Sudah Tahu Belum? Ini 8 Perbedaan Android TV dan Smart TV Sebelum Membelinya!

Sudah Tahu Belum? Ini 8 Perbedaan Android TV dan Smart TV Sebelum Membelinya!

perbedaan android tv dan smart tv
Teknologi
Ingin membeli TV baru untuk menunjang kebutuhan hiburan Anda saat di rumah? Namun masih saja bingung, sebaiknya mana yang harus Anda pilih antara Android TV dan Smart TV? Mari, temukan beberapa perbedaan Android TV dan Smart TV yang bisa menjadi acuan Anda dalam membelinya.  Selain Anda akan mengetahui perbedaan di antara kedua jenis TV tersebut, ada juga beberapa tips mengenai hal apa saja yang perlu Anda lakukan saat hendak membeli TV. Penasaran? Yuk, simak!

Apa Itu Android TV?

Android TV merupakan jenis Smart TV yang memiliki beberapa fitur aplikasi bawaan dan konektivitas terhadap internet. Perangkat ini bekerja didukung dengan sistem operasi Android yang dibuat oleh salah satu perusahaan terkenal yakni Google. Selain itu, tentu saja Android TV juga memiliki akses ke Google Play Store. Sehingga memungkinkan seluruh penggunanya secara bebas melakukan pengunduhan dan pembaharuan berbagai aplikasi yang diinginkan pada TV dengan versi terbaru. Tidak hanya berhenti di situ saja, sebagai bonus tambahan, banyak TV Android juga menawarkan akses ke Chromecast dan Asisten Google bawaan untuk pengalaman TV yang lebih maksimal untuk para pengguna.

Apa Itu Smart TV?

Smart TV bisa disebut juga sebagai TV internet yang menghadirkan fitur eksklusif dan program tambahan melalui konektivitas internet. Anda dapat menyambungkan Smart TV ke internet secara nirkabel atau melalui kabel ethernet untuk mengakses konten online. Smart TV hadir dengan menggunakan sistem operasi yang mirip dengan yang Anda gunakan  pada Smartphone dan juga PC. Selain itu, sebagian besar Smart TV telah dilengkapi dengan aplikasi bawaan seperti Netflix, YouTube, Facebook, dan lainnya yang memungkinkan Anda bermain game, menonton video, dan streaming film favorit.
Baca Juga: 5 Perbedaan TV LED dan LCD, Mana yang Lebih Baik?

Apa Saja Perbedaan Android TV dan Smart TV?

Meskipun kedua jenis TV ini sama-sama membutuhkan internet untuk bisa menjalankan setiap program di dalamnya. Namun ternyata terdapat sejumlah hal yang menjadi perbedaan di antara kedua TV tersebut, lho. Ketahui di sini yuk! Agar menjadi acuan bagi Anda yang ingin membelinya

1. Tampilan yang Disajikan

Perbedaan pertama antara Smart TV dan Android TV yang dapat Anda lihat dengan mudah ialah tampilan di dalam TV saat setelah dinyalakan. Smart TV sendiri memiliki tampilan yang sedikit terlihat lebih sederhana dengan fungsi yang tetap canggih.  Format pengoperasian sistem Smart TV juga terbilang tidak rumit, sehingga pengguna baru pun bisa dengan mudah dan cepat menyesuaikan dalam penggunaan. Lalu, jika dibandingkan dengan Android TV dari sisi tampilan jelas jauh berbeda.  Android TV memiliki tampilan yang lebih kompleks sehingga bagi Anda yang mungkin sebelumnya belum pernah sama sekali menggunakan sistem Android di perangkat lain misalnya handphone akan sedikit membutuhkan waktu untuk menyesuaikan selama penggunaan.

