Ini Dia Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop yang Canggih!

Ini Dia Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop yang Canggih!

cara menyalakan lampu keyboard laptop
Tips dan Trik

Yang tidak banyak orang tahu dari laptop mereka adalah sudah banyak laptop yang memiliki lampu latar keyboard. Tidak hanya laptop mahal atau laptop yang dikhususkan untuk gaming, sudah banyak laptop standar yang memiliki fitur ini. Jika Anda ingin memanfaatkan fitur ini, Anda harus tahu cara menyalakan lampu keyboard laptop Anda.

Tahukah Anda, mayoritas laptop keluaran terbaru memiliki fitur yang canggih ini. Bukan hanya laptop gaming yang punya dengan lampunya yang warna-warni, rata-rata laptop biasa yang umum dipakai untuk bekerja pun memiliki backlight keyboard. Tentu saja, fitur ini diminati oleh banyak orang dan menjadi incaran di forum jual beli laptop.

Fitur backlight keyboard ini sangat berguna saat kita bekerja di ruangan yang minim cahaya. Tak hanya itu, apabila kita menggunakan keyboard cover yang cukup tebal, kita juga bisa menyalakan lampu keyboard agar terhindar dari salah ketik atau salah memencet tutsnya.

Bagaimana Cara Menghidupkan Lampu Latar Keyboard Laptop Sesuai Brand Laptopnya?

Anda harus tahu, cara menyalakan lampu keyboard laptop berbeda-beda tergantung brand laptop tersebut. Tak perlu berlama-lama lagi, inilah cara menyalakan lampu keyboard laptop sesuai dengan brand laptop yang Anda miliki.

1. Laptop Dell

Pada laptop Dell, ada beberapa cara menyalakan lampu keyboard laptop tergantung modelnya. Anda bisa menekan tombol F10 pada keyboard yang ditandai dengan ikon lampu keyboard.

Apabila tidak berfungsi, cobalah menekan tombol Fn dan F10 secara bersamaan, atau tombol Alt dan F10. Pada beberapa model laptop, lampu keyboard bisa diaktifkan dengan menekan tombol F6, tergantung di mana ikon lampu keyboard itu terletak.

Baca Juga: Inilah Cara Mengatasi Keyboard Laptop Mengetik Sendiri dengan Mudah

2. Laptop Asus

Penggemar Asus pasti lebih mudah mengenal tombol pada keyboard yang berfungsi untuk menyalakan lampunya, dikarenakan ada model laptop yang memasang ikon lampu keyboard. Bila tidak ada, berarti laptop Asus itu belum dilengkapi dengan fitur canggih ini.

Biasanya, tombol ini terletak pada tuts F4 atau F5, tergantung modelnya. Untuk menyalakan lampu keyboard laptop Asus, Anda bisa menekan tombol Fn dan F4 atau F5 secara bersamaan.

Ada pula laptop Asus keluaran terbaru yang meletakkan tombol ini di tuts F7. Anda cukup menekan F7 untuk menyalakan lampu keyboard laptop Anda.

Intinya, Anda cukup mengikuti langkah di atas dengan menekan tuts dengan lampu keyboard yang berbeda-beda di tiap laptopnya.

3. Laptop Lenovo

Nah, untuk laptop merek ini, cara menyalakan lampu keyboard laptopnya berbeda, yaitu di tombol spasi. Pastikan juga ada ikon lampu keyboard di tuts spasi, untuk memastikan bahwa laptop Lenovo yang kalian miliki memang memiliki fitur canggih yang satu ini.

Untuk menyalakan lampu keyboard laptop Lenovo, tekan dan tahan tombol Fn, kemudian tekan tombol spasi sekali saja. Anda juga bisa menyesuaikan tingkat kecerahan lampu keyboard dengan menekan kedua tombol itu sekali lagi.

4. Macbook

Rasanya tak lengkap mengetahui cara menyalakan lampu keyboard laptop tanpa membicarakan gadget berikon apel ini. Letak backlight keyboard pada Macbook ini berada di tuts F5 dan F6. Tombol F5 berguna untuk meredupkan dan mematikan lampu keyboard, dan F6 untuk menyalakan serta menerangkan lampu keyboard.

5. HP

Serupa seperti laptop lainnya, tidak semua laptop keluaran HP memiliki fitur lampu keyboard laptop terpasang. Tetapi, jika laptop HP Anda memiliki fitur ini, maka Anda dapat menghidupkan lampu keyboard laptop HP Anda dengan mudah.

Untuk melakukannya, Anda cukup menekan tombol F5.

Di atas adalah cara manual menyalakan backlight keyboard, karena ada juga cara otomatis yang bisa kita coba untuk mengatur tingkat kecerahannya. Kita bisa mengaturnya dari menu Setup Keyboard yang terdapat dalam menu setting. Kemudian centang opsi Automatically illuminate keyboard in low light.

Fitur backlight keyboard ini tentunya lebih canggih daripada laptop lainnya, karena dilengkapi dengan Ambient Light Sensor (ALS) yang bisa mendeteksi cahaya sekitar. Bisa diibaratkan dengan layar laptop yang otomatis semakin terang atau semakin redup karena sensor ini.

Baca juga: 5 Cara Memunculkan Keyboard di Layar Laptop

Bagaimana Cara Mengatur Lampu Keyboard Laptop?

Bisa juga ada kasus di mana Anda sudah mencoba menyalakan lampu keyboard tapi tidak pernah muncul. Bila laptop Anda menggunakan OS Windows 10, bisa jadi backlight keyboard tidak menyala karena masalah setting-nya. Cobalah mengikuti cara di bawah ini agar masalah backlight keyboard Anda bisa teratasi.

  1. Bukalah menu Control Panel, kemudian pilih menu Hardware and Sound. Menu ini biasanya mengatur perangkat hardware yang kita gunakan, seperti keyboard.
  2. Setelahnya, klik Windows Mobility Center, kemudian ada beberapa pilihan.
  3. Arahkan kursor ke Keyboard Backlight, kemudian geser bagian slide yang terdapat di bawahnya ke arah kanan untuk mengaktifkan fitur ini.
  4. Klik tab Keyboard Backlight, kemudian pilih menu ‘On’ pada keyboard lighting, dan atur kecerahannya di tab keyboard brightness.
  5. Kemudian, pilihlah waktu yang dibutuhkan agar backlight keyboard tetap menyala. Pilihan ‘Never Off’ bisa membuat lampu keyboard tetap menyala selama laptopnya beroperasi.
  6. Kalau sudah selesai, jangan lupa klik OK.

Itulah cara menyalakan lampu keyboard pada laptop yang bisa Anda terapkan di laptop. Apabila laptop Anda sedang tidak bisa digunakan padahal pekerjaan atau tugas lagi menumpuk, jangan khawatir. Indorental menyediakan layanan sewa laptop harian Jakarta yang bisa menjadi solusi sementara untuk pekerjaan Anda agar bisa selesai. Kami juga menyediakan berbagai jenis laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga: 4 Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard