4 Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri pada HP Android dan iPhone

4 Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri pada HP Android dan iPhone

cara mengatasi aplikasi keluar sendiri
Tips dan Trik

Bagaimana cara mengatasi aplikasi keluar sendiri? Mungkin Anda pernah bermain HP dan membuka sebuah aplikasi tetapi tiba-tiba aplikasi keluar dengan sendirinya. Masalah ini disebut dengan force close dan kerap terjadi pada banyak pengguna smartphone

Tak perlu panik, Anda bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan berbagai cara mengatasi aplikasi keluar sendiri pada Android maupun iPhone berikut. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Apa Saja Penyebab Aplikasi Keluar Sendiri pada HP Android?

Kondisi force close saat sedang bermain HP tentu akan sangat mengganggu. Kalaupun hanya bermain HP untuk hiburan saja, mungkin Anda tidak akan merasa terlalu keberatan. Namun, jika force close terjadi saat sedang bekerja, tentu akan sangat membuang waktu. 

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, sebaiknya ketahui terlebih dahulu penyebab force close pada HP Android Anda di bawah ini:

1. Adanya Bug Pada Aplikasi

Penyebab pertama aplikasi yang force close pada Android adalah terdapat bug pada aplikasi. Bug ini merupakan permasalahan yang menyebabkan aplikasi tidak berjalan dengan baik atau tidak berfungsi dengan normal. Akibatnya, aplikasi justru menutup sendiri. 

2. Memori Internal Penuh

Aktivitas pada aplikasi melibatkan peran RAM dan memori internal. Oleh karenanya, jika ruang penyimpanan penuh maka aplikasi tidak bisa menulis data atau informasi lagi. Tak hanya itu, ukuran RAM yang terbatas juga akan menyebabkan jalannya aplikasi menjadi terhambat terlebih pada beberapa aplikasi yang berat. Hasilnya, aplikasi akan force close dengan sendirinya.

3. Aplikasi Tidak Kompatibel

Terakhir, penyebab aplikasi keluar sendiri di HP Android adalah aplikasi tidak mendukung perangkat dan sistem operasi yang digunakan. Beberapa aplikasi memang pada dasarnya dirancang hanya untuk beberapa seri Android saja, sehingga ketika digunakan pada seri Android tertentu tidak dapat bekerja secara maksimal. 

Baca Juga: 7 Cara Membuka HP Android yang Terkunci Tanpa Menghilangkan Data

Bagaimana Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri pada HP Android?

Setelah mengetahui berbagai penyebab aplikasi keluar sendiri pada HP Android, Anda bisa menentukan langkah yang tepat untuk mengatasinya. Berikut ini IndoRental merangkum informasi cara mengatasi aplikasi keluar sendiri untuk Anda:

1. Hapus Cache Aplikasi

Cara mengatasi aplikasi keluar sendiri yang pertama adalah hapus cache pada aplikasi. Metode hapus cache ini dapat menyingkirkan data yang tersimpan. Hasilnya aplikasi dapat berjalan lebih ringan. Berikut ini merupakan cara yang bisa Anda lakukan:

  • Buka pengaturan pada HP.
  • Klik pada pilihan aplikasi dan pemberitahuan, kemudian pilih info aplikasi.
  • Selanjutnya temukan nama aplikasi yang bermasalah dan klik pada pilihan tersebut.
  • Pada pilihan menu selanjutnya, klik storage dan klik pada pilihan hapus cache.

2. Reinstall Aplikasi

Jika cara pertama belum dapat mengatasi permasalahan force close, maka untuk mengatur ulang pengaturan dan sistem di dalam aplikasi dapat dilakukan dengan instal ulang aplikasi. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menghapus aplikasi dari perangkat dan kemudian mengunduhnya kembali. 

3. Restart Android 

Permasalahan aplikasi keluar sendiri dapat terjadi akibat HP terlalu banyak digunakan dan lelah. Oleh karena itu, Anda mungkin perlu sesekali merestart ponsel terutama saat mulai banyak aplikasi yang tidak bisa dijalankan dengan normal. Cara yang dilakukan dapat dengan mematikan handphone sejenak dan menunggu beberapa detik, lalu nyalakan kembali. 

Tetapi, belakangan ini setiap smartphone telah dilengkapi dengan fitur restart otomatis, sehingga Anda bisa langsung klik pada fitur tersebut saja dan HP akan secara otomatis mati dan menyala kembali. 

4. Reset HP

Apabila ketiga cara mengatasi aplikasi keluar sendiri di atas tidak dapat mengatasi permasalahan HP Anda, maka langkah terakhir yang bisa di coba adalah mereset HP. Reset pabrik pada HP bekerja dengan menghapus seluruh data pada HP dan membuatnya seperti masih baru. Oleh karenanya sebelum mereset, pastikan untuk mencadangkan data terlebih dahulu terutama data-data penting di dalamnya. 

