Ketahui 6 Cara Mengaktifkan Webcam Laptop yang Bisa Anda Lakukan Dengan Cepat

Ketahui 6 Cara Mengaktifkan Webcam Laptop yang Bisa Anda Lakukan Dengan Cepat

cara mengaktifkan webcam laptop
Tips dan Trik

Cara mengaktifkan webcam laptop sangat mudah dilakukan dengan beberapa langkah yang akan dijelaskan pada artikel ini. Sebelumnya webcam atau kamera laptop menjadi alat atau fitur penting yang harus ada dalam sebuah laptop. Sejak semua kegiatan yang harus dilakukan dari rumah dan secara daring, webcam laptop menjadi satu-satunya cara untuk berkomunikasi bertatapan muka menggunakan akses kamera. Ini karena webcam laptop memungkinkan Anda melihat wajah dari lawan bicara saat melakukan panggilan video. Kalau begitu langsung saja perhatikan cara mengaktifkannya berikut ini. 

Apa Saja Fungsi Webcam Laptop?

Webcam adalah suatu hardware berupa kamera digital yang tersedia ataupun terhubung pada komputer maupun laptop. Tak hanya berguna untuk mengambil gambar atau merekam video saja, webcam juga bisa melakukan lebih banyak hal daripada kamera digital biasa. Lantas, apa saja fungsi dari webcam? Yuk, berikut ini penjelasannya.

1. Kegiatan Belajar Mengajar

Webcam berfungsi sebagai perangkat tambahan ketika melakukan kegiatan pembelajaran. Penggunaan webcam membuat para pelajar dan mahasiswa bisa berinteraksi bersama guru/dosen/teman satu sama lain. Selain itu, webcam membuat kegiatan belajar mengajar jarak jauh menjadi lebih praktis dan mudah.

2. Online Meeting

Fungsi webcam lainnya yakni bisa digunakan untuk melakukan online meeting. Penggunaan webcam mampu mendukung aktivitas Anda ketika menggelar sebuah rapat sehingga tetap berjalan lancar. Pihak-pihak yang berpartisipasi dalam rapat pun dapat berinteraksi dari berbagai tempat dengan tampilan visual serta audio yang mumpuni. Dengan demikian, urusan bisnis atau sebagainya bisa tersampaikan dengan baik sebab tetap terhubung walaupun dari jarak jauh.

Baca Juga: 3 Masalah Kamera Laptop Tidak Berfungsi dan Solusinya

Bagaimana Cara Mengaktifkan Kamera Laptop Internal?

Webcam pada laptop biasanya sudah tersedia saat Anda membeli laptop Windows 10. Driver webcam pun biasanya sudah terinstall secara otomatis saat Anda ingin menggunakan kamera. Anda bisa melakukan pengecekkan awal apakah driver webcam sudah terinstal dengan membuka aplikasi kamera yang ada di laptop Anda. Jika saat dibuka lampu webcam tidak menyala dan layar laptop tidak menampilkan wajah Anda, maka kemungkinan besar driver belum terinstall atau desktop belum diizinkan untuk mengakses fitur kamera Anda. 

1. Cara Install Driver Webcam

Untuk menginstall, Anda perlu membuka “Device Manager” yang bisa dilakukan melalui “Search Bar” dengan simbol kaca pembesar yang berada di taskbar. Tinggal ketik device manager dan akan keluar pilihan tersebut. Saat diklik, Anda akan dibawa menuju tab “Device Manager” yang akan menampilkan banyak daftar perangkat yang digunakan di laptop. 

Cari tulisan “Cameras” dan klik tulisan tersebut dua kali. Kemudian akan muncul nama kamera yang terpasang di laptop. Klik kanan pada nama kamera tersebut dan klik pilihan “Install Driver”. Kemudian Anda hanya perlu mengikuti setiap instruksi yang telah tersedia. 

Jika sudah terinstall, kamera Anda sudah dapat digunakan. Jika driver kamera sudah terinstall namun belum juga bisa digunakan, Anda dapat kembali melakukan langkah-langkah seperti ini:

Pertama-tama masukkan “Device Manager” di kotak pencarian Windows. Selanjutnya, temukan driver kamera atau klik pada kategori “Imaging Devices”. Kemudian, pilih driver yang dimaksud dan klik kanan, lalu pilih opsi “Update Driver Software”. Setelah itu, klik “Search automatically for updated driver software” dan ikuti prosesnya. Jika sudah selesai, pastikan untuk me-restart laptop.

2. Cara Mengizinkan Akses Webcam

Jika cara di atas belum berhasil membuat kamera bisa digunakan, kemungkinan besar karena Anda belum memberikan akses pada desktop dan beberapa aplikasi untuk menggunakan kamera. Untuk mengizinkan akses, Anda bisa menuju bagian “Settings” dan pilih “Privacy”. Kemudian gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian “App Permission” dan tulisan “Camera”. 

Klik “Camera” dan Anda akan dibawa menuju tab pengaturan mengenai kamera laptop. Pada tab tersebut akan ada pilihan untuk memberikan akses dengan menggantinya ke mode “On”. Jika Anda gulir lagi ke bawah, akan ada pengaturan yang bertuliskan “Allow apps to access your camera” dan “Allow desktop apps to access your camera”

Ubah kedua pengaturan tersebut ke mode “On”. Terakhir, saat Anda sudah mengubah ke mode “On”, akan muncul pilihan aplikasi mana saja yang bisa Anda berikan izin untuk mengakses kamera. Ubah semua pengaturan akses aplikasi ke mode “On”, agar Anda bisa menggunakan kamera pada aplikasi yang Anda butuhkan. 

