7 Cara Membuka HP Android yang Terkunci Tanpa Menghilangkan Data

7 Cara Membuka HP Android yang Terkunci Tanpa Menghilangkan Data

cara membuka hp android yang terkunci tanpa menghilangkan data
Tips dan Trik

Terdapat banyak cara membuka hp android yang terkunci tanpa menghilangkan data. Tentunya sederet cara yang akan dijelaskan lewat artikel IndoRental ini akan menjadi solusi tepat bagi Anda yang terbilang cukup sering lupa dengan password atau pattern pada ponsel.

Mungkin selama ini sebagian dari Anda menganggap bahwa satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan mereset ponsel. Namun, perlu Anda ketahui juga kalau cara tersebut jika dilakukan secara sering mampu menyebabkan beberapa dampak yang merugikan. 

Untuk mengetahui apa saja cara yang dapat dilakukan untuk membuka kembali ponsel tanpa harus menghilangkan data dan dampak seperti apa yang ditimbulkan jika melakukan reset ponsel terlalu sering, yuk simak terus artikel satu ini ya!

Bagaimana Cara Membuka HP Android yang Terkunci Tanpa Menghilangkan Data?

Kali ini IndoRental akan memberikan 7 cara membuka HP Android yang terkunci tanpa harus takut untuk kehilangan seluruh data yang dimiliki. Lanjutkan membaca ulasan di bawah ini ya!

1. Menggunakan Android Device Manager

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk membuka pola HP yang terkunci tanpa nanti akan menghilangkan seluruh data yang ada ialah dengan menggunakan Android Device Manager. Berikut langkah-langkahnya : 

  • Buka terlebih dahulu aplikasi Android Device Manager atau situs Android Device Manager dengan meminjam ponsel orang lain.
  • Pastikan Anda log in menggunakan akun Google yang sama dengan akun pada ponsel. Kemudian, jika sudah berhasil masuk, Anda akan menemukan tiga pilihan yakni Ring, Lock, Erase. Pilihlah opsi Lock untuk membuka ponsel Anda.
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi atau pola baru sebagai pengganti pola atau password yang lama dan jangan lupa klik Lock.
  • Tunggulah sekitar 5 menit dan Anda sudah bisa kembali membuka ponsel dengan menggunakan kata sandi atau pola yang baru tadi.

2. Menggunakan Fitur Forgot Password atau Forgot Pattern

Cara selanjutnya untuk membuka HP yang lupa password tanpa menghapus data adalah dengan mengandalkan fitur Forgot Password atau Forgot Pattern. Simak untuk mengetahui cara lengkapnya : 

  • Fitur ini dapat ditemukan di bagian kanan bawah pada ponsel.
  • Selanjutnya log in email Google Anda dengan mengisi alamat email beserta passwordnya.
  • Kemudian Google akan mengajukan 2 metode untuk membantu Anda dalam membuka pattern atau password ponsel. Metode pertama, Anda diharuskan menjawab beberapa pertanyaan. Sedangkan metode kedua, Google akan mengirimkan pattern atau password baru ke alamat email.
  • Buka alamat email Anda menggunakan ponsel lain atau perangkat laptop juga dapat digunakan.
  • Buka email dari Google yang berisi pattern atau password ponsel.
  • Gunakan pattern atau password tersebut untuk membuka ponsel.

Baca Juga: Cara Mengetahui Versi Android dan Cara Update

3. Menggunakan HP Android Lain

Cara yang satu ini terbilang cukup mudah untuk Anda lakukan ketika ingin membuka ponsel disaat lupa pattern atau password. Tentunya juga tidak akan menghilangkan seluruh data milik ponsel Anda. Penasaran bagaimana langkah-langkahnya? Baca penjelasan di bawah ini : 

  • Anda perlu meminjam ponsel milik orang lain. 
  • Kemudian, lakukanlah panggilan dari ponsel lain ke nomor ponsel Anda. 
  • Terima panggilan masuk tersebut dan tekan tombol Home.
  • Pilihlah menu Setting dan nonaktifkan pattern atau password ponsel Anda.
  • Setelah berhasil dinonaktifkan, Anda sudah bisa mengakses kembali ponsel milik Anda secara normal.

