Temukan 10 Cara Mengatasi Komputer No Signal dengan Mudah

Temukan 10 Cara Mengatasi Komputer No Signal dengan Mudah

cara mengatasi komputer no signal
Tips dan Trik

Bagaimana cara mengatasi komputer no signal? Monitor komputer adalah perangkat keras pada komputer yang berfungsi untuk menunjukkan tampilan dari sistem, input, dan output di dalamnya. Melalui monitor, Anda akan melihat bentuk visual setiap kegiatan yang dilakukan melalui komputer. 

Berdasarkan fungsinya tersebut, monitor dapat dikatakan sebagai perangkat yang penting pada komputer. Karena jika monitor tidak bekerja dengan baik, maka komputer juga tidak dapat digunakan. Salah satu masalah yang umum terjadi pada komputer adalah no signal atau monitor tidak dapat menyala dengan normal. 

Masalah no signal pada komputer dapat disebabkan oleh kerusakan pada output, sistem operasi, atau kondisi komputer yang sudah tidak optimal karena usia penggunaan yang sudah cukup lama. Untuk itu, sebaiknya Anda mempelajari berbagai penyebab dan cara mengatasi komputer no signal. Simak informasi selengkapnya dalam artikel IndoRental di bawah ini.

Apa Penyebab Komputer No Signal?

Memahami penyebab dari masalah perangkat akan membantu Anda menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Hal tersebut juga berlaku pada masalah pada monitor komputer. Berikut ini merupakan beberapa penyebab monitor no signal yang harus diketahui:

1. Ada Kerusakan Pada Kabel Antara Monitor dan CPU

Penyebab komputer menampilkan pesan no signal pertama adalah kerusakan pada kabel yang menghubungkan kabel antara monitor dan CPU. Kabel penghubung ini terletak pada bagian belakang komputer dan umumnya jarang dilakukan pengecekan kondisi kabel. Faktor utama yang menyebabkan kerusakan pada kabel adalah gigitan hewan dan penempatan yang mengharuskan kabel tergulung asal-asalan.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi TV LED No Signal dan Penyebabnya

2. Penggunaan Kabel yang Tidak Berkualitas

Kualitas kabel juga memengaruhi proses komputer bekerja. Jika Anda menggunakan kabel yang tidak berkualitas untuk menghubungkan monitor dengan komponen komputer lainnya, kemungkinan hal tersebut yang menyebabkan komputer no signal. Karena kabel tersebut diproduksi tanpa melalui proses quality control sehingga lebih cepat rusak. 

3. Kerusakan Pada Port VGA dan HDMI 

Selain masalah pada kabel, kerusakan pada port VGA dan HDMI juga dapat menjadi penyebab komputer no signal. Port VGA dan HDMI digunakan untuk menghubungkan CPU dan monitor. Jika port rusak, maka kabel juga tidak dapat berfungsi dengan baik. Kerusakan ini umumnya terjadi karena muncul korosi pada besi dalam port, sehingga sinyal yang diterima tidak dapat diterima dengan baik.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi TV Digital Tidak Ada Sinyal

4. Masalah Pada Motherboard

Penyebab komputer no signal selanjutnya adalah adanya masalah pada motherboard komputer. Motherboard adalah hardware yang membolehkan seluruh proses komponen lainnya berjalan. Apabila terjadi kerusakan pada motherboard, maka monitor juga tidak dapat berjalan normal dan memberikan peringatan no signal

5. Komputer Berdebu

Bagian dalam CPU yang kotor seringkali dapat menyebabkan tampilan PC tidak muncul, terutama pada socket RAM dan RAM yang kotor. Komponen-komponen ini rentan mengalami masalah jika terdapat debu atau kotoran yang masuk.

Kemudian, keberadaan debu yang berlebihan juga dapat mengganggu kinerja PC. Jika komputer mengalami keterlambatan, kemungkinan bagian dalamnya telah terkontaminasi oleh kotoran.

6. Pasta Prosesor Kering

Seperti yang kita ketahui bahwa prosesor menghasilkan panas, oleh karena itu, diperlukan cooler untuk mengeluarkan panas tersebut. Sebelum pemasangan cooler, umumnya terdapat pasta atau thermal paste yang berfungsi untuk menyebarluaskan panas ke permukaan prosesor.

