Cara Mengekstrak File RAR di HP Android dan Iphone dengan Mudah

Cara Mengekstrak File RAR di HP Android dan Iphone dengan Mudah

cara mengekstrak file rar di hp
Tips dan Trik

Melakukan pekerjaan dari smartphone alias HP Anda bukan lagi hal yang mustahil. Dari mengedit, membaca, hingga membuat file baru bisa dilakukan hanya dari HP. Jadi tidak perlu repot-repot membuka laptop atau PC komputer. Tetapi masih banyak yang tidak tahu bagaimana cara mengekstrak dan membuka file RAR di HP. 

Padahal cara melakukannya sederhana. Seperti file RAR di laptop, Anda hanya perlu menemukan pilihan “Extract Here” dan dokumen yang ada di dalamnya bisa terbuka serta terbaca. Pilihan “Extract Here” inilah yang sebenarnya sulit dicari oleh masyarakat. Tetapi tenang saja karena kali ini IndoRental akan membagikan informasinya kepada Anda. 

Simak informasinya di bawah ini! 

Apa Itu File ZIP dan RAR?

File atau format RAR (Roshal Archive) merupakan jenis data yang mengkompresi beberapa dokumen sekaligus agar mudah dikirim dan disimpan. Hal ini secara khusus memudahkan pengguna untuk membedakan setiap folder yang ada. 

Contohnya folder untuk gaming dikompresi bersama dengan membuatnya menjadi 1 file RAR. Anda juga bisa melakukan kompresi untuk dokumen penting kantor yang kemudian dikirim melalui e-mail. 

Begitu rekan kerja mengunduh file RAR dari e-mail maka tinggal diekstrak lalu semua dokumen yang dibutuhkan sudah bisa dibaca. Anda bisa membuat file RAR untuk gambar, dokumen Word, Excel, dan PPT, serta aplikasi lainnya.

Sementara, ZIP adalah salah satu format kompresi data yang umum digunakan, populer di antara pengguna komputer dan perangkat seluler.

Dengan format RAR atau ZIP, Anda dapat menggabungkan beberapa berkas atau file menjadi satu, yang kemudian dikompresi untuk menghasilkan ukuran yang lebih kecil. Hal ini membantu menghemat ruang penyimpanan yang digunakan.

Baca Juga: 4 Cara Membuka File Thumbdata di Android dengan Tepat

Bagaimana Cara Membuat File RAR di HP?

Untuk dapat membuat file RAR di android dengan mudah, Anda perlu mengunduh RAR, aplikasi tambahan WinRAR, atau jenis aplikasi serupa lainnya. Tinggal ketik saja kata kunci “RAR” di Google Play Store atau App Store lalu aplikasi tersebut akan muncul. Apabila sudah download dan install aplikasi tersebut, Anda bisa mulai mengikuti cara menggunakannya berikut ini:

  • Buka aplikasi WinRAR yang sudah Anda download. 
  • Pilih folder atau dokumen yang ingin dibuat menjadi file RAR. 
  • Buat nama untuk file RAR tersebut. 
  • Pilih browse kemudian ZIP.
  • Pilih “OK”

Baik pada perangkat Android maupun iOS, keduanya memiliki tahapan yang sama. Begitu Anda berhasil mengunduh aplikasi maka sisanya tinggal mengikuti instruksi yang tertera di layar smartphone. 

Perbedaan satu atau dua aspek sangat wajar terjadi karena aplikasi yang digunakan bisa berbeda. Tetapi mana pun aplikasi yang digunakan sebenarnya tidak masalah selama bisa membuat file RAR. 

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri pada HP Android dan iPhone

Bagaimana Cara Mengekstrak File RAR di HP?

Untuk mengekstrak file RAR di laptop dan HP dapat dilakukan dengan mudah, namun cara aplikasinya yang berbeda. Untuk membuka file RAR di android Anda hanya perlu mengunduh dan menginstal aplikasi khusus RAR di smartphone android dan file tersebut bisa langsung diekstrak. Ikuti langkah-langkahnya cara ekstrak file RAR di bawah ini: 

  • Buka aplikasi RAR yang sudah diunduh. 
  • Buka file manager dan pilih file RAR yang ingin Anda ekstrak.
  • Cari ikon ekstrak yang digambarkan dengan tanda panah ke atas. 
  • Pilih lokasi penyimpanan dokumen yang diekstrak.
  • Pilih “ekstrak” dan tunggu hingga proses selesai. 
  • Setelah loading selesai maka dokumen-dokumen bisa dibaca oleh HP Anda. 

Jangan bingung lagi dengan cara mengekstrak file RAR di laptop ataupun di HP . Bahkan membuat file satu ini langsung dari HP juga tidak mustahil dengan adanya aplikasi canggih tersebut. Anda hanya perlu menemukannya di Play Store atau App Store dan download. Kemudian aplikasi bisa langsung digunakan untuk membuat atau mengekstrak file RAR. 

Bagaimana Cara Mengekstrak File ZIP di HP?

Selain menggunakan laptop atau komputer, Anda juga dapat mengekstrak file ZIP dari HP. Namun, untuk melakukan ekstraksi file ZIP di ponsel, Anda perlu menginstal aplikasi tambahan terlebih dahulu.

Terdapat berbagai aplikasi yang dapat Anda pilih, dan dalam contoh ini, kita akan menggunakan aplikasi RAR by RARLAB. Berikut adalah langkah-langkah mengekstrak file ZIP di ponsel Android:

  1. Unduh aplikasi RAR by RARLAB dari Play Store atau App Store.
  2. Setelah diunduh, buka aplikasi tersebut. Tampilannya akan mirip dengan ini.
  3. Pilih file ZIP yang ingin diekstrak dengan men-tap centang di bagian kanan.
  4. Selanjutnya, tap “Jelajahi” untuk menentukan lokasi penyimpanan.
  5. Setelah memilih lokasi, tap “OK”.
  6. Proses ekstraksi akan dimulai, dan tunggu hingga selesai.

Baca Juga: Memahami 2 Cara Menggunakan Aplikasi CamScanner untuk Scan Dokumen

Keberadaan aplikasi RAR tentu membuat produktivitas meningkat pesat. Anda bisa terus meningkatkan produktivitas dengan menyewa tablet supaya aktivitas mengetik tidak perlu membawa laptop yang berat.

Dapatkan layanan sewa tablet terbaik hanya di IndoRental karena Anda bisa memilih jenis dan tipe sesuai kebutuhan. Kualitas tablet yang disewakan sudah pasti baik dengan pengiriman yang aman sampai ke tangan Anda. Langsung hubungi tim IndoRental untuk konsultasi dan penyelesaian proses sewa!