4. Menggunakan Android Debug Bridge

Anda bisa menggunakan Android Debug Bridge (ADB) sebagai cara membuka ponsel yang terkunci. Namun perlu untuk diingat, cara ini akan berhasil ketika Anda sudah mengaktifkan fitur USB Debugging. Nah, selain itu masih ada juga beberapa tahap yang harus dilakukan, antara lain : 

  • Sambungkan ponsel Anda yang terkunci dengan perangkat laptop atau komputer menggunakan kabel data.
  • Kemudian buka jendela Command Prompt.
  • Selanjutnya klik adb shell rm/data/system/gesture.key dan klik Enter.
  • Silakan cabut ponsel Anda dari perangkat laptop atau komputer dan lakukan reboot.
  • Ponsel Anda sudah tidak terkunci namun hanya untuk sementara waktu. Maka, segeralah membuka ponsel dan pilih menu Setting untuk mengubah pattern atau password. Selain itu, Anda juga bisa menonaktifkan pattern atau password pada ponsel.

Baca Juga: Fingerprint HP: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

5. Menggunakan Fitur Samsung Find My Mobile

Cara lain yang bisa Anda terapkan adalah dengan menggunakan fitur Samsung Find My Device. Layanan ini sebenarnya hampir sama dengan Android Device Manager, namun Samsung Find My Mobile secara khusus dihadirkan bagi pengguna Samsung. Kira-kira seperti apa cara menggunakan fitur keren ini untuk membantu Anda membuka ponsel yang terkunci? Baca lebih lengkapnya di bawah ini : 

  • Kunjungi situs findmymobile.samsung.com yang bisa Anda akses melalui ponsel atau komputer.
  • Log in akun Samsung di menu yang tersedia.
  • Selanjutnya, pilih dan klik menu Unlock.
  • Maka, akan muncul jendela pop up yang meminta Anda untuk menulis password Samsung dan lanjutkan dengan klik menu Next.
  • Terakhir, nantinya akan muncul informasi bahwa fitur penguncian telah berhasil direset. Sehingga Anda bisa membuka kembali ponsel secara normal. 

6. Melakukan Crash Lock Screen

Cara yang satu ini menggunakan bug yang ada pada ponsel dengan sistem operasi Android 5.0-5.1.1. Lollipop. Maka, Anda dapat membuka password atau pattern ponsel melalui Crash Lock Screen dengan menggunakan emergency call atau panggilan darurat. Untuk mengetahuinya secara lebih lengkap, simak sederet tahapan yang perlu Anda lakukan di bawah ini : 

  • Tekan tombol emergency call yang terletak pada bagian bawah layar ponsel.
  • Masukkan 10 kali tanda bintang (*). Lalu, copy semua tanda bintang tersebut hingga jumlahnya maksimal.
  • Buka shortcut dari kamera kemudian tarik jendela notifikasi dan tekan Setting. Nantinya Anda akan diminta untuk memasukkan password.
  • Kemudian, pada kolom input,  paste tanda bintang yang tadi disalin dan ulangi terus prosesnya hingga kunci layar menjadi crash.
  • Akhirnya ponsel Anda berhasil untuk kembali dibuka.

7. Menggunakan Reboot Safe Mode Android

Cara lain membuka password atau pattern tanpa reset adalah dengan menggunakan Reboot Safe Mode Android. Fitur ini dapat digunakan ketika memang dilakukannya penguncian ponsel dari aplikasi pihak ketiga. Langkah-langkahnya antara lain : 

  • Tekan tombol power off pada ponsel Anda. Biasanya setelah itu akan muncul opsi Power Off atau Restart.
  • Setelah kedua opsi itu muncul, maka silakan klik kembali tombol power di ponsel. Tunggu hingga munculnya fitur Reboot Safe Mode dan klik Yes atau Ok.
  • Nantinya ponsel Anda akan melakukan restart dan akan masuk ke dalam menu Safe Mode.
  • Di menu Safe Mode ini, silakan Anda untuk menghapus aplikasi penguncian pihak ketiga.
  • Setelah berhasil melakukan penghapusan, silakan restart dan ponsel Anda akan berhasil dibuka kembali.

