Bagaimana Cara Menghubungkan Laptop ke TV tanpa Kabel?

Bagaimana Cara Menghubungkan Laptop ke TV tanpa Kabel?

cara menghubungkan laptop ke TV tanpa kabel
Tips dan Trik

TV tidak memiliki fitur penyimpanan media, sehingga Anda menyimpan semua file tontonan di laptop. Agar film, drama Korea atau serial bisa dinikmati di TV, Anda harus memiliki kabel HDMI sebagai konektor antara laptop dan TV. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui ini, sehingga mereka harus membeli kabel HDMI untuk menikmati tontonan yang ada di laptop mereka. Namun, Anda bisa mengetahui cara menghubungkan laptop ke TV tanpa kabel sehingga tidak perlu membuang uang untuk membeli kabel HDMI.

Menikmati hiburan di layar kaca tentunya lebih mengasyikkan daripada di laptop. Resolusi layar yang lebih lebar, kejernihan gambar, dan suara yang lebih jelas menambah keseruan tersebut. Menonton bersama teman-teman, keluarga atau pasangan juga lebih asyik menggunakan layar TV dibandingkan memakai laptop yang ukurannya lebih kecil.

Tak hanya tontonan, Anda juga bisa memainkan game yang hanya kompatibel di laptop dengan menggunakan TV. Anda bisa menikmatinya dengan menggunakan TV meski hanya bermodalkan game console yang dihubungkan ke laptop. Resolusi yang jernih akan menambah keseruan bermain game di waktu senggang.

Menghubungkan laptop ke TV juga bisa digunakan saat melakukan meeting online atau call conference. Anda bisa melihat peserta meeting dan mengetahui aktivitas yang mereka lakukan. Sayangnya, ukuran teks yang muncul ketika melakukan presentasi di TV menjadi terlalu kecil untuk dilihat.

Cara Menghubungkan Laptop ke TV tanpa Kabel

Untuk menghubungkan laptop ke TV tanpa menggunakan kabel, Anda juga harus memiliki jenis TV yang sesuai. TV yang digunakan harus memiliki fitur SmartTV, karena keduanya mampu menghubungkan laptop ke TV tanpa bantuan kabel. Untuk yang menggunakan TV atau laptop produk Apple, Indorental juga membagikan tipsnya lewat artikel ini.

1. Menggunakan SmartTV

Cara ini lebih mudah digunakan apabila laptop Anda menggunakan software Windows 10 atau memiliki model terbaru. Dari laptop Anda, klik Settings, kemudian pilih opsi System. Setelahnya, pilih Display, kemudian scroll hingga Anda menemukan “connect to a wireless display”.

Setelah muncul daftar perangkat, pilihlah Smart TV Anda. Tunggu saja hingga tampilan yang ada di laptop muncul pula di layar TV Anda.

Menggunakan SmartTV juga memiliki kelemahannya tersendiri. TV dan laptop Anda harus terhubung ke internet dan membutuhkan kecepatan yang tinggi. Bila tidak, layar di TV dan di laptop menjadi tidak sinkron, dan ini tentunya tidak nyaman digunakan saat bermain game.

2. Menggunakan HDTV

Anda masih bisa menghubungkan laptop ke TV yang memiliki fitur HDTV. Hanya saja, Anda memerlukan perangkat tambahan, yaitu wireless display adapter yang bisa ditemukan di toko elektronik. Selain itu, TV yang digunakan juga harus memiliki port HDMI dan USB. Laptop dan TV yang digunakan pun harus mendukung teknologi Miracast, yang biasanya ditemukan di laptop dengan OS Windows 10. Cara ini bisa digunakan apabila Anda tidak ingin terganggu oleh koneksi internet yang lambat atau kabel yang panjang.

Cara pemasangannya pun sangat gampang. Anda cukup memasukkan saja wireless display adapter di TV dan laptop Anda. Hasilnya, layar yang ada di laptop juga muncul di TV.

Baca juga: 3 Cara Mencari Saluran TV Digital pada Menu Pengaturan TV

3. Menggunakan Apple Computer

Indorental juga menyediakan cara menghubungkan laptop ke TV bagi Apple fanboy dan fangirl. TV yang dihubungkan juga harus mendukung AirPlay, seperti Apple TV atau TV keluaran 2019 lainnya dengan merek Samsung, Sony, ataupun LG. Untuk menghubungkannya, aktifkan saja fitur Airplay di Macbook Anda, kemudian pilih TV yang ingin dihubungkan dengan laptop Anda.

4. Menggunakan browser Chrome

Apabila TV Anda tidak mendukung teknologi Miracast, atau AirPlay, jangan sedih. Anda tetap bisa menampilkan layar di laptop ke SmartTV hanya bermodalkan browser Chrome. SmartTV yang digunakan harus memiliki Chromecast yang sudah terpasang di dalamnya. Anda juga bisa menggunakan TV merek Sony yang menggunakan Android TV.

Bagaimana cara menghubungkannya? Dari browser Chrome di laptop, klik ikon More yang dilambangkan dengan tiga titik vertikal. Pilihlah menu Cast, kemudian pilih TV yang ingin dihubungkan dengan laptop Anda. Selesai menonton atau beraktivitas, jangan lupa mengklik ikon Stop Casting dari laptop.

Teknologi Chromecast bisa Anda gunakan untuk menghubungkan Netflix atau Youtube dari HP Anda. Hanya saja, TV harus terhubung juga dengan WiFi yang digunakan oleh laptop atau HP Anda. Apabila Anda ingin bermain games, sebaiknya urungkan niat Anda apabila koneksi tidak memadai. Koneksi yang lambat pastinya mengurangi keseruan dalam bermain game, apalagi bila game tersebut membutuhkan gerakan yang cepat dan akurat.

Itulah beberapa cara menghubungkan laptop ke TV tanpa kabel yang bisa dipraktekkan. Meskipun tak memiliki TV dengan fitur SmartTV, Anda tetap bisa menikmati hiburan yang ada di laptop dengan menyewa TV dari Indorental. Gunakan saja layanan sewa TV Jakarta untuk keperluan event atau kegiatan Anda. TV yang kami sewa biasanya bersifat harian, tapi Anda bisa mendapatkan harga khusus apabila Anda menyewa secara mingguan atau bulanan. Anda bisa memilih produk LG LED TV untuk yang menyediakan fitur menghubungkan laptop ke TV secara wireless. Hubungi kami sekarang juga untuk penyewaan SmartTV atau alat IT lainnya.

Baca juga: 2 Cara Agar TV Jernih dengan Antena Dalam Ruangan