3 Cara Mengembalikan Word yang Belum Tersimpan saat Laptop Mati

3 Cara Mengembalikan Word yang Belum Tersimpan saat Laptop Mati

cara mengembalikan word yang belum tersimpan
Tips dan Trik

Mengetahui tips atau cara mengembalikan word yang belum tersimpan menjadi kelegaan tersendiri saat laptop mengalami masalah. Saat fokus mengetik di Word, kita sering lupa untuk menyimpan (save) file tersebut secara berkala sehingga versi terbarunya lupa disimpan. Untungnya, Microsoft Word selalu menyimpan otomatis file yang sedang dikerjakan demi mengantisipasi hilangnya file secara keseluruhan.

Seringkali kita dihadapkan dengan masalah laptop tiba-tiba hang atau mati padahal sedang fokus menyelesaikan pekerjaan. Penyebab utamanya adalah banyaknya software atau aplikasi yang memakan RAM sehingga laptop sudah mulai hang. PC atau laptop yang mesinnya sudah mulai panas pun bisa mati mendadak agar bisa mengistirahatkan dirinya untuk sementara.

Pilihan Cara Mengembalikan Word yang Belum Tersimpan

Tidak perlu panik jika file yang sedang dikerjakan di Word tiba-tiba hilang karena masalah pada laptop seperti hang atau mati mendadak. Pasalnya, Microsoft Word memiliki teknologi AutoRecover dan Word Document Recovery yang bisa memulihkan file yang hilang. 

Kedua teknologi tersebut akan membantu Microsoft Word melakukan Auto-Save atau menyimpan file secara otomatis saat kita sedang mengerjakan file tersebut. Tentu saja ada syaratnya, yakni fitur Auto-Save harus diaktifkan terlebih dahulu.

Mudah saja untuk menyimpan file secara berkala saat diketik, yakni dengan menekan tombol Control + S di keyboard. Sayangnya, banyak pengguna yang terlalu fokus dengan pekerjaannya sehingga lupa untuk menekan kedua tombol tersebut. Alhasil, risiko kehilangan file yang sedang dikerjakan pun semakin tinggi.

Daripada panik, Indorental memiliki cara yang praktis untuk memulihkan file Word yang terhapus atau belum tersimpan. Apa saja?

1. Fitur AutoRecover

Cara ini bisa diterapkan di Microsoft Word keluaran apapun. Langkah-langkahnya terbilang cukup rumit, namun bisa mengembalikan file Word yang sedang dikerjakan.

  • Pada Microsoft Word, klik File. Klik More yang terletak di bagian bawah, kemudian klik Options dan pilih tab Save.
  • Cek kotak pada bagian “Save AutoRecover information every * minutes”, kemudian cek lagi kotak pada “Keep the last autosaved version if I close without saving”.
  • Klik OK. File Word yang sedang dikerjakan pun dipulihkan kembali sehingga kita bisa mengaksesnya.

2. Fitur Document Recovery

Tips ini bisa juga diaplikasikan apabila komputer atau laptop mengalami crash yang membuat laptop mati mendadak. Hanya saja, cara ini lebih baik dilakukan jika laptopnya terhubung dengan jaringan internet. 

Baca Juga: Ketahui Cara Mengatasi Laptop Black Screen saat Digunakan

Caranya juga cukup sederhana, biasanya kotak dialog Document Recovery yang berada di sisi kiri layar muncul sendiri saat kita membuka Microsoft Word. Pilihlah file yang ingin dipulihkan, disarankan memilih file yang baru dibuat. Kemudian klik Open, dan file yang hilang pun bisa dipulihkan kembali.

3. Fitur Temporary Files

Terakhir, kita juga bisa menggunakan fitur Temporary Files atau File Sementara untuk memulihkan dokumen yang hilang. Cara ini bisa diaplikasikan di Microsoft Word mana pun, mulai dari Ms Word 2003 hingga yang terbaru, yakni 2019.

Untuk mengembalikan file Word yang telah hilang, lakukan langkah-langkah di bawah ini:

  • Pada jendela Ms. Word, klik File.
  • Klik Manage Document, kemudian pilih Recover Unsaved Documents.
  • Cari file yang hilang di kotak dialog, kemudian buka file tersebut.
  • Klik Save As untuk menyimpan file tersebut dan lanjutkan pekerjaan Anda.

Baca Juga: Cara Voice Typing di Word agar Pekerjaan Lebih Mudah

Setelah menyelesaikan pekerjaannya, Anda bisa langsung mencetak file-nya dengan menggunakan printer. Jika file ingin di-print dalam jumlah halaman yang banyak, gunakan saja layanan sewa printer dari Indorental untuk menghemat waktu dan biaya yang harus dikeluarkan. Anda cukup print di rumah saja dengan printer berkualitas dari Indorental tanpa harus keluar rumah.

Pastikan dokumen yang hendak di-print sudah memiliki halaman yang cukup lengkap. Jika ada halaman yang hilang karena laptop sempat bermasalah, jangan panik. Lakukan saja cara mengembalikan word yang belum tersimpan di atas dan file Anda pun kembali dengan lengkap.