7 Cara Mengatasi TV Digital Tidak Ada Sinyal

7 Cara Mengatasi TV Digital Tidak Ada Sinyal

cara mengatasi tv digital tidak ada sinyal
Tips dan Trik

Per November 2022 nanti, seluruh TV digital di Indonesia harus mulai menggunakan STB (Set Top Box) sehingga penting untuk Anda mengetahui bagaimana cara mengatasi TV digital tidak ada sinyal. Peraturan ini dikeluarkan oleh pemerintah dengan tujuan untuk melakukan ASO atau yang kepanjangannya Analog Switch Off.

ASO merupakan teknologi untuk mengalihkan penggunaan TV analog menjadi TV digital. Dalam hal ini, apabila Anda masih menggunakan antena UHF/VHF, maka bersiaplah untuk menggunakan STB.

Melalui artikel ini, IndoRental akan memberikan informasi lengkap kepada Anda mengenai berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi TV digital yang mengalami lost signal atau hilang sinyal. Dengan demikian, ketika beralih ke STB, Anda sudah mendapatkan pemahaman melalui informasi yang kami berikan.

Penyebab TV Digital Tidak Ada Sinyal

Pada saat menemukan TV Ditigal Anda muncul tulisan “Tidak Ada Sinyal” maka hal itu menandakan TV digital Anda tidak bisa menayangkan program siaran tv digital dari stasiun penyiaran. Diantara Anda mungkin bertanya-tanya, apa penyebab dari hilangnya atau tidak adanya sinyal pada TV Digital tersebut. Tidak adanya sinyal ini bukan berarti TV Anda rusak, namun terdapat penyebab teknis yang perlu Anda ketahui. Untuk semakin jelasnya, simak pembahasannya berikut ini.

1. Kualitas Antena yang Menurun

Hal pertama yang menyebabkan TV digital tidak bisa menangkap sinyal adalah masalah kualitas antena. Pada dasarnya, antena dengan kualitas yang kurang bagus atau bahkan buruk tentunya tidak dapat menangkap siaran TV digital secara stabil. Oleh sebab itu, Anda perlu memperbaiki antena tersebut dan juga memasang kabelnya dengan sesuai.  

2. Kabel Antena yang Rusak

Kemudian, kabel antena yang kondisinya sudah usang atau rapuh bahkan rusak juga dapat menjadi penyebab utama mengapa TV digital tidak dapat menangkap sinyal siaran. Hal itu disebabkan karena walaupun TV Anda sudah digital, STB TV masih tetap memerlukan kabel antena tambahan guna menangkap sinyal TV digital. 

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi TV LED No Signal dan Penyebabnya

3. Arah Antena

Anda juga perlu memperhatikan apakah antena sudah diletakkan dalam dengan posisi yang tepat atau kurang tepat. Hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab tidak adaya sinyal siaran TV digital. Maka dari itu, disarankan untuk Anda mengarahkan antena secara tepat dan kokoh, agar jaringan siaran TV semakin stabil. 

4. Jack TV Bermasalah

Jack adalah alat penghubung (kabel) antara antena dengan STB TV. Alat ini juga bisa menjadi salah satu penyebab hilangnya sinyal TV digital Anda. Oleh karena itu, ada baiknya Anda untuk mengecek jack TV secara berkala, apakah terdapat kerusakan pada jack atau tidak. Jika jack TV Anda rusak, maka hal itu akan berdampak pada sulitnya sinyal yang dikirimkan kepada STB. Sehingga menyebabkan TV Digital tidak dapat menampilkan gambar siaran. 

5. Wilayah Tempat Tinggal Mengalami Gangguan Sinyal

Wilayah tempat tinggal Anda bisa saja menjadi penyebab sulitnya STB menangkap sinyal TV Digital. Tak jarang, jika wilayah tempat tinggal di dataran tinggi atau atau bahkan perkotaan mengalami kesusahan akan mendapatkan sinyal TV digital. Hal itu terjadi sebab jaringan yang terdistribusi terlalu rendah atau mungkin sedang mengalami perbaikan oleh sistem pusat.

Bagaimana Cara Mengatasi TV Digital Tidak Ada sinyal?

Untuk mengatasi TV digital yang tidak ada sinyal, ada 4 cara yang dapat Anda lakukan, yaitu:

1. Mengubah Posisi Antena

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hilang sinyal pada TV digital adalah dengan mengubah posisi antena. Cara ini merupakan hal yang paling umum untuk dilakukan bahkan sejak kita menggunakan antena UHF/VHF untuk mencari dan cek jangkauan sinyal siaran TV.

Antena STB biasa akan dipasang di luar ruangan seperti di atap rumah Anda. Dengan demikian, posisi antena bisa jadi bergeser akibat angin kencang atau kondisi hujan deras.

Baca Juga: Cara Memperkuat Sinyal TV Digital agar Tontonan Bervariasi

Sebagai catatan tambahan, jika antena STB Anda sering mengalami perubahan posisi, maka Anda dapat memeriksa penguncian yang terpasang pada antena tersebut. Bisa jadi, ada bagian sekrup atau komponen lainnya yang kurang kencang sehingga menyebabkan antena STB mudah berpindah posisi.