3. Cara Menyalakan Webcam Melalui Tombol Keyboard

Setelah driver untuk kamera terinstal, mengaktifkan kamera laptop dapat dilakukan melalui pengaturan (settings). Alternatifnya, sebagian besar laptop memungkinkan Anda mengaktifkan webcam hanya dengan menggunakan kombinasi tombol keyboard.

Umumnya, hal ini dapat dilakukan dengan cara menekan tombol Fn (Function) bersamaan dengan tombol F1, F2, F3, dan seterusnya, yang memiliki ikon kamera sesuai tipe laptop masing-masing. Penting untuk mencatat bahwa metode ini umumnya hanya berlaku untuk penggunaan keyboard internal atau bawaan, karena keyboard eksternal biasanya tidak dilengkapi dengan tombol Fn.

4. Cara Menyalakan Webcam dengan Driverpack Web Camera

Jika Anda ingin proses aktivasi webcam menjadi lebih mudah, mungkin dapat memasang aplikasi Driverpack Web Camera yang kompatibel dengan semua driver dan sistem operasi Windows dengan cepat. Melalui aplikasi ini, semua jenis driver yang diperlukan untuk laptop akan terinstal secara otomatis, dan Anda hanya perlu mengunduhnya lewat Google dengan mudah.

5. Cara Menyalakan Webcam dengan Aplikasi Tambahan

Apabila seluruh metode untuk mengaktifkan kamera laptop yang telah dicoba oleh Anda tidak berhasil, cara berikutnya adalah bisa menggunakan aplikasi tambahan khusus untuk sistem operasi Windows. Saat ini, terdapat berbagai macam aplikasi tambahan dengan berbagai nama dan jenis yang dapat digunakan untuk membuka webcam di laptop. Anda hanya perlu memilih aplikasi yang sesuai dan cocok dengan kebutuhannya, seperti Manycam, Youcam, Yawcam, dan sejenisnya.

Baca Juga: 7 Cara Agar Kamera Laptop Jernih Saat Online Meeting

Bagaimana Cara Mengaktifkan Webcam Laptop Eksternal? 

Namun jika laptop yang Anda punya tidak memiliki webcam yang sudah terpasang, Anda bisa membeli webcam eksternal di tempat elektronik atau dari berbagai marketplace secara online. Saat sudah membelinya, Anda hanya tinggal menyambungkan webcam kamera eksternal dengan laptop menggunakan kabel USB yang sudah tersedia. Kembali lakukan hal yang sama dari poin sebelumnya, yaitu install driver webcam dan berikan akses kepada semua software terkait agar Anda bisa langsung menggunakan webcam untuk berbagai kegiatan. 

Baca Juga: Mengenal Apa itu Webcam, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Cara Test Webcam di Laptop Windows 10

Secara umum webcam adalah perangkat bawaan microsoft yang tersedia secara default di Windows 10, maka dari itu berikut ini terdapat cara test webcam kamera di laptop Windows 10 dengan mudah:

  • Klik star pada menu pencarian kamera.
  • Lalu pilih tombol kamera.
  • Apabila webcam berfungsi dengan baik maka aplikasi kamera akan muncul secara otomatis dan gambar pun akan terlihat di kamera tersebut.
  • Untuk melakukan test fungsi pada webcam, Anda bisa mengambil foto dan merekam sebuah video.
  • Apabila semuanya berfungsi dengan normal, maka webcam Anda telah siap digunakan.

Cara Mengaktifkan Webcam di Laptop Windows 11

Bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Windows 11 pada laptop, berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan webcam pada laptop Windows 11, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka menu ‘Start’.
  2. Ketik “Manage Cameras” di kotak pencarian pada menu ‘Start’, lalu klik opsi menu tersebut.
  3. Di bawah opsi ‘Connected Cameras’, Anda akan melihat daftar kamera yang terhubung ke perangkat laptop Anda, dan silakan pilih webcam yang akan digunakan.

Cara Mengaktifkan Webcam di Laptop MacBook

MacBook, laptop dari Apple, sering kali dirilis bersamaan dengan produk HP. MacBook dilengkapi dengan kamera bawaan yang cocok digunakan untuk kegiatan online sehari-hari, seperti membuat konten. Untuk menggunakan kamera di MacBook, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Tekan tombol Command + Space Bar untuk membuka aplikasi spotlight. Kemudian ketik “Photo Booth”.
  2. Setelah menemukan, klik aplikasi Photo Booth.
  3. Tunggu beberapa saat, aplikasi akan memberikan notifikasi berupa lampu lensa berwarna hijau dan menampilkan gambar Anda di layar laptop.
  4. Dengan demikian, kamera telah aktif dan siap digunakan.

Bagaimana? Tidak sulit bukan? Kini Anda bisa menggunakan webcam untuk meeting dan pembelajaran daring Anda dengan baik. Apabila Anda memerlukan laptop dengan kualitas kamera yang mumpuni untuk melakukan panggilan video namun tidak ingin membeli yang baru, Anda bisa sewa laptop di IndoRental. 

Terdapat berbagai jenis laptop yang bisa Anda pilih dan sesuaikan harganya dengan kantong Anda. Pengiriman laptop yang dilakukan IndoRental tepat waktu, sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai keterlambatan yang ada. Namun tidak masalah juga jika Anda ingin mengikuti cara-cara mengaktifkan webcam laptop yang dijelaskan di atas.

banner-laptop