Temukan 5 Cara Print Power Point dengan Hasil yang Bagus

Temukan 5 Cara Print Power Point dengan Hasil yang Bagus

cara print power point
Tips dan Trik
Slide yang ditampilkan di Microsoft Power Point adakalanya harus dicetak untuk berbagai kebutuhan. Power Point sendiri merupakan aplikasi yang membantu Anda melakukan presentasi. Slide presentasi ini biasanya akan ditampilkan melalui sebuah proyektor yang disambungkan ke laptop atau komputer. Adapun cara print Power Point dengan hasil yang bagus harus melewati beberapa tahapan yang akan diuraikan di bawah ini.

Bagaimana Cara Print Power Point?

Microsoft PowerPoint telah menyediakan fitur yang dapat membantu Anda mencetak slide yang telah dibuat. Namun, terdapat beberapa langkah yang harus Anda lewati untuk mencetak slide tersebut. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Akses File Power Point

Langkah pertama, Anda harus mengakses file slide yang telah dibuat. Biasanya file tersebut tersimpan di folder dokumen pada laptop Anda. Pastikan slide tersebut sudah berformat PPT atau PPTX. Jika sudah bisa diakses, Anda bisa mengecek ulang slide tersebut sebelum dicetak untuk meminimalisir kesalahan.

2. Print File Power Point

Untuk langkah selanjutnya, klik menu File pada dokumen yang telah dibuat, lalu cari pilihan Print. Supaya lebih cepat, Anda dapat menekan tombol CTRL+P pada keyboard laptop atau komputer Anda. Biasanya Anda akan langsung diarahkan ke menu Print. Jika sudah berada di menu Print, Anda dapat menentukan berapa jumlah slide yang ingin di cetak. Tambahkan angka pada kolom Copies untuk menentukan jumlah dokumen tersebut. Juga, pastikan sudah ada printer yang terkoneksi dengan laptop atau komputer Anda.
Baca Juga: Pahami Cara Menampilkan Layar Laptop ke Proyektor dengan atau Tanpa Kabel

3. Pilih Konfigurasi File yang Hendak Dicetak

Untuk langkah ketiga, Anda dapat menentukan konfigurasi file yang hendak dicetak. Terdapat beberapa pilihan konfigurasi yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Secara default, Power Point akan Print All Slides, namun terdapat beberapa pilihan lain yang dapat Anda coba. Berikut beberapa pilihan tersebut:
  • Print Selection untuk mencetak slide yang telah Anda pilih.
  • Print Current Slide untuk mencetak slide yang dibuka di layar laptop Anda.
  • Custom Range untuk mengatur jumlah slide yang akan dicetak.

4. Tentukan Detail File yang Akan Dicetak

Anda dapat melakukan setting atau pengaturan secara lebih detail pada file yang akan dicetak. Pengaturan tersebut mulai dari orientasi hingga warna slide. Untuk orientasi, terdapat pilihan Portrait dan Landscape. Jika Anda memilih Portrait, maka slide powerpoint yang dicetak berbentuk vertikal. Sementara itu, jika Anda memilih pilihan Landscape, maka slide yang dicetak berbentuk horizontal. Lalu, untuk menentukan warna, pengaturannya terletak di bawah menu orientation dropdown. Di sini, Anda bisa menentukan warna dari slide yang akan dicetak, apakah berwarna atau hitam putih.

5. Atur Format File yang Akan Dicetak

Langkah terakhir, tentukan format hasil lembar cetak slide Anda. Terdapat tiga format utama, yaitu Full Page Slides, Notes Pages, dan Handout. Jika Anda memilih Full Page Slide, maka hasil cetak berupa seluruh halaman dari slide yang telah dibuat. Selain itu pastikan juga bahwa Anda telah centang kotak Scale to Fit Paper agar penempatan slide lebih terlihat sistematis. Lalu, jika Anda memilih Notes Pages, akan ada kolom Speaker Notes yang disertakan pada hasil cetak. Nah, jika Anda memilih format Handout, maka satu kertas bisa diisi beberapa slide. Apabila sudah selesai melakukan pengaturan, pilih printer target, umumya ini telah terdeteksi secara otomatis. Kemudian Anda dapat menekan pilihan Print untuk mulai print slide powerpoint yang telah dibuat.
Baca Juga: Beginilah Cara Menyambungkan HP ke Proyektor Dengan Mudah

