6 Penyebab Komputer Hang dan Bagaimana Cara Mengatasinya

6 Penyebab Komputer Hang dan Bagaimana Cara Mengatasinya

penyebab komputer hang
Teknologi

Penyebab komputer hang harus Anda ketahui agar dapat mencegahnya terjadi. Apalagi banyak aktivitas berat yang dilakukan pada komputer seperti bermain game, mengedit video, bekerja, dan masih banyak lagi. Kondisi komputer yang terhenti dan tidak dapat dioperasikan dapat mengganggu aktivitas dan pekerjaan yang seharusnya dapat selesai lebih cepat.

Umumnya, komputer hang akan ditandai dengan program atau bahkan layar yang terhenti dan tidak dapat melakukan pergerakan apa pun. Bahkan, ada komputer yang melakukan restart dengan sendirinya ketika komputer hang. Hal ini akan merugikan pengguna komputer, terlebih saat sedang mengerjakan sesuatu yang penting dan perlu disimpan terlebih dahulu

Maka dari itu mengenali penyebab komputer hang dan mengetahui cara mengatasinya akan membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Dalam artikel kali ini, IndoRental akan berbagi informasi mengenai penyebab komputer hang dan cara mengatasinya. 

Apa Saja Penyebab Komputer Hang?

Komputer hang dapat disebabkan oleh kerusakan pada komponen atau sistem operasi. Agar dapat mengatasi masalah tersebut sesuai dengan tepat, ketahui lebih lanjut mengenai macam-macam penyebab komputer hang di bawah ini:

1. Banyak Program yang Berjalan

Penyebab komputer hang yang paling banyak terjadi adalah terlalu banyak program yang berjalan terutama program berat yang membuat komputer harus bekerja lebih berat. Setiap program yang terbuka pada komputer membutuhkan kinerja sumber daya internal dan penggunaan perangkat keras. 

Apabila beberapa program dengan kebutuhan sumber daya internal yang besar dijalankan dalam satu waktu yang sama, maka komputer akan bekerja dengan tenaga dua kali lipat dan kebutuhan sumber daya internal menjadi meningkat. Sebagai respon dari hal tersebut, komputer akan berhenti atau hang.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghapus Cache di Laptop?

2. Terdapat Virus Pada Komputer

Malware terutama virus adalah musuh terbesar pada perangkat baik laptop maupun komputer. Apabila komputer mengalami hang secara tiba-tiba, maka ada kemungkinan bahwa komputer terserang virus. Pada umumnya virus akan menyerang data dan sistem operasi komputer sehingga tidak dapat dioperasikan seperti biasanya. 

3. Memori RAM yang Tidak Cukup

RAM adalah bagian pada komputer yang berfungsi untuk menyimpan data setiap program yang dibuka dan dijalankan. Saat komputer terlalu sering hang dalam beberapa waktu, kemungkinan besar disebabkan oleh kapasitas memori RAM yang kurang mencukupi. 

4. Overheat

Meningkatnya suhu panas pada komputer secara drastis dapat menyebabkan overheat. Overheat memang banyak menimbulkan permasalahan komputer maupun laptop, sehingga sebaiknya Anda memperhatikan suhu komputer. Jika terasa lebih panas dan mengeluarkan bunyi kipas di dalam perangkat  yang cukup keras, segera hentikan pemakaian dan istirahatkan komputer untuk beberapa menit. 

Baca Juga: Ketahui Penyebab Laptop Overheat Dan Cara Mengatasinya

5. Masalah Pada Hardisk

Hingga saat ini, komputer masih menggunakan hardisk sebagai perangkat penyimpanan. Adanya masalah pada hardisk akan memengaruhi kinerja komputer secara keseluruhan. Ketika Anda mendengar suara klik dari bagian CPU, suara tersebut merupakan tanda bahwa kondisi hardisk tidak dalam keadaan yang baik. Sebelum komputer hang, sebaiknya lakukan pengecekan pada hardisk saat tanda tersebut muncul. 

6. Permasalahan Pada Sistem Operasi

Penyebab komputer hang yang terakhir adalah adanya permasalahan pada sistem operasi komputer. Hal ini dapat dipengaruhi oleh penggunaan sistem operasi yang ilegal dan tidak berlisensi serta tidak melakukan pembaruan sistem secara rutin. Pembaruan sistem operasi umumnya hanya dapat dilakukan secara otomatis pada komputer dengan sistem operasi yang resmi dan berlisensi.

Baca Juga: Temukan 7 Cara Mengatasi Komputer No Signal dengan Mudah

Bagaimana Cara Mengatasi Komputer Hang?

