Cara Print Bolak-balik Mudah yang Perlu Anda Ketahui

cara print bolak balik
Uncategorized

Apakah Anda saat ini membutuhkan informasi seputar cara print bolak-balik? Atau apakah Anda sudah mengetahui bahwa ada printer yang bisa digunakan untuk melakukan print secara bolak-balik dan tidak hanya satu halaman per lembar saja?

Tidak jarang orang yang belum mengetahui bahwa printer saat ini sudah dapat menghasilkan cetakan secara bolak-balik dan mengira bahwa mesin fotocopy saja yang dapat melakukannya. Akan tetapi, dengan berkembangnya teknologi dari waktu ke waktu dan juga tingginya permintaan pasar terhadap perkembangan printer membuat para produsen menghasilkan produk yang dapat melakukan print secara bolak-balik.

Lantas, bagaimana caranya untuk dapat menggunakan printer tersebut? Simak pembahasannya melalui artikel dari IndoRental di bawah ini.

Bagaimana Cara Print Bolak-balik

Untuk dapat melakukan print bolak-balik, Anda dapat menggunakan printer yang sudah memiliki fitur tersebut. Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara untuk mencari tahu apakah printer yang Anda gunakan saat ini telah memiliki fitur print bolak-balik dan serta cara untuk menggunakannya.

1. Print Bolak-balik Otomatis

Fitur yang ada dalam printer untuk dapat menghasilkan cetakan secara bolak-balik dinamakan dengan fitur duplex printing. Untuk mengetahuinya, Anda bisa langsung menuju kepada dokumen yang ingin dicetak, lalu pilih File – Print atau dapat langsung menekan tombol Ctrl + P. Setelah itu, Anda akan dibawa kepada pengaturan print. Pada bagian Settings, klik kolom drag down dan cari pilihan “Print on Both Sides” yang berarti Anda dapat melakukan print secara bolak-balik.

Jika pilihan “Print on Both Sides” tidak dapat diklik atau tidak tersedia, berarti printer yang Anda gunakan masih belum memiliki fitur duplex printing sehingga untuk mencetak dokumen bolak-balik diperlukan cara manual.

2. Print Bolak-balik Manual

Tidak semua orang paham dalam melakukan print bolak-balik, meskipun dengan menggunakan cara manual. Bagi Anda yang printernya tidak memiliki fitur duplex printing, maka hal yang perlu dilakukan adalah dengan cara manual. Ketika Anda sudah masuk ke dalam dokumen yang ingin dicetak dan juga masuk ke dalam pengaturan print, maka dalam pilihan Settings, klik pada opsi “Manually Print on Both Sides”.

Pada saat opsi ini diaktifkan, maka setelah printer mencetak dokumen pada halaman pertama, Anda akan menerima notifikasi untuk mengembalikan kertas tersebut pada tray printer, namun jangan lupa untuk meletakkan secara terbalik karena halaman yang akan dicetak selanjutnya adalah bagian halaman yang kosong.

Baca juga: 5 Cara Print Excel Agar Tidak Terpotong dengan Mudah

Tips untuk Mendapatkan Hasil Cetakan yang Bagus

Setelah Anda mengetahui cara untuk melakukan print secara bolak-balik, IndoRental ingin memberikan tips mengenai bagaimana cara mendapatkan hasil print yang bagus. Tidak jarang dari Anda yang mendapatkan hasil cetakan yang buruk, bukan? Terkadang hasil cetakan bisa terlihat blur atau bahkan banyak terdapat noise. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil print yang bagus, Anda dapat menggunakan tips printer test page dari IndoRental berikut ini, yaitu:

1. Ubah Print Quality pada Properties

Banyak orang yang suka lupa untuk melakukan perubahan setting print ketika akan melakukan pencetakan dokumen. Ketika Anda sudah masuk ke dalam dokumen yang akan dicetak, pada bagian properties atau pengaturan print, di bagian bawah biasanya akan terdapat pilihan untuk Print Quality.

Bagian Print Quality ini akan tersetting secara default pada pilihan “Standard” sehingga Anda perlu mengubah pilihan tersebut menjadi “High”. Dengan demikian, hasil dokumen yang dicetak akan terlihat lebih bagus.

2. Gunakan Printer dengan Dpi yang Tinggi

Apabila Anda sudah menggunakan cara yang pertama yaitu dengan mengubah Print Quality menjadi “High” namun hasil cetakan yang dihasilkan masih kurang bagus, maka letak kesalahannya terjadi pada printer yang digunakan saat ini. Bisa jadi, resolusi cetakan bawaan dari printer memiliki dpi yang rendah. Dpi atau yang kepanjangannya adalah Dots Per Inch merupakan satuan standar yang digunakan dalam resolusi printer. Secara singkatnya, ketika satuan dpi yang dimiliki sebuah printer berukuran kecil, maka resolusi cetakan yang dihasilkan tidak akan sejernih dan serinci hasil printer yang memiliki dpi yang tinggi.

Sekarang, Anda sudah mengerti mengenai cara untuk menggunakan printer bolak-balik, bukan? Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan print meskipun printer yang digunakan saat ini tidak memiliki fitur duplex printing. Jika saat ini Anda membutuhkan printer yang mempunyai fitur duplex printing serta memiliki dpi yang tinggi, maka silakan gunakan rental printer terdekat. Salah satu rental printer yang dapat Anda gunakan adalah printer dari IndoRental.

IndoRental menyediakan jasa rental printer dari segala jenis merek mulai dari Epson, Hp, hingga Canon. Anda dapat memilih printer mana yang dibutuhkan melalui IndoRental. Silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut terkait ketersediaan produk yang memiliki fitur duplex printing dan jangan lupa untuk mempraktikkan cara print bolak-balik di atas untuk mempermudah pekerjaan Anda.

Baca juga: 8 Cara Sharing Printer di Windows 7, 8, dan 10