Kelebihan Dan Kekurangan Processor Intel Xeon

Kelebihan Dan Kekurangan Processor Intel Xeon

kelebihan dan kekurangan processor intel xeon
Teknologi

Intel merupakan salah satu brand processor paling laris yang banyak digunakan pada komputer atau laptop saat ini. Apabila biasanya menemukan series Intel Core, Anda mungkin perlu mengetahui mengenai series lain yaitu Intel Xeon. Terkenal memiliki daya tahan lama dan cocok untuk perusahaan, yuk ketahui lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan Intel Xeon.

Intel Xeon sendiri merupakan salah satu processor Intel yang dirilis pada pertengahan 2001. Series ini merupakan transformasi dari processor pendahulunya yaitu Pentium. Dibandingkan dengan series Core, Intel Xeon memang kurang populer dan jarang diminati untuk aktivitas sehari-hari. 

Bagi Anda yang membutuhkan kinerja server untuk perusahaan, mungkin mengetahui lebih lanjut mengenai Intel Xeon dapat membantu Anda menentukan processor yang tepat untuk kerja profesional.

Apa Saja Kelebihan Processor Intel Xeon?

Sebuah perusahaan biasanya memerlukan kinerja komputer selama 24 jam nonstop atau server yang kuat untuk mendukung kinerja. Nah, processor Intel Xeon ini menjadi salah satu andalan untuk komputer perusahaan. Yuk simak beberapa kelebihan processor Intel Xeon yang mungkin cocok untuk memenuhi kebutuhan Anda.

1. Jalankan Aplikasi Berat Dalam Waktu Lama

Intel Xeon dilengkapi dengan L3 Cache yaitu memori antara processor dan RAM. Komponen ini mendukung processor untuk bekerja lebih optimal dengan mempercepat beberapa aplikasi tertentu. Hal ini yang membuat Intel Xeon mampu menjalankan berbagai aplikasi berat, bahkan untuk durasi yang lama sekalipun.

2. Otomatis Perbaiki Kerusakan Sistem

Tidak hanya L3 Cache, Intel seri Xeon juga didukung dengan adanya Error Checking and Correction (ECC) RAM. Komponen ini memungkinkan processor Intel Xeon untuk menstabilkan sistem komputer dan memperbaiki kerusakan. ECC RAM bahkan mampu mendeteksi kerusakan dan memperbaikinya sebelum benar-benar terjadi. Hal ini tentunya sangat membantu Anda untuk meminimalisir terjadinya crash dan data corrupt.

3. Mendukung Quad Channels

Mengapa Intel Xeon dapat bekerja lebih cepat? Salah satunya karena Intel Xeon didukung oleh quad channels yang membuat performanya jauh lebih cepat dibandingkan dengan series lainnya. Quad channels sendiri mengoptimalkan kinerja processor untuk menciptakan performa komputer yang stabil dan cepat.

4. Daya Tahan Lama

Performa stabil dan cepat, tapi mudah rusak dan gonta-ganti? Tenang, processor Intel Xeon dikenal sebagai salah satu processor yang memiliki daya tahan lama. Cocok digunakan untuk komputer server, Intel Xeon mampu bertahan selama bertahun-tahun meskipun harus menjalankan aplikasi berat dengan waktu yang lama.

5. Fitur Hyperthreading dengan Harga yang Lebih Terjangkau

Segala keunggulan yang dimiliki oleh Xeon harus ditebus dengan harga yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan Core i7 atau i5. Namun, hal ini tidak berlaku untuk fitur Hyperthreading-nya. Semua seri Xeon dilengkapi dengan fitur Hyperthreading, sementara processor i5 tidak. Jika Anda menggunakan aplikasi yang memerlukan spesifikasi seperti itu, maka Xeon bisa jadi lebih ekonomis.

