7 Cara Mengetahui Jenis RAM Laptop Dengan Mudah Dan Cepat

7 Cara Mengetahui Jenis RAM Laptop Dengan Mudah Dan Cepat

cara mengetahui jenis ram laptop
Tips dan Trik
Random Access Memory (RAM) merupakan salah satu perangkat keras (hardware) yang penting dalam memengaruhi performa laptop. Anda dapat menyesuaikan kebutuhan dan budget dengan mengetahui informasi mengenai RAM yang digunakan pada laptop. Untuk itu, Anda perlu menyimak cara mengetahui jenis RAM laptop. Saat ini, banyak ditemukan laptop yang menawarkan RAM dengan kapasitas besar dengan harga yang mahal. Mengapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan performa laptop sangat dipengaruhi oleh kapasitas RAM atau kemampuannya dalam mendukung pemrosesan data. Ketika Anda membutuhkan performa maksimal misalnya untuk pekerjaan grafis, tentunya jenis RAM penting untuk diperhatikan. Yuk simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Bagaimana Cara Mengetahui Jenis RAM Laptop?

Setelah mengetahui peran penting RAM dalam memengaruhi performa laptop, informasi mengenai jenis RAM pun menjadi penting untuk diperhatikan. Apakah RAM yang Anda gunakan saat ini sudah sesuai dengan kebutuhan? Berikut ini merupakan cara mengetahui jenis RAM laptop yang perlu Anda simak.

1. Menggunakan Task Manager

Task manager sendiri merupakan alat penting dalam Microsoft Windows yang menyediakan informasi detail tentang aplikasi, proses dan layanan yang sedang berjalan di Windows. Alat ini berguna untuk monitoring dan mengelola Microsoft Windows. Nah, informasi mengenai jenis RAM laptop ini dapat Anda dapatkan di sini. Berikut ini merupakan cara mengetahui jenis RAM laptop menggunakan task manager:
  • Buka task manager, caranya dengan klik tombol Ctrl+Alt+DEL.
  • Sistem akan otomatis menampilkan jendela Windows Security, pilih saja bagian task manager.
  • Jika sudah masuk ke dalam task manager, klik tab performance lalu masuk ke dalam pilihan memory.
  • Pada tab pilihan ini, Anda dapat mengetahui jenis RAM yang digunakan pada laptop berikut dengan kapasitasnya.

2. Melalui Command Prompt (CMD)

Cara yang kedua melalui command prompt (CMD), sebuah alat untuk mengeksekusi perintah yang digunakan untuk otomatisasi tugas lewat script atau batch file. CMD ini biasanya berfungsi untuk menjalankan administrasi dan pemecahan masalah pada Microsoft Windows. Apabila Anda berniat untuk menggunakan fitur lainnya, Powershell memiliki basis yang sama. Anda dapat mengikuti beberapa langkah sederhana di bawah ini untuk mengetahui jenis RAM laptop melalui CMD:
  • Buka CMD, caranya dengan klik tombol Windows+R.
  • Ketika muncul dialog box, ketikkan CMD lalu klik OK.
  • Selanjutnya Anda akan melihat tampilan CMD, purwarupa sistem yang tampil dalam bentuk script.
  • Ketikkan systeminfo pada CMD, lalu klik enter.
  • CMD akan menampilkan hasil eksekusi perintah berupa informasi nilai angka yang menunjukkan jenis RAM laptop yang Anda gunakan.

3. Cek Stiker Bodi Laptop

Anda baru saja membeli laptop baru yang lengkap dengan kotak dus? Tenang, terdapat cara paling mudah untuk mengetahui jenis RAM dari laptop tersebut. Tinggal lihat saja pada bodi laptop, biasanya terdapat stiker yang menunjukkan informasi mengenai jenis RAM, audio dan processor yang digunakan. Namun, cara ini tentunya tidak akan bekerja bagi Anda yang membeli laptop bekas yang sudah tidak ada stiker resminya lagi. Untuk itu, cara paling mudah untuk mengetahui jenis RAM laptop yang satu ini tidak berlaku untuk semua laptop. Selama masih ada stiker resmi di bodi laptop, maka Anda dapat menggunakan cara ini untuk mengecek jenis RAM.
Baca Juga: 4 Kegunaan RAM Pada Laptop yang Perlu Anda Ketahui

4. Periksa Langsung Fisik RAM

Tidak ada stiker resmi di bodi laptop tapi Anda ingin mengetahui jenis RAM secara fisik? Kalau begitu, Anda dapat langsung menemukan informasi jenis RAM lewat fisiknya secara langsung. Jika tidak tertulis dengan jelas, maka ciri fisiknya pun akan cukup membantu. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka casing laptop. Lihat spesifikasi RAM yang tertanam dalam motherboard. Ciri fisiknya biasanya dapat membuat Anda mendapatkan informasi mengenai jenis, merek dan kapasitas dari RAM tersebut.

