Ketahui Pengertian dan Cara Kerja Keyboard Komputer

Ketahui Pengertian dan Cara Kerja Keyboard Komputer

cara kerja keyboard
Teknologi

Keyboard menjadi salah satu komponen penting pada komputer. Pasalnya, jika tidak ada keyboard, komputer tidak bisa dioperasikan sebagaimana mestinya. Cara kerja keyboard selain untuk mengetik, bisa digunakan juga untuk memberi perintah, seperti CTRL + V untuk paste, CTRL + F berfungsi untuk find, dan lain sebagainya. Untuk mengenal lebih jauh tentang keyboard dan cara kerjanya, simak uraian lengkap di bawah ini.

Apa Pengertian Keyboard?

Keyboard merupakan perangkat keras pada komponen komputer yang digunakan untuk menginput data informasi. Keyboard juga digunakan untuk menjalankan suatu perintah atau instruksi yang kemudian diproses oleh sistem pengolahan informasi komputer.

Bagian keyboard yang paling utama yaitu terdiri dari papan yang berisikan huruf-huruf untuk mengetik. Pada umumnya, susunan huruf pada keyboard menggunakan pola QWERTY dengan bagian angka berada di baris atas atau baris kanan. 

Apa Saja Fungsi dari Keyboard?

Fungsi utama keyboard yaitu untuk menginput dan memasukkan perintah yang kemudian diteruskan pada sistem pengolahan data. Misalnya, untuk mengetik dan membuat dokumen pelaporan di microsoft word. Adapun fungsi lainnya akan diuraikan di bawah ini.

Baca Juga: Mengenal Beragam Jenis Jenis Keyboard berdasarkan Bentuk dan Penghubungnya

1. Berdasarkan Tombol Alternatif

Tombol alternatif yang dimaksud yaitu tombol Enter dan Esc. Tombol Enter digunakan untuk memilih perintah pada aplikasi yang sedang dijalankan. Bisa juga untuk memulai paragraf ketika sedang mengetik di microsoft word. Untuk tombol Esc berfungsi membatalkan perintah yang sedang berjalan.

2. Berdasarkan Tombol Ketik

Huruf-huruf yang tersusun pada keyboard berfungsi untuk keperluan pengetikkan dokumen atau input data yang kemudian ditampilkan pada layar komputer. Pola yang tersusun pada keyboard umumnya QWERTY, tetapi ada pula pola lain seperti Maltron dan Dvorak.

3. Berdasarkan Tombol Fungsi

Pada bagian atas keyboard tertera tombol fungsi F1 sampai F12. Setiap tombolnya memiliki fungsi yang berbeda-beda, misalnya F2 berfungsi untuk meningkatkan suara speaker pada laptop Anda. Namun, tombol fungsi ini tergantung juga pada merek laptop yang Anda gunakan. 

4. Berdasarkan Tombol Navigasi

Kursor pada komputer biasanya digerakkan oleh mouse dan touchpad. Dalam hal ini, keyboard berfungsi juga sebagai tombol navigasi untuk mempercepat kinerja Anda. Misalnya, tombol page up dan page down dapat digunakan untuk menggerakan kursor ke atas dan ke bawah.

5. Berdasarkan Tombol Kontrol

Tombol kontrol yang dimaksud yaitu CTRL. Ketika Anda menekan tombol CTRL dengan kombinasi huruf, misalnya CTRL + B berfungsi untuk menebalkan tulisan, tombol I untuk memiringkan tulisan, tombol U untuk menggaris bawahi tulisan, dan lain sebagainya. 

Baca Juga: Bagian-Bagian Keyboard Laptop dan Fungsinya yang Wajib Anda Ketahui

Apa Saja Jenis-jenis dari Keyboard?

Pola pada keyboard komputer ternyata tidak hanya QWERTY saja, terdapat jenis dan pola keyboard lainnya. Cara kerja keyboard tersebut berbeda-beda, termasuk juga dengan fungsinya. Apa saja jenis-jenis keyboard tersebut? Mari simak uraiannya di bawah ini.

