Cara Menampilkan Aplikasi di Layar Laptop Windows dan Mac dengan Mudah

Cara Menampilkan Aplikasi di Layar Laptop Windows dan Mac dengan Mudah

cara menampilkan aplikasi di layar laptop
Tips dan Trik

Cara menampilkan aplikasi di layar laptop sering dicari bagi pengguna yang memasang software atau aplikasi baru di perangkatnya. Dalam beberapa kasus, ikon aplikasi tidak muncul di desktop jadi harus dibuka di bagian foldernya. Langkah ini lumayan merepotkan, jadi banyak yang memilih untuk memajang ikon aplikasi di desktop agar mudah diakses.

Tidak hanya aplikasi baru, aplikasi yang sering digunakan pun kadang tidak ada ikonnya di layar desktop. Untuk pengguna Windows 10, masalah ini bisa diatasi dengan mengetik nama software-nya di kolom search sebelah Windows. 

Namun, bagaimana dengan laptop yang belum menggunakan OS terbaru dari Microsoft ini? Belum lagi jika aplikasinya memiliki nama yang cenderung susah diingat membuat proses mengakses software memakan waktu yang lebih lama. Agar tidak bingung lagi, Indorental akan memberikan tips mudah menampilkan ikon aplikasi di layar laptop.

Cara Menampilkan Aplikasi di Layar Laptop Windows dan Mac

Alasan klasik ikon aplikasi tidak muncul di layar laptop adalah kita lupa mengaktifkan perintah untuk membuat shortcut aplikasi yang baru saja diinstall. Saat memasang aplikasi baru di laptop, biasanya ada pilihan untuk memasang shortcut aplikasi tersebut di layar desktop. Pilihan itu lebih baik dicentang jika Anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi tersebut secara rutin.

Baca Juga: Pahami Cara Menampilkan Layar Laptop ke Proyektor dengan atau Tanpa Kabel

Meski sudah di-install sebelumnya, kita masih bisa memasang shortcut aplikasi tersebut di layar laptop. Caranya tidak terlalu rumit, cukup mengingat nama aplikasinya untuk dicari di menu Start atau folder.

Berikut ini adalah tips menampilkan aplikasi di layar utama laptop Windows dan Mac dari Indorental:

1. Laptop OS Windows 10 dan Windows 11

Ada dua cara yang bisa digunakan untuk menampilkan aplikasi di desktop sistem operasi Windows, yaitu melalui menu Start atau file explorer.

Melalui Menu Start

  1. Klik menu Start dengan ikon Windows, kemudian cari aplikasi yang ingin dibuat shortcut-nya.
  2. Drag dan tahanaplikasi tersebut ke arah desktop. Perlu diingat, laptop harus menampilkan desktop dulu agar mudah menempatkan aplikasinya.
  3. Shortcut aplikasi telah selesai dibuat.

Melalui File Explorer

Cara ini lebih efektif dilakukan jika Anda ingat dengan nama aplikasinya. Akan lebih mudah jika kita menggunakan kolom search yang terletak di atasnya, meski kadang butuh waktu yang lama.

  1. Buka File Explorer.
  2. Cari folder dari aplikasi yang ingin dijadikan shortcut.
  3. Pilih file yang berupa aplikasi, ditandai dengan keterangan ‘Application’ pada baris Type-nya.
  4. Klik dan drag aplikasinya ke desktop. Klik Restore Down jika jendela File Explorer tidak menutupi layar laptop.
  5. Shortcut aplikasi telah selesai dibuat.

Melalui Taskbar

Kemudian cara selanjutnya untuk menampilkan aplikasi melalui taskbar di Windows 10 dan 11 adalah sebagai berikut:

  1. Buka Menu Start Windows.
  2. Kemudian pilih ‘All Apps‘.
  3. Klik kanan dan pilih ‘More‘ dan ‘Pin to Taskbar‘ pada salah satu aplikasi yang ingin ditampilkan.
  4. Dengan begitu, ikon aplikasi akan muncul di taskbar, dan memudahkan akses saat Anda butuhkan.