5. Periksa di Kardus Kemasan

Cara cek RAM laptop selanjutnya adalah dengan memeriksanya lewat kardus kemasan. Cara melihat tipe RAM laptop ini biasanya digunakan ketika laptop yang dibeli masih kondisi terbaru dan disegel dalam kemasan. Seperti halnya yang tertera pada label stiker, informasi yang tertulis pada kardus laptop umumnya singkat dan tidak terlalu detail. Akan tetapi, informasi ini masih dapat berguna bagi mereka yang ingin memeriksa kapasitas RAM laptop dengan cepat. Perlu diingat juga bahwa informasi pada kemasan laptop mungkin saja tidak akurat apabila laptop sudah mengalami peningkatan kapasitas RAM. Jika Anda membeli laptop bekas, cara terbaik untuk memeriksa jenis RAM-nya adalah dengan bertanya langsung kepada penjual.

6. Melalui Control Panel

Cara selanjutnya untuk mengetahui jenis RAM adalah melalui control panel. Ini merupakan salah satu fitur laptop yang memudahkan Anda untuk mengakses pengaturan sistem. Seluruh informasi dan cara mengelola sistem laptop akan tersedia, termasuk jenis RAM. Lalu bagaimana cara menggunakannya? Yuk simak langkah-langkah cara mengetahui jenis RAM laptop melalui control panel di bawah ini.
  • Buka Control Panel, caranya hanya dengan mengakses kotak pencarian di menu start Windows. Ketikkan saja control panel dan klik untuk membukanya.
  • Setelah masuk ke dalam jendela control panel, Anda akan melihat berbagai tab dengan fungsi masing-masing. Pilihlah tab system & security.
  • Tekan tombol bagian system, maka control panel akan menyuguhkan informasi mengenai pembuatan laptop, jenis RAM, tipe sistem, processor dan lain sebagainya.

7. Menggunakan Aplikasi

Masih merasa kesulitan mengetahui informasi RAM lewat beberapa fitur Windows? Tenang, Anda dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini dapat memberikan informasi detail mengenai spesifikasi laptop, termasuk jenis RAM. Sistem kerja dari aplikasi ini adalah scanning informasi terhadap perangkat dimana aplikasi terinstall. Berikut ini merupakan cara mengetahui jenis RAM laptop menggunakan aplikasi:
  • Unduh dan install terlebih dahulu aplikasi CPU-Z. Aplikasi ini mudah ditemukan di berbagai platform internet.
  • Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi CPU-Z.
  • Anda hanya tinggal klik tab memory pada tampilan awal aplikasi untuk mengetahui informasi RAM secara umum.
  • Lalu, klik tab SPD dan memory selection. Anda dapat mengetahui informasi detail seputar jenis dan kapasitas RAM pada laptop.
Baca Juga: Kelebihan Dan Kekurangan Processor Intel Xeon

Apa Saja Fungsi RAM Pada Laptop?

Seberapa penting peranan RAM pada laptop? Secara garis besar, fungsi utama RAM adalah menyimpan data yang digunakan untuk operasional laptop. Yuk ketahui beberapa fungsi RAM pada laptop di bawah ini.

1. Menyimpan Data Sementara

RAM berfungsi untuk menyimpan data yang diperlukan oleh aplikasi atau program secara sementara. Jadi, ketika aplikasi berjalan maka informasinya disimpan oleh RAM kemudian diteruskan ke processor dan CPU untuk diproses. Dapat dikatakan bahwa semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak data yang disimpan maka operasional aplikasi dan program jadi lebih kencang.

2. Meningkatkan Performa Multitasking Laptop

Semakin besar kapasitas RAM, maka semakin banyak data aplikasi yang disimpan dan diteruskan ke processor serta CPU. Jika menjalankan banyak aplikasi, maka kebutuhan pemrosesan data semakin meningkat. Itulah mengapa jenis RAM dapat meningkatkan performa multitasking laptop.

3. Mempercepat Pemrosesan Informasi

Masih terkait dengan cara kerjanya, RAM berfungsi untuk mempercepat pemrosesan data. Ketika RAM dengan jenis terbaik dengan kapasitas besar, maka pemrosesan informasi pun dapat berlangsung secara lebih cepat. Tidak heran, apabila laptop yang menawarkan kapasitas RAM besar akan memiliki harga lebih mahal karena performansi lebih unggul.
Baca Juga: Perbedaan SSD dan HDD yang Perlu Kamu Ketahui!
Nah, itulah tadi informasi mengenai cara mengetahui jenis RAM laptop dengan mudah dan cepat yang dapat Anda coba. Mengetahui jenis RAM laptop terutama bagian kapasitas mampu membantu Anda optimalisasikan penggunaan. Untuk itu, pastikan Anda telah menggunakan RAM dengan jenis yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Apakah Anda membutuhkan perangkat teknologi kualitas terbaik tapi budget minim? Tenang, jasa sewa perangkat teknologi dapat menjadi solusi yang tepat. Kunjungi Indorental sekarang juga, dapatkan informasi terbaik untuk kebutuhan penyewaan perangkat teknologi Anda.