Bagaimana Cara Print 2 Halaman 1 Kertas PDF?

Bagaimana Cara Print 2 Halaman 1 Kertas PDF?

cara print 2 halaman 1 kertas pdf
Uncategorized

Saat Anda sudah mengetahui cara print 2 halaman 1 kertas PDF, akan ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan. Keuntungan tersebut tentu saja Anda dapat menghemat kertas secara signifikan.

Mayoritas dokumen saat ini disimpan dalam format PDF sehingga tidak jarang orang yang bingung bagaimana cara mengedit dokumen yang sudah disimpan ke dalam format tersebut. Tentu saja, jika Anda melakukan convert dokumen dari PDF ke doc. atau docx. akan membuang waktu yang sangat banyak, apalagi jika dokumen tersebut berisi ratusan halaman.

Lalu, bagaimana caranya untuk mencetak 2 halaman pdf dalam 1 kertas sekaligus? Apakah ada cara yang lebih mudah tanpa harus melakukan convert terlebih dahulu?

Melalui pembahasan kali ini, IndoRental akan memberikan informasi serta panduan mengenai bagaimana cara mencetak 2 halaman dalam 1 kertas pdf dengan mudah.

Cara Print 2 Halaman 1 Kertas PDF dengan Mudah

Berikut ini, ada 2 cara yang dapat Anda coba untuk mencetak 2 halaman 1 kertas PDF dengan mudah, yaitu:

1. Print Bolak Balik

Cara yang pertama agar Anda dapat mencetak dokumen PDF 2 halaman dalam 1 kertas adalah dengan melakukan print bolak-balik. Tentu saja cara ini sangat mudah untuk dilakukan dan cenderung lebih familiar untuk Anda, bukan?

Print bolak-balik memang lebih mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, cara ini juga memakan waktu yang lama. Apalagi jika printer yang digunakan tidak bisa langsung mencetak kertas secara bolak-balik sehingga Anda harus melalui tahapan proses pencetakan 2 kali.

Maka dari itu, untuk cara yang lebih mudah, Anda bisa mengikuti cara pada poin berikut ini.

Baca juga: 5 Cara Print Label Undangan 103

2. Mengubah Format Printer

Cara kedua yang dapat Anda lakukan untuk mencetak dokumen PDF 2 halaman dalam 1 kertas adalah dengan mengubah format printernya. Anda dapat membuat layout cetakan menjadi seperti buku sehingga dengan demikian, 2 halaman dokumen dapat dijadikan menjadi 1 halaman.

Cara ini cenderung lebih mudah dan lebih cepat untuk dilakukan. Namun, kekurangan dari hasil print dengan metode ini adalah ukuran tulisan atau gambar menjadi lebih kecil dari ukuran biasanya.

Untuk dapat menggunakan print layout ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Setelah dokumen yang akan dicetak dibuka menggunakan Adobe Reader, silakan buka pilihan menu ‘Print’ atau Anda bisa langsung menggunakan shortcut dengan menekan tombol ‘Ctrl + P’ secara bersamaan.
  • Di dalam menu ‘Print’, masuk ke dalam bagian ‘Page Setup’ untuk mengatur print layout.Selanjutnya, pilih size kertas yang diinginkan. Ukuran kertas yang paling biasa digunakan untuk mencetak dokumen adalah ukuran kertas A4.
  • Pada bagian orientation, silakan pilih ‘Landscape’ agar hasil cetakan dapat berbentuk seperti buku, kemudian klik ‘OK’ untuk menyelesaikan pengaturan print layout Anda.
  • Kembali ke pengaturan ‘Print’, klik bagian ‘Multiple’, kemudian masukan angka 2 pada bagian ‘Pages per sheet’ agar Anda dapat mencetak 2 halaman sekaligus dalam 1 kertas.
  • Selanjutnya, Anda tinggal melakukan penyetingan mesin printer dan dokumen sudah siap untuk dicetak.

Apakah Tulisan dalam Dokumen PDF dapat Diedit?

Ketika ingin mencetak dokumen PDF, mungkin ada saat-saat tertentu di mana ada kesalahan penulisan yang terjadi di dalam dokumen tersebut dan Anda ingin membetulkannya. Namun, apakah kesalahan penulisan tersebut dapat diganti dalam format dokumen PDF?

Sayangnya, Anda tidak dapat melakukan pengeditan di dalam dokumen PDF selain mengatur layout pencetakan seperti cara print 2 halaman 1 kertas PDF di atas. Akan tetapi, Anda dapat melakukan pengeditan apabila dokumen PDF tersebut sudah di-convert ke dalam bentuk doc. atau docx.

Untuk dapat melakukan convert dokumen dari format PDF ke dalam format doc. atau docx., Anda dapat menggunakan 2 cara. Cara pertama yaitu dengan melakukan rename dokumen, seperti mengganti nama file pada umumnya. Namun, yang Anda ganti di sini adalah format PDF menjadi doc..

Cara kedua, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membantu proses convert agar menjadi lebih mudah. Selain menggunakan aplikasi, Anda dapat menggunakan jasa converting online melalui Google seperti smallpdf.com atau ilovepdf.com. Kedua jasa converting tersebut free, namun ada batasan halaman atau ukuran dokumen yang dapat diproses ke dalam format doc. atau docx..

Mudah sekali bukan kedua cara di atas? Anda bisa mencetak dokumen menjadi lebih cepat dan juga dapat menghemat lebih banyak kertas. Lalu, jika saat ini Anda sedang membutuhkan printer untuk keperluan mencetak dokumen dalam jumlah yang banyak, silakan hubungi IndoRental untuk menggunakan jasa penyewaan printer kami.

Anda juga dapat mengunjungi website IndoRental untuk melihat harga rental printer untuk mencari printer yang sesuai dengan kebutuhan dan silakan gunakan cara print 2 halaman 1 kertas PDF di atas untuk memudahkan proses pencetakan dokumen.

Baca juga: 4 Cara Print Kartu Keluarga Online Secara Mandiri