel

Selain masuk ke bagian Settings atau Pengaturan untuk memunculkan fitur On-Screen Keyboard, Anda juga bisa menampilkannya melalui Control Panel. Begini caranya:

  • Anda bisa memulai cara ini dengan menekan tombol Windows + U di keyboard secara bersamaan.
  • Tombol shortcut ini berguna untuk membuka menu Ease of Access Center yang sebelumnya telah disebutkan di cara pertama.
  • Sekarang Anda tinggal klik opsi ‘Start On-Screen Keyboard’ yang ada di bagian kotak akses tools secara cepat.
  • Tunggu beberapa saat saja hingga fitur ini muncul di layar.
  • Sekarang Anda sudah dapat menggunakan fitur On-Screen Keyboard dengan optimal

Baca Juga: Ini Dia 8 Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop dengan Mudah

3. Melalui Panel Pencarian

Anda malas untuk masuk ke berbagai pilihan menu untuk memunculkan keyboard di layar laptop? Tenang saja. Ada cara yang jauh lebih cepat untuk hal ini dengan memanfaatkan panel pencarian. Anda bisa langsung menggunakan fitur panel pencarian yang terletak di taskbar sebelah kiri. Lalu ikuti cara ini:

  • Klik panel pencarian lalu ketik “On-Screen Keyboard” (tanpa tanda kutip).
  • Anda tidak perlu menekan tombol Enter karena sistem akan langsung menampilkan hasil pencarian terkait secara otomatis.
  • Ketika hasilnya sudah muncul dengan menu On-Screen Keyboard, Anda bisa langsung mengaktifkan fitur ini saat itu juga.

Baca juga: Inilah Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Tapi Mesin Nyala

4. Melalui Command Prompt

Ada metode atau cara lain yang cukup unik untuk mengaktifkan On Screen Keyboard, yaitu melalui Command Prompt. Bagaimana caranya? Berikut setiap langkahnya:

  • Tekan tombol Windows + X pada keyboard laptop Anda.
  • Kemudian dari hasil menu akses cepat yang telah muncul, klik Command Prompt.
  • Jendela Command Prompt akan terbuka lalu Anda dapat mengetik “osk” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter.
  • Tunggu beberapa saat hingga On-Screen Keyboard muncul di layar laptop Anda.

5. Melalui Windows Run

Cara menampilkan keyboard virtual di layar laptop yang berikutnya adalah melalui Windows Run. Perlu digarisbawahi bahwa cara ini dapat dilakukan di sistem operasi Windows 10 saja. Ini caranya:

  • Tekan tombol Windows + R pada keyboard laptop.
  • Kalau kontak Run sudah muncul, ketik “osk” (tanpa tanda kutip) lalu tekan OK.
  • Tunggu beberapa saat hingga fitur On-Screen Keyboard muncul di layar laptop Anda.

Baca Juga: Beberapa Cara Cerahkan Layar Laptop Anda dengan Mudah dan Cepat

Itulah dia beberapa cara memunculkan keyboard di layar laptop yang dapat Anda coba. Ketika keyboard fisik rusak, Anda tetap dapat berinteraksi dengan laptop atau komputer Anda dengan menggunakan keyboard virtual atau On Screen Keyboard. Walaupun memang tidak akan seefektif dengan menggunakan keyboard fisik, Anda tetap dapat menggunakan komputer atau laptop Anda dengan nyaman melalui On Screen Keyboard.

6. Melalui Kombinasi Tombol Shortcut

Kalau misalnya beberapa tombol keyboard laptop Anda masih berfungsi dengan baik, Anda masih dapat memunculkan keyboard di layar laptop dengan cukup mudah.

Caranya adalah dengan menggunakan kombinasi tombol shortcut. Anda tinggal memencet tombol logo Windows + CTRL + O secara bersamaan. Kalau tombol-tombol tersebut masih berfungsi, Anda akan menemukan virtual keyboard muncul di layar laptop Anda.

Kombinasi tombol shortcut lain yang bisa Anda pakai adalah dengan mengklik tombol Windows + U pada keyboard. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke menu Ease of Access Centre. Lalu klik di bagian Start Keyboard On Screen. Tunggulah beberapa saat sampai keyboard muncul pada layar laptop Anda.

7. Melalui Cortana

Cara selanjutnya jika Anda tidak mengetahui dimana letak pengaturan keyboard laptop berada, Anda dapat memakai fitur Cortana di laptop Windows. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memunculkan keyboard di layar laptop lewat Cortana:

  • Pertama-tama, tekan tombol Windows + C atau buka kolom pencarian Cortana, lalu ketik On Screen Keyboard.
  • Lalu, akan muncul tab yang menampilkan hasil pencarian.  
  • Kemudian, klik dua kali pada pilihan On Screen Keyboard.
  • Setelah beberapa saat, keyboard akan tampil di layar laptop Anda.
  • Selesai.

8. Membawanya ke Teknisi

Apabila cara-cara untuk memunculkan keyboard di laptop tadi belum juga membuahkan hasil, ada kemungkinan terdapat masalah serius yang terjadi pada perangkat laptop Anda. Sehingga maka dari itu, Anda perlu membawanya ke tempat service laptop, untuk ditangani oleh teknisi.

Itulah dia cara memunculkan keyboard di layar laptop dengan mudah. Virtual keyboard dapat membantu Anda bekerja di kala keyboard laptop Anda bermasalah. Anda memiliki banyak cara yang dapat Anda coba; mulai dari mengatur pengaturan laptop, melalui command prompt, hingga menggunakan kombinasi tombol shortcut.

Tetapi, fitur atau peralatan yang berfungsi tidaklah cukup untuk menopang kegiatan sehari-hari. Anda harus memastikan bahwa komputer atau laptop Anda memiliki spesifikasi yang dapat membantu pekerjaan atau kegiatan sehari-hari Anda. Apalagi, jika laptop atau komputer tersebut digunakan untuk kebutuhan perkantoran dan event dalam jumlah yang banyak. Sewa saja di IndoRental sekarang juga.

IndoRental memiliki berbagai merek laptop dengan spesifikasi sesuai kebutuhan Anda yang dapat disewa dalam jangka waktu harian hingga bulanan. Dengan informasi cara memunculkan keyboard di layar laptop, kunjungi sewa laptop harian bersama IndoRental.

Baca juga: Temukan Cara Refresh Laptop dan Fungsinya Untuk Laptop Anda

banner-laptop