6. Jumlah Inti yang Lebih Banyak

Jika Anda perlu menjalankan aplikasi yang memerlukan sebanyak mungkin core, maka Xeon adalah pilihan yang tepat. Processor Xeon v3 memiliki 12 core, yang berarti dengan menggunakan Hyperthreading, Anda akan memiliki total 24 core. Sementara pada processor intel Core i7, Anda hanya akan mendapatkan 8 core.

Baca Juga: Kenali 8 Jenis-Jenis Processor Intel Dan Fungsinya

Apa Saja Kekurangan Processor Intel Xeon?

Meskipun memiliki beberapa kelebihan dari segi performa dan daya tahan, tetapi Intel Xeon juga memiliki kekurangan yang cukup mengganggu. Seiring dengan kualitas yang ditawarkan pastinya Intel Xeon memiliki harga lebih mahal. Berikut ini merupakan beberapa kekurangan processor Intel Xeon yang perlu Anda pertimbangkan.

1. Harga Mahal

Target pasar dari processor Intel Xeon sendiri merupakan kalangan midrange dan high end yang memerlukan kebutuhan performa komputer tinggi. Hal ini yang membuat harga Intel Xeon lebih mahal dibandingkan dengan series processor Intel lainnya. Meskipun, harga yang dibayar memang sebanding dengan performa yang ditawarkan.

2. Pembelian GPU Terpisah

Salah satu kekurangan yang cukup mengganggu adalah processor Intel Xeon tidak terintegrasi langsung dengan GPU. Apabila ingin menggunakan Intel Xeon, maka Anda perlu mengeluarkan budget lebih lagi untuk membeli GPU. Dapat dikatakan bahwa penggunaan Intel Xeon tidak sepraktis series Intel lainnya, yang biasanya sudah menyatu dengan GPU.

3. Unlock Multiplier

Intel Xeon merupakan processor yang seluruh komponennya bersifat unlock multiplier. Apabila Anda ingin melakukan overclock guna memaksimalkan kinerja komputer, Intel Xeon membutuhkan BCIK. Sehingga lagi-lagi, penggunaan Intel Xeon memerlukan beberapa tambahan komponen atau konfigurasi yang cukup rumit.

Baca Juga: Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Laptop HP

Apa Saja Perbedaan Processor Intel Core Dan Intel Xeon?

Sebelum memutuskan untuk menggunakan processor Intel Xeon, Anda perlu mengetahui perbandingannya dengan Intel Core terlebih dahulu. Ini akan membantu Anda untuk lebih tepat dalam menyesuaikan kebutuhan, budget dan pilihan processor. Berikut ini merupakan perbedaan processor Intel Core dan Intel Xeon yang perlu Anda ketahui.

1. Integrasi GPU

Perbedaan pertama antara processor Intel Core dan Intel Xeon adalah integrasi GPU dari masing-masing series. Hampir seluruh series Intel Core sudah menyatu dengan GPU, sehingga penggunaannya termasuk praktis. Sedangkan Intel Xeon sendiri belum menyediakan varian yang terintegrasi GPU, ini artinya Anda perlu mendapatkan GPU secara terpisah.

2. Kebutuhan Penggunaan

Processor Intel Xeon cocok untuk memenuhi kebutuhan server instansi atau perusahaan. Hal ini sebanding dengan performa yang didapat dan budget yang dikeluarkan. Jika menggunakan Intel Xeon untuk kebutuhan pribadi dengan aktivitas yang ringan, tentunya Anda akan merasa cukup keberatan dan performa optimalnya terbuang percuma. Sedangkan Intel Core sangat cocok untuk aktivitas ringan ataupun berat dalam mendukung kerja profesional pribadi Anda.

3. Harga

Memiliki target pasar yang berbeda, tentunya membuat Intel Xeon dan Intel Core memiliki perbedaan harga. Seiring dengan performanya, Intel Xeon menawarkan harga yang jauh lebih mahal dibanding Intel Core. Untuk processor dengan clock speed yang sama sekalipun, Intel Core memiliki harga yang jauh lebih murah dari Intel Xeon.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12 Pro yang Harus Diketahui!

