7 Perbedaan TV LED dan LCD, Mana yang Lebih Baik?

7 Perbedaan TV LED dan LCD, Mana yang Lebih Baik?

perbedaan tv led dan lcd
Teknologi

Apa perbedaan TV LED dan LCD? Kemajuan teknologi saat ini mendorong pengembangan teknologi televisi yang lebih canggih. Tak lagi menggunakan tabung berukuran besar, saat ini TV mulai menerapkan bentuk yang lebih lebar namun tipis. Tak hanya perubahan pada bagian bentuknya saja, TV juga dibuat lebih jernih dan output suara yang lebih berkualitas. 

Jika sebelumnya Anda mungkin mengalami masalah visual yang banyak gangguan, suara yang terputus, atau kesulitan dengan penempatan antena, saat ini permasalahan tersebut tak akan Anda rasakan kembali sebab TV LED dan LCD hadir dengan spesifikasi unggulan. 

Tertarik untuk beralih ke salah satu jenis TV tersebut? Sebaiknya kenali dulu perbedaan keduanya agar dapat menentukan mana yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Simak informasi perbedaan TV LED dan LCD lebih lengkap dalam artikel berikut ini.

Apa Itu TV LED dan LCD?

LED yang merupakan singkatan dari Light Emitting diode bekerja dengan mengandalkan lampu diode yang menghantarkan arus listrik yang memancarkan cahaya sebagai sumber pencahayaan. 

Sebenarnya, dalam televisi LED, panel yang digunakan sama dengan LCD hanya saja TV LED memiliki sumber pencahayaan yang berbeda. Pencahayaan sinar neon terdapat pada bagian belakang layar atau di bagian tepi televisi. Sebab itulah TV LED dapat dibuat lebih tipis dibandingkan LCD. 

Berbeda dengan LED yang menampilkan visual melalui lampu diode, LCD atau Liquid Crystal Display adalah bentuk tampilan layar yang terbuat dari bahan kristal cair. Maksudnya, panel LCD ini memanfaatkan layar kristal dengan sinar neon atau fluorescent yang akan memancarkan cahaya putih. Kemudian, sinar neon tersebut akan terpancar ke arah panel dan mengubah blacklight menjadi pixel

Gelombang cahaya dari sinar neon akan disorot dari belakang ke bagian depan dengan kecepatan cahaya yang tetap sehingga dapat menampilkan berbagai warna se-realistis mungkin seperti aslinya. 

Pada dasarnya, panel LCD memiliki 3 tipe yang dibedakan sesuai cara kerja cairan kristalnya. Pertama adalah panel twisted nematic yang bekerja paling sederhana dengan menggunakan baterai. 

Kedua, vertical alignment yang bekerja memberikan ketajaman warna dan tampilan yang nyata. Ketiga, in-plane switching yang bekerja dengan menyejajarkan kristal cair agar mendapatkan warna dan sudut pandang yang menarik. 

Baca Juga: Sudah Tahu Belum? Ini 8 Perbedaan Android TV dan Smart TV Sebelum Membelinya!

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan TV LED?

Belakangan ini, TV LED telah menjadi salah satu pilihan paling populer dalam hal televisi layar lebar. Namun, pasarnya sendiri masih terbilang baru dan menimbulkan kebimbangan masyarakat untuk beralih ke TV LED. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan untuk beralih ke TV LED: 

Kelebihan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, TV LED unggul dalam bentuknya yang tipis dan lebih ringan sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk memindahkannya dan masih tersedia banyak ruang pada area TV. 

Selain itu, TV LED juga dilengkapi dengan banyak fitur tambahan yang membolehkan Anda memasang flashdisk, HDD, hingga share screen dari PC maupun HP. Cara perawatannya dan membersihkan beberapa bagiannya dari debu pun cukup mudah karena seluruh bagian TV dapat dijangkau.