Baca Juga: Cara Mengekstrak File RAR di HP Android dan Iphone dengan Mudah

Apa Saja Penyebab Aplikasi Keluar Sendiri pada HP iPhone?

Tidak seperti sistem operasi Android, aplikasi keluar sendiri pada iPhone dengan sistem iOS memiliki penyebab yang berbeda. Adapun penyebab aplikasi keluar sendiri pada HP iPhone antara lain:

1. Pengaturan Corrupted

Pengaturan corrupted menjadi penyebab yang paling banyak memicu aplikasi keluar sendiri pada iPhone. Maksudnya, setiap aplikasi umumnya menyimpan data pengguna di dalamnya. Pada saat terdeteksi perubahan data beberapa waktu kemudian akibat beberapa faktor eksternal seperti update aplikasi, maka sangat mungkin terjadi corrupted pada pengaturan.

2. Kompatibilitas iOS

Jangan lupakan perihal kesesuaian sistem operasi dengan versi aplikasi. Beberapa aplikasi yang sama dapat bekerja secara berbeda di setiap iOS. Sebagai contoh, Anda telah menggunakan iOS 15 dan seluruh aplikasi dapat berjalan dengan baik serta normal. Namun di sisi lain, iPhone lain dengan iOS 13 tidak bisa menggunakan aplikasi dengan versi yang sama dengan lancar dan justru banyak mengalami masalah seperti force close.

3. Kesalahan Aplikasi

Tak jarang masalah yang muncul pada aplikasi disebabkan oleh kesalahan dari pengembangan aplikasi itu sendiri. Seperti halnya Android, aplikasi yang ada pada iPhone juga tak jarang yang memiliki bug dan sering keluar sendiri saat digunakan. Oleh karenanya, Anda pasti kerap mendapatkan pemberitahuan update aplikasi. Karena dengan pembaruan aplikasi dari pemiliknya lah satu-satunya cara untuk mengatasi bug dari developer

Baca Juga: Inilah Cara Menghapus Aplikasi di Laptop yang Tidak Bisa Dihapus Dengan Mudah

Bagaimana Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri pada HP iPhone?

Untuk mengatasi aplikasi keluar sendiri pada HP iPhone, Anda mungkin perlu melakukan beberapa hal yang sedikit lebih simpel dibandingkan Android. Adapun cara yang tepat untuk mengatasi aplikasi keluar sendiri di iPhone adalah sebagai berikut:

1. Tutup Semua Aplikasi yang Berjalan

Cara mengatasi aplikasi keluar sendiri pada HP iPhone yang pertama adalah menutup semua aplikasi yang masih berjalan. Hal ini dapat membantu meringankan beban HP saat digunakan dan memberikan ruang lega pada RAM. Jika sudah, buka kembali aplikasi yang akan digunakan.

2. Update iOS

Eror pada aplikasi beberapa kali disebabkan oleh ketidaksesuaian iOS atau sistem operasi iPhone dengan versi aplikasi. Oleh sebab itu, pastikan Anda telah melakukan update iOS ke versi terbarunya agar seluruh aplikasi dapat dijalankan dengan lancar dan normal serta iPhone juga menjadi lebih nyaman untuk dioperasikan.

3. Hapus Beberapa Data yang Kurang Penting

Apabila muncul pemberitahuan ruang penyimpanan perangkat penuh, maka sebaiknya hapus data maupun aplikasi yang kurang penting atau pindahkan pada ruang penyimpanan tambahan. Hal ini akan membantu mengatasi permasalahan aplikasi keluar sendiri sebab umumnya aplikasi membutuhkan ruang penyimpanan juga untuk data-data di dalamnya. 

Baca Juga: Inilah 5 Cara Mendaftarkan IMEI IPhone dan Persyaratannya

Kesimpulannya, cara mengatasi aplikasi keluar sendiri pada kedua jenis HP yang paling umum untuk dilakukan adalah memeriksa pengaturan aplikasi dan cek kesesuaian versi dengan perangkat, kemudian Anda bisa melakukan restart. Jika me-restart perangkat tidak menyelesaikan masalah, coba untuk mencadangkan perangkat Anda dan lakukan reset pabrik. 

Penting untuk dipahami bahwa setiap masalah terkait aplikasi yang berhenti memiliki perbaikan tertentu, jadi lakukan opsi yang sesuai dengan sumber masalahnya. 

Apakah Anda membutuhkan HP Android untuk acara besar yang lancar dan tidak akan force close? Tenang saja, IndoRental dapat menjadi solusinya. IndoRental menyediakan berbagai perangkat multimedia dan IT yang bisa Anda sewa dengan harga terjangkau dan pelayanan yang cepat. Segera hubungi tim IndoRental dan lengkapi kebutuhan perangkat multimedia dan IT untuk setiap event penting Anda dengan pelayanan yang berpengalaman serta tepercaya. Semoga informasi cara mengatasi aplikasi keluar sendiri ini bermanfaat untuk Anda.