Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon iP2770 dengan Benar dan Mudah

Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon iP2770 dengan Benar dan Mudah

cara mengisi tinta warna printer canon ip2770
Tips dan Trik

Printer merupakan salah satu alat yang berguna untuk menyajikan tulisan maupun gambar dalam berbagai warna dan ukuran ke media datar seperti kertas. Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia berbagai macam printer dengan fitur dan spesifikasi yang beragam, salah satunya adalah printer Canon iP2770. Jika Anda hendak membeli printer satu ini, maka Anda harus mengetahui beberapa informasi terlebih dahulu, salah satunya adalah bagaimana cara mengisi tinta warna printer Canon iP2770. Untuk mengetahuinya, langsung saja simak penjelasannya pada artikel di bawah ini sampai tuntas!

Sekilas tentang Printer Canon iP2770

Sebelum mengetahui cara mengisi tinta printer Canon iP2770, Anda harus berkenalan terlebih dahulu dengan printer Canon iP2770. Printer Canon iP2770 merupakan salah satu jenis printer yang hadir dengan harga yang terjangkau, namun tetap memiliki hasil cetakan dengan kualitas terbaik di kelasnya.

Jika Anda sedang mencari printer yang cocok untuk digunakan di rumah atau di kantor, maka printer Canon iP2770 dapat menjadi salah satu pilihan yang cocok untuk Anda. Dengan fitur cetak warna, printer ini dapat memungkinkan Anda untuk mencetak dokumen dan foto berwarna dengan hasil yang memuaskan. 

Untuk menyambungkan printer dengan komputer juga dapat Anda lakukan secara mudah, karena printer Canon iP2770 menggunakan konektivitas USB high speed dengan driver yang mudah untuk dikenali oleh komputer. Kecepatan printing yang dimiliki oleh printer Canon iP2770 adalah 7 ipm untuk dokumen yang tidak berwarna dan 4 ipm untuk dokumen yang berwarna. 

Selain itu, printer Canon iP2770 juga memiliki daya operasional yang irit, di mana hanya akan mengkonsumsi daya listrik rendah sekitar 11 watt saja saat beroperasi, dan mengkonsumsi 0.7 watt saat mode siaga. 

Baca Juga: Inilah Cara Mengganti Tinta Printer dengan Mudah dan Benar

8 Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon iP2770 dengan Benar dan Mudah

Setelah berkenalan sekilas dengan printer Canon iP2770, maka hal selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah mengenai cara mengisi tinta warna printer Canon iP2770. Jika Anda sering menggunakan printer untuk mencetak dokumen, tentu Anda akan mengalami kondisi printer yang kehabisan tinta.

Biasanya, printer yang kehabisan tinta akan ditandai dengan hasil cetakan yang bergaris atau putus-putus, sehingga akan memberikan hasil cetakan dari tulisan atau gambar yang tidak maksimal. Selain itu, printer yang kehabisan tinta biasanya juga akan memberikan pemberitahuan kepada penggunanya melalui komputer yang disambungkan dengan printer tersebut. 

Jika Anda ingin isi ulang tinta printer Canon iP2770 yang berwarna, maka Anda akan membutuhkan cartridge printer. Penggunaan cartridge printer sendiri sebenarnya dapat menyulitkan para pengguna yang belum terbiasa menggunakannya. Namun, jika Anda sudah terbiasa, maka Anda dapat mengisi ulang tinta warna pada printer Canon iP2770 dengan mudah. 

Printer Canon iP2770 sendiri menggunakan tinta jenis inkjet, dan sebelum Anda mengisi tinta pada printer Canon iP2770, maka Anda harus membuka case printer terlebih dahulu, kemudian mengambil case printer tersebut untuk disuntikkan tinta pada titik yang sudah ditentukan. 