Kekurangan 

Tak hanya kelebihannya saja, Anda juga perlu mempertimbangkan kekurangan TV LED sebelum membelinya. Apabila Anda memilih TV LED, bersiap untuk merogoh kocek yang lebih besar sebab harganya sedikit lebih mahal dibandingkan TV LCD. Ketika terjadi kerusakan pun, biaya perbaikannya juga cukup mahal mengingat penggunaan teknologi yang masih terbilang baru. 

Baca Juga: 9 Cara Membersihkan Kaca TV LED yang Benar dan Aman

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan TV LCD?

Untuk jenis TV yang satu ini, Anda pasti sudah tidak asing lagi. Sejak awal kemunculannya, masyarakat mulai banyak yang langsung beralih ke TV LCD. Namun hal ini bukan berarti sebagian besar dari mereka telah mengenal kelebihan dan kekurangan yang dimiliki TV LCD. Di bawah ini merupakan ulasan lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan TV LCD yang sebaiknya Anda ketahui:

Kelebihan

TV LCD dapat menghasilkan kualitas warna yang realistis serta dilengkapi dengan teknologi anti glare yang mengurangi pantulan cahaya yang menimbulkan bayangan. Karena ketersediaan berbagai ukuran, TV LCD ini juga dapat digunakan sebagai layar monitor komputer. Tak hanya itu saja, sinar radiasi yang dipancarkan oleh TV LCD juga cenderung lebih kecil, bahkan nyaris tidak ada. 

Kekurangan 

Sedangkan kekurangan dari TV LCD sendiri adalah kualitas gambar yang dapat menurun ketika Anda melihatnya dari sudut pandang yang lebih lebar. Selain itu, refresh rate dan response time TV LCD juga dapat dikatakan lebih rendah dibandingkan LED. Akibatnya, beberapa kali TV akan menampilkan hasil visual yang kabur dan kurang jelas. 

Baca Juga: 6 Cara Agar TV Jernih dengan Antena Dalam Ruangan

Apa Saja Perbedaan TV LED dan LCD?

TV LCD dan LED sama-sama memiliki layar datar dengan desain yang mirip. Meski demikian, ada beberapa perbedaan TV LED dan LCD. Simak penjelasannya di bawah ini untuk membantu Anda menemukan televisi yang tepat dan terbaik:

1. Daya Listrik

Dilihat dari konsumsi daya listriknya, TV LED jauh lebih hemat dibandingkan dengan TV LCD. Pasalnya, TV LED dirakit dengan menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan dan hemat listrik. Jika diuraikan dengan angka, TV LCD membutuhkan listrik sebesar kurang lebih 100 watt. Sedangkan LED hanya membutuhkan listrik sekitar 30 hingga 50 watt saja. 

2. Ketahanan 

Perbedaan TV LCD dan LED yang bisa dilihat secara langsung adalah daya tahan. TV LED memiliki kemampuan kerja yang lebih lama jika dibandingkan dengan LCD. Hal ini berkaitan dengan konsumsi daya listrik yang dibutuhkan dan teknologi pencahayaan yang ada di dalamnya. 

Konsumsi daya listrik yang rendah mendorong panel yang ada pada TV LED cenderung lebih dingin dan membuat TV tidak mudah panas. Berbeda dengan LCD yang membutuhkan banyak daya listrik dan memicu teknologi di dalamnya menjadi cepat panas. 

3. Tingkat Kontras

Tak dapat dimungkiri bahwa LED lebih banyak keunggulan dibandingkan dengan LCD sebab merupakan pengembangan teknologi sebelumnya. Hal ini juga termasuk pada tingkat kontras TV LED yang lebih tinggi dan lebih unggul. Cahaya yang dihasilkan oleh lampu diode dapat memberikan lebih banyak warna. 

Baca Juga: Seperti Inilah Cara Mencari Saluran TV Digital

4. Ketebalan Layar 

Jika dilihat sekilas, Anda mungkin tidak akan menemukan perbedaan ketebalan kedua TV tersebut. Faktanya, LED memiliki bentuk dan ukuran yang lebih tipis. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, teknologi yang digunakan pada TV LED terletak pada bagian belakang atau sisi samping, sehingga membolehkan dibuatnya bentuk TV yang lebih tipis. 

