Bagaimana Cara Menghapus Cache di Laptop?

Bagaimana Cara Menghapus Cache di Laptop?

cara menghapus cache di laptop
Tips dan Trik

Apapun laptop yang Anda miliki, Anda tentu menginginkan laptop tersebut untuk terus memiliki performa optimal, apalagi jika laptop tersebut Anda gunakan untuk bekerja. Tetapi, bagaimana jika Anda merasakan kalau kinerja laptop Anda mulai menurun dan mengganggu pekerjaan dan aktivitas sehari-hari Anda? Salah satu solusinya adalah dengan melakukan pembersihan cache

Cara menghapus cache di laptop menjadi informasi yang perlu Anda ketahui. Ketika laptop terlalu banyak memiliki cache, maka sudah pasti menjadi lambat. Aktivitas yang perlu Anda lakukan pasti menjadi terganggu.

Untungnya Anda bisa melakukan proses penghapusan cache untuk laptop Windows 10 dan Mac dengan mudah tanpa aplikasi. Bagaimana caranya?

Cara Membersihkan Cache di Laptop

Membersihkan cache di laptop tidak sesusah yang Anda bayangkan. Siapapun dapat melakukannya dengan mengikuti cara menghapus cache di laptop berikut ini.

Cara Menghapus Cache di Laptop Windows 10

Ikuti seluruh langkah di bawah ini:

  1. Buka fitur Run dengan menekan tombol Windows + R, lalu ketik temp dan tekan enter.
  2. Kamu akan diarahkan ke File Explorer dengan barisan file cache. Tekan CTRL + A untuk memilih seluruh file cache. 
  3. Tekan tombol Delete, tapi biasanya akan ada notifikasi beberapa file yang tidak bisa terhapus. Untuk ini, Anda bisa klik Skip.
  4. Sekarang kembali ke fitur Run dan ketik %temp%.
  5. Kamu kembali diarahkan ke File Explorer dengan barisan file cache. Tekan Ctrl + A lalu klik Delete.
  6. Sekarang kamu bisa kembali gunakan fitur Run. Namun kali ini ketik Prefetch dan tekan Enter.
  7. Hasilnya seluruh file cache kamu akan terlihat di bagian File Explorer.
  8. Kamu bisa memilih seluruh file cache dan tekan Delete.
  9. Tidak cukup berhenti di sini, kamu bisa mulai buka File Explorer. 
  10. Klik menu This PC dan Anda akan melihat seluruh Drive yang ada di laptop Windows 10.
  11. Di bagian ikon Drive C, Anda bisa klik kanan dan pilih opsi Properties.
  12. Properties Drive C akan terbuka dan di dalamnya terdapat tombol Disk Cleanup. 
  13. Klik tombol tersebut untuk membersihkan cache laptop secara optimal.
  14. Sekarang Anda bisa membuka Recycle Bin lalu pilih opsi Empty Recycle Bin dengan cara klik kanan di area kosong dalamnya. 

Dengan langkah terakhir yang Anda lakukan di atas, maka sekarang seluruh cache laptop Windows 10 sudah terhapus dan menjadi cara mengatasi laptop lemot.

Setelah mengikuti alur di atas dengan baik, Anda bisa merasakan manfaatnya dengan kecepatan dan respons yang lebih baik ketika membuka berbagai folder serta aplikasi di laptop tersebut.

Cara Menghapus Cache di Laptop Mac

Anda sudah tahu bagaimana cara menghapus cache di laptop Windows 10. Sekarang waktunya mengetahui cara untuk laptop Mac:

  1. Buka Mac Finder lalu pada menu bar, klik menu Go.
  2. Kemudian akan muncul menu drop down dan pilih Go To Folder.
  3. Pada jendela baru ini, Anda bisa mengetik ~/Library lalu klik Go.
  4. Beberapa folder akan muncul, tapi yang penting untuk dibuka adalah folder Cache.
  5. Select semua folder tersebut dan pilih opsi Move To Trash yang tersedia di menu bar.
  6. Kemudian pada menu bar juga, klik tulisan Finder dan pilih opsi Empty Trash.

Sekarang Anda sudah membersihkan cache di laptop Mac. Bisa dibilang cara membersihkan cache di sini jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan Windows 10.

Mencegah Cache Laptop Penuh

Untuk memastikan Anda tidak harus sering-sering mengulang proses di atas, Anda bisa mencegah file cache di laptop Anda menumpuk. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan hal itu, salah satunya adalah dengan melakukan proses uninstall dengan baik.

Anda bisa melakukan pencegahan cache laptop penuh dengan selalu melakukan proses uninstall aplikasi dengan sempurna. Jika sudah melakukan uninstall, terkadang masih ada yang file yang tertinggal dalam folder aplikasi tersebut. Anda bisa mengecek apakah folder aplikasi tersebut sudah benar-benar hilang atau masih ada. Jika masih ada, berarti Anda bisa menghapusnya.

Itulah dia cara menghapus cache di lapto yang bisa Anda coba. Jika Anda tidak ingin terlalu lama menghabiskan waktu dengan membersihkan cache di laptop Anda dan ingin segera menggunakan laptop dengan kecepatan yang optimal, Anda bisa memilih untuk merental laptop.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Anda bisa memanfaatkan jasa sewa perangkat IT & laptop dari IndoRental. Dengan pengalaman belasan tahun yang dimiliki, IndoRental memiliki barisan produk laptop dengan jenis dan spesifikasi beragam. Jadi Anda bisa mendapatkan sewa laptop sesuai kebutuhan bersama IndoRental. Hubungi IndoRental untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.