2. Dukungan Sistem Operasi

Perbedaan selanjutnya terletak pada sistem operasi yang digunakan oleh Smart TV dan Android TV. Sistem operasi yang biasanya digunakan oleh Smart TV antara lain yakni Tizen OS maupun WebOS dengan model internet yang terintegrasi serta adanya fitur web 2.0.  Dapat dikatakan, kalau sistem operasi pada Smart TV seperti kombinasi antara TV, komputer, hingga pemutar digital. Sementara itu, sistem operasi yang digunakan oleh Android TV merupakan jenis yang biasa digunakan oleh Smartphone. 

3. Fitur dan Aplikasi yang Dihadirkan

Walaupun sebenarnya, kedua jenis TV ini sama-sama bisa terhubung ke jaringan internet sehingga bisa mengakses berbagai aplikasi streaming, namun tetap saja terdapat sebagian fitur atau aplikasi yang berbeda di dalamnya.  Smart TV telah membekali perangkatnya dengan segudang aplikasi bawaan misalnya seperti Netflix, Opera dan lain sebagainya. Sedangkan Android TV melengkapi perangkatnya dengan menghadirkan Google Play Store untuk memudahkan para pengguna dalam mengunduh aplikasi lain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

4. Penggunaan Remote Control 

Perbedaan Smart TV dan Android TV juga dapat terlihat dari segi remote control yang dimiliki. Smart TV menghadirkan fitur yang tidak harus dilakukan secara terpisah, yakni cukup dengan menggunakan satu remote saja. Sedangkan untuk Android TV, pengguna justru membutuhkan dua remote yang berbeda dengan fungsi berbeda juga. 

5. Kelengkapan Konektivitas

Perbedaan Smart TV dan Android TV yang terakhir ada di bagian konektivitasnya. Android TV dapat dikatakan lebih unggul jika dibandingkan dengan Smart TV dari segi konektivitas. Sebab, Smart TV masih membutuhkan kabel tambahan jika ingin menghubungkan dua layar secara sekaligus.  Lain halnya dengan Android TV yang telah didukung dengan teknologi bluetooth. Sehingga secara jelas akan memberikan kemudahan kepada pengguna ketika hendak menghubungkan perangkat satu dengan yang lain. Ditambah lagi, Android TV juga tidak ketinggalan melengkapi perangkatnya dengan fitur Chromecast Built In yang mampu menghubungkan dua device secara tercermin atau mirroring dalam satu kali klik saja.
Baca Juga: 4 Cara Mengatasi TV Digital Tidak Ada Sinyal

Apa Saja Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli TV?

Nah, kali ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli TV. Simak selengkapnya di bawah ini : 

1. Perhatikan Ukuran Layar dan Dimensi

Satu hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membeli TV ialah soal ukuran layar dan dimensi. Sebab, saat ini kegunaan TV tidak hanya terbatas untuk menonton saja. Melainkan juga dapat Anda gunakan untuk bermain game, browsing dan lainnya.  Sehingga pastikan Anda memilih ukuran layar dengan dimensi yang pas sesuai dengan kebutuhan dan ruangan. Mengapa? Karena ketika ukuran layar terlalu besar tentu saja akan membuat ruang menonton menjadi terlihat sempit. Begitu juga jika Anda memilih ukuran dan dimensi TV yang terlalu kecil maka pengalaman Anda dalam menonton tidak akan maksimal. 

2. Teknologi Panel TV

Selanjutnya perhatikan juga soal teknologi panel TV yang hendak Anda beli. Sebab, teknologi panel TV jelas akan mempengaruhi kualitas gambar yang akan ditampilkan. Pilihan teknologi panel TV yang dapat Anda pilih antara lain  OLED, LED, LCD. Semua teknologi layar ini mendukung resolusi 4K yang kini semakin penting, serta teknologi penguat warna 4K yang menyertainya seperti HDR, HDR10+, dan Dolby Vision

3. Resolusi TV

Setelah ukuran layar, dimensi dan juga teknologi panel TV kini langkah selanjutnya ialah jangan terlewat untuk perhatikan kemampuan resolusi Smart TV yang akan Anda pilih. Resolusi ini nanti akan juga menentukan berapa jumlah piksel yang mampu membentuk gambar pada layar. Secara sederhananya, lebih banyak piksel yang ada pada TV maka gambar yang dihadirkan juga akan lebih tajam. Jadi, pilihlah Smart TV yang mampu memberikan resolusi sebesar 4K. Dengan begitu maka objek gambar sekecil apapun yang ada pada layar akan tetap terlihat jelas dan detail. Tidak hanya itu saja, melainkan gambar akan lebih terlihat hidup pastinya.