1. Keyboard QWERTY

Keyboard dengan pola QWERTY pertama kali ditemukan oleh Scholes Glidden dan Soule pada tahun 1878. Pada saat itu, standar mesin tik komersial bergantung pada keyboard dengan pola QWERTY. Hingga saat ini, pola ini masih dipakai dengan ciri khas peletakkan huruf yang tidak sesuai abjad. Fungsi dari keyboard QWERTY yaitu untuk melakukan pengetikkan standar.

2. Keyboard KLOCKENBERG

Keyboard KLOCKENBERG dibuat untuk menyempurnakan keyboard QWERTY dengan memisahkan kedua sisi keyboard menjadi bagian kiri dan kanan. Kedua keyboard ini dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan mengarah miring agak ke bawah. Fungsi utama dari jenis keyboard ini yaitu untuk mengurangi beban otot pada jari, lengan, dan bahu. 

3. Keyboard Dvorak

Keyboard ini pertama kali ditemukan pada tahun 1932 dan dikenal memiliki pola yang unik. Keyboard Dvorak dirancang sedemikian rupa dengan menitikberatkan beban saat menulis ke tangan kiri. Hasil dari uji coba keyboard ini yaitu 10 – 15% lebih efisien dari keyboard QWERTY. Meski demikian, keyboard ini masih jarang digunakan. 

4. Keyboard Maltron

Maltron dirancang agak cekung ke dalam agar jari-jari Anda dalam keadaan lurus saat menggunakannya. Fungsi utama dari keyboard Maltron adalah memberikan kenyamanan pada jari tangan. Pembuatnya pun mengklaim bahwa keyboard ini bebas dari RSI (Repetitive Stress Injuries). Tidak itu saja, Maltron sebagai pencipta keyboard ini mengklaim bahwa metode pengetikkan 10 jari akan lebih cepat dan optimal.

5. Keyboard Mekanikal

Apabila dilihat dari sisi bentuk dan desain, keyboard mekanikal sama dengan keyboard QWERTY. Namun, keyboard mekanikal dilengkapi dengan switch pada setiap tombolnya yang berfungsi untuk mendaftarkan command ke program. Switch ini akan mempercepat penghantaran informasi pada program serta lebih cepat menghasilkan ketikkan.

Baca Juga: 4 Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard Paling Mudah

Bagaimana Cara Kerja Keyboard?

Keyboard memiliki prosesor yang berbeda dari komputer. Apabila Anda menekan huruf-huruf pada papan keyboard, prosesor akan mengubahnya menjadi data kata. Untuk tahapan cara  kerja keyboard yang lebih lengkap akan diuraikan di bawah ini.

1. Key Matrix

Key matrix merupakan rangkaian yang terletak di bawah papan tombol keyboard. Jika tombol huruf ditekan, rangkaian tersebut akan menyalurkan arus listrik pada sistem pengolahan internal keyboard. 

Kemudian sistem akan menginput data dengan menampilkan hasil yang Anda tekan pada keyboard di layar. Dalam kata lain, key matrix ini menangkap dan mencatat input dari pengguna untuk menghasilkan data digital yang ditampilkan di layar komputer. 

2. Rangkaian Prosesor

Rangkaian ini akan tersambung apabila ada penekanan pada key matrix. Setelah mendapat penekanan, rangkaian dalam prosesor keyboard akan melakukan perbandingan antara lokasi dan karakter yang datanya telah tersimpan sebelumnya.

Apakah Anda sudah memahami bagaimana cara kerja keyboard? Pada dasarnya, keyboard termasuk komponen penting dalam sebuah komputer. Baik itu keyboard yang terpasang langsung di laptop maupun keyboard eksternal. 

Apabila keyboard dan komputer Anda mengalami kendala dan tidak bisa digunakan, alternatif paling memungkinkan yaitu sewa komputer harian di IndoRental untuk menunjang kebutuhan kerja sehari-hari. 

Tidak hanya sewa harian, Anda bisa sewa komputer dengan jangka waktu sesuai kebutuhan. Bisa harian dan bisa bulanan. Bahkan bisa juga sewa untuk kebutuhan perusahaan dan bisnis Anda.

Fleksibilitas jangka waktu sewa menjadi salah satu kelebihan sewa komputer di IndoRental. Jadi, tunggu apalagi? Hubungi IndoRental sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.