5 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop

<strong>5 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop</strong>

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop
Tips dan Trik
Jika ditanya mengenai perangkat teknologi yang saat ini Anda pakai sehari-hari, maka laptop sudah pasti menjadi jawaban utama. Memang laptop membawa pengaruh positif untuk para penggunanya karena lebih ringan, bisa dibawa dengan mudah, dan tetap memberikan performa maksimal dengan cara mengatasi laptop lemot . Sayangnya seiring pemakaian, terkadang Anda melakukan kesalahan tidak disengaja. Salah satunya adalah menghapus file penting. Tapi tenang saja. Ada beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di laptop. Untuk mengembalikan file terhapus di laptop itu sebenarnya tidaklah sulit. Pada artikel ini, terdapat dua cara untuk mengembalikan file dengan mudah tapi dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Ingin tahu lebih dalam? Baca dan simak penjelasannya.

1. Menggunakan Fitur Backup & Restore

Cara mengembalikan file yang terhapus yang pertama adalah menggunakan fitur Backup & Restore Previous. Di sistem operasi Windows 7, 8, dan 10 terdapat fitur yang bisa membuat Anda mendapatkan kembali file yang terhapus di komputer atau laptop dengan mudah. Tentunya dengan fitur Backup & Restore ini. Caranya pun mudah. Pertama adalah Anda harus sering melakukan backup data. Untuk bisa mendapatkan fitur ini:
  • Anda bisa buka ‘Control Panel’
  • Lalu pilih ‘System and Maintenance’
  • Kemudian pilih menu ‘Backup and Restore’
  • Di sini Anda bisa memilih fitur backup dengan menekan bagian Set Up Backup.
Jika sudah melakukan backup secara berkala kemudian tiba-tiba ada file yang tidak sengaja terhapus dan ingin mengembalikan lagi, Anda tinggal kembali ke pilihan menu di atas. Masuk ke Control Panel, kemudian pilih menu System and Maintenance dan pilih Backup and Restore. Di bagian bawah akan terlihat file backup yang telah Anda lakukan dalam beberapa waktu terakhir. Anda tinggal klik itu dan akhirnya file yang hilang telah kembali. Mudah, bukan?
Baca Juga: 3 Cara Memperbaiki File yang Corrupt di Flashdisk dengan Mudah dan Cepat

2. Restore File di Dalam Recycle Bin

File yang dihapus di dalam laptop biasanya tidak langsung hilang seketika. Pasti ditaruh di sebuah aplikasi bernama Recycle Bin pada sistem operasi Windows atau Trash untuk sistem operasi Mac. Kalau tiba-tiba file yang anda cari itu hilang atau Anda salah menghapus file, tidak perlu khawatir. Buka saja aplikasi tersebut. Pasti di dalamnya masih terdapat file yang tidak sengaja terhapus itu. Anda tinggal pilih file yang ingin dikembalikan, kemudian klik kanan, lalu pilih Restore. Sekarang file tersebut sudah kembali ke lokasi folder terakhir kali berada. Anda tinggal mencari file atau folder tersebut di lokasi penyimpanan file tersebut. Pasti file yang dibutuhkan telah tersedia di sana. Walaupun di Recycle Bin atau Trash memiliki fitur restore untuk mengembalikan file, namun sebaiknya Anda jangan sampai salah hapus file. Sebelum hapus file atau folder, cek kembali apakah masih dibutuhkan atau tidak. Jika memang masih ragu, sebaiknya simpan saja terlebih dahulu. Lebih baik Anda menyimpan file yang memiliki potensi berguna pada hari mendatang daripada menghapusnya dan tidak bisa mengembalikan lagi. Apalagi jika Anda sendiri telah menghapus file tersebut dari Recycle Bin. Anda tinggal berharap bahwa file tersebut masih ada di sistem Backup & Restore atau menggunakan software aplikasi third party file recovery yang sudah banyak beredar di internet pada saat ini. Jadi itulah cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop.