4. Koneksi dan Port Penghubung

Saat ini koneksi utama yang juga perlu Anda cari di dalam TV adalah HDMI, port USB, dan dukungan multimedia. Jadi pastikan TV yang hendak Anda beli telah dilengkapi dengan koneksi dan port penghubung ini semua ya.

5. Speaker dan Suara

Hal terakhir yang juga jangan sampai Anda lupakan untuk perhatikan adalah soal kualitas suara TV. Pilih kualitas speaker bawaan pada TV yang mampu menghasilkan suara jernih dan jelas. Hal tersebut perlu Anda lakukan, terlebih lagi jika Anda tidak ingin repot-repot membeli dan menggunakan perangkat sound tambahan. Pilihlah TV yang memiliki konfigurasi speaker stereo dengan suara bass yang pas. Pertimbangan juga untuk memilih merek-merek ternama sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

6. Sistem Operasi TV

Perbedaan berikutnya dan yang terpenting diantara Android TV dan Smart TV adalah terletak pada sistem operasinya. Smart TV memiliki berbagai sistem operasi yang berbeda tergantung pada merek yang dipilih. Sebagai contoh, LG menggunakan sistem operasi bernama WebOS, sementara Samsung Smart TV menggunakan sistem operasi bernama Tizen. Di sisi lain, Android TV berjalan pada sistem operasi Android yang dikembangkan oleh Google. Hal ini memberikan pengalaman yang lebih komprehensif karena Anda dapat dengan mudah mengontrol TV Android Anda menggunakan smartphone Android, Google Assistant, atau smartwatch Android.

7. Aplikasi Pendukung

Dalam hal aplikasi pendukung, Android TV memiliki keunggulan yang lebih baik dibandingkan Smart TV. Walaupun keduanya menyediakan sejumlah aplikasi bawaan, namun dengan adanya dukungan dari Google Play Store di Android TV, Ana dapat mengakses lebih dari 1.000 aplikasi yang beragam, termasuk YouTube, Netflix, Prime Video, Disney Hotstar, dan masih banyak lagi. Sementara itu, Smart TV memiliki keterbatasan dalam hal ini karena hanya menawarkan akses terbatas pada beberapa aplikasi bawaan yang sudah ada. Proses update atau pembaruan aplikasi pada Smart TV juga cenderung sulit didapatkan, alhasil beberapa aplikasi mungkin tidak tersedia atau tidak mendukung.

8. Performa

Smart TV memiliki performa yang lebih responsif dan cepat karena dirancang lebih sederhana dan dioptimalkan secara baik antara hardware serta software-nya. Sementara itu, Android TV memiliki performa yang cenderung lebih lambat, terutama setelah digunakan selama beberapa tahun.
Baca Juga: Inilah Cara Menonton TV di Laptop yang Bisa Anda Coba
Nah, itu tadi beberapa perbedaan antara Android TV dan juga Smart TV. Selain itu, setelah membaca artikel kali ini Anda juga semakin paham soal hal apa saja yang perlu Anda perhatikan saat hendak membeli TV, kan? Kebetulan Anda juga sedang mencari tempat untuk menyewa TV? Serahkan saja kepada IndoRental yang merupakan perusahaan berfokus pada bidang IT. Sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik terkait penyewaan berbagai perangkat teknologi.  Sesuaikan juga dengan spesifikasi perangkatnya berdasarkan kebutuhan dan keinginan Anda. Yuk, segera hubungi tim IndoRental untuk mendapatkan konsultasi gratis dan layanan sewa yang mudah sekaligus cepat!