Temukan Cara Menghilangkan Read Only pada Excel dengan Cepat dan Tepat

Temukan Cara Menghilangkan Read Only pada Excel dengan Cepat dan Tepat

cara menghilangkan read only pada excel
Tips dan Trik

Bagaimana cara menghilangkan read only pada Excel? Permasalahan read only memang sedikit menjengkelkan. Meskipun membantu menjaga isi dokumen tetap aman dan terhindar dari pencurian data, tetapi sebagai pemilik pun, Anda juga harus tetap memiliki akses khusus untuk membukanya atau mengaktifkan ulang beberapa fitur agar dapat dilakukan proses edit. Sebagai solusinya, simak beberapa cara dalam artikel ini untuk menghilangkannya.

Bagaimana Cara Membuka File Excel Protected View?

Ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk menghilangkan read only atau protected view file pada Excel. Sebenarnya, hal yang harus dilakukan adalah mematikan fitur protected view di dalamnya. Berikut merupakan ulasan selengkapnya:

1. Buka Proteksi File 

Cara menghilangkan read only pada Excel yang pertama adalah membuka pengaturan proteksi pada file, dengan begitu dokumen dapat diubah secara langsung tanpa mengatur apa pun terlebih dahulu. Untuk membuka proteksi file, lakukan langkah berikut ini:

  1. Klik kanan pada dokumen atau Excel file yang dituju. Kemudian, akan muncul beberapa pilihan fitur, pada bagian ini klik pada pilihan properties.
  2. Setelah itu, akan muncul jendela baru yang memuat berbagai pengaturan pada file Excel tersebut. Klik pada kotak unblock untuk membuka proteksi dokumen, Lalu klik apply dan klik OK.
  3. Selesai. Dokumen Anda tidak lagi terkunci dan dapat diakses serta diubah kapan saja. 

Cara ini dapat digunakan untuk menghilangkan fitur read only pada satu file saja. Sehingga, jika terdapat beberapa file, lakukan langkah di atas pada setiap file yang dibutuhkan.

Baca Juga: Pahami Cara Memberi Password Pada Excel untuk Mengamankan File

2. Menggunakan Trust Center Setting

Selain cara di atas, Anda juga dapat menghilangkan read only dengan menggunakan trust center setting. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah membuka aplikasi buku kerja Excel terlebih dahulu. Anda tidak perlu membuka dokumen apa pun karena proses ini berada pada halaman utama aplikasi Microsoft Excel.

Selanjutnya, klik option pada bagian paling bawah menu yang terdapat pada halaman depan. Menu option akan menampilkan beberapa menu dan pilihan baru, klik pada pilihan trust center. Kemudian klik pada trust center settings untuk mengatur ulang pengaturan Excel. 

Di dalamnya terdapat beberapa kotak yang bertuliskan enable protected view untuk beberapa jenis dokumen, hilangkan tanda centang dengan klik seluruh kotak tersebut dan klik OK. Untuk memastikan bahwa proses tersebut berhasil, Anda dapat mencoba untuk membuka salah satu file Excel yang terproteksi. 

Apabila tulisan protected view telah hilang dan dapat melakukan edit, maka langkah di atas telah berhasil. Perlu diingat bahwa cara ini akan membuka proteksi seluruh file. Apabila ingin menghilangkan proteksi file pada sebagian dokumen saja, Anda dapat membuka proteksi melalui fitur properties.

Cara di atas juga dapat diterapkan pada aplikasi Microsoft lainnya seperti Word dan Power Point mulai dari versi 2010 hingga versi terbarunya. Namun hal yang perlu diingat adalah, jangan gunakan cara di atas untuk mencuri data atau isi dokumen seseorang.

Baca Juga: Cara Menambah Kolom Di Excel Dengan Mudah dan Cepat

3. Menonaktifkan Fitur Protected View

Protected View adalah fitur keamanan yang ditemukan di semua produk Microsoft Office, termasuk Microsoft Excel. Fitur ini bertujuan untuk melindungi file Excel dari serangan virus. Namun, ketika fitur ini diaktifkan, pengguna hanya dapat melihat dokumen dalam mode baca saja (read-only) dan tidak dapat mengeditnya. Oleh karena itu, disarankan untuk menonaktifkan Protected View terlebih dahulu agar dapat mengedit dokumen Excel read only tersebut.

4. Mengaktifkan Izin Edit pada Cell

Jika saat membuka file Excel terdapat opsi “read-only mode”, ini berarti file hanya dapat dibaca dan tidak dapat diedit. Hal ini terjadi karena fitur “Allow editing directly in cells” dinonaktifkan. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka file Microsoft Excel, klik menu “File” di bagian atas, pilih “Options” di bagian bawah, lalu pilih menu “Advanced”. Di bagian “Editing options”, centang opsi “Allow editing directly in cells”. Terakhir, simpan perubahan dengan menekan tombol “OK” dan pilih “Save As” untuk menyimpan dokumen.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Pangkat di Laptop dengan Mudah Melalui Ms.Word dan Gdocs

Jadi itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan read only pada Excel. Permasalahan read only ini dapat Anda atasi sendiri tanpa membutuhkan tenaga ahli, karena cara tersebut dapat dilakukan sendiri. 

Bagi Anda yang ingin menjaga dokumen tanpa harus mengubah pengaturan proteksi, mengunci file dengan password dapat menjadi solusi yang lebih mudah. Sehingga tidak seorang pun dapat mengambil isi file jika tidak memiliki password akses. 

Pengetahuan mengenai berbagai fitur dalam aplikasi harus mulai dipahami, mengingat saat ini laptop, komputer dan perangkat lainnya menjadi alat utama untuk menunjang produktivitas di segala bidang. Membutuhkan perangkat untuk belajar, bekerja, atau kepentingan lainnya? IndoRental dapat menjadi solusi sewa laptop harian yang tepercaya, mudah, dan cepat. 

Hanya dalam satu kali klik, kebutuhan akan laptop dengan berbagai spesifikasi dapat terpenuhi. Tunggu apa lagi? Hubungi tim IndoRental sekarang juga untuk kemudahan layanan penyewaan perangkat IT. semoga informasi cara menghilangkan read only dapat bermanfaat bagi Anda.