Charles Babbage, Sang Penemu Komputer Pertama di Dunia

Charles Babbage, Sang Penemu Komputer Pertama di Dunia

Sosok Penemu Komputer Pertama di Dunia
Tips dan Trik

Komputer yang saat ini kita gunakan sangatlah berbeda dibandingkan ciptaan dari penemu komputer pertama, Charles Babbage. Kemajuan jaman membawa banyak perubahan besar. Salah satu alat yang berperan penting adalah komputer. Mulai dari sebuah kalkulator otomatis menjadi mesin yang digunakan untuk mengakses berbagai macam informasi. Mari kita mengenal sosok penemu komputer pertama dan juga temuannya yang berhasil merubah dunia hingga saat ini.

Penemu Komputer Pertama Charles Babbage

Charles Babbage merupakan salah seorang ilmuwan di dunia yang tercatat sebagai penemu komputer pertama. Lahir di daerah Southwark, London, pada 26 Desember 1791, Charles tumbuh sebagai seseorang yang memiliki kelebihan dalam bidang matematika. Kelebihannya ini membawa Charles dapat menuntut ilmu di Trinity College, Cambridge tahun 1811. Tahun 1816, Charles terpilih sebagai anggota “Royal Society” sebuah organisasi sains dan akademis independen Inggris Raya yang masih aktif hingga kini dan memainkan peran penting di yayasan “Astronomical Society” sebuah organisasi Astronomi dan geofisika Inggris di tahun 1820. Pada masa ini Charles mulai menunjukan rasa ketertarikan pada mesin hitung.

Difference Engine yang Menjadi Asal Usul Komputer

Mesin yang dapat menyusun tabel matematika yang biasa disebut sebagai Difference Engine menjadi salah satu ciptaan Charles pada tahun 1821. Mesin ini dikembangkan secara lebih lanjut menjadi mesin akan mampu menyelesaikan tidak hanya satu jenis namun berbagai jenis operasi aritmatika dan diberi nama Analytical Engine pada tahun 1856.

Walaupun hasil pekerjaan Charles Babbage dihargai oleh berbagai institusi sains, namun di lain sisi, pemerintah Inggris menghentikan sementara pendanaan untuk Difference Engine pada tahun 1832, yang kemudian dihentikan secara total pada tahun 1842.

Baca juga: apa yang terjadi jika komputer tidak ditemukan

Perkembangan Komputer Selanjutnya

Pada tahun 1937, Prof. Howard Aikem, mulai merancang dan melakuakan pengembangann sebuah komputer yang dapat melakukan operasi aritmatika dan logika secara otomatis. Komputer yang dirancang ini pada awalnya hanyalah mesin mekanik elektronik. Dibantu oleh perusahaan IBM pada tahun 1944, komputer rancangannya tersebut terselesaikan secara elektronik dan diberi nama “Harvard Mark I Automatic Sequence-Controlled Calculator (ASCC)”.

Ditemukannya transistor pada tahun 1948, menjadi pemicu perkembangan komputer selanjutnya. Pada tahun 1956 transistor mulai digunakan pada komputer yang membuat komputer bekerja lebih cepat, hemat, dan kecil. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh perusahaan besar yang menggunakan komputer sebagai penunjang dalam memproses informasi keuangan.

Tahun 1958, Jack Kilby mengembangkan sirkuit terintegrasi atau IC (integrated circuit). IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik ke dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Perkembangan selanjutnya memungkinkan untuk memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hal ini akhirnya diterapkan pada komputer, membuat perkembangan teknologi komputer semakin jauh lebih baik, hingga menjadi komputer yang banyak kita gunakan saat ini untuk berbagai macam hal. Sebagai penunjang pekerjaan, tempat bermain game, atau tempat mencari berbagai macam informasi.

Tanpa penemuan dari seorang Charles Babbage, kita tidak tahu bagaimana kita dapat memproses data menggunakan komputer dengan cepat, serta seperti apa pengaruhnya dalam kehidupan jaman sekarang. Semoga informasi mengenai penemu komputer ini bisa berguna, Anda juga bisa sewa komputer tahunan di IndoRental dengan harga yang bersahabat sekarang juga!

Baca juga: 50 perangkat keras komputer dan fungsinya