Wajib Tahu! 6 Cara Menghubungkan Headset Bluetooth ke Laptop Secara Mudah!

Wajib Tahu! 6 Cara Menghubungkan Headset Bluetooth ke Laptop Secara Mudah!

cara menghubungkan headset bluetooth ke laptop
Tips dan Trik

Apakah Anda sudah tahu cara menghubungkan headset bluetooth ke laptop? Kehadiran headset bluetooth yang telah terbukti sanggup memudahkan aktivitas para penggunanya, tentu akan sangat membantu siapa pun. Kini, Anda bisa menjadi lebih bebas untuk bergerak tanpa khawatir tersangkut oleh kabel pada headset.

Namun, tidak sedikit juga dari Anda yang mungkin belum begitu paham soal bagaimana cara menghubungkan headset bluetooth ke laptop. Kurangnya pemahaman ini akhirnya menjadikan alasan sebagian orang untuk tetap memilih headset yang masih menggunakan kabel. Padahal, headset bluetooth ini banyak memiliki keunggulan dalam menunjang aktivitas Anda.

Tentunya tidak ingin melewatkan segala kelebihan yang mampu ditawarkan dari headset bluetooth ini, bukan? Tanpa perlu berpikir ulang, yuk simak artikel dari IndoRental kali ini yang akan mengupas tuntas soal cara menghubungkan headset bluetooth ke laptop! 

Bagaimana Cara Menghubungkan Headset Bluetooth ke Laptop Windows?

Masih sering bingung bagaimana sebenarnya cara menghubungkan headset bluetooth milik Anda di Windows 10? Sini, IndoRental kasih tahu caranya! Simak penjelasannya di bawah ini sampai tuntas! Jangan sampai ada yang terlewat, ya.

1. Masuk Terlebih Dahulu ke Setting

Langkah pertama untuk menghubungkan headset bluetooth milik Anda dengan laptop tentunya adalah dengan menghidupkan bluetooth pada perangkat laptop terlebih dahulu. Bagaimana cara menghidupkannya? Anda bisa memulainya melalui menu Settings. 

Pertama-tama, klik tombol Start / Windows dan juga tombol Settings. Selain itu, untuk cara lebih mudahnya, Anda bisa juga dengan menekan tombol Windows + i pada keyboard. Nah, setelah jendela Settings terbuka, saatnya Anda pilih pada menu Devices.

2. Hidupkan Bluetooth 

Setelah tahap pertama berhasil Anda lakukan, maka langkah berikutnya tentu saja menghidupkan bluetooth yang ada pada laptop Anda. Caranya yaitu dengan mengklik pada tab Bluetooth & other devices, kemudian pada bagian Bluetooth klik tombol On untuk menyalakan.

Baca Juga: 4 Cara Cek HP Support Wireless Charger

3. Nyalakan Headset Bluetooth yang Ingin Dihubungkan

Apabila bluetooth pada laptop sudah menyala, kini saatnya Anda juga harus menghidupkan headset yang hendak digunakan. Jangan lupa untuk memastikan perangkat tersebut sedang dalam mode bisa ditemukan atau discoverable. Untuk menjadikan headset pada mode ini, Anda bisa melihat tutorialnya kembali melalui buku manual yang telah disertakan.

4. Klik “Add Bluetooth or Other Devices”

Setelah langkah ketiga tadi juga sudah berhasil dilakukan, kini saatnya kembali beralih ke perangkat laptop Anda. Masih berada pada halaman Bluetooth Settings, lanjutkan dengan mengklik tombol Add Bluetooth or Other Devices

Lalu, klik Bluetooth dan tunggu sebentar hingga headset Anda terdeteksi, nanti Anda akan melihat notifikasinya tampil di layar.

5. Klik pada Perangkat yang Diinginkan

Nah, setelah perangkat terdeteksi, lanjutkan dengan mengklik satu kali pada perangkat headset yang ingin dihubungkan. Lalu, jangan terlupa untuk menekan tombol Connect.

6. Berhasil Terhubung! Headset Bluetooth Siap Digunakan

Akhirnya headset Anda berhasil terhubung ke laptop dan bisa digunakan! Untuk melakukan pengaturan volume bisa dilakukan melalui tombol sound yang ada di taskbar seperti biasa, ya. Cukup mudah, bukan?

Baca Juga: Pahami 5 Cara Memperbaiki Speaker Laptop dengan Mudah dan Tips Merawatnya

Bagaimana Cara Menghubungkan Headset Bluetooth di Laptop Macbook?

