4 Cara Cek SSD Laptop Windows 10 dan 11

4 Cara Cek SSD Laptop Windows 10 dan 11

cara cek ssd laptop
Tips dan Trik

SSD menjadi salah satu teknologi terbaru yang dipasang dalam laptop. Keberadaannya digunakan untuk menyimpan berbagai file yang Anda punya dengan baik dan mudah. Biasanya SSD ditambahkan pada laptop apabila penggunanya merasa kekurangan memori penyimpanan. 

Jika kamu mulai merasakan aplikasi berjalan sangat lambat maka bisa jadi kemungkinan bahwa memori penyimpanan sudah menipis. Tetapi Anda perlu memeriksanya terlebih dahulu untuk memastikan alasan dari keadaan lambat atau lemot tersebut. Sudahkah Anda tahu cara cek SSD laptop Windows 10 dan 11? 

Jika belum maka ini adalah kesempatan bagus untuk mengetahuinya. Jadi ketika benar bahwa memori penyimpanan sudah mulai menipis maka Anda bisa langsung menambahkan alias mengupgrade ke kapasitas yang lebih besar. Langsung saja simak cara mengeceknya di bawah ini! 

Apa Itu SSD Laptop?

SSD memiliki kepanjangan dari Solid State Drive yang merupakan sebuah komponen laptop dan komputer yang krusial. Penggunaannya saat ini sudah menjadi suatu standar bagi laptop untuk memori menyimpan data, instruksi, serta informasi. 

Pasalnya SSD lebih canggih daripada teknologi sebelumnya yaitu HDD atau Hard Disk Drive. Saat ini SSD mampu membaca data lebih cepat sehingga membuat pemakaian laptop lebih ringan dan nyaman. 

Baca Juga: 4 Cara Cek Spek Laptop dengan Mudah

Apa Saja Perbedaan SSD dan HDD?

Anda pasti bingung mengapa SSD disebut-sebut lebih canggih daripada HDD. itu sebabnya pada kesempatan ini Anda akan diajak melihat perbedaan keduanya. Coba perhatikan perbedaannya berikut ini. 

1. Konsumsi Energi

Energi yang dialirkan kepada SSD tidak perlu seperti HDD yang sangat banyak. Piringan dalam HDD perlu terus berputar agar data bisa dibaca dengan baik. Pemutaran piringan inilah yang membutuhkan banyak energi. Namun tidak demikian dengan SSD karena pengoperasiannya tidak perlu secara mekanik. Jadi sudah pasti SSD lebih hemat energi.

2. Kecepatan Memproses Data

Jika HDD memerlukan komponen lain untuk terus bergerak dan membaca data maka SSD tidak bekerja demikian. SSD akan terus bekerja tanpa adanya piringan atau energi. Ketika laptop mulai dinyalakan maka SSD akan langsung aktif sehingga Anda bisa lebih cepat membuka data. Kecepatannya bahkan sangat tinggi hingga 25-100 kali lipat daripada HDD. 

3. Kapasitas 

Soal kapasitas, SSD memang lebih kecil daripada HSS. Kebanyakan laptop memiliki memori penyimpanan SSD dengan kapasitas sebesar 128 GB sampai 256 GB saja. Tetapi sebenarnya Anda masih bisa menambahkan kapasitas dengan penyimpanan lainnya. Di samping itu, kapasitas HDD sangat besar yakni bisa mencapai 500GB. 

4. Ketahanan Komponen

SSD terbilang lebih aman digunakan jika dibandingkan dengan hardisk HDD. Hal ini bisa Anda lihat dari penyimpanan datanya yang lebih terjamin. Jadi guncangan atau getaran lainnya tidak akan dapat merusak file.

Baca Juga: Memahami Cara Pasang SSD di Laptop

Bagaimana Cara Cek SSD Laptop Windows 10?

Apabila Anda ingin mengecek SSD laptop Windows sebenarnya tidak perlu sampai membongkar seluruh mesin. Anda bisa dengan mudah melihatnya dari Task Manager pada sistem informasi Windows 10 dengan langkah-langkah sebagai berikut: 

  1. Buka Task Manager dengan menekan Ctrl + Shift + Esc.
  2. Cari dan pilih tulisan “Performance” 
  3. Pilih salah satu “Disk” untuk melihat jenis memorinya. 
  4. Lihat ke bagian kanan atas untuk mengetahui jenis memori yang Anda punya. Biasanya akan tertulis jenis memori baik HDD maupun SSD. 

Bagaimana Cara Cek SSD Laptop Melalui Device Manager?

Metode selanjutnya untuk memeriksa SSD laptop dapat dilakukan dengan menggunakan fitur Device Manager. Device Manager adalah sebuah alat pengaturan di Panel Kontrol pada sistem operasi Microsoft Windows. Alat ini memungkinkan pengguna untuk melihat dan mengelola perangkat keras yang terpasang di komputer mereka. Ketika terjadi masalah dengan perangkat keras, perangkat keras yang bermasalah akan ditandai untuk ditangani oleh pengguna. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka menu “Start”.
  2. Pilih “Device Manager”.
  3. Klik pada bagian “Disk drives”.
  4. Dengan demikian, pengguna akan langsung mendapatkan informasi tentang SSD pada laptop.

Bagaimana Cara Cek SSD Laptop Melalui Defragment?

Pengguna laptop juga memiliki opsi untuk memeriksa kapasitas dan kinerja SSD melalui fitur Defragmentasi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Nyalakan laptop yang ingin diperiksa.
  2. Di layar utama, klik tombol Windows.
  3. Ketikkan ‘Defragment’ pada kolom pencarian dan tekan Enter.
  4. Kemudian, layar akan menampilkan jenis hard disk yang terpasang di perangkat elektronik.

Bagaimana Cara Cek SSD Laptop Windows 11?

Sebenarnya cara pengecekan pada Windows 11 tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya. Anda bisa mencoba cara di atas atau mencoba mengeceknya dengan PowerShell seperti di bawah ini: 

  1. Tekan tombol Windows + S
  2. Masukkan “PowerShell” ke search bar sebagai kata kunci pencarian. 
  3. Pilih “Windows PowerShell”.
  4. Masukkan lagi kata kunci “get-physicaldisk” dan Enter
  5. Tunggu beberapa saat sampai Anda bisa melihat jenis SSD yang terpasang di dalam laptop. Kemudian nama SSD akan muncul. 

Memiliki memori penyimpanan yang besar memang lebih baik ketimbang berkekurangan. Namun tidak semua laptop memiliki kapasitas yang mumpuni. Terkadang pengguna masih harus menambahkan kapasitas penyimpanan sendiri supaya aktivitas yang dilakukan berjalan lebih lancar. 

Baca Juga: 7 Cara Mengetahui Jenis RAM Laptop Dengan Mudah Dan Cepat

Selagi menunggu penambahan SSD atau HDD yang sedang dilakukan oleh teknisi ahli, Anda dapat memanfaatkan layanan sewa laptop di IndoRental. Tersedia banyak pilihan laptop berkualitas untuk Anda gunakan bekerja. 

Daripada bingung memilih yang mana, Anda bisa menghubungi tim IndoRental untuk berkonsultasi sekarang juga! Nikmati layanan sewa alat-alat elektronik berkelas yang aman dan tepercaya hanya di IndoRental! 

Semoga informasi cara cek SSD laptop di atas membantu Anda menemukan yang dibutuhkan!

banner-laptop