Bagaimana Cara Print Powerpoint dalam Bentuk PDF

Cara selanjutnya adalah mengenai cara print PowerPoint dalam bentuk PDF. Berikut ini terdapat langkah-lagkah yang bisa Anda lakukan untuk mencetak dalam format PDF:
  • Pilih menu File, kemudian cari opsi Export.
  • Klik opsi Create PDF/XPS Document.
  • Lalu pilih format awal dari versi print slide PowerPoint yang Anda inginkan, seperti Full Page Slides, Notes Pages, atau Handout.
  • Pada pop up-menu, klik Options untuk dapat membuka semua pengaturan yang bisa Anda lakukan. Didalamnya terdapat kolom Publish What yang dapat Anda gunakan untuk menentukan format cetakan slide.

Bagaimana Cara Print Power Point Hitam Putih?

Jika tinta warna pada printer habis atau jika ingin mengubah warna cetakan slide menjadi hitam putih, Anda dapat mengaturnya dengan mudah. Berikut langkah-langkah untuk mencetak presentasi dalam mode hitam putih:
  • Persiapkan file yang ingin dicetak.
  • Tekan Ctrl + P atau buka menu File -> pilih Cetak (Print).
  • Pilih printer yang akan digunakan.
  • Tentukan slide yang akan dicetak. Jika semua, pilih “Cetak Semua Slide” (Print All Slides). Jika dari halaman 2 hingga 6, tulis 2-6.
  • Tentukan Handout, yakni berapa slide yang akan dicetak dalam satu halaman. Misalnya, 4 slide per halaman pilih 9 Slides.
  • Centang opsi Frame Slides dan Scale to Fit Paper.
  • Pilih orientasi kertas, apakah Landscape atau Portrait.
  • Pada bagian warna, pilih Pure Black and White.
  • Hasil pengaturan akan terlihat di bagian kanan (preview).
  • Setelah selesai, klik Cetak (Print).

Bagaimana Cara Agar Hasil Print Power Point Bagus?

Jika Anda memilih cara Power Point dengan format Handout, biasanya elemen di dalam slide, seperti teks atau gambar akan sulit dibaca lantaran terlalu kecil. Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini supaya slide tetap jelas setelah dicetak.

1. Perbesar Ukuran Teks

Anda dapat memperbesar ukuran teks, setidaknya 24 atau lebih tinggi. Meskipun cara ini akan menimbulkan jumlah slide yang dicetak, tetapi jauh lebih baik dibandingkan tulisan yang tidak terbaca sama sekali.

2. Pilih Font yang Jelas dan Mudah Dibaca

Kesalahan umum yang sering terjadi yaitu pembuat slide menggunakan font dekoratif yang sulit terbaca. Saat ditampilkan di layar laptop Anda, font tersebut akan terlihat bagus. Namun, jika Anda hendak mencetak slide tersebut, font dekoratif menyebabkan sulit dibaca. Sebagai rekomendasi, Anda dapat memilih font standar seperti Calibri, Arial, dan Verdana yang lebih jelas dan mudah dibaca.
Baca Juga: Rekomendasi Harga Sewa Laptop Untuk Pribadi

3. Gunakan Jenis Kertas yang Lebih Besar

Apabila melakukan pengaturan cetak dengan kertas yang lebih besar, biasanya rasio ukuran slide pun akan bertambah. Anda dapat menggunakan ukuran kertas seperti A4, A3, atau F4. Namun, pastikan printer yang digunakan mendukung ukuran kertas tersebut. Demikian informasi mengenai cara print Power Point dengan hasil yang bagus. Mudah bukan? Namun, jika printer yang Anda gunakan mengalami kendala dan tidak bisa mencetak, Anda dapat rental printer terdekat  untuk menunjang kebutuhan percetakan sehari-hari. IndoRental menyediakan rental printer dengan harga sewa yang terjangkau. Hubungi IndoRental sekarang juga untuk mendapat informasi lebih lanjut.