Cara SS di Komputer yang Mudah dan Perlu Anda Ketahui

Cara SS di Komputer yang Mudah dan Perlu Anda Ketahui

Cara SS di Komputer
Tips dan Trik

Ada beberapa cara SS di komputer yang ternyata mudah sekali untuk Anda lakukan. SS atau screenshot merupakan istilah untuk menangkap suatu layar di seluruh perangkat digital mulai dari ponsel hingga komputer. Screenshot biasanya digunakan untuk menyimpan sebuah tampilan layar yang ingin dibuka kembali di waktu mendatang ataupun untuk diunggah atau dikirim.

Semua orang tentunya tahu bagaimana cara SS melalui ponsel ataupun tablet. Namun, sedikit yang tahu bagaimana cara SS di komputer dan mungkin salah satunya Anda. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai 6 cara screenshot di laptop yang dapat Anda lakukan.

Cara Mengambil Screenshot di Laptop dan PC

Dalam melakukan screen capture atau tangkapan layar pada komputer, Anda bisa memanfaatkan beberapa hal seperti keyboard komputer itu sendiri, fitur dalam operasi sistem, hingga menggunakan aplikasi. Simak 6 careamengambil tangkapan layar berikut ini:

1. Menggunakan Tombol Print Screen

Coba perhatikan sisi kanan atas keyboard komputer Anda. Apakah Anda dapat menemukan tulisan ‘Print Screen’? Dengan menekan tombol tersebut, Anda sudah dapat mengambil screenshot pada komputer. Ya, hanya dengan menekan satu tombol itu saja. Mudah sekali, bukan?

Namun perlu Anda catat, tidak semua komputer bisa langsung menggunakan tombol Print Screen. Ada beberapa komputer yang mengharuskan Anda untuk menekan tombol alt + Print Screen secara bersamaan. Itu semua kembali kepada pengaturan keyboard Anda.

Untuk memastikan apakah laptop Anda dapat melakukan PrtSc secara langsung, Anda dapat mengkuti langkah-langkah cara cek spek laptop dengan mudah.

Untuk menyimpan gambar hasil tangkapan layar dengan metode Print Screen, Anda bisa menggunakan aplikasi Paint. Buka aplikasi Paint, lalu paste (dengan menekan kombinasi tombol CTRL + V).

Setelah itu Anda bisa menyimpan gambar hasil tangkapan layar Anda dengan klik File dan pilih ‘Save As’. Anda juga bisa menekan tombol jalan pintas CTRL + S untuk menyimpan gambar dengan cepat.

2. Melalui Snipping Tool

Snipping Tool merupakan salah satu aplikasi bawaan Windows yang paling sering digunakan untuk screenshot pada komputer.

Tidak seperti tombol Print Screen yang menangkap layar secara keseluruhan, Anda bisa memilih bagian spesifik yang ingin ditangkap dengan menggunakan Snipping Tool. Software ini juga mempunyai fitur seperti pen tools yang bisa digunakan untuk membuat coretan pada tangkapan layar Anda.

Untuk melakukan tangkapan layar dengan menggunakan metode ini, klik Start dan buka aplikasi Snipping Tool. Pada jendela yang terbuka klik New.

Tampilan layar laptop Anda akan menjadi redup seketika. Hal ini berarti Snipping Tool sedang aktif. Untuk menangkap tampilan layar, pilih area layar yang ingin Anda tangkap dengan mengklik dan mendgrag mouse

Anda tidak usah repot-repot menggunakan aplikasi Paint seperti metode Print Screen. Dengan aplikasi Snipping Tool, hasil tangkapan layar Anda bisa langsung anda simpan dalam berbagai format.

3. Menekan Kombinasi Tombol Windows + Shift + S

Bagi pengguna Windows, ternyata ada fitur khusus yang bisa Anda gunakan langsung dengan menekan tombol Windows + Shift + S secara bersamaan. Akan tetapi, fitur ini hanya dapat berfungsi pada komputer atau laptop Windows 10.

Baca juga: 3 Cara Screen Recorder di Laptop dengan Mudah

4. Fitur Screenshot Khusus untuk Gamer

Apakah Anda seorang gamer? Anda bisa melakukan screenshot dengan menggunakan Game Bar. Caranya sangat mudah. Anda cukup menekan tombol Windows + G secara bersamaan. Fitur ini juga bisa digunakan untuk merekam video permainan Anda. Oleh karena itu, kami merekomendasikan fitur dari Windows ini untuk Anda yang merupakan gamer.

5. Menggunakan Dropbox

Apakah Anda pernah mendengar tentang Dropbox? Dropbox merupakan layanan database atau penyimpanan cloud seperti Google Drive. Anda dapat memanfaatkan fitur di dalam Dropbox untuk melakukan screenshot.

Caranya mudah, Anda cukup menginstal software Dropbox pada komputer dan pilih fitur screenshot. Dengan demikian, hasil screenshot Anda akan otomatis tersimpan di dalam Dropbox.

6. Mengunduh Aplikasi Pihak Ketiga

Selain keempat cara di atas, Anda bisa mengunduh software pihak ketiga yang dapat ditemukan melalui mesin pencari. Ada banyak software yang tersedia untuk melakukan screenshot dan beberapa di antaranya ada yang dilengkapi dengan fitur-fitur editing sehingga dapat memudahkan Anda untuk melakukan beberapa edit seperti menandai bagian-bagian tertentu pada hasil screenshot.

Itulah informasi mengenai cara SS di komputer dan laptop yang dapat kami berikan dan jika Anda membutuhkan komputer di rumah ataupun tempat usaha, silakan hubungi Indorental sekarang juga karena kami menyediakan jasa sewa komputer tahunan dengan penawaran yang menarik tentunya khusus untuk Anda.

Baca juga: 5 Cara Memunculkan Keyboard di Layar Laptop