Mengenal Lebih Dalam Berbagai Macam Aplikasi Pengolah Data

Mengenal Lebih Dalam Berbagai Macam Aplikasi Pengolah Data

aplikasi pengolah data adalah
Tips dan Trik

Aplikasi pengolah data adalah salah satu tools yang digunakan untuk memudahkan kita dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Terdapat begitu banyak aplikasi pengolah data yang ada di internet dengan fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Namun, secara umum jenis aplikasi ini digunakan untuk mengolah data baik berupa teks ataupun angka.

Penasaran apa saja aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan pengolahan data? Jika iya, baca artikel ini hingga selesai karena kami telah merangkum beberapa informasi mengenai aplikasi pengolah data untuk menambah wawasan Anda.

Apa Itu Aplikasi Pengolah Data?

Aplikasi pengolah data adalah aplikasi yang digunakan untuk mengolah berbagai jenis data seperti angka, text, simbol ataupun gambar. Fungsi pengolahan data tersebut untuk mengubah data yang kompleks menjadi informasi yang informatif dan lebih mudah dipahami.

Dengan menggunakan aplikasi ini, informasi yang ingin Anda sampaikan kepada orang lain akan lebih sederhana namun memiliki tampilan yang menarik. Aplikasi pengolah data berdasarkan cara pengoperasiannya terbagi menjadi dua jenis, yaitu manual dan mekanik.

Alat pengolah data manual adalah alat yang dioperasikan tanpa menggunakan mesin seperti sempoa, pulpen & kertas, papan tulis dan lain sebagainya. Sedangkan alat pengolah data mekanik adalah yang dioperasikan dengan menggunakan bantuan mesin seperti kalkulator, laptop ataupun komputer.

Pada zaman seperti sekarang ini, alat pengolah data manual sudah mulai ditinggalkan. Alasannya karena alat pengolah data manual dirasa sudah kuno dan minim fitur. Orang-orang saat ini lebih memilih alat pengolah data mekanik yang lebih modern karena penggunaannya yang lebih simpel dan juga memiliki banyak fitur.

Ditambah lagi pengembangan teknologi seperti AI (Artificial Intelligence) akan sangat membantu dalam melakukan kegiatan pengolahan data. Pada artikel ini kita hanya akan fokus untuk membahas tentang aplikasi pengolah data mekanik.

Baca Juga: Apa itu Word Processor?

Apa Fungsi Aplikasi Pengolah Data?

Program aplikasi pengolah data dapat berfungsi sebagai alat untuk menyelesaikan masalah perhitungan angka ataupun data lainnya dalam sebuah tabel. Menurut para pakar, pengguna dapat menyesuaikan lebar tabel, melakukan perhitungan dengan menggunakan rumus matematika, menampilkan tabel dengan tata letak menarik, serta membuat grafik dengan mudah dalam berbagai format. Namun, berikut adalah beberapa fungsi tambahan dari aplikasi pengolah angka:

  1. Penyimpanan data untuk proses selanjutnya
  2. Penyusunan data secara sistematis
  3. Penampilan hasil dari pemrosesan data
  4. Pelaksanaan perhitungan aritmatika dan logika
  5. Bantuan dalam pengolahan berbagai macam data untuk menghasilkan informasi yang berguna.

Apa Mekanisme Aplikasi Pengolah Data?

Secara sederhana mekanisme pengoperasian aplikasi pengolah data dibagi atas tiga tahapan, yaitu input, data processing, dan output.

  • Input, adalah tahapan di mana memasukkan data awal yang ingin diolah pada alat pengolah data. Data awal ini bisa didapatkan dari beberapa sumber seperti hasil survei, wawancara atau riset pengamatan secara mandiri.
  • Data processing, pada tahap data processing data akan diolah sedemikian rupa untuk menghasilkan informasi yang lebih sederhana dan mudah dimengerti dengan tampilan yang lebih enak dilihat. Pengolahan yang dilakukan bisa berupa namun tidak terbatas pada pengelompokan, penggabungan, penyusunan, penghapusan, dan penyimpanan data.
  • Output, adalah hasil dari pengolahan data yang telah dilakukan sebelumnya. Data yang dihasilkan bisa dalam beberapa bentuk seperti angka, teks, gambar, atau gabungan ketiganya.

Apa Saja Aplikasi Pengolah Data?

aplikasi pengolah data

Berikut ini adalah beberapa macam aplikasi pengolah data yang IndoRental telah rangkum khusus untuk Anda. Namun, perlu diingat bahwa aplikasi yang dimaksud di sini adalah sebuah software yang secara khusus digunakan untuk mengolah data pada laptop atau komputer. Software atau perangkat lunak pengolah data ini juga biasa disebut sebagai Database Management System (DBMS). Apabila Anda sudah mengerti, yuk simak pembahasan detailnya di bawah ini!

1. Ms. Word

Aplikasi pengolah data yang pertama adalah Microsoft Word yang merupakan aplikasi office yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft Corporation. Ms. Word adalah aplikasi pengolah angka yang sangat populer karena sering digunakan oleh banyak orang dari semua kalangan. Aplikasi ini banyak digunakan oleh para pelajar, mahasiswa hingga para pebisnis.

Baca Juga: Kenali 10 Software Pengolah Gambar Paling Populer

Ms. Word adalah aplikasi pengolah data berbasis teks yang sering digunakan untuk keperluan pembuatan proposal, pembuatan artikel, skripsi dan lain sebagainya. Aplikasi Ms.Word ini juga dibekali dengan tools yang cukup lengkap. Bahkan tidak hanya untuk pengolahan data text saja, tapi juga bisa untuk melakukan pengolahan angka walaupun tidak selengkap Ms. Excel.