3. Menggunakan Akses Command Prompt

Langkah berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan akses command prompt. Pada dasarnya, terdapat beragam fitur yang bisa diakses melalui command prompt ini, seperti memeriksa kondisi internet sampai mengembalikan data yang hilang. Adapun cara untuk mengembalikan data yang terhapus menggunakan command prompt adalah sebagai berikut:
  • Akses Command Prompt dengan menggunakan Search bar atau ctrl+f di laptop atau komputer Anda.
  • Ketikkan cmd pada search bar. Kemudian, klik kanan dan pilih opsi Run As Administrator.
  • Berikutnya ketik chkdsk X: /f. Gantilah “X” tersebut dengan nama drive tempat file yang sudah terhapus tersimpan.
  • Lalu, ketik ATTRIB -H -R -S /S /D X:*.*. Sama seperti yang sebelumnya, ganti “X” dengan nama drive Anda. Proses recovery file dan folder yang terhapus akan langsung terproses setelahnya.
Selama proses diatas berlangsung, Anda dilarang menyimpan, memindahkan atau menghapus file jenis apapun di dalam PC. Hal ini bertujuan untuk menghindari tertimpanya file tersebut.
Baca Juga: Tidak Sulit, Begini Cara Transfer File dari Laptop ke Laptop dengan Kabel USB

4. Menggunakan File History di Windows 10

Selain bisa menggunakan akses Command Prompt di atas. Ada cara lain yang dapat Anda coba lakukan yakni dengan fitur File History. Namun, fasilitas ini hanya tersedia di sistem operasi Windows 10 yang dimana untuk menggantikan fitur Backup and Restore di Windows 7 dan Windows 8. Namun, sebelumnya Anda harus sudah melakukan backup supaya cara ini bisa berfungsi dengan baik. Perlu diketahui bahwa, File History ini bisa melindungi dan mencegah berkas hilang. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
  • Buka menu Settings di PC Anda, lalu pilih Update & Security. Selanjutnya, klik Backup dan pilih Add a Drive.
  • Setelah meng-klik Add a Drive, lalu akan muncul daftar partisi hard drive eksternal yang dapat digunakan untuk menyimpan backup file.
  • Klik partisi hard drive eksternal yang bisa dipilih.
  • Jika Anda ingin backup yang dilakukan secara berkala, klik ikon di bawah teks Automatically Backup My Files.
  • Apabila Anda ingin mengembalikan backup yang sudah dibuat. Buka menu Search, lalu ketikkan File History dan klik ikonnya.
  • Untuk bisa mengembalikan file, folder, atau partisi yang diinginkan. Anda hanya tinggal klik ikon Restore berwarna hijau yang berada di bagian bawah jendela.

5. Menggunakan Recuva

Recuva merupakan salah satu software file recovery yang bisa memberikan kemudahan bagi penggunaannya. Walaupun software ini tidak gratis alias tool berbayar, Anda juga bisa mengunduh versi gratisnya. Selain itu, Anda juga tidak perlu mendapatkan versi premium untuk dapat melakukan recovery file secara tanpa batas. Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan Recuva untuk memulihkan file yang sudah terhapus di laptop atau PC.
  • Download dan Install Recuva di PC Anda.
  • Buka Recuva Wizard dari komputer, kemudian pilih file yang ingin dikembalikan. Lalu, klik ikon “Next”.
  • Berikutnya, tentukan tempat penyimpanan file yang terhapus guna mempercepat proses pencarian file yang terhapus.
  • Apabila Anda merasa yakin bahwa file yang terhapus tersebut memang tersimpan di tempat yang telah ditentukan, maka bisa langsung klik “Next” dan pilih “I’m Not Sure” jika Anda tidak yakin atau lupa tempat penyimpanan file tersebut.
  • Untuk memulai proses pencarian, centang kotak “Enable Deep Scan”, dan klik “Start”.
  • Tunggulah beberapa saat ketika file sedang dalam proses pencarian. Proses ini dibagi menjadi 3 bagian. Diantaranya mencari file yang terhapus, menganalisis kerusakan file, dan menganalisa isi file.
  • Terakhir, pilih file yang ingin Anda kembalikan dengan cara centang kotak pada file-file yang ingin dikembalikan, kemudian klik kanan pada file dan pilih opsi “Recover Highlighted”. Selanjutnya diakhiri dengan meng-klik ikon “Recover”.
Baca Juga: Pelajari 4 Cara Mengembalikan File yang Hilang Karena Virus Laptop dengan Tepat
Berbicara mengenai kebutuhan terhadap laptop, Anda sebenarnya bisa menyewanya dengan jumlah besar dan untuk kebutuhan perkantoran, event, hingga pribadi. Telah hadir IndoRental, penyedia layanan penyewaan perangkat IT & laptop sejak tahun 2007. IndoRental memiliki sewa laptop dari berbagai merek, tipe, dan spesifikasi. Selain itu seluruh laptop yang tersedia bisa Anda pinjam dengan jangka waktu tertentu sesuai kebutuhan. Jadi kebutuhan Anda terhadap laptop bisa didapatkan dengan mudah bersama IndoRental apalagi sudah tersedia sewa laptop jakarta dan sewa laptop bandung. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi IndoRental sekarang juga.