Baca Juga: 6 Perbedaan Snapdragon dan Mediatek, Mana Yang Terbaik?

8. Menggunakan Google Smartlock

Google Smartlock merupakan pilihan untuk pengguna HP dengan sistem Android 5.0 atau yang lebih baru. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuka HP yang terkunci dengan lebih mudah.

Cara kerjanya adalah dengan memastikan bahwa HP Anda terhubung dengan jaringan WiFi, smartwatch, atau peramban Google Chrome. Ketika Anda lupa kunci, cukup sambungkan HP Anda ke salah satu dari ketiga opsi tersebut, dan kunci secara otomatis akan terbuka.

9. Membawa ke Service Center

Cara terakhir adalah Anda dapat membuka HP yang terkunci dengan membawanya ke layanan pusat servis resmi terdekat. Anda perlu membayar biaya layanan untuk proses tersebut, dan teknisi akan membantu membuka HP yang terkunci tanpa perlu melakukan factory reset.

Apa Saja Dampak dari Terlalu Sering Reset HP?

Salah satu hal yang menjadi alasan Anda untuk melakukan reset ponsel adalah ketika lupa dengan password atau pattern. Namun, sebenarnya cara tersebut justru akan berdampak ke banyak hal yang ada pada data-data ponsel hingga bahkan kemungkinan terjadinya kerusakan. 

Simak terlebih dahulu dampak dari terlalu sering melakukan reset pada ponsel di bawah ini, agar Anda bisa menghindarinya!

1. Kehilangan Data

Jika terlalu sering memilih untuk melakukan reset pada ponsel, maka semua data Anda akan terhapus. Tidak hanya itu saja, tetapi masih ada dampak yang cukup merugikan Anda sebab semua data tersebut akan secara otomatis dan permanen terhapus bersamaan dengan pencopotan aplikasi yang telah terpasang pada ponsel. Sebagai bentuk antisipasi agar data-data Anda yang bersifat penting tidak ikut hilang, maka lebih baik lakukanlah back up terlebih dahulu sebelum mereset ponsel. 

2. Terjadinya Bootloop

Satu lagi dampak yang harus Anda tanggung jika melakukan reset terlalu sering yakni kemungkinan terjadinya bootloop. Hal tersebut disebabkan oleh proses reset ponsel yang Anda pakai tidak berjalan secara sempurna sehingga juga akan menyebabkan potensi kerusakan. Terutama pada software sistem operasinya.

Tentunya yang menyebabkan proses reset ponsel Anda tidak dapat berjalan secara lancar adalah tanpa disadari ponsel dalam keadaan mati atau kehabisan baterai. Nah, untuk menghindarinya pastikan Anda mengisi daya baterai pada ponsel terlebih dahulu dengan lebih dari 50 persen.

3. Terkunci

Dampak terakhir yang akan mungkin saja terjadi jika Anda terlalu sering melakukan reset adalah kemungkinan ponsel akan terkunci dan tidak dapat dibuka kembali. Hal tersebut merupakan mekanisme yang memang diterapkan oleh ponsel dalam menghindari penyalahgunaan karena melihat adanya hal yang dilakukan di luar batas yaitu reset berulang kali.

Untuk menghindari keadaan tersebut, ketika hendak melakukan reset maka Anda perlu mengingat dengan baik email dan password yang ada pada ponsel.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai solusi ketika lupa password atau pattern ponsel tanpa harus takut kehilangan seluruh data yang dimiliki. Jadi tidak perlu panik lagi ya jika Anda terlupa soal password atau pattern yang digunakan untuk membuka ponsel.

Berniat untuk menyewa beberapa perangkat teknologi seperti ponsel, komputer, laptop, atau tablet? Anda bisa menyerahkannya kepada IndoRental yang merupakan perusahaan dengan fokus pada bidang IT dan memberikan pelayanan terkait sewa berbagai perangkat teknologi. Anda juga bisa menyesuaikan spesifikasi perangkatnya dengan kebutuhan dan keinginan. 
Segera hubungi tim IndoRental untuk mendapatkan konsultasi gratis dan layanan sewa yang mudah sekaligus cepat!