Cara Mudah Printer Test Page

Cara Mudah Printer Test Page

printer test page
Tips dan Trik

Printer test page adalah salah satu cara untuk melihat apakah printer yang Anda gunakan dalam kondisi baik atau tidak. Dengan semakin seringnya menggunakan printer tersebut, maka kerusakan atau masalah lain dapat muncul tanpa disadari. Kemudian jika pun jarang digunakan, printer dapat mengalami kerusakan. Inilah mengapa Anda harus melakukan tes seperti ini.

Sayangnya, belum banyak yang tahu bagaimana melakukan print test. Padahal cara ini sangat membantu Anda dalam mengenal gejala kerusakan yang dapat muncul pada printer. Selain itu Anda juga tahu bagian apa yang bermasalah. Bisa karena warna, hasil cetak, dan lainnya. 

Ada beberapa cara untuk melakukan printer test page. Dimulai dari menggunakan tombol printer dan melalui komputer/laptop yang Anda gunakan. Selain itu ada solusi juga untuk mengatasi masalah saat melakukan print test. Tertarik untuk mengetahui setiap caranya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Printer Test Page

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada dua cara untuk melakukan print test. Dimulai dari menggunakan tombol printer dan melalui komputer/laptop yang Anda gunakan. Khusus untuk cara menggunakan tombol printer, ada perbedaan tergantung merek printer yang Anda miliki. Ada untuk Epson, HP, dan Canon. Inilah cara selengkapnya.

Menggunakan Tombol Printer

Cara menggunakan tombol printer untuk print test dibagi berdasarkan merek. Namun sebelum melakukannya, pastikan sudah ada kertas di printer agar bisa langsung melakukan proses mencetak:

  • Epson: Anda perlu mematikan printer terlebih dahulu. Kemudian tekan tombol Resume dan Power lalu tahan. Lihat apakah lampu indikator sudah berkedip. Jika sudah, lepaskan. Proses mencetak akan segera dimulai.
  • HP: Anda dapat menyalakan printer terlebih dahulu. Jika sudah menyala, tekan tombol X dan Power selama beberapa detik lalu lepaskan. Proses mencetak akan dimulai secara otomatis.
  • Canon: Nyalakan printer Canon Anda dengan menekan tombol Power. Sekarang Anda dapat menekan tombol Resume hingga lampu indikator berkedip lalu lepaskan. Proses print test akan otomatis bekerja.

Proses print test akan mencetak penjelasan dalam bentuk angka dan huruf lalu juga beberapa garis warna. Hal ini berguna untuk melihat apakah hasil cetak tetap terlihat baik dan kualitas warna yang diberikan memang dalam kondisi baik. Jika seluruh hasilnya nampak baik, maka tidak ada masalah di dalam printer Anda.

Menggunakan Komputer / Laptop

Anda dapat melakukan print test di komputer/laptop juga, khususnya yang memiliki sistem operasi Windows 7, 8, dan 10. Inilah setiap langkahnya:

  • Aktifkan printer lalu hubungkan ke komputer/laptop milik Anda.
  • Sekarang buka Control Panel di dalam komputer/laptop Anda.
  • Ada beberapa pilihan menu di dalamnya, namun untuk melakukan print test, pilih Hardware and Sound.
  • Kemudian pilih Devices and Printers yang posisinya ada di pilihan nomor satu.
  • Anda akan mendapatkan beberapa perangkat printer yang selama ini sudah terhubung. Pilih printer yang ingin digunakan, klik kanan, dan pilih printer properties.
  • Anda akan melihat tombol Print Test Page. Klik tombol itu.

Dengan mengikuti langkah terakhir, printer akan langsung melakukan print test. Tunggu beberapa saat hingga hasil cetakan keluar. Sekarang Anda dapat memperhatikan apakah ada cetakan yang rusak dari segi ketebalan cetak dan warna di dalamnya. Jika memang baik-baik saja, Anda bisa langsung kembali melakukan proses print dokumen saat itu juga.

Masalah Dalam Printer Test Page

Ada beberapa kode error dalam tahapan ini, yaitu:

  • Error E02: Jika error ini muncul, maka kertas pada printer Anda sudah habis. Bisa juga tidak terpasang dengan benar. Solusinya adalah mengisi kertas dan menaruhnya dengan benar.
  • Error E03: Error ini muncul karena kotoran terlalu menumpuk sehingga membuat printer tak mampu melakukan proses cetak. Solusinya adalah memeriksa apakah banyak kotoran dalam perangkat. Jika banyak, bersihkan dengan tisu dan alkohol.
  • Error E04: Error ini terjadi karena tinta tidak terkoneksikan dengan baik pada printer Anda. Solusinya adalah mematikan printer dengan menekan tombol power selama 20 detik. Kemudian kembali hidupnya mesin dan coba print.

Itulah setiap cara melakukan print test. Biasanya ada beberapa masalah lain lagi yang sering ditemui pada saat set-up printer sebelum digunakan, pada umumnya orang-orang mengalami kendala saat akan menghubungkan antara device printer dengan komputer atau laptop. Jika Anda menemui kendala yang sama, Anda dapat pelajari lebih lanjut bagaimana Memahami Cara Sharing Printer di Windows.

Anda membutuhkan printer berkualitas dan dalam jumlah banyak? IndoRental sebagai jasa sewa printer dapat memberikannya untuk Anda. Dengan informasi printer test page di atas, kunjungi sewa printer tahunan dari IndoRental sekarang juga.