Sedangkan TV LCD memiliki ketebalan layar dan berat yang lebih besar. Alasannya karena TV LCD menggunakan bahan dasar cairan yang tentunya membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih luas. 

5. Kualitas Gambar

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa TV LED memberikan gambar yang lebih nyata dan jelas, karena jenis TV ini beroperasi menggunakan lampu berwarna RGB (merah, hijau, biru). Sebaliknya, fitur ini tidak akan ditemukan dalam TV LCD.

6. Back Lighting Technology

Perbedaan lainnya antara TV LCD dan TV LED terletak pada teknologi pencahayaan belakang, yang disebut sebagai backlighting technology. TV LCD menggunakan Cold Cathode Fluorescent Lamps (CCFL) untuk pencahayaannya, sementara TV LED menggunakan Light Emitting Diode (LED). Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa TV LED memiliki konsumsi listrik yang lebih rendah.

Teknologi CCFL pada TV LCD digunakan untuk menghasilkan berbagai warna dari cahaya belakang. Di sisi lain, TV LED menggunakan sistem dimming pada pencahayaan belakangnya, yang berguna untuk meningkatkan kontras dan pada akhirnya menghasilkan gambar yang lebih tajam. Namun, perlu diingat bahwa backlight yang digunakan oleh TV LED biasanya lebih tahan lama.

7. Harga

Dari segi harga, TV LCD memiliki harga jual yang lebih murah. TV LED memiliki harga 5 hingga 10 persen dibandingkan TV LCD. Hal ini sejalan dengan teknologi yang digunakan pada masing-masing TV. Untuk TV LCD umumnya dibanderol dengan kisaran harga Rp1,5 juta hingga Rp2 juta dan TV LED dibanderol dengan harga mulai dari Rp3 juta. 

8. Periode Produksi

TV LCD diperkenalkan kepada publik pada awal tahun 2001, menggantikan penggunaan TV tabung secara bertahap di seluruh dunia. Kemudian, TV LED diperkenalkan pada tahun 2014 dengan teknologi yang lebih canggih daripada TV LCD, menjadikannya sebagai penerus generasi TV LCD.

9. Komponen Penyusun

Dalam membandingkan TV LED dan TV LCD, penting untuk mempertimbangkan bahan dan komponen yang digunakan dalam pembuatannya. TV LED menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan dan menghasilkan lebih sedikit panas daripada TV LCD.

TV LCD, terutama versi lama, menggunakan bahan yang lebih berat dan memerlukan pendinginan tambahan, membuatnya lebih tebal dan berat dari TV LED. TV LED merupakan pilihan yang lebih ramah lingkungan dan lebih ringan daripada TV LCD.

Apakah informasi perbedaan TV LED dan LCD di atas membantu Anda menemukan pilihan yang tepat? Tentu, masing-masing TV berbeda dalam hal teknologi di belakangnya. Tetapi keduanya dapat menghasilkan gambar dan suara yang sama-sama bagus. Anda dapat menyesuaikan pemilihan LED dan LCD dari budget yang tersedia.  

TV LED dan LCD memiliki ukuran yang kurang lebih sama. Keduanya juga memiliki berat yang tak jauh berbeda meskipun TV LCD sedikit lebih besar. Pada dasarnya kualitas sebuah TV dilihat dari kecerahan gambar serata kontras warna yang ditampilkan. 

Oleh karena itu jika Anda mencari TV untuk sebuah event besar agar terjamin kelancarannya, TV LED adalah pilihan yang tepat. Tak perlu kebingungan mencari tempat penyewaan TV LED yang tepercaya dan berkualitas, sebab IndoRental siap diandalkan dalam menyediakan seluruh kebutuhan perangkat IT dan multimedia Anda. IndoRental berpengalaman dalam menyediakan berbagai perangkat digital berkualitas pada berbagai event besar. Untuk itu, segera hubungi tim IndoRental dan rasakan pelayanan penyediaan sewa TV LED yang cepat dan terbaik. Semoga informasi perbedaan TV LED dan LCD ini bermanfaat untuk Anda.