Baca Juga: Cara Mudah Printer Test Page

Pada printer Canon iP2770 sendiri terdapat dua jenis cartridge printer, di antaranya adalah “Black” dengan satu titik injeksi dan “Warna” tanpa titik injeksi. Sebelum mengisi ulang tinta pada printer Canon iP2770, maka Anda harus menyiapkan beberapa perlengkapan berikut ini terlebih dahulu:

  • Tinta isi ulang
  • Jarum yang berguna untuk memasukkan tinta ke cartridge printer
  • Kain atau tisu yang berguna untuk membersihkan cartridge yang telah diisi ulang

Lalu, cara mengisi tinta warna printer Canon iP2770 yang baik dan benar adalah sebagai berikut:

1. Menghidupkan printer dan menunggu sampai lampu indikator yang terdapat di printer tidak berkedip lagi.

2. Kemudian, Anda bisa menutup casing, lalu mengeluarkan cartridge printer dengan cara menekan ke bawah secara perlahan.

3. Jika sudah, Anda bisa membuang kertas label yang menempel di bagian atas cartridge printer terlebih dahulu, lalu mencari titik injeksi di atas cartridge.

4. Jika Anda melihat chip kuning di bawah cartridge, maka jangan sentuh chip kuning tersebut menggunakan tangan.

5. Gunakanlah jarum yang sudah disediakan saat Anda membeli tinta untuk membuka cartridge printer.

6. Lalu, suntikkanlah tinta secara perlahan, pada tahap ini pastikan bahwa Anda tidak mengisinya secara berlebihan, karena hanya akan menyebabkan tinta banjir.

7. Setelah selesai, Anda bisa langsung menutup lubang tersebut. Lalu, memasangkan cartridge kembali ke printer secara perlahan.

8. Jika sudah, Anda bisa meninggalkan printer case dan menunggunya beberapa saat hingga cartridge baru selesai di scan oleh printer. 

Perlu Anda ingat, bahwa dalam mengisi ulang tinta pada printer Canon iP2770, Anda harus membutuhkan akurasi yang tepat saat mengisi tinta pada cartridge printer tersebut.

Baca Juga: Cara Reset Printer HP Ink Tank 315 dengan Benar dan Tepat

Hal-hal yang Harus Anda Perhatikan Ketika Isi Ulang Tinta

Meskipun telah diuraikan beberapa langkah di atas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pengisian ulang tinta. Berikut adalah poin-poin yang perlu diperhatikan:

  1. Selalu lakukan pengisian ulang tinta pada cartridge secara teratur. Jangan biarkan cartridge benar-benar kosong sebelum diisi ulang.
  2. Pastikan untuk melepaskan sambungan kabel USB dari printer ke laptop atau PC. Ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan gangguan pada printer saat proses pengisian ulang tinta. Dalam beberapa kasus, hal ini dapat menyebabkan printer mengalami masalah seperti pembatalan pencetakan.
  3. Meskipun terlihat sepele, jangan lupakan untuk selalu menutup penutup printer setelah selesai menggunakan. Hal ini penting untuk mencegah benda asing masuk ke dalam printer saat sedang dalam proses operasi.
  4. Lakukan pengecekan dengan mencetak dokumen sesaat setelah melakukan pengisian ulang tinta. Jika terjadi masalah, segera lakukan penyelesaian untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

Demikianlah informasi mengenai cara mengisi tinta warna printer Canon iP2770 yang dapat Anda ketahui. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda saat mengisi ulang printer yang sudah kehabisan tinta.

Jika Anda tertarik dengan printer Canon iP2770, namun masih ragu dengan keunggulan yang dimilikinya, atau membutuhkan printer Canon iP2770 untuk keperluan acara yang Anda miliki, maka Anda bisa memanfaatkan jasa sewa printer dari IndoRental. 

IndoRental sendiri merupakan sebuah website yang menyediakan jasa untuk penyewaan pada berbagai macam barang elektronik yang dibutuhkan untuk acara yang Anda miliki. Langsung saja hubungi tim IndoRental untuk informasi selengkapnya!