4 Cara Cek IMEI HP Android dan iPhone Terdaftar atau Tidak

4 Cara Cek IMEI HP Android dan iPhone Terdaftar atau Tidak

cara cek imei hp android
Tips dan Trik

Tahukah Anda bahwa jaringan pada handphone bergantung pada registrasi IMEI? Apabila sebuah handphone tidak memiliki IMEI terdapat, maka fungsionalnya pun menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara cek IMEI HP Android dan iPhone.

Untuk menghindari IMEI tidak terdaftar atau palsu, Anda harus memastikan tempat pembelian handphone. Saat ini banyak produk black market dengan harga menggiurkan tetapi merepotkan terkait izin jaringan. Yuk ketahui informasi lebih lanjut mengenai IMEI HP di bawah ini.

Apa Itu IMEI HP?

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor unik yang diberikan pada setiap perangkat seluler (ponsel) yang menggunakan teknologi GSM (Global System for Mobile Communications). IMEI membantu untuk mengidentifikasi ponsel secara unik dan memastikan bahwa hanya perangkat yang sah yang dapat mengakses jaringan seluler. IMEI juga berguna dalam melacak ponsel yang hilang atau dicuri.

Baca Juga: Inilah 5 Cara Mendaftarkan IMEI IPhone dan Persyaratannya

Bagaimana Cara Cek IMEI HP Android?

IMEI sangat berperan penting dalam memaksimalkan fungsi handphone. Anda dapat mengikuti beberapa cara cek IMEI HP Android di bawah ini.

1. Melalui Kode Dial

Cukup buka aplikasi telepon pada perangkat Android Anda dan masukkan *#06#. Nomor IMEI akan ditampilkan pada layar.

2. Menu Pengaturan

Anda dapat menemukan nomor IMEI dengan masuk ke menu Pengaturan. Lalu pilih fitur “Tentang telepon”, klik “Status”. Disana, Anda akan menemukan IMEI Information.

3. Kotak Pembelian

Apakah Anda masih memiliki kotak pembelian handphone lengkap? Nomor IMEI biasanya tercantum pada kotak pembelian perangkat Android Anda.

4. Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Anda juga dapat menggunakan aplikasi seperti “IMEI Checker” atau “IMEI Info“. Ini dapat membantu untuk mengecek nomor IMEI perangkat Android Anda.

Baca Juga: Kenali 4 Ciri-ciri iPhone HDC Agar Tidak Tertipu Saat Membeli

Bagaimana Cara Cek IMEI HP iPhone?

Meskipun menggunakan handphone iPhone, Anda dapat mencoba cara cek IMEI sama seperti Android melalui dial, pengaturan dan kotak pembelian. Selain itu, terdapat satu cara lain untuk cek IMEI HP iPhone.

1 . Melalui iTunes

Hubungkan iPhone Anda ke komputer Anda menggunakan kabel Lightning dan buka iTunes. Klik pada ikon iPhone Anda yang terhubung, lalu klik pada informasi perangkat. Nomor IMEI akan ditampilkan di sana.

Bagaimana Cara Daftar IMEI HP Android dan iPhone?

Daftar IMEI berarti memasukkan nomor IMEI HP ke database internasional yang mencatat informasi tentang perangkat seluler. Berikut ini adalah cara untuk mendaftarkan IMEI HP Android dan iPhone.

1. Cari Tahu Informasi Izin Jaringan

Pertama, cari tahu apakah perangkat Android Anda memenuhi persyaratan dan memiliki izin untuk digunakan di jaringan seluler tertentu. Ini akan membantu Anda sebelum memutuskan untuk daftar IMEI HP Android dan iPhone.

2. Hubungi Operator dan Ikuti Prosedur

Kemudian, hubungi operator seluler yang menyediakan jaringan untuk perangkat Anda. Banyak operator seluler memiliki prosedur untuk mendaftarkan IMEI handphone baru.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri pada HP Android dan iPhone

Nah, itulah tadi informasi mengenai IMEI HP yang perlu Anda ketahui. Mengetahui cara cek IMEI HP Android dan iPhone tentunya mempermudah Anda untuk memastikan izin jaringan. Dengan begitu, handphone dapat digunakan semaksimal mungkin.

Membutuhkan handphone kualitas terbaik untuk menunjang aktivitas bisnis? Menggunakan jasa sewa handphone dari Indorental dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda. Tidak hanya handphone, kami juga menyediakan layanan sewa berbagai perangkat teknologi mutakhir dengan harga bersaing. Hubungi Indorental sekarang juga, jasa sewa perangkat teknologi terbaik khusus untuk Anda.