4 Cara Cek Spek Laptop dengan Mudah

4 Cara Cek Spek Laptop dengan Mudah

Cara Cek Spek Laptop
Tips dan Trik

Ada beberapa cara spek laptop dengan mudah dan cepat. Informasi mengenai spek laptop memang sangat penting untuk diketahui agar Anda tidak sampai salah membeli atau menyewa laptop. Ya, kebutuhan laptop untuk mendukung urusan perkantoran hingga event harus dapat dipenuhi. Tentunya dengan spek laptop yang sesuai kebutuhan juga.

Terdapat tiga cara untuk mengecek spek laptop dengan mudah. Cara ini termasuk untuk Windows dan Mac. Bagaimana cara mudahnya? Simak penjelasan lengkapnya bersama IndoRental di bawah ini.

Cara Cek Spek Laptop Windows

Untuk cara cek spek laptop Windows, terdapat dua cara yang bisa Anda pilih. Keduanya sama-sama mudah. Namun ada yang terhitung paling sering dilakukan sejak dulu. Berikut kedua caranya.

Baca Juga: Pelajari 4 Cara Mengembalikan File yang Hilang Karena Virus Laptop dengan Tepat

1. Menggunakan Properties

Cara cek spek laptop Windows yang pertama menggunakan Properties. Cara ini bisa dilakukan di Windows 7 dan Windows 10, namun dengan target yang berbeda. Maksud dari target yang berbeda di sini adalah penyebutan dari fitur My Computer di Windows 7 dengan This PC di Windows 10.

Untuk mengecek spek laptop dengan Properties, Anda bisa membuka File Explorer. Kemudian cek di bar sebelah kiri. Anda akan melihat My Computer (Windows 7) atau This PC (Windows 10). Klik kanan di bagian itu. Anda pasti menemukan pilihan opsi Properties di bagian paling bawah. Klik Properties.

Dengan cepat akan muncul jendela baru yang berisi informasi RAM, sistem operasi, prosesor, nama komputer, hingga sistem komputasi. Informasi ini berguna untuk Anda dalam mengetahui spek laptop tersebut. Apakah memang sudah mencukupi kebutuhan yang diinginkan atau malah tidak.

2. Menggunakan Dxdiag

Selain menggunakan Properties, Anda juga bisa memanfaatkan Dxdiag. Cara ini termasuk yang paling banyak digunakan dibandingkan memanfaatkan Properties.

Untuk bisa menggunakannya Dxdiag, ini dia langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol Windows + R yang memang sudah ada di keyboard laptop Anda.
  2. Anda akan melihat jendela baru bernama Run dengan kolom yang bisa diisi.
  3. Ketik Dxdiag di dalam kolom tersebut, lalu tekan Enter.

Dalam beberapa saat, akan muncul jendela yang bernama DirectX Diagnostic Tool. Di dalam jendela terlihat beberapa informasi penting untuk spesifikasi laptop Anda. dimulai dari sistem operasi, prosesor, RAM, nama komputer, suara, layar, dan lainnya. Bisa dibilang, informasi yang diberikan sangat lengkap.

3. Menggunakan Command Prompt

Langkah lain untuk mengecek spesifikasi laptop Anda adalah dengan menggunakan command prompt (CMD). CMD memiliki banyak fungsi untuk mengoperasikan laptop Anda, salah satunya mengecek komponen apa saja yang terpasang di pc atau laptop Anda.

Untuk menggunakan CMD untuk mencari tahu spesifikasi komputer atau laptop Anda, ikuti langkah mudahnya berikut ini:

  • Buka fitur Run pada komputer atau laptop Anda dengan menekan Windows + R
  • Pada jendela Run yang terbuka ketikkan ‘cmd’ (tanpa tanda petik)
  • Pada jendela command prompt yang muncul, Anda cukup mengetikkan ‘systeminfo’ (tanpa tanda petik) dan tekan Enter
  • Tunggu beberapa saat CMD mengumpulkan informasi spesifikasi komputer atau laptop Anda.