Seiring berjalannya waktu, pasta prosesor dapat mengering, sehingga menyebabkan prosesor menjadi panas dan dapat menjadi penyebab layar monitor no signal.

Bagaimana Cara Mengatasi Komputer No Signal Dengan Mudah?

Anda tidak perlu khawatir jika komputer menampilkan peringatan no signal. Terdapat cara mengatasi komputer no signal yang dapat Anda coba. Berikut merupakan penjelasan cara mengatasi komputer no signal selengkapnya:

1. Memeriksa Kabel Monitor

Cara mengatasi komputer no signal yang paling mudah untuk dilakukan adalah melakukan cek kabel yang berada di belakang monitor. Pastikan kabel terpasang dengan sempurna dan terhubung pada port komponen lain. Selain itu, perhatikan apakah kabel dalam kondisi baik atau tidak. Apabila pada port HDMI pertama kabel tidak dapat menghubungkan kedua perangkat, coba gunakan port kedua pada monitor untuk menyambungkan kabel. 

2. Mengganti Kabel Konektor

Memeriksa kabel juga termasuk dengan melihat bagaimana kondisi kabel. Ketika ditemukan kerusakan pada kabel, segera ganti kabel penghubung monitor dengan yang baru untuk mengatasi masalah tersebut. Pastikan untuk memilih kabel yang asli dan berkualitas agar lebih awet dan tahan lama. Kabel monitor sendiri terdiri dari kabel VGA, DVI, dan HDMI.

3. Periksa RAM

Masalah pada RAM juga dapat menyebabkan komputer no signal. Jadi pastikan untuk memeriksa kondisi RAM, apakah ada masalah atau tidak saat komputer memberikan peringatan no signal. Hal ini dikarenakan seringkali kerusakan terjadi akibat RAM kotor, terutama pada bagian kuningan pada RAM. 

Membersihkan RAM dilakukan dengan menggunakan cairan pembersih khusus dan lap hingga kering di seluruh bagian. Namun jika RAM mengalami kerusakan seperti retak atau bahkan patah, Anda harus mengganti komponen ini dengan yang baru. Sebaiknya dalam menerapkan cara mengatasi komputer no signal ini dilakukan oleh teknisi ahli, karena perlu dilakukan pembongkaran perangkat. 

4. Memeriksa VGA 

Untuk mengatasi komputer no signal yang disebabkan oleh gangguan pada bagian VGA card, Anda dapat mengecek bagian tersebut. Apabila ditemukan masalah pada saat cek VGA (kartu grafis) seperti supply daya tidak stabil, temperatur yang terlalu panas, atau kesalahan pada overclock, sebaiknya segera lakukan servis komputer dan mengganti unit VGA dengan yang baru. Pastikan Anda menggunakan VGA yang berkualitas dari brand yang tepercaya. 

Baca Juga: 4 Penyebab Kabel USB Tidak Terbaca di Laptop dan Cara Mengatasinya

5. Memeriksa Motherboard

Kerusakan pada motherboard dapat dideteksi dengan memeriksa kondisinya ketika komputer tidak dapat menampilkan apa pun pada layar atau bahkan tidak dapat menyala sama sekali. Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah kondisi motherboard bersih atau tidak, kemudian cek apakah ada komponen yang bengkok atau patah di dalamnya. Untuk memeriksa VGA onboard atau motherboard dibutuhkan alat khusus, sehingga hanya dapat dilakukan oleh teknisi ahli atau tempat servis komputer. 

6. Mencoba Menghubungkan dengan Monitor Lain

Cara mengatasi komputer no signal yang terakhir adalah mencoba menyambungkan kabel CPU dengan monitor lain. Jika monitor dapat menyala dengan normal, maka besar kemungkinan ada kerusakan pada monitor terutama pada bagian port kabel. Namun, ketika monitor lain juga tidak menyala saat dihubungkan dengan CPU, maka Anda harus melakukan pemeriksaan pada CPU dan perangkat di dalamnya. 

