Ikuti Tutorial Cara Print Excel agar Tidak Terpotong

Ikuti Tutorial Cara Print Excel agar Tidak Terpotong

cara print excel agar tidak terpotong
Tips dan Trik

Saat melakukan print excel, Anda biasanya akan menemukan 2 kendala; entah ada bagian yang terpotong atau ada bagian yang terlalu kecil sehingga hasilnya tidak full kertas. Hal ini tentunya akan sangat menganggu apalagi jika hasil print akan digunakan untuk pekerjaan. Sebagai solusinya, Anda bisa mencoba cara print excel agar tidak terpotong.

Microsoft Excel menawarkan berbagai opsi dalam proses mencetaknya. Orang awam mungkin hanya mengetahui cukup menekan tombol CTRL + P lalu tekan print atau enter untuk mulai mencetak.

Padahal, ada banyak opsi lain seperti page layout, skala, dan lain-lain yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat hasil print excel Anda menjadi lebih rapi dan tidak terpotong. Berikut adalah cara print excel agar tidak terpotong yang dapat Anda jadikan panduan.

Bagaimana Cara Print Excel agar Tidak Terpotong?

Berikut ini adalah berbagai cara yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan hasil print yang baik dan tidak terpotong dari excel Anda.

1.Atur Area Cetak Spreadsheet Excel

Salah satu cara paling simpel agar hasil print di excel tidak terpotong adalah dengan mengatur page layout dari file excel Anda.

Cara melakukannya pun juga sangat mudah. Klik page layout lalu klik ikon Print Area. Lalu, pilih Clear Print Area bila sebelumnya Anda sudah pernah membuat area cetak saat mencetak file excel. Setelah itu, pilih sel yang ingin Anda cetak lalu klik ikon Print Area dan pilih Set Print Area.

Baca Juga: Mempelajari Rumus Vlookup Excel yang Sangat Berguna

2. Tentukan Ukuran Kertas Yang Akan Digunakan

Sebelum Anda mulai mencetak, pastikan Anda telah mengatur jenis ukuran kertas yang akan Anda gunakan untuk mencetak file excel Anda.

Untuk menentukan ukuran kertas yang akan digunakan, Anda cukup memilih tab Page Layout, pilih Group Page Setup, dan klik Size.

Di sana, Anda akan menemukan berbagai jenis ukuran kertas, seperti Letter, A3, A4, Legal, dan lain-lain yang dapat Anda gunakan untuk mencetak file excel Anda.

Baca Juga: Berbagai Macam Cara Menambah Kolom Di Excel Dengan Mudah

3. Atur Page Break Sebelum Mencetak Excel

Salah satu penyebab hasil print di excel terpotong adalah karena file excel Anda memiliki terlalu bnayak baris atau kolom.

Jika demikian, Microsoft Excel akan memotong secara otomatis file excel saat Anda akan mencetakanya. Anda dapat melihat bagaimana Excel memotong dokumen Anda secara otomatis dengan memilih menu View lalu pilih Page Break Preview.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengatur page break secara manual.

Untuk mengatur secara horizontal, pilih baris di mana Anda ingin halaman yang dicetak untuk dipisah.

Untuk mengatur page break secara vertikal, pilih seluruh kolom, lalu pada halaman Page Layout klik ikon Breaks dan pilih Insert Page Break.

Untuk menghapusnya, Anda bisa memilih baris atau kolom yang sama, klik ikon Breaks, dan pilih Remove Page Break.

Baca juga: Cara Printer Test Page Beserta Tanda Errornya

4. Membuat Skala Agar Pas Sebelum Mencetak Excel

Cara lain untuk mengontrol agar spreadsheet Anda tidak terpotong ketika di print adalah dengan mengatur lebar, tinggi, atau skalanya. Pada Page Layout, klik kotak dropdown di sebelah. Anda dapat mengatur sejumlah halaman tertentu untuk dicetak.

Dalam opsi skala, Anda akan menemukan 3 opsi; Fit Sheet on One Page, Fit All Column on One Page, dan Fit All Row on One Page.

Opsi Fit Sheet akan menyusutkan semua bagian agar dapat dimuat dalam satu halaman. Fit All Column akan meyusutkan lebar dari file excel Anda agar muat di dalam satu halaman. Sementara itu, Fit All Row akan menyusutkan tinggi atau panjang dari file excel Anda agar bisa muat di satu halaman.

Misalnya, jika Anda ingin mengatur agar spreadsheet dua halaman bisa dicetak menjadi satu halaman, pilih opsi untuk 1 halaman. Jika Anda ingin mengecilkan spreadsheet ke persentase tertentu baik lebar maupun tinggi, klik panah bawah di samping Scale atau ketik angka tertentu, seperti 75%.

Baca juga: 2 Cara Print Bolak Balik dengan Otomatis dan Manual

5.Mengatur Opsi Lanjutan

Anda dapat mengubah halaman cetak menjadi lebih baik dengan mempelajari Page Setup dialog box. Untuk bisa mengakses menu ini, klik kotak kecil di sudut kanan bawah bagian Page Setup. Pada tab untuk halaman, Anda dapat menyesuaikan penskalaan ke persentase tertentu seperti yang sebelumnya. Tetapi Anda juga dapat mengatur jumlah halaman tertentu untuk tinggi dan lebarnya.

Baca juga: Cara Print Hitam Putih di Word dengan Mudah

6. Memeriksa Preview Sebelum Mencetak Excel

Sekarang mungkin saat yang tepat untuk memeriksa bagaimana spreadsheet Anda akan terlihat saat dicetak. Tekan Ctrl+F2 untuk bisa masuk ke mode cetak di mana bisa melihat preview dari spreadsheet. Setelah selesai, klik panah kiri di bagian atas untuk kembali ke tampilan biasa. Setelah mengetahui cara mempersiapkan file yang akan di print agar tidak terpotong, langkah selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah cara sharing printer yang akan digunakan dengan laptop atau komputer Anda.

Itulah dia cara print excel agar tidak terpotong yang bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi mengenai cara print excel agar tidak terpotong ini bisa membantu dalam kegiatan Anda, bagi yang sedang mencari rental printer terdekat bisa mengunjungi website Indorental sekarang juga.

Baca juga: cara print kartu keluarga online