Bagaimana Cara Membuat Tanda Tangan Di Word?

Bagaimana Cara Membuat Tanda Tangan Di Word?

cara membuat tanda tangan di word
Tips dan Trik

Di masa yang serba canggih seperti saat ini, Anda tentu harus mengetahui cara membuat tangan di word. Apakah Anda sudah mengetahui cara membuat tanda tangan melalui Microsoft Word?

Cara membuat tangan di Microsoft Word sangatlah mudah, tergantung dengan kebutuhan Anda. Melalui Microsoft Word, Anda dapat membubuhkan tanda tangan elektronik ataupun membuat format baris yang nantinya akan ditandatangani secara manual.

Maka dari itu, jika Anda ingin mengetahui cara membuat tanda tangan melalui Microsoft Word, silakan simak informasi lengkap yang akan kami bahas dalam artikel berikut ini.

3 Cara Membuat Tanda Tangan Di Word

Untuk membuat tanda tangan melalui Microsoft Word, ada 3 cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Menyisipkan Tanda Tangan dalam Bentuk Gambar

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat tanda tangan di Microsoft Word adalah dengan menyisipkan tanda tangan dalam bentuk gambar atau PNG. Tanda tangan ini bisa Anda buat terlebih dahulu pada selembar kertas putih untuk nantinya di-scan dan diubah menjadi gambar.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat tanda tangan secara elektronik. Dengan aplikasi tersebut, Anda tidak perlu repot-repot memindai tanda tangan dalam bentuk hardcopy menjadi softcopy.

Selanjutnya, untuk menyisipkan tanda tangan ke dalam Microsoft Word, Anda dapat masuk ke dalam menu ‘Insert’ > ‘Pictures’, kemudian cari lokasi penyimpanan gambar tanda tangan yang sudah di-scan ataupun dibuat dalam bentuk elektronik. Setelah gambar selesai dimasukkan ke dalam Microsoft Word, Anda bisa mengatur ukurannya sesuai dengan kolom yang tersedia.

Cara untuk mengatur ukuran ini adalah dengan mengklik gambar tanda tangan Anda, kemudian masuk ke dalam menu ‘Picture Format’. Di sana, Anda dapat menemukan berbagai pengaturan seperti ‘Crop’ untuk memotong gambar, ‘Position’ untuk mengatur letak posisi gambar, hingga ‘Correction’ untuk melakukan edit warna, brightness, atau contrast.

2. Menyisipkan Teks Beserta dengan Tanda Tangan

Dalam beberapa keperluan seperti dokumen perusahaan, biasanya Anda harus memasukkan tanda tangan yang disertai dengan berbagai informasi pribadi seperti nama pribadi, jabatan pekerjaan, nomor telepon, alamat email, dan nama perusahaan. Tentunya, hal tersebut akan sangat merepotkan apabila Anda harus membuat dokumen dalam jumlah banyak dan memasukkan informasi tersebut secara satu per satu.

Untuk memudahkan Anda dalam memasukkan informasi dan juga tanda tangan yang dapat digunakan berulang kali, maka ada tips mudah yang dapat diikuti. Anda bisa mengubah informasi tersebut menjadi teks cepat.

Pertama-tama, mari kita masukkan informasi yang perlu dimasukkan ke dalam Microsoft Word melalui menu ‘Insert’ > ‘Quick Parts’, kemudian pilih ‘Save Selection to Quick Part Gallery’. Setelahnya, akan muncul box ‘Create New Building Block’ pada layar Anda, lalu masukkan informasi yang diperlukan di dalamnya.

3. Menyisipkan Baris untuk Tanda Tangan Non Elektronik

Cara terakhir untuk membuat tanda tangan di Microsoft Word adalah Anda dapat menyisipkan baris khusus untuk tanda tangan manual. Cara ini dapat digunakan apabila Anda ingin mengubah dokumen tersebut ke dalam hardcopy dan ditandatangani secara manual.

Untuk memasukkan baris tanda tangan tersebut, silakan masuk ke dalam menu ‘Insert’ > ‘Signature Line’ dan atur letak penempatan garis tersebut. Mudah sekali, bukan?

Jadi, itulah berbagai cara yang dapat Anda ikuti untuk membuat tanda tangan melalui Microsoft Word. Jika Anda membutuhkan jasa sewa laptop Bandung untuk membuat dokumen penting, silakan hubungi Indorental sekarang juga.