Inilah Cara Mengganti Tinta Printer dengan Mudah dan Benar

Inilah Cara Mengganti Tinta Printer dengan Mudah dan Benar

cara mengganti tinta printer
Tips dan Trik
Mengisi tinta printer baik itu tinta hitam ataupun tinta warna dapat menjadi waktu paling berantakan yang akan terjadi di rumah. Tinta tumpah dan bercecer ke mana-mana lalu hasil cetakan jadi tidak sempurna seperti sediakala. Anda jadi punya tugas tambahan yaitu harus membersihkan seluruh area yang terkena tinta dari isi ulang tinta printer tersebut. Sungguh merepotkan, bukan? Anda bisa menghindari hal ini dengan mengetahui cara mengganti tinta printer yang benar. Memahami cara penggantian tinta akan meminimalkan penggunaan waktu serta membuat tugas Anda lebih ringan. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Anda akan diajak untuk memahami cara mengganti tinta printer yang tepat dan mudah. Selain itu Anda juga akan diberitahu apa saja bagian yang perlu diperhatikan supaya tidak ada yang terlewatkan. Sebagai penutup, Anda akan diberitahu ciri dari tinta printer yang sudah mau habis. Jadi ucapkan selamat tinggal pada tinta yang tercecer ke seluruh meja dan ruangan. Semoga dengan membaca informasi berikut ini pengetahuan Anda bertambah serta penggantian tinta yang habis bukan lagi masalah besar. Mari kupas informasinya di bawah ini!

Bagaimana Cara Mengganti Tinta Printer dengan Benar?

Mengganti tinta printer sebenarnya mudah saja. Sebagai langkah awal, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa peralatan seperti tinta isi ulang, paku atau jarum, alat suntik tinta, tisu atau koran. Jika semuanya sudah siap mari mulai ikuti langkah pengantiannya sebagai berikut.

1. Mencari Tahu Jenis Printer yang Benar

Penggantian tinta atau cartridge harus dilakukan dengan baik dan benar. Ini semua dimulai dengan mencari tahu jenis atau merek tinta yang tepat. Pasalnya penggunaan merek yang tidak sesuai dapat menimbulkan masalah seperti pencetakan yang bergaris-garis atau bahkan tidak ada tulisan sama sekali. Itu sebabnya sangat penting untuk memilih merek terbaik yang cocok dengan printer Anda. Jenis-jenisnya seperti tinta printer canon ip2770, tinta printer hp, dan lain-lain. Jenis pengguna printer Canon biasanya akan menggunakan isi ulang tinta printer Canon ip2770 atau sejenisnya lagi agar compatible dengan printer tersebut. Begitu juga dengan tinta pada printer Hp.

2. Nyalakan Printer dan Buka Cover

Setelah memilih-milih merek terbaik yang cocok maka selanjutnya Anda bisa mulai menyalakan printer. Pastikan semua kabel sudah terhubung dengan baik dan benar agar tidak terjadi korsleting. Jangan sampai membahayakan diri Anda dan orang-orang sekitar hanya karena masalah sepele. Kemudian tekan tombol “On/Off” untuk menyalakan printer. Buka cover bagian atas secara perlahan hingga cartridge bergeser ke arah tengah. Tekan tombol ink supaya cartridge bisa dikeluarkan dengan mudah. Jangan dipaksakan apabila ternyata cartridge sulit keluar. Coba ulangi prosesnya hingga cartridge bisa dikeluarkan.

3. Lakukan Persiapan Catridge Printer

Sebelum mengganti cartridge pastikan Anda telah membeli merek dan seri yang tepat. Penggunaan cartridge yang sembarangan dapat menimbulkan masalah ketika Anda mengoperasikan printer pada kemudian hari.
Baca Juga: Bebas Ribet dengan 4 Cara Mengatasi Printer Tidak Terdeteksi

4. Lakukan Pengocokan Cartridge Printer

Pengocokan cartridge dilakukan untuk membuat tinta pada printer memiliki kualitas yang merata. Pasalnya tinta bisa mengendap dan menciptakan gumpalan di bagian dalam. Jangan buka segel ketika Anda ingin melakukan pengocokan. Ketika segel dibuka maka cartridge akan berisiko mengalami kebocoran.

5. Masukkan Cartridge

Anda bisa mulai memasang dan memasukkan cartridge pada printer secara perlahan. Perhatikan posisinya agar tidak salah atau tidak sesuai dengan tempatnya. Apabila sudut pemasangannya sudah tepat maka cartridge akan terkunci dengan baik.

Apa Saja Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengganti Tinta Printer?