2. Ms. Excel

Selanjutnya adalah Microsoft Excel yang masih dikembangkan oleh perusahaan yang sama seperti Ms. Word. Bedanya Ms. Excel ini adalah aplikasi berbasis angka. Pada aplikasi ini, Anda bisa melakukan pengolahan data angka dengan menggunakan formula-formula khusus untuk memudahkan Anda dalam melakukan penghitungan angka dan menganalisis data.

Ms. Excel juga dilengkapi fitur tabel dan grafik yang membuat tampilan data Anda menjadi lebih rapi dan mudah dibaca. Aplikasi banyak digunakan oleh orang-orang yang bekerja di bidang finance karena sering digunakan untuk melakukan pencatatan keuangan.

3. Ms. PowerPoint

Microsoft PowerPoint adalah salah satu aplikasi pengolah data yang merupakan bagian dari paket Microsoft Office, digunakan untuk menciptakan presentasi. Dengan Microsoft PowerPoint, Anda dapat membuat slide yang berisi teks, gambar, video, audio, animasi, transisi, hyperlink, dan elemen lainnya.

4. Postgresql

Aplikasi pengolahan data Postgresql adalah aplikasi open source yang digunakan untuk membuat server database. Aplikasi yang dikembangkan oleh PostgreSQL Global Development Group ini bisa dioperasikan dengan bahasa pemrograman yang cukup lengkap seperti PHP, C, Java, C++ dan pemrograman yang lainnya.

Postgresql merupakan aplikasi open source yang saat ini cukup banyak digunakan baik secara pribadi ataupun oleh perusahaan.

Baca Juga: 21 Aplikasi Penting yang Harus Ada di Laptop Anda

5. WordPerfect

Aplikasi WordPerfect ini terbilang cukup unik, karena menggabungkan fitur pada Ms. Word dengan aplikasi desain. Pada aplikasi ini, selain Anda bisa melakukan pengolahan data berupa text juga bisa melakukan pengolahan data berbasis grafis. Dokumen yang bisa Anda buat pada aplikasi ini adalah daftar riwayat hidup, CV, brosur, newsletter, tabel, dokumen laporan dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga bisa membuka, mengedit dan mengkonversi file berjenis pdf dengan mudah tanpa ribet.

6. Oracle Database

Oracle Database adalah aplikasi pengolah data yang dibuat oleh perusahaan Oracle Corporation. Aplikasi Oracle ini memiliki fungsi yang sama seperti Postgresql. Namun, Oracle Database memiliki keunggulan dibanding Postgresql, yaitu kemampuan penyimpanan data yang sangat besar hingga mencapai terabyte. Oracle Database juga lebih mudah digunakan dibandingkan Postgresql serta tingkat akurasi datanya cukup bagus.

7. Open Office Calc

Open Office Calc adalah aplikasi pengolah data open source yang dapat diakses melalui berbagai sistem operasi. Aplikasi ini bermanfaat untuk menganalisis data dengan menggunakan rumus perhitungan dan memvisualisasikan hasilnya dalam bentuk grafik. Tampilan Open Office Calc mirip dengan Microsoft Excel, sehingga Anda sebagai pengguna yang telah terbiasa dengan Excel akan mudah beradaptasi dengan platform ini.

8. Lotus 123

Lotus 123 adalah aplikasi pengolah data lain yang dirilis oleh IBM. Aplikasi ini dapat beroperasi di bawah sistem operasi DOS dan juga bisa digunakan pada program Windows melalui software Lotus 123 for Windows. Walaupun aplikasi ini sudah eksis dari tahun 80-an, banyak orang masih menggunakan Lotus 123 karena kemampuannya yang handal dalam mengelola data matematika.

9. Abacus

Abacus merupakan aplikasi pengolah data dengan kebutuhan memori yang kecil dan sangat mudah dalam penggunaannya. Dibuat sebagai proyek mahasiswa di Universitas IST, Portugal, Abacus menggunakan bahasa makro AB Visual yang kompatibel dengan Microsoft Visual Basic. Selain itu, aplikasi ini dapat berbagi data dengan Microsoft Excel lewat Visual Basic.

10. Kspread

Kspread adalah aplikasi pengolah data open source yang bisa Anda unduh secara gratis dari internet. Aplikasi ini dapat digunakan di berbagai sistem operasi seperti Linux, Solaris, Unix, dan Windows. Dengan Kspread, Anda bisa menganalisis data menggunakan rumus perhitungan dan memvisualisasikan hasilnya dalam bentuk grafik.

Bagaimana? Sekarang Anda sudah lebih paham mengenai macam-macam aplikasi pengolah data, bukan? Di era digital seperti saat ini, memahami aplikasi pengolah data adalah hal yang penting karena dapat membantu meringankan pekerjaan Anda.

Apabila Anda membutuhkan sewa laptop untuk kegiatan atau event tertentu, Anda bisa menghubungi IndoRental sebagai solusi kebutuhan Anda. IndoRental menyediakan jasa sewa laptop Jakarta dengan waktu tertentu sesuai kebutuhan. Cukup menghubungi via website di sini, lalu tim IndoRental akan menghubungi Anda untuk menanyakan penyewaan sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan.

Sekian ulasan terkait mengenal lebih dalam berbagai macam aplikasi pengolah data yang dapat IndoRental sampaikan, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

banner-laptop