Apa Saja Perbedaan Prosesor Intel Xeon dan Intel Core i7?

Untuk memahami perbedaan antara prosesor Intel Xeon dan Intel Core i7, Anda bisa mengenalinya dari keunggulan kedua jenis prosesor tersebut. Secara umum, kedua jenis prosesor ini dirancang untuk memenuhi dua kebutuhan yang berbeda, berikut penjelasannya.

1. Intel Xeon

  • L3 Cache yang Besar: Salah satu fitur unggulan Intel Xeon yang paling terlihat adalah perbedaan dalam kapasitas L3 cache. L3 cache ini berfungsi sebagai memori yang menghubungkan prosesor dengan RAM. Meskipun mirip dengan RAM, L3 cache memiliki kecepatan yang jauh lebih tinggi, sehingga memungkinkan prosesor untuk menangani perintah rutin dengan lebih cepat.
  • Mendukung ECC RAM: ECC atau Error-correcting Code Memory adalah RAM yang digunakan dalam sistem Intel Xeon memiliki kemampuan untuk mendeteksi dan mengoreksi data yang rusak dan sering terjadi.
  • Quad Channel: Berbeda dengan Intel Core i7 yang biasanya hanya mendukung dual channel, Intel Xeon memungkinkan penggunaan konfigurasi quad channel, yang meningkatkan kecepatan akses RAM secara signifikan.
  • Jumlah Core yang Lebih Banyak: Setiap prosesor Intel Xeon biasanya memiliki jumlah core yang jauh lebih banyak daripada Intel Core i7. Beberapa bahkan memiliki hingga 14 core, sementara Intel Core i7 terbesar hanya memiliki 10 core.
  • Usia Pakai yang Lebih Lama: Karena dirancang untuk digunakan dalam server, prosesor Intel Xeon umumnya memiliki daya tahan yang lebih tinggi dibandingkan dengan Intel Core i7 dan lebih mampu mengatasi penggunaan yang intensif.

2. Intel Core i7

  • Potensi Overclock: Pada seri Intel Core i7, terdapat prosesor yang memiliki penanda “K”, yang berarti prosesor tersebut memiliki multiplier yang dapat diubah, memungkinkan untuk melakukan overclock dengan tingkat kebebasan dan kecepatan clock yang lebih tinggi. Berbeda dengan Intel Xeon, di mana semua prosesor memiliki multiplier yang tidak dapat diubah, sehingga overclock hanya dapat dilakukan melalui penyesuaian BCLK.
  • Perbandingan Harga dan Kinerja: Ketika membandingkan harga antara Intel Core i7 dan Intel Xeon, perbedaannya sangat signifikan. Hal ini membuat harga dan kinerja dari Intel Core i7 lebih efisien.
  • Grafis On-Board: Hampir semua prosesor Intel Core i7 dilengkapi dengan unit pemrosesan grafis terpadu yang disebut Intel HD. Sebaliknya, pada prosesor Intel Xeon, tidak ada satupun yang dilengkapi dengan unit grafis terpadu atau iGPU. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan Intel Xeon, Anda akan memerlukan kartu grafis tambahan.

Itulah tadi informasi mengenai kelebihan dan kekurangan processor Intel Xeon yang perlu Anda ketahui. Jika Anda membutuhkan processor untuk keperluan server maupun komputer perusahaan yang bekerja 24 jam nonstop, maka Intel Xeon akan sangat cocok untuk digunakan. Apabila hanya membutuhkan untuk aktivitas ringan sehari-hari, maka Intel Core sudah cukup. Sebelum memutuskan untuk menggunakan processor Intel Xeon maupun Intel Core, pastikan Anda telah mengetahui kebutuhan dan budget terlebih dahulu.

Anda membutuhkan perangkat teknologi untuk mendukung aktivitas di kantor? Jasa sewa perangkat teknologi dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Yuk kunjungi Indorental sekarang juga, dapatkan informasi penyewaan perangkat teknologi kualitas terbaik untuk Anda.

banner-laptop