Anda tidak perlu panik saat komputer hang. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Berikut ini merupakan cara yang dapat dilakukan saat komputer hang:

1. End Task Window

Cara mengatasi komputer hang yang pertama adalah dengan memberhentikan program yang berjalan dengan end task window. Adapun cara untuk end task window antara lain:

  • Tekan tombol shift + CTRL + ESC.
  • Selanjutnya Anda akan diarahkan pada halaman task manager. Dalam halaman ini klik end task  pada program yang tidak dapat berjalan atau not responding.
  • Selesai. Apabila masalah terdapat pada program, maka komputer akan berjalan seperti semula. 

2. Menggunakan Antivirus

Meski terdengar sepele, antivirus memiliki peran yang cukup penting untuk menjaga komputer. Sebab, antivirus dapat mencegah masuknya segala jenis malware terutama virus dan dapat mendeteksi keberadaan virus pada komputer. Sehingga data dan sistem komputer menjadi lebih aman dan komputer dapat berjalan dengan normal. 

Baca Juga: Berbagai Cara Mencegah Virus di Komputer serta Cara Mengatasinya

3. Perbarui RAM

Satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi komputer hang akibat RAM yang tidak mencukupi adalah memperbarui kapasitas RAM. Dengan demikian, komputer akan lebih kuat untuk menyimpan data sementara saat Anda membuka banyak program dalam satu waktu. Pastikan untuk memperhatikan kesesuaian ukuran RAM dengan spesifikasi komputer sebelum memperbarui kapasitas ukuran RAM. 

4. Mematikan Komputer Secara Paksa

Jika komputer tidak dapat digerakan sama sekali, langkah yang dapat diambil adalah dengan mematikan komputer secara paksa. Caranya cukup mudah, klik pada tombol power komputer dan tahan selama beberapa detik hingga komputer mati total. Setelah itu, nyalakan kembali dan periksa penyebab komputer hang.

Namun perlu diingat bahwa cara ini hanya dianjurkan ketika komputer tidak dapat bergerak sama sekali, jika masih dapat menggerakan kursor dan memilih program, sebaiknya hindari penggunaan cara ini.

5. Memperbaiki Hardisk

Sebagai perangkat penyimpanan utama pada komputer, Anda harus segera mengatasi permasalahan yang terjadi pada hardisk agar komputer dapat tetap beroperasi dengan normal. Apabila terdapat file dan folder yang bermasalah atau terkena virus di dalamnya, maka langkah yang dapat Anda lakukan adalah menghapus seluruh file dan folder yang bermasalah. 

Namun, jika permasalahan pada perangkat langsung seperti lecet, terkena benturan keras, dan usia hardisk yang sudah cukup lama, segera perbaiki hardisk atau ganti dengan unit baru. 

Baca Juga: Perbedaan SSD dan HDD yang Perlu Kamu Ketahui!

6. Hapus BIOS Cache

Mengatasi penyebab komputer hang selanjutnya dapat ditangani dengan menghapus BIOS cache pada komputer. Berikut cara untuk menghapus BIOS cache agar fungsi komputer dapat kembali normal:

  • Pertama periksa kondisi komputer. Apabila berhenti total, maka terapkan cara mematikan komputer secara paksa di atas dan nyalakan kembali. Namun, apabila komputer masih dapat bekerja,  lewati langkah ini.
  • Kedua, masuk pada halaman BIOS dengan cara menekan  salah satu tombol F12, F11, F8, atau F2. 
  • Ketiga, klik pada pilihan advanced BIOS features dan temukan BIOS cache.
  • Keempat, klik pada BIOS cache untuk menghapus seluruh data BIOS yang mengganggu komputer dan klik enter agar permintaan dapat diproses.
  • Selesai. Komputer Anda kini dapat bekerja dengan lancar. 

Demikian tadi merupakan penyebab dan cara mengatasi komputer hang. Sebaiknya, jika komputer hang terjadi akibat kerusakan komponen komputer seperti motherboard, RAM, dan bagian lainnya, segera kunjungi teknisi ahli agar dapat ditangani dengan tepat. 

Permasalahan hardware pada komputer harus diperbaiki oleh seseorang yang ahli agar tidak menimbulkan risiko kerusakan pada komponen lainnya. Tidak perlu khawatir dengan kebutuhan komputer saat perangkat Anda sedang di servis, karena IndoRental hadir untuk menjadi solusi penyediaan perangkat dengan sewa komputer harian. Hubungi IndoRental sekarang untuk layanan sewa komputer dan perangkat lainnya dengan cepat, aman, dan tepercaya. Semoga informasi penyebab komputer hang di atas bermanfaat untuk Anda!