3 Cara Membersihkan Cache di Laptop Windows 10 Agar Tidak Lemot

3 Cara Membersihkan Cache di Laptop Windows 10 Agar Tidak Lemot

cara membersihkan cache di laptop windows 10
Teknologi
Cara membersihkan cache di laptop Windows 10 tidak sulit Anda lakukan. Jika laptop Anda memiliki kapasitas penyimpanan atau memory yang banyak, membersihkan cache sebenarnya bukan hal yang harus selalu Anda lakukan. Hal ini hanya dilakukan apabila penyimpanan laptop sudah terlalu penuh dengan banyaknya data yang tersimpan, padahal Anda masih ingin menyimpan data yang lebih penting. Jika sudah penuh begini, tentu Anda harus menghapus beberapa data yang tidak penting dan tidak berdampak pada performa laptop Anda. Coba perhatikan cara membersihkan cache berikut ini.

Bagaimana Cara Membersihkan Cache di Laptop Windows 10?

Cache adalah sebutan dari data-data sementara atau temporary files yang di unduh oleh sistem komputer setiap kali Anda mengunjungi website dari browser dan membuka aplikasi yang Anda install. Data-data ini diunduh untuk mempercepat proses membuka aplikasi atau website yang ingin Anda kunjungi lagi. Jika data sementara ini tidak pernah dihapus, maka memori laptop Anda akan penuh dan dapat mengganggu performa dari laptop saat digunakan. Oleh karena itu saat Anda merasa laptop mulai berjalan dengan sangat lambat, Anda bisa coba menghapus data tersebut. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghapus cache di laptop Windows 10.
Baca Juga: Bagaimana Cara Menghapus Cache di Laptop?

1. Settings

Melalui fitur settings, Anda bisa menghapus file cache secara manual dan otomatis. Anda bisa langsung membuka “Settings” dengan menekan tombol “Windows”. Klik bagian “System” dan cari bagian “Storage”. Lalu akan muncul tab yang menunjukkan jumlah data yang telah digunakan untuk menyimpan data-data. Klik “Temporary Files” dan centang bagian “Temporary Files” serta bagian lainnya yang ingin Anda hapus. Setelah itu klik “Removes Files”. Tunggu beberapa saat hingga sistem selesai menghapus. Jika sudah, maka folder cache Anda sudah terhapus. Untuk membuatnya menjadi otomatis, Anda bisa klik bagian “Configure Storage Sense or run it now”. Lalu akan muncul tab baru yang menampilkan pengaturan tentang bagaimana Anda ingin menghapus data sementara tersebut. Anda bisa langsung menghapusnya dengan klik “Clean Now” atau Anda bisa kembali ke bagian storage sebelumnya dan menggeser opsi ke mode “On”, agar pengaturan yang telah Anda buat dapat berjalan.

2. Disk Cleanup

Untuk menemukan Disk Cleanup, Anda bisa mencari pada bagian “Search Bar”, lalu ketik disk cleanup dan tekan “Enter”. Klik “Disk Cleanup” yang muncul dari hasil pencarian dan pilih menu “Windows C”. Saat Anda klik, sistem akan secara otomatis menghitung semua data yang tersimpan di laptop Anda.
Baca Juga: 6 Cara Mengembalikan File yang Corrupt
Jika sistem selesai menghitung data, akan muncul tab baru yang menampilkan daftar data yang bisa Anda hapus. Gulir ke bawah untuk mencari Temporary Files. Centang bagian “Temporary Files” dan centang data lainnya yang ingin Anda hapus secara permanen. Klik “Ok”, kemudian klik “Delete Files” untuk menghapus data yang sudah Anda centang sebelumnya, dan Anda selesai.

3. Browser

Cache pada browser juga bisa Anda coba hapus untuk mengurangi penggunaan memori laptop Anda. Langsung saja buka browser Anda, kemudian cari pilihan “Settings”. Klik simbol titik tiga atau garis tiga yang terdapat di kiri atas. Cari bagian “Security and Privacy” atau “Privacy search and services” dan klik “Clear Browsing Data”. Saat di klik, akan muncul tab baru yang menampilkan pilihan data yang bisa Anda hapus dengan mencentang dan klik “Clear data”. Lalu Anda selesai menghapus cache.

Pentingkah Menghapus Cache?

Dalam beberapa kasus, cache yang menumpuk seringkali dianggap sebagai penyebab dari kinerja perangkat PC yang lambat. Berdasarkan hal ini, banyak pengguna laptop atau PC menyarankan untuk menghapusnya supaya kinerjanya semakin cepat. Pasalnya, semakin sering Anda menggunakan program aplikasi atau mengunjungi situs, maka akan semakin banyak juga data berbentuk cache yang tersimpan. Banyaknya data cache tersebut tentunya memang akan memberatkan performa PC dan memenuhi kapasitas memori. Namun menurut sumber Android Police, mereka tidak menyarankan Anda untuk menghapus cache terlalu sering. Hal ini dikarenakan, aplikasi atau situs akan bisa menjadi lebih lama untuk diakses. Hal itu juga selaras dengan pernyataan Howtogeek, yang justru menganggap menghapus cache merupakan hal yang kurang disarankan, terkecuali bila aplikasi tersebut sering mengalami masalah. Begitu juga dengan browser, walaupun disediakan fitur bawaan untuk menghapusnya, Anda tidak perlu terlalu sering membersihkannya. Sebab, hal tersebut akan memperlambat akses ke suatu situs atau web.
Baca Juga: Bagaimana Cara Menghapus Cache di Laptop?
Itulah 3 cara menghapus cache di Windows 10 dengan mudah untuk membuat memori laptop Anda kembali memiliki ruang untuk menyimpan data penting yang lain dan untuk meningkatkan kinerja laptop saat digunakan. Jika Anda sedang ingin mencari laptop yang bisa Anda gunakan untuk acara Anda tanpa harus membelinya, Anda bisa sewa laptop di IndoRental. Kualitas laptop yang tersedia tentu saja berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau dan bisa Anda sesuaikan dengan budget Anda. Semoga cara membersihkan cache di laptop Windows 10 ini Anda temukan bermanfaat.