7. Cek Converter Kabel

Kabel memiliki converter yang berbeda-beda. Ketika kabel tidak dapat dihubungkan dengan port monitor, cek pada converter dan pastikan memiliki spesifikasi VGA yang sesuai. Karena biasanya beberapa VGA hanya dapat digunakan untuk kabel DVI atau kabel HDMI, sedangkan monitor hanya support VGA. akibatnya, VGA tidak dapat dihubungkan ke monitor.

8. Mengganti Pengaturan Refresh Rate Monitor

Pada sebagian monitor terdapat pengaturan untuk mengganti angka refresh rate. Anda bisa mengaturnya ke yang lebih tinggi maupun yang lebih rendah. Pada fitur ini Anda dapat mencoba mengubah pengaturan refresh rate tersebut untuk dapat membantu mengatasi komputer no signal.

Caranya, Anda hanya cukup membuka menu internal pada monitor, lalu cari menu refresh rate. Ubah angka refresh rate sesuai kebutuhan, setelah itu simpan pengaturannya dan cek ulang monitor komputer Anda.

9. Reset Baterai CMOS

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan masalah “no signal” pada komputer mungkin disebabkan oleh isu pada BIOS. Bagi yang belum mengetahui, data dan konfigurasi BIOS pada komputer disimpan dalam komponen yang disebut CMOS.

CMOS atau Baterai CMOS dapat di-reset, sehingga konfigurasinya kembali ke pengaturan awal dan mencegah terjadinya masalah atau kesalahan tertentu pada BIOS yang dapat menyebabkan komputer tidak menampilkan sinyal.

Prosedur untuk melakukan reset atau membersihkan CMOS biasanya bervariasi, tergantung pada motherboard yang digunakan. Oleh karena itu, Anda dapat merujuk pada buku panduan atau manual untuk mengetahui cara melakukan reset atau membersihkan baterai CMOS sesuai dengan spesifikasinya.

10. Bawa Ke Jasa Service Komputer

Solusi terakhir yang paling aman dan efektif untuk menangani masalah “no signal” pada PC membawanya ke jasa service komputer, apalagi jika Anda tidak memiliki keberanian untuk membongkar komputer sendiri. Biarkan teknisi yang Anda percayai melakukan pemeriksaan hardware secara menyeluruh, di mana jika ada bagian yang rusak dan perlu diganti seperti RAM, VGA, prosesor, motherboard, dan power supply, biasanya Anda akan diberi informasi mengenainya. Biaya reparasi bergantung pada jenis part yang perlu diganti, dan untuk pemeriksaan biasa saja, umumnya biayanya sekitar 50 ribu rupiah.

Demikian tadi merupakan beberapa penyebab dan cara mengatasi komputer no signal dengan mudah. Anda dapat melakukan perbaikan apabila permasalahan tidak membutuhkan bongkar komputer dan penggantian komponen di dalam komputer. Namun jika kerusakan terdapat pada hardware di dalamnya, sebaiknya segera kunjungi teknisi ahli untuk melakukan perbaikan. 

Baca Juga: Cara Memperkuat Sinyal TV Digital agar Tontonan Bervariasi

Sebagai komponen utama dan penting pada komputer, membongkar dan mengganti komponen monitor maupun komponen lain di dalamnya secara mandiri tanpa keahlian pada bidangnya dapat menimbulkan risiko kerusakan pada bagian lain. Pastikan Anda selalu memperhatikan perawatan dan penggunaan agar komputer dapat bertahan dalam jangka waktu panjang. 

Anda membutuhkan komputer dalam jumlah banyak untuk kantor atau acara besar? IndoRental adalah solusi tempat sewa komputer harian, mingguan, bahkan bulanan yang tepat. Anda dapat memilih tipe komputer sesuai dengan yang dibutuhkan untuk acara atau keperluan kantor. 

Pelayanan IndoRental tidak perlu diragukan lagi. Tim IndoRental akan menjawab pesan dan menyediakan perangkat dengan cepat sesuai dengan tipe atau spesifikasi yang Anda inginkan. Melalui informasi cara mengatasi komputer no signal, hubungi IndoRental segera untuk mendapatkan perangkat IT dan multimedia berkualitas yang Anda butuhkan.

banner-monitor