Anda juga dapat menghubungkan perangkat audio headset bluetooth ini dengan MacBook. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakannya.

  1. Pastikan headset Anda dapat terdeteksi oleh Macbook Anda (lihat petunjuk yang disertakan dengan headset).
  2. Pada Mac Anda, klik ikon Bluetooth pada bar menu, kemudian pilih headset yang ingin Anda gunakan.

Jika ikon Bluetooth tidak muncul pada bar menu, buka menu Apple > Pengaturan Sistem, kemudian klik Pusat Kontrol di bar samping. (Anda mungkin perlu scroll ke bawah.) Lalu, klik menu pop-up di sebelah Bluetooth, dan pilih Tampilkan di Bar Menu.

Setelah itu, headset secara otomatis akan diakui sebagai perangkat input dan output suara untuk laptop Anda. Jika ingin memilih perangkat yang berbeda untuk input suara atau output suara, Anda dapat menggunakan pengaturan Bunyi.

Bagaimana Cara Mengatasi Headset Bluetooth yang Tidak Terdeteksi di Laptop?

Perangkat bluetooth headset Anda mendadak tidak bisa terdeteksi pada perangkat laptop? Tenang, jangan panik! Hal ini terjadi bukan berarti headset bluetooth Anda rusak dan tidak bisa digunakan sama sekali, ya. Tentu saja masih bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Ikuti saja sederet cara dalam mengatasi permasalahan tersebut yang sudah berhasil dirangkum oleh IndoRental!

1. Restart Headset Bluetooth

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi headset bluetooth yang tidak bisa terdeteksi di laptop, ialah dengan merestart headset bluetooth yang digunakan terlebih dahulu. Bagaimana caranya? 

Cukup mudah kok! Kamu hanya perlu mematikan sementara headset bluetooth dengan menekan tombol power dan menunggunya beberapa saat. Apabila langkah tersebut sudah Anda lakukan, kini coba nyalakan kembali headset dan cek pada ponsel apakah sudah terdeteksi atau belum.

2. Pastikan Headset Bluetooth Tidak dalam Kondisi Habis Daya

Nyatanya, headset bluetooth yang dijual di pasaran tersedia dalam berbagai jenis dan spesifikasi fitur yang berbeda-beda juga. Sehingga, tidak semua headset bluetooth memiliki fitur yang dapat mendeteksi soal persentase baterai yang masih tersisa. 

Jika kebetulan headset bluetooth Anda tidak mendukung untuk melihat persentase baterai yang ada, maka ketika headset tidak dapat terhubung dengan laptop janganlah panik! Mungkin saja hal tersebut dikarenakan headset dalam kondisi habis daya. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mencoba dengan mengecas headset terlebih dahulu. 

Apabila dirasa baterai sudah terisi penuh, silakan untuk mencoba menghubungkannya pada laptop Anda sekali lagi. Kalau memang masalahnya bersumber dari baterai pada headset, otomatis headset nantinya akan berhasil mendeteksi.

3. Coba Reset Headset Bluetooth

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan ialah coba reset headset bluetooth. Saat direset, nantinya semua pengaturan yang ada pada headset bluetooth akan dikembalikan ke tahap awal. Termasuk juga segala pemasalahan yang ada tentunya akan hilang.

Anda bisa coba reset headset bluetooth dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Matikan terlebih dahulu headset bluetooth Anda
  2. Lalu, tekan tombol Power + Volume Up + Volume Down
  3. Tunggu hingga beberapa saat
  4. Akhirnya headset bluetooth berhasil direset

Tidak terasa sudah di penghujung artikel. Bagaimana? Setelah membaca semua penjelasan di artikel ini, Anda sudah tidak bingung lagi bukan soal bagaimana cara menghubungkan headset bluetooth ke laptop? Terbukti dong kalau artikel dari IndoRental kali ini mampu memberikan pemahaman yang jelas untuk Anda.

Baca Juga: 3 Cara Memperbaiki Kabel Charger Laptop yang Mengelupas dan Hampir Putus

Kebetulan sedang membutuhkan laptop atau komputer dengan spesifikasi unggul untuk meningkatkan produktivitas Anda? Jika memang iya, Anda bisa menyerahkannya kepada IndoRental yang merupakan perusahaan dengan fokus pada bidang IT sehingga mampu memberikan pelayanan terkait sewa berbagai perangkat teknologi. 

Jangan ragu juga untuk segera hubungi tim IndoRental untuk mendapatkan konsultasi gratis dan layanan sewa yang mudah sekaligus cepat!