Melalui Run

Begini caranya menampilkan semua aplikasi di layar laptop melalui Run

  1. Tekan tombol Windows + R secara bersamaan untuk membuka jendela Run.
  2. Selanjutnya, ketikkan kata kunci ‘shell:appsfolder‘ dan klik OK.
  3. Maka, semua aplikasi yang terinstal di Windows akan ditampilkan di layar laptop atau PC Anda.
  4. Klik kanan pada salah satu ikon aplikasi, lalu pilih Create Shortcut untuk menampilkan aplikasi di layar utama, atau klik kanan lalu pilih Pin to taskbar untuk menempelkannya di baris ikon Taskbar.

Baca Juga: 10 Cara Menampilkan Layar HP Ke Laptop Dengan dan Tanpa Aplikasi

2. Laptop Macbook

Pengguna Macbook juga bisa menampilkan shortcut aplikasi di desktop agar lebih mudah mengaksesnya. Hanya saja, caranya cukup berbeda dibandingkan dengan laptop OS Windows. Begini cara menampilkan aplikasi di layarnya:

  1. Klik Finder.
  2. Cari folder atau aplikasi yang ingin ditampilkan di layar.
  3. Klik kanan file tersebut, kemudian klik “Make Alias”.
  4. Buatlah nama untuk shortcut-nya atau bisa juga dengan menggunakan nama software tersebut.
  5. Setelahnya, drag shortcut tersebut ke arah desktop.

Tips di atas cukup mudah dilakukan bahkan Anda tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk membuat shortcut-nya. Dengan menampilkan shortcut di desktop, Anda tidak perlu lagi menjelajah seluruh isi komputer hanya untuk mencari aplikasi yang ingin digunakan.

Penyebab Aplikasi di Layar Laptop Tidak Bisa Dibuka

Terkadang, beberapa kendala dapat menyebabkan aplikasi yang ada di desktop untuk dibuka. Meskipun sebelumnya Anda berhasil memindahkannya, dan kemungkinan aplikasi tersebut masih dapat diakses. Apa yang menyebabkan situasi ini? Berikut adalah beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebabnya.

1. Aplikasi Terkena Virus

Seringkali, aplikasi yang telah diinstal dan ditampilkan di desktop tiba-tiba tidak dapat diakses. Hal ini dapat disebabkan oleh virus yang mungkin telah masuk ke komputer atau laptop tanpa Anda menyadarinya.

2. Aplikasi Pernah Di-uninstall

Aplikasi di desktop mungkin tidak dapat dibuka karena kemungkinan sebelumnya Anda telah menghapusnya. Mungkin saja Anda tidak menyadari bahwa aplikasi tersebut sudah diuninstall. Namun, ikon aplikasi masih tetap terlihat di desktop.

Sehingga, ketika Anda mencoba membukanya, tentu saja aplikasi tersebut tidak dapat diakses. Solusinya cukup sederhana, yaitu dengan menghapus ikon aplikasi di desktop. Selanjutnya, Anda bisa menginstal aplikasi baru dan pastikan untuk menampilkannya di layar desktop Anda.

3. Proses Instalasi Belum Selesai

Ketidakmampuan membuka aplikasi di desktop bisa disebabkan oleh belum sempurnanya proses instalasi. Situasi ini mungkin muncul karena aplikasi tersebut mengalami masalah sebelum diinstal. Selain itu, kemungkinan antivirus yang Anda gunakan mendeteksi keberadaan file yang mencurigakan selama proses instalasi, yang dapat menghambat penyelesaian instalasi.

Baca Juga: Apa itu Split Screen dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Indorental juga menyediakan jasa sewa laptop untuk warga Jakarta dan sekitarnya yang membutuhkan perangkat portabel ini. Semua laptop yang kami sediakan selalu terjaga kualitasnya serta mudah digunakan, jadi Anda hanya menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Kabar bagusnya, beberapa shortcut aplikasi penting sudah tersedia di desktop laptop kami, jadi Anda tidak perlu lagi mempraktekkan cara menampilkan aplikasi di layar laptop tadi.

banner-laptop