6 Cara Mengembalikan File yang Corrupt

6 Cara Mengembalikan File yang Corrupt

cara mengembalikan file yang corrupt
Tips dan Trik

Cara mengembalikan file yang corrupt sebenarnya tidak begitu sulit, hanya saja orang biasanya akan panik ketika file yang mereka butuhkan mengalami corrupt. Data yang mengalami kerusakan seperti corrupt bisa terjadi karena program salah menulis data atau ada hal lain yang mengganggu proses penulisan data sehingga file tersebut rusak.

Lalu, bagaimana cara memperbaiki file yang corrupt? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan di bawah ini tentang cara memperbaiki file yang rusak akibat corrupt di laptop Anda.

Bagaimana Cara Mengembalikan File Yang Corrupt di Komputer atau Laptop?

1. Lakukan Pemeriksaan Disk Secara Manual

Untuk Windows 10, Anda dapat memeriksa disk secara manual dengan membuka folder dan memilih This PC. Kemudian klik kanan dan pilih Properties lalu klik tab Tools. Pilih Periksa atau Check, diikuti oleh Pindai Drive atau Scan Drive untuk memulai langkah pemeriksaan disk, lalu klik Start. Tunggu sebentar sementara program memeriksa.

Baca Juga: 3 Cara Mengembalikan File Word yang Belum Tersimpan dengan Mudah

Setelah pemindaian selesai, ikuti rekomendasi atau saran yang diberikan untuk memperbaiki file yang rusak atau menemukan bad sector yang perlu diperbaiki. Setelah menyelesaikan semua langkah, restart laptop dan periksa kembali file yang rusak. Jika berhasil, maka file yang rusak akan dapat dibuka.

2. Gunakan Perintah Chkdsk

Anda juga dapat melakukan perintah Chkdsk untuk memperbaiki file yang rusak. Chkdsk sendiri adalah singkatan dari check disk di Windows. Setelah menekan Win + X, klik Windows Powershell (Admin) dan masukkan chkdsk c: diikuti dengan /r untuk menemukan bad sector yang mungkin merusak file dan menemukan informasi lain yang dapat dibaca.

Anda juga dapat mengetik chkdsk c: /f untuk memperbaiki bad sector atau /san untuk sekadar memindai tanpa melakukan aktivitas perbaikan apa pun. Terakhir, Anda mungkin juga perlu mengubah c: ke d: atau f:, tergantung pada lokasi drive Anda.

3. Menggunakan Alat Perbaikan Perangkat Lunak

Jika Anda baru dalam memperbaiki file yang rusak, Anda dapat mempercayakan tugas ini ke perangkat lunak yang dibuat untuk memperbaikinya. Ada beberapa software yang direkomendasikan, antara lain Office Fix, Repair Toolbox, dan File Repair. Ada juga software yang dikhususkan untuk memperbaiki jenis file yang lebih spesifik, seperti MP3 Repair Tool dan Digital Video Repair.

4. Ubah Format File

Sebelum panik karena tidak bisa membuka file yang diinginkan, coba buka file dengan format lain. Misalnya, file yang rusak dalam format .docs. Anda dapat mengubah format ke pdf sehingga Anda dapat membukanya. Untuk melakukannya, Anda dapat mengunjungi situs konverter online yang tersedia, seperti Small PDF atau I Love PDF.

Baca Juga: Miliki 7 Aplikasi PDF di Laptop Anda Sekarang

5. Buka dengan Program Berbeda

Mengubah format file mungkin terdengar rumit. Namun, Anda dapat memperbaiki file yang rusak dengan membukanya menggunakan program lain. Untuk melakukan ini, klik kanan pada file yang rusak, lalu pilih Buka Dengan dan pilih program lain untuk membukanya. Misal anda membuka file .jpeg dengan Paint atau aplikasi foto lainnya, hal ini memungkinkan file corrupt tadi.

6. Selalu Cadangkan Data di Drive Lain

Jika cara-cara tersebut tidak berhasil, maka untuk menyiasati file yang rusak atau corrupt, Anda bisa melakukan langkah pencegahan sebelumnya. Dengan mencadangkan setiap file penting, Anda tidak perlu khawatir kehilangan data penting yang rusak. Jadi, ketika file rusak, Anda dapat memulihkannya dengan memindahkannya dari drive lain tempat Anda membuat cadangan file.

Baca Juga: 3 Cara Mengembalikan Word yang Belum Tersimpan saat Laptop Mati

Anda tidak perlu menggunakan drive atau hard disk, Anda dapat mencadangkan file di jaringan Cloud secara online sehingga dapat dipulihkan kapan saja.

Itulah 6 langkah yang bisa Anda coba untuk memperbaiki file yang corrupt. Tentunya juga pastikan anda selalu mengupdate software antivirus di laptop anda untuk mencegah kemungkinan file corrupt karena virus. Kini, Anda tidak perlu khawatir lagi ketika menemukan file corrupt di laptop Anda.Jika Anda membutuhkan laptop untuk dirental atau disewa selama beberapa hari atau untuk kegiatan khusus, Anda bisa sewa laptop di IndoRental. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website kami di sini. Semoga artikel tentang cara mengembalikan file yang corrupt ini dapat membantu.