6 Cara Instal Printer Epson L360 dengan Benar dan Mudah

6 Cara Instal Printer Epson L360 dengan Benar dan Mudah

cara instal printer epson l360
Tips dan Trik

Perkembangan teknologi yang makin canggih membuat fitur-fitur dalam berbagai perangkat elektronik juga makin simpel dan mudah digunakan. Namun seringkali kemudahannya membuat banyak orang kesulitan dalam menggunakannya dengan benar. Sama seperti halnya banyak orang yang tidak tahu cara instal Printer Epson L360 dengan benar.

Padahal penggunaannya sangat mudah dan cepat. Apalagi setiap produk Epson yang dikirimkan kepada pelanggan memiliki buku panduannya masing-masing untuk membantu dalam proses penggunaan. Sudahkah Anda membacanya?

Jika belum, informasi berikut ini akan menjelaskan cara menggunakan Printer Epson dari awal hingga akhir. Simak baik-baik selengkapnya! 

Mengapa Memilih Printer Epson L360 

Printer Epson L360 adalah pilihan tepat bagi Anda yang membutuhkan printer dengan performa yang andal dan hemat biaya. Seri printer ini memiliki kecepatan cetak yang tinggi dan kualitas cetak yang baik. Printer satu ini juga sudah memiliki teknologi tinta pintar yang membuatnya lebih hemat dalam penggunaan tinta dari pada printer lain pada kelasnya. 

Tidak hanya itu, Epson L360 punya banyak keunggulan lainnya yang dapat memudahkan Anda menyelesaikan pekerjaan. Dari ketersediaan berbagai koneksinya hingga fitur-fitur canggih untuk menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Penasaran dengan printer satu ini? Terus baca informasinya hingga selesai! 

Baca Juga : Inilah Cara Mengganti Tinta Printer dengan Mudah dan Benar

Spesifikasi Printer Epson L360 

Epson L360 termasuk dalam printer all-in-one yang dapat mencetak, menyalin, serta memindai dokumen dengan mudah. Printer ini memiliki teknologi terbaik yang membuatnya lebih hemat tinta dari pada printer lainnya. 

Kecepatan mencetak file pada printer ini sangat tinggi. Kecepatannya bisa mencapai 33 halaman per menit untuk mencetak dokumen hitam putih dan 15 halaman per menit untuk mencetak dokumen berwarna.

Selain itu, tersedia koneksi USB 2.0 yang dapat mencetak berbagai jenis ukuran kertas, mulai dari A4 hingga Legal. Resolusi yang terbentuk dari hasil cetakannya sangat memuaskan dengan resolusi 5760 x 1440 dpi, yang membuat hasil cetak terlihat lebih tajam dan detail. 

Apabila tintanya habis, Epson L360 sudah memiliki fitur tinta isi ulang yang memungkinkan pengguna untuk mengisinya sendiri tanpa repot.

Baca Juga : Printer Tidak Terdeteksi? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

6 Cara Instal Printer Epson L360 dengan Benar dan Mudah

Jika Anda baru saja membeli Epson L360 dan ingin menginstalnya di komputer maka ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dengan baik. Pastikan Anda mengikutinya agar printer dapat bekerja secara optimal. Simak semua langkahnya berikut ini! 

1. Siapkan Printer Epson L360

Langkah pertama dalam menginstal Epson L360 adalah mempersiapkan printer dan semua aksesori yang diperlukan. Pastikan Anda memiliki kabel USB yang terhubung ke printer dan komputer, serta persiapkan juga kertasnya. Apabila Anda menggunakan CD driver printer, pastikan juga ketersediaannya.

2. Download Driver Printer Epson L360

Jika Anda tidak memiliki CD driver printer, tidak ada masalah. Masih ada alternatif lainnya yang bisa menjadi pilihan, yakni dengan mengunduhnya melalui situs web resmi Epson. Pastikan Anda mengunduh driver yang sesuai dengan sistem operasi terkait.

3. Instal Driver Printer

Setelah driver printer Epson L360 terunduh, lanjutkan proses dengan membuka file driver tersebut dan ikuti instruksi yang muncul di layar. Pastikan Anda menginstal driver printer dengan benar dan sesuai petunjuknya.

4. Sambungkan Printer Epson L360 ke Komputer

Apabila driver sudah terinstal maka tinggal sambungkan Printer Epson L360 ke komputer menggunakan kabel USB. Nantinya komputer akan mendeteksi printer dan meminta konfirmasi untuk menginstal driver printer. Ketika permintaan itu muncul di layar, pastikan Anda menyetujuinya.