2. Memeriksa Kabel dan Kepala Colokan Antena (Jack)

Kabel antena dan kepala colokannya bisa menjadi penyebab hilangnya sinyal pada TV digital. Anda dapat memeriksa apakah ada komponen yang rusak atau putus. Apabila terdapat kerusakan pada bagian kabel atau kepala colokan antena, maka Anda harus menggantinya dengan yang baru.

3. Memeriksa Kondisi Tuner 

Tuner pada TV memiliki peranan penting untuk dapat menangkap frekuensi sinyal. Apabila TV Anda mengalami hilang sinyal, maka bisa jadi salah satu masalahnya terletak pada tuner TV ini.

Untuk memeriksa kondisi tuner, Anda dapat mengecek apakah ada bagian karat pada komponen tersebut. Anda mungkin saja perlu mengganti tuner TV apabila komponen tersebut mengalami kerusakan yang parah.

Cara lain untuk memperbaiki tuner TV adalah dengan melakukan penyolderan ulang pada bagian kaki tuner. Ada kemungkinan timah pada bagian tersebut mengalami keretakan sehingga Anda perlu melakukan penyolderan kembali.

Baca Juga: Seperti Inilah Cara Mencari Saluran TV Digital

Dalam melakukan penyolderan kaki tuner, Anda harus menyesuaikan tegangan tuner pada 5-12 Vdc. Namun pada beberapa tuner membutuhkan tegangan kurang lebih 100 hingga 300 Vdc.

Pastikan Anda benar-benar paham dan tau bagaimana cara menyolder tuner TV untuk menghindari terjadinya kerusakan yang lebih parah lagi. Alangkah lebih baiknya jika Anda membawa tuner TV tersebut ke tukang reparasi yang sudah lebih memahami cara untuk menyolder kaki tuner.

4. Memeriksa Kondisi IC Program

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk mengatasi TV digital yang tidak ada sinyal adalah dengan memeriksa kondisi IC program. Kerusakan pada IC program sangat jarang terjadi dan Anda perlu menggantinya dengan yang baru untuk dapat mengembalikan sinyal pada TV digital.

5. Memastikan TV Telah Mendukung Fitur DVB-T2

Tidak semua TV modern, seperti TV LED dan Smart TV, dapat dianggap sebagai TV digital. Karakteristik utama dari TV digital adalah kemampuannya mendukung fitur DVB-T2. Selain itu, TV digital biasanya dilengkapi dengan menu pemindaian sinyal siaran digital (Digital Channel).

Apabila TV yang Anda gunakan saat ini tidak memiliki fitur-fitur ini, maka kemungkinan besar bukan merupakan TV digital. Akibatnya, TV tersebut tidak dapat menerima sinyal digital. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan TV digital yang sesuai dengan ciri-ciri yang tadi disebutkan.

Jika ternyata perangkat TV yang Anda miliki masih merupakan TV analog biasa atau non-digital, Anda perlu memiliki perangkat tambahan seperti Set Top Box (STB) atau Digital TV Box agar dapat menonton siaran TV digital.

6. Mengecek Siaran TV Digital di Domisili Wilayah

Cara selanjutnya adalah mengecek cakupan sinyal siaran TV digital yang ada di wilayah tempat Anda tinggal. Untuk melakukan pengecekan cakupan sinyal siaran TV digital di wilayah domisili, Anda dapat memakai aplikasi bernama SinyalTVDigital. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play Store (untuk Android) atau App Store (untuk Apple). Sebelum memulai pengecekan cakupan sinyal, pastikan untuk memberikan izin akses fitur lokasi kepada aplikasi ini.

Setelah itu, klik ikon “bidik” pada aplikasi untuk memulai pemindaian sinyal siaran TV digital yang tersedia di domisili wilayah Anda. Setelah pemindaian selesai, akan muncul informasi mengenai lembaga penyiaran multiplexing (mux) yang mencakup wilayah tersebut. Selanjutnya, klik “lihat detail mux” untuk melihat informasi lebih lanjut terkait sinyal TV digital yang tersedia. Informasi ini umumnya meliputi kekuatan sinyal, jenis layanan, operator mux, frekuensi/channel, serta informasi lainnya.

7. Tempatkan Antena di Lokasi yang Minim Penghalang

Harap dicatat bahwa dalam aplikasi SinyalTVDigital, terdapat peta yang menampilkan informasi atau keterangan tentang kekuatan sinyal siaran TV digital di suatu daerah. Jika daerah tersebut memiliki sinyal yang kuat, itu akan dicirikan dengan warna merah dalam legenda peta.

Jika legenda berwarna hijau-kuning, itu menunjukkan kekuatan sinyal sedang, sementara warna abu-abu atau biru mengindikasikan sinyal yang lemah. Jika TV digital tidak mendapatkan sinyal, disarankan untuk mengubah arah antena ke wilayah dengan kondisi sinyal digital yang lebih kuat, sebagaimana tertera dalam informasi pada peta aplikasi SinyalTVDigital.

Selain mengatur arah antena, penting juga untuk memastikan bahwa antena tidak dipasang di lokasi yang dapat terhalangi oleh pohon, bangunan, atau struktur lainnya. Penggunaan antena di area minim penghalang dapat meningkatkan penerimaan sinyal digital secara optimal.

Jadi, itulah informasi yang dapat kami berikan untuk Anda. Semoga informasi mengenai 4 cara mengatasi TV digital tidak ada sinyal dapat bermanfaat dan silakan hubungi IndoRental apabila Anda membutuhkan layanan sewa TV Jakarta melalui kami.