Meski terlihat mudah dilakukan, nyatanya ada banyak kesalahan-kesalahan minor yang mengakibatkan dampak besar. Penggantian cartridge atau tinta printer sebenarnya hanya membutuhkan satu hal yaitu ketelitian. Ketika Anda teliti memperhatikan detail hingga yang terkecil sekalipun maka penggantian ini bukan masalah serius. Untuk menyadarkan Anda tentang apa saja yang harus diperhatikan, coba simak selengkapnya di bawah ini.

1. Merek Tinta Printer

Pilihlah merek tinta yang tepat dan sesuai dengan printer yang Anda miliki. Anda bisa mencari informasinya melalui buku panduan printer atau internet. Tinggal masukkan tipe dan merek printer Anda sebagai kata kunci di search bar kemudian buka beberapa artikel untuk melihat informasi yang akurat. Jika sudah ditemukan, pilih juga tempat untuk membeli tinta printer tersebut. Jangan sampai Anda tertipu dengan oknum-oknum yang menjual tinta printer berkualitas buruk.

2. Pelepasan dan Pemasangan

Pelepasan dan pemasangan tinta printer harus dilakukan secara hati-hati agar tidak terjadi kerusakan pada komponen yang lain. Jangan memaksakan kalau memang cartridge terasa berat atau keras. Jangan juga mengganti tinta tanpa pengetahuan dasar cara melakukannya. Hal tersebut justru akan membuat Anda merusak fungsi printer.
Baca Juga: Bagaimana Cara Scan di Printer Epson? Cek Caranya di sini

3. Pengaturan Printer

Setelah semua proses penggantian tinta selesai maka Anda perlu mengatur ulang printer supaya hasil dokumen yang dicetak dapat sesuai keinginan. Pastikan semua pengaturan sudah tepat agar hasil cetakan tidak bergaris atau tidak sejajar.

Bagaimana Cara Mengetahui Tinta Printer yang Mulai Habis?

Printer pasti menjadi salah satu perangkat penting yang membantu Anda mencetak berbagai dokumen. Tentu tinta di dalamnya tidak boleh sampai habis. Coba ketahui tanda-tandanya di bawah ini.

1. Peringatan Low Ink

Seharusnya Anda bisa dengan mudah mengetahui kapan printer akan habis. Dalam layar laptop atau komputer pasti akan ada notifikasi pemberitahuan kalau kapasitas tinta sudah tinggal sedikit. Biasanya notifikasi tersebut menganjurkan Anda untuk melakukan penggantian sebelum tinta benar-benar habis.

2. Printer Tidak Berfungsi Optimal

Kemudian Anda juga bisa tahu dari fungsi printer yang mulai berkurang. Jika sebelumnya seluruh fitur printer bisa digunakan dengan baik maka tinta yang mulai habis akan menonaktifkan beberapa di antaranya secara otomatis. Jadi beberapa perintah tidak bisa dijalankan sampai Anda mengganti tinta yang baru.

3. Hasil Cetakan Pudar dan Bergaris

Hasil cetakan sempurna dihasilkan karena pengaturan yang baik serta jumlah tinta yang masih banyak. Jika Anda menemukan hasil cetakan sudah mulai bergaris-garis atau memudar maka hal tersebut adalah tanda untuk mengganti tinta dengan yang baru. Cara mengganti tinta printer sebenarnya tidak sulit, bukan? Pastikan Anda sudah memahami informasi dasar penggantiannya dengan baik dan benar. Cari tahu posisi tinta ada di mana serta ketahui cara melepaskan dan memasangnya. Kemudian lakukan percobaan untuk melihat apakah tinta sudah terpasang. Komponen printer memang tidak boleh sampai rusak saat pekerjaan sedang menumpuk. Tetapi sebenarnya yang tidak boleh sampai bermasalah ialah laptop. Tanpa laptop maka Anda tidak bisa mencetak dokumen. Anda pasti akan merasa sangat panik saat laptop rusak di keadaan yang paling genting. Ketika hal itu terjadi, Anda tidak usah panik dan tinggal menghubungi tim IndoRental untuk sewa laptop.
Baca Juga: Cara Sharing Printer Windows 10 Dengan Mudah
Terdapat berbagai pilihan laptop yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Tidak perlu ragu akan kualitas laptop dari IndoRental karena semuanya pasti berkualitas. Sudah ada banyak pihak dari individu hingga organisasi, perusahaan, dan pemerintahan yang menggunakan alat elektronik dari IndoRental. Mereka sudah merasakan kepuasan menggunakan layanan IndoRental. Ini saatnya Anda merasakan hal yang sama! Segera hubungi tim IndoRental sekarang juga!