Baca juga: Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop

4. Melalui Menu Settings

Kemudian selain tiga cara di atas, cara mengetahui spesifikasi laptop Windows yang paling mudah untuk dilakukan adalah melalui menu Settings. Pada menu Settings, Anda dapat melihat dan cek spesifikasi laptop secara general. Cara mengetahui spesifikasi laptop atau komputer ini dapat Anda terapkan pada laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Klik ikon menu Start Windows pada sudut bawah kiri layar
  • Klik tombol Settings yang berbentuk roda gigi
  • Lalu pilih System
  • Scroll ke bawah hingga Anda menemukan menu About
  • Pada menu tersebut, Anda dapat melihat spesifikasi laptop serta sistem operasi.

Cara Cek Spek Laptop Mac

Anda sudah mengetahui cara mengecek spek laptop Windows. Sekarang saatnya untuk memahami cara cek spek dari laptop Mac.

Untuk cara melihat spek laptop Mac sebenarnya sangat mudah. Anda tinggal menekan Command + Space. Jendela Spotlight Search akan muncul dengan cepat. Kemudian ketik System Information lalu tekan Return (Enter).

Anda akan disajikan jendela baru dari System Information dengan informasi lengkap mengenai spek laptop Mac tersebut. Informasi yang diberikan di sini memang sangatlah lengkap. Dari hardware, network, hingga software. Anda bisa mencari informasi spek yang dibutuhkan di sini dengan mudah dan cepat.

Cara Membaca Spesifikasi Laptop

Sebagian dari Anda mungkin mengalami kebingungan, jika spesifikasi laptop telah muncul pada layar monitor, lantas bagaimana cara membacanya? Misalnya pengertian Processor, Storage Unit, RAM, VGA, dan sebagainya. Oleh sebab itu, berikut ini IndoRental akan membahas dan menjelaskan secara detail tentang cara membaca spesifikasi laptop, antara lain:

  • Processor atau CPU (Central Processing Unit): Dapat dikatakan, processor merupakan komponen paling penting dari berjalannya sistem sebuah laptop atau PC. Kebanyakan laptop yang dijual saat ini menggunakan processor dari produk merek Intel Core. Jika angka seri produk Intel Core pada laptop tersebut semakin tinggi, maka semakin tinggi juga performa kecepatan prosesor. Contohnya seperti, Intel Core i3 tentunya lebih baik dari Intel Celeron, namun terdapat produk Intel Core i5 dan i7 yang merupakan processor keluaran Intel dengan kualitas yang lebih bagus lagi.
  • Memory / RAM: RAM pada laptop menampilkan seberapa besar kapasitas maksimum kerja dari sebuah laptop. Pada umumnya, ukuran RAM tersedia dari 4GB, 8GB, hingga 16GB.
  • Storage Unit: Seperti yang kita ketahui bahwa storage unit adalah menunjukkan seberapa besar kapasitas memori atau ruang penyimpanan pada sebuah laptop. Semakin besar ruang penyimpanan pada laptop, maka performanya pun akan semakin baik. Storage unit terdiri dari beberapa jenis diantaranya HDD, SSD, ATA, dan SATA.
  • Display: Spesifikasi laptop juga bisa memperlihatkan spesifikasi layar yang dipakai. Umumnya Anda dapat mengecek apakah layar laptop yang digunakan memakai layar LCD atau layar LED.
  • Sistem Operasi: Anda juga bisa mengetahui sistem operasi Windows jenis apa yang diguanakan pada laptop Anda. Apakah Windows 7, Windows 10, atau bahkan yang terbaru Windows 11.
  • VGA: Untuk menilai seberapa bagus kualitas layar laptop itu tergantung pada seberapa bagus VGA yang dipakai. Apabila Anda memakai laptop untuk keperluan mendesain atau bermain game, maka sangat disarankan untuk memilih laptop dengan spek VGA yang baik.

Jadi, itulah informasi cara cek spesifikasi laptop dengan mudah. Semoga informasi yang diberikan di atas dapat berguna untuk Anda di dalam mengetahui spek terbaik sesuai kebutuhan. Beruntung, sekarang Anda tidak perlu lagi kebingungan dalam mencari laptop dengan spek sesuai kebutuhan dan jumlah unit yang diinginkan. Sewa laptop saja bersama IndoRental. Dengan informasi mengenai cara cek spek laptop yang telah diberikan, kunjungi layanan sewa laptop Jakartadari IndoRental sekarang juga.

Baca juga: Harga Sewa Laptop Untuk Pribadi