5. Tes Cetak

Kalau semua proses telah selesai dan printer sudah terhubung ke komputer yang tertuju maka Anda perlu melakukan tes cetak. Hal ini untuk mengetahui apakah semua pengaturan printer sudah sesuai dengan keinginan Anda. 

Bukan hanya tes cetak, Anda pun bisa melakukan tes pemindaian atau tes penyalinan untuk memastikan semua fiturnya benar-benar berfungsi. Setelah printer terhubung ke komputer, lakukan tes cetak untuk memastikan bahwa printer berfungsi dengan baik. 

Langsung saja pilih dokumen atau file yang ingin dicetak dan klik Epson L360 sebagai printer default. Pastikan koneksi printer stabil dan kertas sudah berada di tempatnya untuk siap dicetak.

6. Selesai

Jika Anda melihat bahwa semua pengujian memberikan hasil yang baik maka proses instal driver telah selesai. Baik printer maupun komputer Anda sama-sama sudah terhubung dengan baik. Jadi Anda bisa langsung bekerja dan memaksimalkan penggunaan Epson L360. 

Baca Juga : Cara Sharing Printer Windows 10 Dengan Mudah

Cara Merawat Printer Epson L360

Merawat Epson L360 jelas sangat penting dilakukan untuk memperpanjang umur penggunaannya dan menjaga kualitas hasil cetak yang optimal. Tentunya Anda harus tahu bagaimana perawatannya dengan benar agar setiap bagian printer dapat tetap berfungsi normal. 

1. Bersihkan Printer secara Teratur

Dalam setiap penggunaannya, pastikan Anda menyisihkan waktu untuk membersihkan Epson L360. pembersihan ini perlu dilakukan secara teratur untuk menghilangkan debu, kotoran, dan bahan pencemar lainnya yang dapat menimbulkan kerusakan. 

Supaya tidak ada yang tergores, ada baiknya Anda menggunakan kain lembut atau lap khusus untuk membersihkan seluruh bagiannya.

2. Gunakan Tinta Asli Epson

Ada banyak orang menggunakan tinta sembarangan ke dalam Epson yang mereka punya. Menggunakan alasan harga yang lebih murah, pemilik Epson menoleransi penggunaan tinta berkualitas rendah. 

Padahal tindakan ini bisa mengakibatkan kerusakan permanen pada printer tersebut. Itu sebabnya pastikan Anda selalu menggunakan tinta asli Epson kualitas cetaknya tidak menurun dan usia pemakaian printer jadi lebih panjang. 

3. Jangan Mematikan Printer Mendadak

Hindari mematikan printer mendadak atau dengan menarik kabel listrik secara langsung. Selalu biasakan diri Anda untuk mematikan printer dengan menekan tombol power atau menggunakan cara lainnya yang disarankan oleh pabrikan. 

Perlu diperhatikan bahwa mematikannya dengan cara yang salah akan mengakibatkan menurunnya kualitas mencetak serta kerusakan pada printer itu sendiri.

4. Gunakan Printer secara Teratur

Kesalahan lainnya yang banyak dilakukan oleh pemilik printer ialah menggunakannya dalam interval yang sangat lama. Maksudnya Anda hanya menggunakan printer setiap sebulan sekali atau bahkan setiap 6 bulan sekali. 

Padahal Anda tidak boleh bertindak demikian untuk mencegah inkjet nozzle atau print head dari penyumbatan. Jika printer tidak digunakan dalam waktu yang lama, setidaknya Anda harus mencetak halaman uji atau melakukan cleaning head secara teratur untuk menjaga kualitas hasil cetaknya.

Melalui semua penjelasan di atas, Anda diharapkan sudah mengerti bagaimana cara instal printer Epson L360 dengan benar. Pastikan Anda mengikuti setiap tahapannya dengan baik agar hasil cetakan berkualitas. 

Ingat untuk selalu menggunakan printer secara berkala agar kualitas cetakannya tidak menurun. Namun apabila Anda hanya membutuhkannya dalam satu periode waktu saja, lebih baik sewa printer Epson Jakarta di IndoRental.

Biaya yang perlu dikeluarkan pasti jauh lebih sedikit daripada Anda harus membelinya. Proses penyewaan di IndoRental juga sangat mudah tanpa harus repot mengurus banyak administrasi. Langsung saja hubungi tim IndoRental untuk penyewaan printer Epson hari ini!